Google Pixel Resmi Diluncurkan, Berikut Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

Setelah lama dibicarakan beserta berbagai rumor, spekulasi dan bocoran, akhirnya Google resmi mengumumkan peluncuran Google Pixel di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (4/10/2016).

Google Pixel adalah sebuah ponsel pintar berbasis Android generasi terbaru besutan Google. Ada dua versi Google Pixel yang diluncurkan yaitu Pixel dan Pixel XL. Keduanya memiliki desain yang mirip dan dibedakan dari ukuran layarnya. Pixel memiliki panel layar Quad HD 5 inci dan Pixel XL memiliki layar lebih besar 5,5 inci. Kedua perangkat didukung oleh prosesor terbaru Snapdragon 821 dengan 4GB RAM, dan 32GB atau 128GB memori penyimpanan.

Sejatinya Google Pixel dibuat oleh pabrikan HTC namun Google melabeli ponsel pintar ini dengan merek “Telepon buatan Google” secara penuh. Lambang “G” tercetak jelas di perangkat Google Pixel dn merek HTC tidak dicantumkan sama sekali dalam perangkat tersebut. Ini berbeda dengan proyek ponsel pintar Google sebelumnya pada seri Nexus yang masih mencantumkan merek pabrik pembuatnya. Banyak analis mengatakan dengan peluncuran Google Pixel ini era Nexus sudah berakhir.

Dalam cuitannya akun twitter & @googlenexus mengatakan: “Kepada pengguna Nexus, Anda telah berperan sangat penting dalam perjalanan Google. Kami sangat bersemangat mengenai Pixel, dan kami ingin Anda tahu bahwa kami akan terus memberikan dukungan untuk Nexus (dukungan pelanggan, pembaruan perangkat lunak, dll) dan @googlenexus akan terus menjadi tempat untuk mendiskusikan tentang Nexus.”

Ada lima kelebihan yang ditonjolkan Google Pixel, yaitu:

1. Google Assistant
Pixel merupakan ponsel pertama yang dilengkapi Google Assistant. Ketika Anda menyentuh dan menahan tombol home dan mengucapkan kalimat yang Anda maksud, wizard akan langsung bereaksi terhadap perintah Anda. Dalam acara demo Google Pixel, wizard bisa digunakan untuk memunculkan foto, memainkan musik, memilih aplikasi musik favorit Anda dan lainnya. Fungsi ini kini terintegrasi dengan Google Now, yang memungkinkan pengguna untuk memperoleh informasi di layar, misalnya nama restoran, lalu menyediakan informasi lanjutan seperti ulasan dan alamat restoran. Dan kemudian bahkan Google Assistant bisa melakukan reservasi restoran hanya dengan perintah suara.

googleassistant
Sumber: madeby.google.com/phone/

2. Kamera dengan “Rating” Tertinggi
Kamera belakang Pixel dan Pixel XL memiliki skor kamera tertinggi, yiatu 89 tahun berdasarkan skor DxOMark, skor tertinggi yang pernah dicapai. Meskipun patokan itu bukan satu-satunya hasil ukur yang konsisten, setidaknya itu menunjukkan potensi hebat sensor di ponsel Pixel baru. Kamera ini memiliki resolusi 12,3 megapiksel dengan lebar pixel 1,55-mikron dan bukaan f / 2.0. Google mengklaim kamera Pixel memiliki kemapuan jepretan (capture time) paling cepat diantara semua kamera telepon yang pernah ada. Kamera ini juga dilengkapi stabilisasi video berbasis gyroscope, namun tidak dilengkapi kemampuan stabilisasi untuk foto.

3. Ruang Penyimpanan “Cloud” yang Tidak Terbatas
Google Pixel memberikan ruang penyimpanan gratis tak terbatas untuk hasil foto dengan resolusi penuh. Ini seperti fasilitas yang sudah diberikan Google Photos tetapi kini tanpa batasan resolusi atau kompresi. Bahkan hasil video dengan resolusi 4K juga bisa disimpan tanpa batasan.

4. Konektivitas dan Komunikasi
Pengguna Pixel akan mendapatkan update Android terbaru langsung Dari Google segera begitu update itu tersedia. Dulu ini adalah salah satu titik lemah terbesar telepon pintar berbasis Android.

Untuk memastikan mobilitas pengguna, Google Pixel dilengkapi dengan baterai dengan daya tahan luar biasa dan bisa diisi ulang hanya 15 menit untuk pemakaian 7 jam berikutnya. Untuk melakukan panggilan video aplikasi Google Duo sudah terinstal otomatis pada perangkat ini.

5. Dirancang untuk Pengalaman “Virtual Reality”
Google Pixel adalah ponsel pintar pertama yang kompatibel dengan perangat VR Daydream. Perangkat Daydream dijual terpisah dengan harga $ 79. Daydream dilengkapi dengan alat kontrol mini yang menurut Google memiliki presisi tinggi, yang memungkinkan pengguna untuk menggambar dengannya.

Harga dibandrol mulai dari $649 untuk Google Pixel 5-inci dengan kapasitas penyimpanan 32GB dan sudah bisa dilakukan pre-order. Untuk kapasitas 128GB dibandrol $749. Sementara Google Pixel XL dengan kapasitas 32GB pada harga $769 dan $869 untuk Google Pixel XL 128GB. Saat diluncurkan pre-order baru tersedia untuk Amerika Serikat, Kanada, dan Australia, sementara di India mulai 13 Oktober 2016. Belum ada informasi kapan pre-order untuk Indonesia tersedia.

Google Memberikan tiga pilihan warna yaitu, hitam, silver dan warna eksklusif biru sejati (really blue).

Berikut adalah spesifikasi lengkap Google Pixel dan Google Pixel XL:

Google Pixel Google Pixel XL
Display 5.0-inch AMOLED 5.5-inch AMOLED
1920 x 1080 2560 x 1440
441ppi 534ppi
Fingerprint- and smudge-resistant oleophobic coating Fingerprint- and smudge-resistant oleophobic coating
Gorilla Glass 4 Gorilla Glass 4
Processor Qualcomm Snapdragon 821 Qualcomm Snapdragon 821
2.15Ghz + 1.6Ghz, 64Bit Quad-Core 2.15Ghz + 1.6Ghz, 64Bit Quad-Core
GPU Adreno 530 Adreno 530
RAM 4GB 4GB
LPDDR4 LPDDR4
Storage 32/128GB 32/128GB
MicroSD No No
Cameras 12.3MP rear camera with f/2.0, 1.55μm large pixels, Phase Detection Autofocus (PDAF), Laser Detection Autofocus (LDAF), 4K (30fps) video capture, HD 240fps (8x), Full HD 120fps (4x) slow motion video, broad-spectrum CRI-90 dual-LED flash 12.3MP rear camera with f/2.0, 1.55μm large pixels, Phase Detection Autofocus (PDAF), Laser Detection Autofocus (LDAF), 4K (30fps) video capture, HD 240fps (8x), Full HD 120fps (4x) slow motion video, broad-spectrum CRI-90 dual-LED flash
8MP front camera with f/2.4 aperture, 1.4 µm pixels, Full HD video capture (30fps) 8MP front camera with f/2.4 aperture, 1.4 µm pixels, Full HD video capture (30fps)
Battery Non-removable 2,770mAh Non-removable 3,450mAh
Fast charging: up to 7 hours of use from only 15 minutes of charging Fast charging: up to 7 hours of use from only 15 minutes of charging
Media Single bottom-firing speaker Single bottom-firing speaker
Adaptive audio amplifier Adaptive audio amplifier
3 microphones (2 front, 1 rear) with noise cancellation 3 microphones (2 front, 1 rear) with noise cancellation
Wireless and location 4G LTE with 3x Carrier aggregation 4G LTE with 3x Carrier aggregation
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac 2×2 MIMO, dual-band (2.4 GHz, 5.0 GHz) Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac 2×2 MIMO, dual-band (2.4 GHz, 5.0 GHz)
Bluetooth 4.2 Bluetooth 4.2
NFC NFC
GPS and GLONASS GPS and GLONASS
Digital compass Digital compass
Network World-wide network/carrier compatibility with:1 World-wide network/carrier compatibility with:1
GSM: Quad-band GSM GSM: Quad-band GSM
Pixel merupakan ponsel unlocked dan bisa digunakan di semua jaringan operator Pixel merupakan ponsel unlocked dan bisa digunakan di semua jaringan operator
Ports USB Type-C USB Type-C
Nano SIM Nano SIM
3.5mm audio jack 3.5mm audio jack
USB 3.0 data transfer USB 3.0 data transfer
Sensors Pixel Imprint Pixel Imprint
Accelerometer/Gyroscope Accelerometer/Gyroscope
Magnetometer Magnetometer
Barometer Barometer
Proximity sensor/Ambient Light Sensor Proximity sensor/Ambient Light Sensor
Hall sensor Hall sensor
Android Sensor Hub Android Sensor Hub
Other RGB LED notification light RGB LED notification light
Wireless charging No No
Water resistance IP53 IP53
Software Android 7.1 Nougat Android 7.1 Nougat
Colors Very Silver, Quite Black, Really Blue (Limited Edition) Very Silver, Quite Black, Really Blue (Limited Edition)
Dimensions and weight 143.8 x 69.5 x 8.6mm 154.7 x 75.7 x 8.6mm
143g 168g
Berikan penilaian Anda!
[Total:0    Rata-Rata: 0/5]
Loading...

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Google Pixel Resmi Diluncurkan, Berikut Harga dan Spesifikasi Lengkapn…

oleh Redaksi dibaca dalam: 4 min
0