Transaksi dengan Kartu Kredit BCA Tidak Berhasil, Namun Tetap Tertagih

Saya dengan Keni, yang telah menjadi nasabah Bank BCA selama 20 tahun dan saat ini menjadi nasabah BCA Prioritas. Keluhan HaloBCA nomor 2107512177. Saya melakukan transaksi dengan kartu kredit BCA untuk pembelian tiket pesawat Cathay Pacific tujuan Jakarta-Narita via SkyScanner dan diteruskan ke mytrip.com pada tanggal 31 Oktober 2018 senilai Rp61.977.000,00. Saat transaksi memakai kode OTP dan keluar SMS bahwa transaksi berhasil. Namun saya tidak mendapat email konfirmasi pembelian tiket.

Segera 10 menit kemudian saya langsung telepon HaloBCA. Mereka mengatakan bahwa transaksi saya berhasil dan saya harus menghubungi merchant. Siang hari saya pergi ke CS BCA Milenia untuk meminta bantuan langsung dan meminta transaksi ini diproteksi. Sore harinya saya baru berhasil menghubungi mytrip karena ternyata merupakan merchant di USA. Mytrip menyatakan bahwa data pembelian saya masuk namun kode verifikasi tidak berhasil sehingga transaksi tidak dapat diproses, mytrip meminta bukti bahwa transaksi kartu kredit saya berhasil dan segera saya kirimkan via email.

Selang 1 minggu saya diminta datang ke CS BCA Milenia untuk membuat surat permohonan di atas materai. Namun BCA tidak dapat memproses karena tidak ada pembatalan dari merchant. Setelah 2 minggu, mytrip memberikan email yang menyatakan benar telah masuk uang saya ke rekening mereka dan akan mengembalikan uang saya via kartu kredit dalam 30 hari kerja.

Kembali saya laporkan pada HaloBCA dan CS BCA Milenia. HaloBCA tetap tidak memberikan solusi dan semata saya harus menerima kenyataan dan dikembalikan pada merchant. Itu berarti saya akan menerima tagihan senilai tersebut di akhir bulan, dan jika saya tidak membayar karena menunggu proses pengembalian uang setelah 30 hari kerja, itu berarti saya akan dikenakan bunga kartu kredit selama 2 bulan.

Saya kecewa karena HaloBCA tidak dapat membantu dan tidak peduli dengan masalah nasabah. Apa gunanya saya langsung menelepon HaloBCA segera setelah kejadian dan datang ke CS BCA? BCA sebagai pertahanan utama tidak dapat melindungi nasabah, bersikap seadanya, dan tidak berupaya mediasi atau memberikan solusi. Email kronologis dari mytrip yang sudah saya lampirkan tetap tidak cukup untuk membatalkan transaksi. Dan BCA tidak dapat mencegah masuknya dana ke mytrip meski sudah saya peringatkan. Lalu apa gunanya laporan yang saya berikan 10 menit setelah kejadian, jika tidak diperhatikan sama sekali?

Jika akhir bulan saya tetap mendapat tagihan, saya akan membayar tagihan tersebut supaya tidak terkena bunga. Setelah mendapat pengembalian uang dari mytrip sudah pasti saya akan menutup kartu kredit BCA dan memindahkan dana dari BCA. Saya tidak masalah tidak menjadi BCA Prioritas, karena saya sangat kecewa.

Demikian agar diperhatikan, dan semoga tidak ada yang mengalami kejadian seperti saya.

Hormat saya,

Keni Istasaputri
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Penilaian Rata-rata: 2.4]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Transaksi dengan Kartu Kredit BCA Tidak Berhasil, Namun Tetap Tertagih

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!

Transaksi dengan Kartu Kredit BCA Tidak Berhasil, Namun Tetap Tertagih…

Keni Istasaputri 2 menit
2