Hati-Hati Belanja di Lazada

Yth. Media Konsumen,

Berikut ini pengalaman saya belanja di situs Lazada. Bisa jadi pembaca akan mengalami hal yang mengecewakan seperti terlihat pada kronologis di bawah ini:

11 Maret 2016
LAZADA: Pesanan Anda dengan nomor Order # 352286*** sudah berhasil dilakukan pada tanggal 11 Maret 2016.

14 Maret 2016
Saya email ke Lazada (14 Maret 2016, 13:57): Me-refer ke ORDER # 352286***. Kenapa status pengiriman masih “memproses” padahal sudah berjalan 4 hari dari pembayaran barang yang saya pesan?
Jawaban dari Lazada melalui CS bernama Betti (14 Maret 2016, 15:02): Terima kasih telah menghubungi LAZADA.co.id. Mohon maaf sekali atas ketidaknyamanannya. Saat ini kami informasikan bahwa produk yang Bapak pesan yaitu produk Sony DSC H400 – Kamera 20.1 MP – 63x Optical Zoom – Hitam dengan nomor pesanan 352286***, belum dapat kami penuhi dikarenakan sudah habis terjual.

Kesalahan pertama LAZADA: Setelah 4 hari menunggu tiba-tiba LAZADA membatalkan pesanan saya. Hal ini tentu saja sangat merugikan saya sebagai pembeli.

Live-Chat 14 Maret 2016, 16:54::
TC_Gunawan: Untuk harga produk yang terbatalkan Sony DSC H400 – Kamera 20.1 MP – 63x Optical Zoom – Hitam Rp 3420000 + Ongkos kirim Rp 140.250 = Rp 3560250.

Kesalahan kedua LAZADA: Kenapa informasi seperti ini tidak ada di akun yang saya miliki di LAZADA?

Betti, 14 Maret 2016, 17:02:
Mohon maaf pesanan tersebut terbatalkan dikarenakan adanya kendala sistem kami yang menyebabkan pesanan tersebut terbatalkan. Estimasi pengembalian dana normalnya membutuhkan waktu 3 sampai 7 hari kerja (jawaban tidak konsisten).

Kesalahan ketiga LAZADA: Kenapa tidak diberitahu kalau ternyata ada form refund yang harus diisi? bagaimana LAZADA tahu tentang nomor rekening saya tanpa ada form yang diisi?

16 Maret 2016
Sampai sekarang saya bahkan tidak tahu sampai kapan proses refund ini berjalan, karena pihak LAZADA tidak memberitahu kalau mereka sedang melakukan proses refund tersebut. Terakhir saya mendapat info lewat live-chat menunggu info dari finance (yang belum memprosesnya). Mbok ya minimal kirim email ke saya kalau sedang proses Refund (dengan Subjet: Refund) status di Finance atau bagaimana bahasanya!

Dari tanggal 11 sampai 16 Maret 2016 uang saya tidak jelas mengendap di mana dan kapan dikembalikan ke saya, karena tidak ada email resmi dari Lazada mengenai penanganan refund tersebut.

Semoga yang membaca tulisan ini berpikir ulang kalau ingin membeli produk di Lazada. Sayangi uang dan waktu anda jangan sampai terbuang sia-sia oleh iklan-iklan di media.

Haryo Hadiwijoyo
Malang – Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada:
[Total:4    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

8 komentar untuk “Hati-Hati Belanja di Lazada

  • 10 Mei 2016 - (08:07 WIB)
    Permalink

    Saya juga kecewa dengan keterlambatan dengan no ID pelangan 313292 ***pengiriman memang saya pesan barang denan nominal tidak seberapa tapi minta tolong di proses lebih cepat saya sudah menunggu dari 1 minggu lebih tapi belum ada tanda” pengiriman kelamaan di proses ,

    • 10 Mei 2016 - (09:07 WIB)
      Permalink

      Terkadang pengiriman selalu terlambat terkait stok barang dari pihak penjual langsung (bukan Lazada), dalam hal ini anda bisa menanyakan langsung melalui live chat.

  • 4 September 2016 - (12:11 WIB)
    Permalink

    saya belih tapi gak perna ada kendala, kadang ada yang batal tp ya wajarlah namanya juga toko online, jadi pembelih yang pintar aja, dana juga dikembalikan 100% kok

  • 3 Oktober 2016 - (10:25 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami masalah yang sama. Kirain kalo belanja lagi kejadian itu ngga terulang ternyata sama aja. Belanja di lazada bikin kapok, dan pengembalian dana saya tidak kunjung selesai selama berbulan-bulan padahal saya sudah memenuhi semua prosedur dari pihak lazada

  • 17 November 2016 - (00:13 WIB)
    Permalink

    Kekecewaab yang serupa pun terjadi dengan saya dalam hal membeli barang di LAZADA.. Kapok.. Saya sarankan mending mikir2 deh kalo mau pesan di LAZADA.. Kejadiannya ketika saya mendapat voucher belanja 50k dr wheel dan yg kedua saya dapet lagi dr menukar point telkomsel saya dgn voucher.. Mulailah saya memlih barang utk dipesan dan krena saya ragu, saya memlih barang yg bisa COD.. Tgl 12 nov 2016 saya dapat notif barang sudah dikirim.. Dan dr pihak lazada mengkonfirmasi alamat saya.. Sampe tgl 14 gk ada kbr barang dimana krena dikirim melalui kurir internal.. Lalu tiba2 saya ditlp jam 9 pagi katanya sudah mau dikirim saya bilang oke mas kirim aja krena ada istri saya.. Sampe jam 12 gk ada kabar saya tlp.. Mas, istri saya mau keluar bisa gk diantar sebelum jam stgh 3.. Dan kurir menyanggupi.. Eh gk taunya sampe jam 3 ditlp gk diangkat sampe berulang2 dan gk muncul2 jg.. Akhirnya istri saya pergi.. Jam 6 malam, tiba2 kurir telp sudah tiba dirumah dan gk ada orang (ya gk ada lah.. Ini org terlalu bodoh..) lebih parahnya si kurir langsung bilang kalau gitu bapak pesan ulang aja, yg ini dibatalkan.. Aneh, jadi dia yg memutuskan.. Lalu tiba2 malam jam 9 dapet email atas permintaan customer, pesnanan dibatalkan.. Jiaahh kapan saya minta? Dri sana makin keliatan parahnya.. Dan yg bikin makin parah, tgl 17 pesanan saya yg kedua dan ketiga mendapat email yang sama, atas permintaan customer pesnan dibatalkan.. Dari sana saya menyadari betapa parah sistem penjualan.. Untungnya saya pesan semua yg COD jadi gk perlu isi2 formulir n nungguin berbulan2 supaya duit gw balik seperti kasus yg diatas.. Amin.. Semoga yang lain gk jadi korban..

  • 24 Desember 2016 - (11:26 WIB)
    Permalink

    Pd tgl 24 nov 2016 saya beli “Touch Screen LCD for iPhone 5” seharga Rp 329.000,- dgn kode pesanan 317265381. Pd tgl 6 des 2016 saya dpt email dr lazada bhwa produk habis terjual dan dana akan dikembalikan. Hari itu jg saya dpt form refund atau pengembalian dana, dan dpt balasan bahwa dana akan dikembalikan antara 3-7hari kerja terhitung dr tgl 6 des. Saya tunggu-tunggu , dan sampai hari ke 8 saya tanyakan kembali, dr pihak lazada saya disuruh kirim no pesanan dan dicek lagi, nunggu lagi. Kemudian bbrp hari saya tanya lagi, kemudian dpt balasan dan saya harus kirim bukti tranferan. Kemudian nunggu lagi. Lama gak ada kabar, saya tanya lagi, kemudian dpt balasan bhwa saya hrs kirim bukti mutasi rekening bank. Kemudian nunggu lagi, tdk kunjung ada kabar akhirnya tanya lagii.. ehh dpt balasan lgi di suruh kirim no rek dan nunggu lagiii. Begitulah berulang ulang, sampai saya bosan dan jengkel. Dan hingga saat ini , uang tdk pernah kembali, padahal uang yg saya tagih adalah uang saya sendiri. Sangat disayangkan, lazada yg punya nama besar tp tdk profesional dlm hal melayani konsumennya. Ini hanya pembelajaran bagi kita-kita, emang siih belanja di lazada gak ribet klo barang lagi ada, tp pas barang kosong dan dana kita mau dikembalikan, ribetnya minta ampunnnnnn….

  • 14 Februari 2018 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami kejadian serupa dalam 1 bulan terakhir ini ada 4 pembatalan sepihak atas pembelian saya yg pembayarannya sudah saya lakukan melalui transfer Bank ataupun Kredivo. 3x transaksi saya ditolak/dibatalkan secara sepihak oleh Lazada dgn alasan kendala pada sistem/tidak bisa verifikasi pemesanan (yg seharusnya hal tsb adalah internal problem Lazada dan jangan sampai pihak luar apalagi Customer tahu kebobobrokan sistem Lazada). 1 transaksi saya dikembalikan dananya melebihi batas waktu yg di tentukan 14 HARI KERJA. Dan 1 lagi kasus diluar 3 pembatalan transaksi secara sepihak tsb yang menyita DANA saya, saya mengalami kejadian serupa saat saya melakukan pengembalian barang untuk di kirim penggantian barang yang sama dengan 1 size lebih dari size sebelumnya, tetapi malah dilakukan pembatalan pembelian dan CS yg saya chat memberi alasan : KHAWATIR HAL SERUPA TERJADI LAGI (TIDAK COCOK THD PRODUK)…?????? Aneh, apakah Lazada sudah beralih profesi menjadi PARANORMAL???
    BERAPA BYK COBA CUSTOMER YG MENGALAMI KEJADIAN SERUPA SPT SAYA dan BERAPA BYK DANA YG BISA DIHIMPUN LAZADA SELAMA SOP PROSES PENGEMBALIAN DANA TSB??????

  • 26 Juli 2018 - (13:31 WIB)
    Permalink

    gw dulu pernah refund karena barang rusak. barang gw kirim balik, seminggu kemudian uang gw di transfer beserta biaya pengiriman. Berdasarkan pengalaman gw dan kebijakan Lazada (menurut CS yang gw hubungi), prses refund maksimal 7 hari kerja. Jadi emang gak bisa kita minta refund hari ini langsung hari ini juga kita terima duitnya lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Hati-Hati Belanja di Lazada

oleh haryo hadiwijoyo dibaca dalam: 1 min
8