Penutupan Kartu Kredit Bank Mega Dipersulit dan Berbelit-belit

Saya adalah pengguna aktif Kartu Kredit Bank Mega sejak tahun 2009. Pada hari Senin, 8 Oktober 2018 saya telepon CS untuk menutup kartu kredit yang Silver dengan alasan saya masih memiliki Kartu Kredit Bank Mega yang lain (Metro). Saya berbicara dengan CS Sdri. Aurel bahwa proses penutupan sebagai berikut:

  1. Hari Senin, 8 Oktober 2018 dilakukan pemblokiran untuk kartu kredit saya dan dilakukan pembayaran seluruh tagihan sesuai dengan tanggal hari itu.
  2. Selama 3 hari kerja, yaitu hari Kamis, 11 Oktober saya harus telepon kembali untuk mengetahui sisa tagihan/bunga dengan menelepon CS kembali di menu 9 dan melakukan pembayaran. Setelah melakukan pembayaran saya harus telepon kembali ke CS ke menu 7 untuk penutupan kartu kredit secara SEMPURNA (total telepon CS itu 3 kali).

Tetapi yang terjadi adalah setelah 3 hari kerja, yaitu Kamis 11 Oktober 2018 saya telepon ke menu 9 untuk mengetahui bunga tagihan terakhir, dan saya berbicara dengan CS Sdri. Genny/Jenny. Dikatakan bahwa bunganya TIDAK MUNCUL di sistem. Jadi saya harus menunggu sampai dengan tanggal cetak tagihan kartu kredit saya yaitu tanggal 16 Oktober 2018. Jadi saya harus menunggu sampai dengan tanggal 16 Oktober untuk menutup kartu kredit, padahal seharusnya bisa dilakukan hari itu (prosesnya). Di mana jika sampai dengan tanggal 16 Oktober itu kemungkinan besar bunga yang harus saya bayarkan lebih tinggi dibandingkan tanggal 11 Oktober kan?

Apakah karena tanggal cetak tagihan saya tinggal beberapa hari lagi, jadi bisa nambah-nambah jumlah tagihan bunga sengaja dimundurkan untuk pembayaran yang terakhir kalinya? Atau apa? Saya benar-benar tidak mengerti dan tidak masuk diakal. Padahal saya sudah melakukan pembayaran FULL pada tgl 8 Okt 2018.

Sebenarnya dari prosesnya saja tidak masuk akal:

  • Saya melakukan pembayaran FULL tanggal 8 Oktober.
  • Tanggal 11 Oktober saya saya diminta untuk pembayaran terakhir yaitu tagihan bunga berjalan (yang berarti bunga dari tanggal 8-11 Oktober itu). Untuk apa sebenarnya saya bayar bunga itu? Toh saya sebenarnya sudah minta tutup sejak tanggal 8 Oktober dan melakukan pembayaran FULL kan?
  • Ditambah sekarang saya harus menunggu seminggu lagi hanya untuk menutup kartu kredit???
  • Berapa kali saya harus telepon CS, memang telepon tidak menggunakan pulsa?

Tentu saja saya bertanya mengapa hari ini sisa bunganya tidak keluar, Sdri. Genny/Jenny tidak bisa menjelaskan hanya bilang memang tidak keluar di sistem kami, kemungkinan nanti tanggal 16 Oktober baru muncul. Saya tanya kembali kesalahan siapa sampai sisa tagihan yang harusnya hari ini keluar jadi tidak keluar. Dia bilang memang di sistem kami tidak keluar, Ibu bisa telepon kembali tanggal 16 Oktober. Yang menurut saya bukan jawaban sampai saya ngotot pun tidak ada jawaban yang keluar.

Saya minta solusi dengan masalah ini, akhirnya dibuatkannya “Pengajuan Penutupan Kartu Kredit” dengan nomor REV5289224, yaitu selama 6 hari kerja (tanggal 19 Oktober) jika memang tidak ada yang harus dibayarkan akan langsung bisa ditutup kartu kreditnya. Yang sebenarnya menurut saya itu bukan solusi juga karena tetap harus menunggu sampai tanggal 19 Oktober, di mana tanggal 16 Oktober saya tetap harus telepon lagi untuk sisa pembayaran nanti jika ternyata masih ada sisa pembayaran akan dibuatkan kembali surat “Pengajuan Penutupan Kartu Kredit” tersebut. Jadi kerja 2 kali juga. Dan harus berapa kali saya telepon CS???

Tentu saja saya sangat KECEWA dengan proses yang DIPERSULIT, BERBELIT-BELIT, SISTEM ERROR dari Bank Mega.

Dan yang pasti saya akan segera menutup Kartu Kredit Mega Metro yang masih aktif. Saya sarankan lebih baik memakai kartu kredit dari bank lain, karena saya tanya orang-orang proses penutupan kartu kredit tidak sulit, hari itu kita telepon hari itu juga kartu kredit kita bisa ditutup. Saya tahu bahwa regulasi dari tiap bank berbeda-beda tetapi BRAVO Bank Mega untuk penutupan kartu kreditnya yang sulit sekali.

Mohon segera feedback-nya. Terima kasih.

Santi Yulianti
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Mega:
[Penilaian Rata-rata: 2]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mega?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Penutupan Kartu Kredit Bank Mega Dipersulit dan Berbelit-belit

santiyul 2 menit
0