Penagihan DR Rupiah Meresahkan

Selamat siang,

Saya ingin sedikit bercerita pengalaman saya sekaligus ingin mencari pendapat bagaimana langkah yang harus saya lakukan untuk menghadapi ancaman dari penagihan Dr Rupiah yang selalu meresahkan.

Bulan Agustus 2017 saya melakukan pinjaman kepada Dr Rupiah sebesar 2 juta rupiah, namun hanya disetujui sebesar 1.5 juta rupiah saja.

Tanggal 4 September 2017 saya melakukan pembayaran pinjaman sebesar Rp 2.1 juta (angka ini dari pinjaman pokok Rp 1.5 juta + Rp 600 ribu bunga Dr Rupiah).

Tanggal 5 September 2017 saya mendapat pinjaman kedua dari Dr Rupiah sebesar Rp 2 juta.

Tanggal 4 Oktober 2017 saya melakukan pembayaran perpanjangan ke Dr Rupiah sebesar Rp 800 ribu (angka ini didapat dari perhitungan bunga pinjaman sebesar 40% dari pinjaman pokok Rp2 juta).

Bulan November ini saya tidak melakukan pembayaran utang dikarenakan :

  1. Saya membayarkan hutang pegadaian untuk menebus motor
  2. Biaya untuk periksa kandungan saya yang memasuki usia kehamilan 8 bulan
  3. Membeli perlengkapan bayi
  4. Membayar kebutuhan bulanan dll

Gaji sudah habis untuk melunasi beberapa tunggakan lain dan mengirimkan sejumlah dana untuk anak saya yang kos di luar kota.

Saya sangat memahami saya masih memiliki hutang yang belum saya bayar. Konsekuensi yang harus saya hadapi adalah ditelepon dan terus-terusan ditagih Dr Rupiah. Saya sangat menyayangkan sekali pada akhirnya penagihan Dr Rupiah berubah menjadi kasar terutama apabila yang menelepon adalah perempuan.

Saya selalu mencoba untuk kooperatif dengan tagihan dari Dr Rupiah:

  1. Saya selalu menjawab telepon dari DR RUPIAH kecuali pada saat saya sedang meeting atau di atas kendaraan atau sedang di toilet atau hp berada di tas dan saya tidak sempat mendengar.
  2. Saya selalu menjawab dengan bahasa yang sopan dan menjelaskan kenapa saya belum dapat melunasi pinjaman saya.
  3. Saya sudah menyampaikan kejujuran dan kapan kesanggupan saya untuk membayarkan tagihan.

Namun jawaban dari DR RUPIAH SANGAT TIDAK MENYENANGKAN:

  1. Dr Rupiah tidak mau tahu apapun alasan kita tetap kita harus membayar sesuai waktu yang mereka tentukan, bagaimana saya bisa membayar jika hari ini ditagih besok harus bayar?
  2. Dr Rupiah memaksa nasabah untuk mencari dana talangan ke siapapun dengan cara apapun. Kalau saya mendapatkan dana talangan saya pasti sudah langsung lunasi tagihan Dr Rupiah, pinjam dana talangan pun tidak mudah, ke teman, atau saudara belum tentu juga bisa dapat dengan mudah dan cepat.
  3. Dr Rupiah mengancam dengan kata-kata kasar akan mendatangi kantor dan memaksa HRD untuk memotong gaji saya untuk melunasi pinjaman. Hal ini yang tidak bisa saya terima karena ini tidak ada hubungannya dengan urusan kantor sama sekali.

Kesimpulan yang saya tarik dari semua ini dan apa yang akan saya lakukan adalah :

  1. Saya tidak akan takut menghadapi ancaman Dr Rupiah. Saya mengakui pinjaman belum saya bayarkan namun saya sudah menyampaikan alasan secara logis kenapa saya belum mampu membayar
  2. Saya akan tegas menolak apabila Dr Rupiah memaksa HRD memotong gaji saya di kantor. Pinjaman ini saya lakukan atas nama pribadi, tidak ada sangkut pautnya dengan pihak kantor tempat saya bekerja. Saya tidak melakukan pelanggaran apapun yang menyebabkan kerugian pihak kantor (tidak mencuri, tidak menggelapkan uang kantor, dll) sehingga pihak kantor juga tidak berhak melakukan tindakan sepihak karena desakan pihak lain.
  3. Utang saya hanya sebesar Rp 2 juta namun berkembang pesat dengan bunga Dr Rupiah yang sangat mencekik sehingga saya harus membayarkan sebesar Rp 3,9 juta (pinjaman pokok Rp 2 juta, 2 x bunga @Rp 800 ribu ditambah denda Rp 300 ribu).
  4. Saya tidak lari dari tanggung jawab, yang saya butuhkan hanyalah kesabaran pihak Dr Rupiah pada saat saya menerima gaji saya akan membayarkan sesuai kemampuan yang saya miliki.
  5. Itikad baik saya tidak pernah ditanggapi pihak Dr Rupiah selain hanya melakukan teror ke kantor yang meresahkan dengan bahasa kasar dan ancaman.
  6. Saya tidak segan untuk melaporkan pihak Dr Rupiah ke Kepolisian apabila sudah melewati batas kewajaran
  7. Dr Rupiah bukan lembaga yang terdaftar di OJK
  8. Tidak ada perjanjian tertulis di atas materai yang saya ttd sebagai bukti sah, semua berbasis online kenapa harus melakukan penagihan dengan cara-cara yang tidak bebasis sama juga?
  9. Sudah banyak ribuan komentar buruk dan komplain dari ribuan nasabah dengan pelaporan kasus yang berbeda yang dilayangkan di FB dan suara konsumen, namun tidak ditanggapi oleh Dr Rupiah.
  10. Saya ingin mengajak rekan-rekan semua yang merasa juga mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan Dr Rupiah bergabung untuk sama-sama melaporkan tindakan yang dilakukan oleh Dr Rupiah.

Segala bentuk perjanjian pinjam meminjam masuk ke dalam ranah perdata, maka akan diselesaikan secara hukum perdata. Jika Dr Rupiah masih melakukan tindakan yang tidak menyenangkan lagi saya rasa sudah bisa dilaporkan sebagai tindak pidana.

Mohon tanggapan dan respon dari rekan-rekan semua. Saya juga butuh informasi kemana saya harus meminta bantuan utk penyelesaian masalah ini jika terus berlanjut. Sebagai catatan sekali lagi saya bukan lari dari tanggung jawab saya terhadap utang tapi saya ingin menyampaikan bahwa sebagai nasabah kami juga layak mendapatkan perlindungan.

Jika ada yang berkenan untuk bisa menjawab dan membantu saya silahkan kirimkan email ke dan**@gmail.com

Terima kasih.

Dania Agustania
Jakarta Timur
0813155392**

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

251 komentar untuk “Penagihan DR Rupiah Meresahkan

  • 8 Maret 2018 - (14:47 WIB)
    Permalink

    Siang mas/mbak…saya ikut komentar ya…barusan saya dpt telp dr debt col nagih pembayaran drrupiah..pdhal saya sama sekali tdk pernah mendapatkan dana tersebut..dulu emang sy pernah apply dan ditelp surveyornya dan dpt sms klu disetujui..tpi hari demi hari dan bulan ganti bulan uang trf tdk pernah masuk…saya konfirmasi dan saya email tdk ada balesan..telp jg cuman dengerin music doang…eeh hari ini saya dibentak2 dan dimaki2 klu saya harus bayar …..bgmn cara kerja mereka yang sangat tdk professional …sebaiknya kita laporkan saja…krn dia sdh teror saya bahkan si debt collector ini sempat wa saya dan maki2….

  • 12 Maret 2018 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Selamat siang teman”..
    Saya ingin bergabung dengan grup yg akan melaporkan Drrupiah ke OJK.. apakah ada yg bisa add saya ke grup ?
    saya memiliki pengalaman yg sama..
    sudah 1 mingguan nunggak pembayaran..
    sudah di sms jg kalau tidak membayar akan mendatangkan kolektor lapangan..
    apakah ada yg sudah pernah di datangi ?

  • 13 Maret 2018 - (19:59 WIB)
    Permalink

    Saya juga sedang ditagih doctor rupiah karna saya telat bayar Boleh ikut gabung Grup
    089517733481 ini wA saya

  • 15 Maret 2018 - (15:37 WIB)
    Permalink

    apakah kalian semua yg telat sampai saat ini sepakat tdk mau di bayarkan? aku juga sama, blm bs bayar nya..

  • 16 Maret 2018 - (09:36 WIB)
    Permalink

    saran saya di bayarkan saja. karena uang kita terima namun kita tidak membayar.itu juga salah . alangah baiknya bayar sesuai yang anda pinjam saja. saya juga kecewa sama doctor rupiah. saya ngajuin Dana tapi dana tersebut masuk hampir 11 hari. padahal saya sudah minta cancel tapi tidak di gubris. yang keselenya wakktu jatuh tempo tetep berjalan meski uang masuk 11 hari kemudian. nah ini bisa kita jadikan bukti penipuan. dan saya email ke mereka saya tidak tanggung jawab kalau uang masuk ke rek saya, karena saya sudah minta cancel. tapi karena saya sadar uang itu bukan uang saya. saya balikin sesuai kontrak saja. hitung2 buang sial. padahal saya sudah telat 1 bulan. dan saat ini mereka tidak tlp saya lg. jika mereka tlp saya akan saya tantang mereka kerumah. kebetulan sepupu saya polisi.

  • 19 Maret 2018 - (16:26 WIB)
    Permalink

    tolong invte saya dan kita laporkan bareng” ke polisi .. saya udah siapkan pengacara utk dampingin juga .. no saya 0812-9775-9710

  • 24 Maret 2018 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Ayo gabung aja K Grup WA
    Kita Brantas drrupiah
    Yang mau gabung sok silahkan Invit aja 089517733481

  • 29 Maret 2018 - (19:39 WIB)
    Permalink

    Saya jadi takut. Saya dh trima dana nya rp 500 000gmna cara balikin nya ikut di WA dong .08176453106

  • 31 Maret 2018 - (15:58 WIB)
    Permalink

    Saya tidak blg sy sebagai korban di sini, tp cara2 ‘mereka’ memang tidak prof dan bikin baper bgt.
    Sy jg tidak meminjam dr drrupiah tp pd situs lain. Mohom di invite jg nomor sy di grup WA 0838.7070.3388. Makasih

  • 11 April 2018 - (23:53 WIB)
    Permalink

    Bapak dan ibu, ini nomor saya 0817710765,tolong dimasukkan grup antisipasi dr rupiah, saya pinjam 2 jt, tenor 30 hari, balikinnya ditambah bunga 1,5 juta… Ini kalo perpanjangan musti bayar 800ribu dulu

  • 19 April 2018 - (17:55 WIB)
    Permalink

    invite saya mbak
    saya jg punya pengalaman sama tentang doctor rupiah
    089681670502
    saya 3 bulan blm bayar doctor rupiah

  • 24 April 2018 - (18:00 WIB)
    Permalink

    Teman – Teman semua….

    Di sini saya juga jadi korban, makian yang meresahkan dari P2P L, aplikasi yang saya buka, bukan hanya Dr. rupiah, tapi memang ada beberapa lain nya, seperti Rupiahplus, Tangbul,DanaRupiah, V-Loan, Pinjamuang, Uangcepat…

    dan sekarang semua itu tidak bisa saya bayarkan, berawal dari pengajuan pake aplikasi saya , dan uang nya saya kasih pinjem sama temen yang emang lagi perlu, tau nya beberapa temen ini malahan tidak bisa membayar sama sekali, padahal sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa ini uang aplikasi online…

    Sungguh sakit jika harus menanggung beban yang tidak sepenuhnya saya pergunakan uang nya, namun demikian,,,,pihak P2PL tidak mau tau soal itu.

    Mohon saran dari teman2 yang kasus nya serupa dengan saya, yakni….ada beberapa aplikasi P2PL yang masih dalam status macet bayar.

    Terimakasih

  • 27 April 2018 - (13:20 WIB)
    Permalink

    saya udah telat bayar 20 hari, dari tenor pinjaman Rp.500.000 menjadi Rp.900.000 mereka sering menelp dan sms saya suruh bayar lewat bank Danamon. saya bilang sama mereka saya mau bayar tapi saya lihat di playstor aplikasinya nggak ada lagi. jadi saya ambil tindakan tak mau bayar kalau nggak lewat aplikasi doktor rupiahnya. menurut teman teman bagai mana……

  • 27 April 2018 - (13:26 WIB)
    Permalink

    pinjaman saya di vloan ada juga 1200000 dan terlambat 7 hari. yg bikin saya kaget pas mau bayar telat 7 harinya dah menjadi 1765000. akhirnya saya ngambil kesimpulan nggak mau bayar lantaran mereka udah mengirim sms kesemua no hp yg ada tersimpan di hp saya. yg saya mau tanyakan apakah tindakan mereka pencemaran nama baik……

    • 28 April 2018 - (12:56 WIB)
      Permalink

      Iya sama.. saya juga di sms ke smua kontak di hp sy yang bilang sy menghilang dan tdk mau membayarkan hutang sy.
      Kalo cara mrk seperti ini mau bayar pun kita sdh malas.
      Se enaknya mrk sms ke smua orang dengan membocorkan data KTP, alamat tinggal dan alamat kantor.. pinjam dgn bank resmi aja tdk seperti ini prosedurnya.
      Ini namanya pelanggaran terhadap privasi data peminjam.

      • 30 April 2018 - (18:27 WIB)
        Permalink

        Iya kak linda… Jika mereka sudah terlanjur meng infokan masalah hutang kita dengan kontak2 yg ada di handphone kita.. Sekalian saja tidak usah membayarnya.. Sudah terlanjur dipermalukan, sekalian saja.. Nomor kita saja masih aktif, knp bisa2nya dia hubungin kontak2 kita ya.

    • 30 April 2018 - (18:29 WIB)
      Permalink

      Pencemaran nama baik kak.. Membuar malu saja, saya ad tagihan di kredit pintar juga sama.. Diancam akan dihubungin ke semu kontak saya.. Smua aplikasi pinjaman online tidak mematuhin utk privasi data..

  • 28 April 2018 - (07:22 WIB)
    Permalink

    Ini memang gila iaa dr rupiah. Saya kemarin bayarkan dahulu biaya terusan 400.000 dengan hutang 1.000.000. hutang yang tertera pada web nya 1.400.000 bersama bunga nya. Setelah saya bayar kan dahulu biaya perpanjangan 400.000. di situs web nya, SAMA SEKALI TIDAK MENGURANGI HUTANG DAN BUNGA NYA, apa apa ini. Jika di total semua nya 1.400.000+400.000=1.800.000. padahal saya hutang cuman 1.000.000. ini apa apaan

  • 28 April 2018 - (12:53 WIB)
    Permalink

    Haii semua.. saya juga jadi korban dari pinjaman online.. yang saya ajukan disni PinjamanRp namanya, dan skrg sdh tidak ada lagi di playstore.
    Memang sy blm bayarkan pinjamannya dan sdh di telp ber kali2 dan juga sifatnya mengancam.
    Yang sy kagetkan & kesalkan ternyata PinjamanRp ini sdh membocorkan data sy melalui sms ke kontak2 di hp saya dgn mencantumkan no KTP, alamat tinggal dan alamat kantor sy.
    Seperti ini namanya pelanggaran privasi nasabah donk dgn se enaknya mrk membocorkan data kita dgn sms ke semua kontak sy & bilang kalo sy menghilang dan tdk mau membayarkan hutangnya.
    Kalo kita pinjam dgn bank resmi saja tdk seperti ini caranya.
    Apa2an cara mereka seperti itu!!

  • 28 April 2018 - (14:24 WIB)
    Permalink

    iy ini bu sy jg ada tagihan dari kredit cepat… tiap hari sy ditlf.. ktnya klo g bayar mau suruh org lapangan dtg ke rumah ibu, tp sy email bahwa saya sdh pindah tmpt kerja..

 Apa Komentar Anda mengenai Penagihan Dr Rupiah?

Ada 251 komentar sampai saat ini..

Penagihan DR Rupiah Meresahkan

oleh Dania Agustania dibaca dalam: 3 menit
251