Debt Collector Bank Mega yang Meresahkan

Yth. Media Konsumen,

Saya adalah pemegang produk kartu Bank Mega, total ada 3 kartu yang saya pegang. Oleh karena masalah ekonomi di keluarga, saya mempunyai masalah dalam hal pembayaran kartu kredit tersebut dan menyebabkan tertunggaknya pembayaran beberapa tagihan saya. Berikut adalah kronologisnya:

1. Pada tanggal 3 Mei 2016, seorang kolektor pihak ketiga yang disewa oleh Bank Mega menghubungi saya melalui SMS pada pukul 13.25 bernama Jhony Mehdel dan mengaku sebagai owner dari PT. Patrik Bujur Sejahtera (saya googling perusahaan tersebut tetapi tidak ada informasi apapun) yang berisi menagih hutang saya dan mengancam akan mengutus 8 orang dari perusahaan tersebut untuk menemui saya dan minta tolong untuk dilunasi hari itu juga. Nomor pengirim adalah 0822082208XX.

2. Pada tanggal 4 Mei 2016, saya balas SMS tersebut dan saya meminta maaf karena belum bisa melunasinya dan meminta kebijakan apakah ada opsi untuk reschedule hutang saya. Saya meminta opsi tersebut karena di beberapa bank (BNI, ANZ dan SCB) saya diberikan opsi reschedule dan komunikasi berjalan dengan baik.

3. Pada hari yang sama, Pak Jhony menghubungi saya melalui telepon dan memberi opsi saya diskon namun harus dilunasi saat itu juga. Saya menjelaskan dengan baik bahwa saya pasti akan melunasinya namun belum bisa sekarang dan untuk sekarang saya hanya bisa membayar sebagian kecil saja. Pembayaran sebagian kecil itu sudah saya transfer. Namun beliau berkata kasar dan mengancam akan datang ke kantor saya dan memaksa kantor saya untuk melunasinya.

4. Pada hari yang sama, saya SMS kepada beliau dan menjelaskan bahwa jika Pak Jhony mengancam seperti itu, oleh karena hal itu tidak sesuai dengan etika penagihan yang sudah ditentukan oleh Bank Indonesia, saya akan melaporkan hal tersebut ke pihak yang berwajib. Saya googling, bahwa pihak penagih tidak diperkenankan menagihkan ke pihak selain pihak yang berhutang.

5. Pada tanggal 9 Mei 2016 pada pukul 9.38 WIB, beliau menghubungi saya melalui nomor 081181678XX dan 081181678XX dan berkata kasar, memakai kata yang tidak profesional dan mengancam akan “memecahkan kepala saya” jika saya tidak melunasi hutang saya. Saya sudah jelaskan ke beliau secara baik-baik bahwa jika saya belum bisa melunasinya, mohon bapak bisa melaporkan saya ke pihak Bank Mega karena uang saya punya hanya segitu untuk saat ini, namun dia tetap memakai kata kasar dan berteriak di telepon. Pembicaraan sudah saya rekam.

Saya tidak tahu apakah itu adalah SOP dari Bank Mega atau itu di luar kendali dari Bank Mega. Saya memang mempunyai hutang, namun saya masih mempunyai itikad baik untuk mencicil sesuai kemampuan saya dan Bank Mega masih bisa menghubungi saya. Saya bingung harus melaporkan ke mana untuk hal ini.

Dari hasil pencarian saya, berikut adalah etika Debt Collector yang diatur oleh BI (Sumber : http://finance.detik.com/read/2012/01/16/180358/1817046/5/diancam-debt-collector-adukan-ke-bi):

  • Debt Collector tidak diperkenankan menagih ke pihak yang bukan yang mempunyai hutang, seperti kantor atau keluarga.
  • Debt Collector tidak diperkenankan menagih di atas jam 8 malam.
  • Debt Collector dilarang menggunakan ancaman dan kekerasan, tekanan fisik maupun verbal.

Sekian agar kita mengetahui apa batasan bagi Debt Collector.

Terima kasih.

Hardi Hidayat
Depok – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank Mega atas Pengaduan Bapak Hardi Hidayat

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Redaksi yang terhormat, Sehubungan dengan surat Bapak Hardi Hidayat di mediakonsumen.com (9/5), “Debt Collector Bank Mega...
Baca Selengkapnya

145 komentar untuk “Debt Collector Bank Mega yang Meresahkan

  • 4 Juli 2017 - (00:08 WIB)
    Permalink

    saya pun mulai mendapat teror yang mengaku DC Bank Mega dihari libur dia telepon dan memaksa saya harus bayar. Sedang saya mau mengajukan reschedule. Saya telepon call center dan pihak call center mega mencatat keluhan teror yang saya dapat. di bank lain tidak seperti ini kenapa DC Bank Mega meresahkan??. padahal saya sudah jadi nasabah yang baik selama 5 tahun ini. Sekarang ketika bisnis saya sedang menurun mereka seperti tidak mau mengerti. Saya memang punya hutang tetapi saya niat bayar mohon dibantu reschedule agar hutang saya bisa lunas.

  • 17 Juli 2017 - (19:39 WIB)
    Permalink

    Sy jg pny masalah dng bank ini,sy sdh sepakat dng salah satu karyawan utk block CC sy dan kesapakatan sdh deal dng 2x pelunasan,di pembayaran pertama sdh sy bayar,dan di pembayaran ke 2 sy terkena PHK dr perusahaan…tp dr pihak DC bank Mega ini terus menerus menelepon dan mengancam dng nada yg sngat KASAR dan TIDAK BERETIKA..pdhl sy ssh sepakat utk blok CC ini tp dr mereka tdk ada informasi sprti itu…setiap mereka menelpon selalu tdk sy gubris…drpd kepala makin panas mendengar nada mereka yg tdk beretika…dan di bank ini jg no telp kita sering disebar utk asuransi yg tdk jelas..

  • 22 Juli 2017 - (19:12 WIB)
    Permalink

    saya juga ada masalah dengan DC bank mega kasus ini sebenarnya udah mulai 2015 saya bayar sesuai tagihan namun ternyata nomor kartu saya sudah exp dan dana tidak masuk saya minta ke bank untuk di pindah ke kartu baru namun kartu baru tidak kunjung datang sampai 3 bulan lama nya baru di proses, al hasil bunga pun membengkak dan saya merasa di rugikan oleh bank mega saya tidak ingin membayar sebelum kasus ini clear namun DC tidak mau tahu tentang hal itu tetep suruh bayar dengan jumlah 9jt padahal sisa utang pada saat itu 1.3jt, dan sampai sekarang DC bank mega tetap menghubungi saya sudah saya jelaskan tetap gak mau, saya ambil jalan tengah diskon dan bayar 3 kali tidak mau juga, dan saya berniat untuk wo saja, karena prosedur yang saya baca kerditur sudah mencapai 2 th sudah diangap WO oleh BI dan misal kita bayar pun uang masuk ke kantong DC 80% yang 20% masuk ke asuransi

  • 24 Agustus 2017 - (17:56 WIB)
    Permalink

    Sya juga mau di masukan grup dong.sy barusan jg pnya masalah yg sma dgn DC bank mega

  • 26 Agustus 2017 - (07:12 WIB)
    Permalink

    Saya juga tlg di masuk kan group WA ya .
    Ada mslh juga sama cc mega DC nya , butuh solusi n saran nihh ….

  • 4 September 2017 - (22:50 WIB)
    Permalink

    masih adakah group bank mega? saya juga ingin ikutan masuk, saya sudah sebulan lebih diteror oleh DC padahal yang ngutang bukan saya tapi seorang dikeluarga saya, saya pun resah orang2 dikantor saya semuanya diteror

  • 5 September 2017 - (21:50 WIB)
    Permalink

    Saya lewat teman yg jg lawyer saja jg di gitukan padahal tinggal 1kartu yg lagi antri bayar..ikut dong group wa..msh ada tdk

  • 19 September 2017 - (17:31 WIB)
    Permalink

    081283487923
    Masukin sy jg dong digroup,sy mau sharing..pusing bgt menghadapi dc nya

  • 2 Oktober 2017 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Seperti ini saja DC masih telp ke referensi , tetangga, kantor ,
    Ayo klien2 bersatu kita bangkit lawan kedzaliman ini

  • 11 Oktober 2017 - (01:11 WIB)
    Permalink

    085735000210 ikut gabung di group WA dong….saya jg sedang berurusan dgn DC bank mega yg sangat arogan, tdk beretika dan tdk bermoral…

  • 24 Oktober 2017 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Salam
    Membaca cerita dari teman2 miris juga mendengarnya.
    Saran saya mulai stop menggunakan produk2 grup dari bank tersebut, stop menonton di stasiun TVnya, stop belanja di marketnya, stop berkunjung di tempat hiburannya dll sebagai bentuk protes kita.
    Seperti yang kita tahu perusahaan tersebut dimiliki oleh seorang pengusaha yang pernah menulis buku “anak ubi”. Pengusaha yang bisa membuka bank tentulah mempunyai jaringan yang sangat kuat di kalangan birokrat dan pejabat, apalagi jika dia pendukung salah satu presiden yang pernah berkuasa setelah orba. Pengaduan2 kita hanyalah butiran2 debu di mata mereka.
    Dilihat dari cerita ini sudah dibuat dari bulan Mei sampai Oktober bahkan sudah ada yang melaporkan ke polisian dan BI, tetapi belum ada tanggapan. Disini sudah bisa kita analisa kekuatan tersebut.

  • 21 November 2017 - (11:12 WIB)
    Permalink

    bisa masukan saya ke group wa? saya ada masalah denganDC bank mega. telpon kaka saya terus menerus bahkan ancam mau dtg ke kantor kaka saya dan minta pembayaran pada kaka saya. no. wa saya 085722088537

  • 22 November 2017 - (09:52 WIB)
    Permalink

    mohon masukkan saya juga di grup.. wa 08975580975 sangat ditunggu.. terimakasiih

  • 22 November 2017 - (09:54 WIB)
    Permalink

    saya sedang bermasalah juga dengan kartu kredit bank mega.. belum ada win-win solution.. solusi yang ditawarkan memberatkan saya dan bank mega sama sekali tidak peduli nasabahnya.. trims

 Apa Komentar Anda?

Ada 145 komentar sampai saat ini..

Debt Collector Bank Mega yang Meresahkan

oleh Hardi Hidayat dibaca dalam: 2 menit
145