10 Tahun Media Konsumen

Sidang pembaca MediaKonsumen.com yang terhormat,

Hari ini tanggal 23 Januari 2016 bertepatan dengan tanggal awal situs MediaKonsumen.com didirikan sepuluh tahun yang lalu.

Pemikiran awal para penggagas situs ini bermula dari keprihatinan posisi tawar konsumen di Indonesia yang relatif masih lemah jika berhadapan dengan pelaku usaha (produsen/penjual) saat produk atau jasa yang dikonsumsinya tidak sesuai dengan harapan mereka. Kecenderungan pelaku usaha yang abai terhadap kekecewaan konsumen bisa dipahami sebagai kurangnya kesadaran mayoritas pelaku usaha dalam menempatkan konsumen yang puas sebagai aset. Padahal kepentingan untuk melindungi sedikit kerugian finansial sebagai kompensasi atas komplain konsumen bisa berakibat kerugian yang jauh lebih besar saat konsumen yang kecewa merasa kapok dan kemudian menceritakan kekecewaannya tersebut kepada kenalannya. Alih-alih mengharapkan konsumen menjadi “agen promosi” dengan cara informasi dari mulut ke mulut (viral marketing), konsumen yang kecewa justru menjadi agen promosi negatif terhadap suatu produk atau jasa.

Dalam posisi tawar seperti ini di Indonesia, sejak tahun 1970-an sudah hadir lembaga pembela kepentingan konsumen yang diprakarsai oleh masyarakat, yaitu Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Tetapi dalam perjalanannya YLKI lebih merepresentasikan kepentingan konsumen secara umum sebagai group pressure. Konsumen secara individu tentunya tidak mungkin suaranya disuarakan satu per satu oleh lembaga ini. Di sisi lain, meski terlambat pada tahun 1999 pemerintah melahirkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Tetapi pembentukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen yang diamanatkan oleh UU tersebut, di Jakarta baru beroperasi pada Januari 2007.

Maka cara yang umum ditempuh oleh konsumen untuk menaikkan posisi tawarnya adalah dengan menceritakan kekecewaannya secara terbuka di media masa melalui surat pembaca. Sebagai media yang menjangkau masyarakat yang luas dan terlihat kasat mata oleh pelaku usaha barulah biasanya kekecewaan konsumen mendapat tanggapan dari pelaku usaha. Masalahnya, media masa cetak yang menjadi andalan konsumen untuk mengadukan kekecewaannya mempunyai keterbatasan ruang untuk memublikasikan surat dari konsumen. Akibatnya konsumen harus menunggu lama giliran suratnya dimuat atau bahkan tidak dimuat sama sekali. Redaksi media masa cetak tentunya akan memilih surat dengan “public interest” yang dianggap lebih menarik.

Maka MediaKonsumen.com pada tahun 2006 membantu menjembatani kesenjangan tersebut dengan cara menyediakan wadah bagi konsumen untuk berbagi pengalamannya melalui situs web. Pertimbangannya sederhana, situs web mampu menampung seberapa banyak pun surat yang dikirim, cepat tayang, dan bisa diakses oleh masyarakat umum dari manapun selama terhubung dengan internet. Yang patut diingat pada tahun 2006 saat situs MediaKonsumen.com didirikan belum banyak situs web yang menyediakan wadah bagi konsumen untuk berbagi pengalamannya. Maka boleh dibilang MediaKonsumen.com adalah pelopor media online yang mengkhususkan diri membantu konsumen menyuarakan pendapatnya.

VISI MASA DEPAN MEDIA KONSUMEN

Memasuki usianya yang ke-10 ini MediaKonsumen.com terus membenahi diri, mulai dari tampilan situs yang lebih segar dan berwarna, engine dan hosting yang lebih bertenaga, situs yang lebih bersahabat dengan Google sehingga memudahkan pencarian dan yang tak kalah penting adalah desain situs yang responsif, artinya bisa digunakan dengan menggunakan berbagi macam gawai (gadget) mulai dari laptop, tablet sampai telepon pintar. Tampilan situs akan menyesuaikan secara otomatis dengan gawai yang dipakai untuk mengakses situs ini.

Di luar peningkatan secara fisik yang kami lakukan di atas, kami juga terus meningkatkan visi dari situs ini. Situs MediaKonsumen.com ke depannya bukan lagi hanya sebagai wadah konsumen untuk berkeluh kesah, tetapi kami ingin MediaKonsumen.com akan menjadi pusat rujukan konsumen sebelum melakukan keputusan pembelian. MediaKonsumen.com juga nantinya akan dikembangkan sebagai komunitas yang akan memberikan peringkat terhadap pelaku usaha yang paling bersahabat dengan konsumen, paling peduli dengan konsumen, produk yang paling disukai dan lain-lain.

Karena itu kami mengundang pembaca situs ini untuk bergabung bersama komunitas MediaKonsumen dan berbagi pengalaman. Jika Anda memiliki pengalaman menggunakan suatu produk atau jasa mari bagikan pengalaman tersebut di situs ini. Sehingga konsumen yang lain bisa mendapatkan rujukan berdasarkan pengalaman Anda, sebelum mengonsumsi produk/jasa yang sama. Jika Anda makan di sebuah restoran misalnya, ayo tuliskan pengalaman kuliner Anda di situs MediaKonsumen.com. Atau jika Anda pernah memesan barang melalui situs jual beli online, ayo bagikan pengalaman Anda di MediaKonsumen.com. Apapun pengalaman atau opini Anda, akan bermanfaat bagi pengunjung lainnya.

Sahabat MediaKonsumen.com, di ulang tahun situs ini yang ke-10, kami berharap MediaKonsumen.com bisa menjadi situs milik kita bersama, konsumen Indonesia untuk saling berbagi pengalaman, sehingga situs ini menjadi media informasi, komunikasi dan edukasi konsumen Indonesia. Kami menanti pengalaman, opini, pendapat Anda yang terkait dengan dunia konsumen. Kami di sini terus berusaha bekerja keras untuk membuat situs MediaKonsumen.com terus lebih baik. Tapi sekeras apapun upaya kami, apa yang menjadi cita-cita kami, untuk memberdayakan konsumen Indonesia, tanpa Anda semua harapan itu tak akan bisa kita wujudkan. Karenanya dengan segala kerendahan hati kami berharap dukungan dan doa Anda semua untuk BERSAMA MEWUJUDKAN KONSUMEN INDONESIA YANG LEBIH BERDAYA… Mari bersama KITA JALIN SEMANGAT BERBAGI!

Salam Konsumen,
Redaksi

Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 0]

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

10 Tahun Media Konsumen

Redaksi 3 menit
0