Mohon Bantuan Bukalapak atas Penipuan oleh Pelapak

Dear Team Media Konsumen & Team Bukalapak,

Dengan ini saya menjelaskan bahwa saya sudah tertipu oleh pelapak di Bukalapak dengan kronologi sebagai berikut:

Saya pesan handphone, karena handphone saya rusak dan mati total (salah merk dan tidak sesuai merk) dengan nomor invoice/transaksi 181105003312 dan nomor pembayaran BL1811HET6Q8INV di Bukalapak. Pada saat itu (pukul 14:00 – 15:00 WIB) barang diterima oleh adik saya, karena posisi saya masih kerja di kantor. Paket diterima oleh adik saya tanpa membuka paket tersebut karena adik saya tidak berani membuka paket milik saya sebagai kakaknya sehingga si pelapak meminta saya via WA agar konfirmasi pesanan telah diterima via aplikasi Bukalapak.

Namun apalah daya, setelah saya sampai di rumah dan membuka paket tersebut, alangkah kagetnya saya melihat kondisi handphone dan merk handphone tersebut. Kemudian saya langsung chat pelapak via WA namun hanya di-read kemudian WA saya diblokir. Lalu saya telepon, namun nomor sudah tidak aktif dan saya chat via aplikasi Bukalapak untuk penjelasannya namun status pelapak offline.

Akhirnya saya memutuskan untuk telepon ke CS Bukalapak sekitar pukul17 :20 WIB bahwa saya terkena imbas indikasi penipuan dan saya langsung meminta agar akun si pelapak dibekukan. Namun apalah daya, saya hanya diberikan nomor pelapor di 6670007 dengan jangka waktu 5×24 jam (keburu si pelapak mencairkan dana ke rekening pribadinya). Pagi ini saya diberitahukan bahwa dana di BukaDompet si pelapak sudah digunakan untuk membeli pulsa sejumlah Rp4.000.000 hasil dari transaksi saya dan hanya disisakan Rp7.500 di BukaDompet si pelapak tsb.

Selang kurang dari setengah jam si pelapak penipu sudah bisa mencairkan dan menggunakan uang tersebut untuk membeli pulsa dengan nilai besar Rp4.000.000. Alangkah syoknya saya mendengar hal tersebut dan Bukalapak hanya mengucapkan maaf kepada saya dan sempat menyalahkan saya sebagai konsumen yang tidak mengecek. Padahal saya sebagai konsumen sudah sangat-sangat dirugikan dan ditipu oleh pelapak di Bukalapak tsb.

Nasib buruk dan apes hari ini, saya selaku konsumen sangat-sangat kecewa dengan Term & Condition di aplikasi Bukalapak yang langsung bisa mencairkan BukaDompet Bukalapak dengan pembelian pulsa senilai yang sangat besar tanpa ada batas maksimalnya. Info ini saya dapat langsung dari manajer CSM Bukalapak dan CS Bukalapak.

Dengan ini saya berharap Bukalapak bisa bertanggung jawab atas apa yang terjadi oleh saya sebagai konsumen yang tertipu. Jika memang perlu, saya siap datang ke kantor pusat Bukalapak untuk bertemu dengan si pelapak dan pihak Bukalapak untuk mencari jalan tengahnya, karena bagaimana pun saya yang dirugikan dalam kasus ini dan tolong kebijaksanaannya dari Bukalapak dalam penanganan kasus ini agar tidak ada yang saling dirugikan, baik saya sebagai konsumen maupun si pelapak tersebut.

Berikut foto handphone saya dan semua bukti-bukti transaksi saya di Bukalapak dengan si pelapak.

Terima kasih,

Zenal Arifin
Bogor – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Zenal Arifin

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Mohon Bantuan Bukalapak atas Penipuan oleh Pelapak

  • 7 September 2018 - (10:26 WIB)
    Permalink

    Wah memangnya gak curiga sama sellernya pak? Kelihatannya aja udah gak bonafid. Sebaiknya cek reputasi seller dan testimoni dari pembeli lainnya sebelum belanja online. Apalagi ini nilainya lumayan gede.

    • 8 September 2018 - (02:15 WIB)
      Permalink

      Emang dikira bonafit ga bisa dibeli pak di Bukalapak walaupun masih pelapak newbie..yaaaaa tetap aja konsumen yg selalu di salahkan dengan alasan apapun padahal penyedia layanan dan aplikasi yg harus membuat term & condition yg bisa menutup celah fraud oleh si pelapak newbie atau yg sudah mahir…yaaaah gue sih pasrah aja percuma telpon sana – sini tapi cuma di lempar kaya bola dan sudah menghabiskan pulsa 215 ribu cuma buat telponin CS Bukalapak yg late respons dan main lempar-lemparan tiket laporan…huft

      • 8 September 2018 - (02:23 WIB)
        Permalink

        Datangin aja kantor Bukalapaknya, bawa bukti2 penipuannya dan minta Bukalapak buat membuka identitas pelaku buat laporan ke kepolisian. Pelaku2 penipuan seperti ini gak boleh dibiarkan, jadi keenakan dan keterusan. Harus ada proses hukum sampai tuntas!

        • 8 September 2018 - (02:33 WIB)
          Permalink

          Yaaah mas gue juga udh bilang gitu kali biar ada jalan tengah nya kalo ketemu di kantor Bukalapak antara gue sebagai konsumen dan pelapak dan pihak Bukalapak bertemu di dikantor Bukalapak malah si Bukalapak menyuruh gue yang lapor sendiri ke kantor polisi nanti Bukalapak nya yang menyediakan data aja tanpa effort lebih dan preventif untuk kasus ini yg ada gue malah waktu gue habis bolak balik ngurus kepolres dan ke bukalapak..

          Gue udh kapok pake Bukalapak dengan cara kerja sistem Bukalapak dan cara penanganan kasus fraud dan penipuan pelapak…SibNasib orang kampung Belanja di bukalapak…lebih baik belanja di Lazada dan shopee lebih aman dan nyaman..

          • 9 September 2018 - (08:18 WIB)
            Permalink

            Harusnya di setiap e-commerce ada opsi untuk retur barang kalo tidak sesuai, minimal kasih waktu 3 hari setelah barang diterima, buat konsumen memastikan barangnya tidak bermasalah. Setelah itu baru pembayaran diteruskan ke penjual.

  • 7 September 2018 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Pembeli terlalu “gegabah”,harusnya ada riset terlebih dahulu,mana seller yg baik,mana yg penipu. Enak bener Bukalapak dapat keuntungan dari memelihara seller yg senengnya nipu pembeli. bravo Bukalapak!

    • 8 September 2018 - (02:05 WIB)
      Permalink

      Bukalapak selalu menyalahkan saya sebagai konsumen Karna telah klik pesanan diterima .. laaaah gue pikir klik terima pesanan tapi kalo mau pengembalian barang Karan rusak atau baru di pakai rusak gimana kalo udh dari Bukalapak dan pelapak angkat tangan atas kejadian ini…sungguh bukakancut ngehe…

  • 8 September 2018 - (00:26 WIB)
    Permalink

    kalo menuru saya pribadi Bukalapak lah yang harus ikut bertanggung jawab atas kerugian pembeli minimal 50%.

    • 8 September 2018 - (02:10 WIB)
      Permalink

      Boro-boro mas di ganti sampe 50% orang cuma di ganti 1 juta rupiah dari total pembelanjaan 4 jutaan lebih padahal saya sudah bayar asuransi juga buat paket saya tapi tetap aja si Bukalapak menyalahkan saya sebagai konsumen…gue sih aneh aja baru ada loh dana langsung bisa di cairkan dengan cara pembelian pulsa oleh si pelapak penipu dengan nominal yg cukup besar tanpa ada maksimal pembelian pulsa…Waaaah sih Achmad Zaky makin rajin aja dah pergi umroh nya sama keluarga nya kalo begini cara nya bikin aplikasi yg bisa melakukan pencucian uang via aplikasi Bukalapak……Hebaaaat Si bukabukaanLAPAR…

  • 4 Februari 2020 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Saya juga barusan ketipu ini di suruh nunggu saya langsung lapor ke buka lapak entah uang akan kembali atau tidak

  • 29 Februari 2020 - (11:46 WIB)
    Permalink

    saya juga tertipu di bukalapak transaksi saya 5jt
    saya disuruh masuk link untuk pengisian data asuransi
    setelah saya masuk tiba2 kiriman barang saya ditolak dan langsung ada transaksi yang saya tidak pernah lakukan
    kenapa sistem bukalapak mempermudah untuk melakukan penipuan?
    paraaahh jgan belanja lagi disitu

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Mohon Bantuan Bukalapak atas Penipuan oleh Pelapak

oleh Zaenal Arifin79 dibaca dalam: 2 menit
11