MacBook Pro dari iBox SMS Belum Sampai 3 Minggu Sudah Bermasalah

Yth Media Konsumen,

Saya ingin menceritakan pengalaman dengan produk MacBook Pro yang saya beli di iBox Mall Summarecon Serpong tanggal 4 Maret 2018 kemarin dengan nomor faktur: POS/ IB-TGR-005/18/03/00253 part no : MPXQ2ID/A. Saya baru pakai 2-3 minggu dan tiba-tiba kipasnya berjalan kencang, dan MacBook-nya menjadi lemot parah yang mengakibatkan saya tidak bisa melanjutkan pekerjaan saya. Saya tanyakan masalah ini ke iBox ke tempat saya beli, dan si karyawan bilang “kipasnya kenceng ya? Bawa aja ke service center SDC.” Ini membuat saya berpikir kalau ini adalah masalah biasa jadi saya bawa ke service center SDC sesuai instruksi dari karyawan tadi.

Di Service Center SDC, bertemu dengan Fr***, katanya harus di-reinstall dengan waktu sekitar 1 jam dan dikenakan biaya Rp300.000. Setelah saya tunggu malah keluar diagnosa baru, ada permasalahan pada kamera, baterai dan sensor. Untuk menyelesaikannya butuh waktu 21 – 30 hari. Di mana sebenarnya ini merupakan cacat produksi dan saya pernah mendengar bisa mendapatkan penggantian unit baru kalau masalah dari produksinya tapi pihak service center mengatakan tidak ada kebijakan itu. Dan sekarang saat saya mengetik surat ini, saya baru menyadari ada yang aneh di surat tanda terima dari Service Center SDC. Nomor service order saya adalah SMS-3-111605 tetapi alamat email dan nomor telepon saya terkesan seperti dibuat salah dengan sengaja.

Pada tanggal 30 Maret 2018, saya kembali ke iBox SMS dan bertemu dengan kepala toko bernama Su***. Dia bilang kalau regulasinya memang seperti itu (info dari service center), bahkan dia bilang kalau beli barang elektronik, toko tidak tanggung jawab setelah barang itu keluar dari toko dan di mana-mana seperti itu. Bukankah pernyataan ini menyatakan bahwa service dari iBox itu tidak beda dengan pedagang kaki lima? Ini membuat saya tidak punya pilihan selain menunggu 3 minggu – 1 bulan.

Yang menjadi masalah disini adalah:

  1. Produk ini saya gunakan untuk bekerja. Kalau begini berarti saya tidak bisa bekerja selama kira-kira 1 bulan sedangkan saya juga harus bertanggung jawab pada client dan menghidupi keluarga.
  2. Bisa dikatakan kalau barang yang saya beli ini adalah barang cacat produksi, bukankah seharusnya saya mendapatkan unit pengganti yang baru?
  3. Apple adalah produk internasional, apa tanggung jawabnya hanya sebatas kaki lima seperti kata kepala toko iBox SMS tadi?

Hal ini sangat merugikan saya baik dari waktu, materi dan juga mengancam pekerjaan saya. Dengan ini saya mohon ada perhatian, karena pihak penjual (iBox SMS) sudah melanggar hak saya sebagai konsumen yang dilindungi oleh Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Jeremias Juan Chandra
Karawaci, Tangerang
Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai MacBook Pro:

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

6 komentar untuk “MacBook Pro dari iBox SMS Belum Sampai 3 Minggu Sudah Bermasalah

 Apa Komentar Anda mengenai MacBook Pro?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

MacBook Pro dari iBox SMS Belum Sampai 3 Minggu Sudah Bermasalah

Jeremias Juan Chandra 2 menit
6