Aplikasi TangBull dan DanaQ Sistem Pembayarannya dan Virtual Akun Tidak Valid

Di forum ini saya ingin sedikit berbagi cerita dan berbagi pengalaman saya mengenai pinjaman online yang amat sangat berharga, agar teman teman yang lainnya tidak mengalami seperti saya. Dan hal ini benar benar memberikan pembelajaran yang sangat berharga untuk saya. Dan saya begitu menyesal telah apply di aplikasi tersebut.

Semua berawal dari rasa penasaran saya untuk menggunakan serta mengaplikasikan aplikasi tersebut. Saya bisa tahu aplikasi semacam itu dari teman kantor saya. Awalnya dia bercerita bahwa dia sering menggunakan aplikasi pinjaman online tersebut, agar datanya rahasia dan tidak ada yang tahu.

Dari rasa penasaran tersebut dan kebetulan dalam keadaan yang mendesak saya mencoba untuk menggunakan aplikasi pinjaman online yang bernama DANAQ (yang dulunya bernama TANGBULL) & UANG DANA. Saya mencoba untuk apply, dan persyaratannya mudah, kemudian pencairannya juga cepat.

Dan singkat cerita ketika jatuh tempo, saya hendak melakukan pembayaran melalui mobile banking agar lebih mudah, namun nomor rekening/nomor virtual akun yang tertera dari berbagai bank tidak dapat diakses semua dengan keterangan BANK TIDAK TERSEDIA. Kemudian saya melakukan pembayaran via ATM namun yang saya dapati juga sama saja transaksi tidak dapat diproses dan nomor rekening yang tertuju tidak terdaftar .

Saya merubah metode pembayaran saat itu juga dengan metode pembayaran via Alfamart, namun yang saya dapati juga sama saja nomor virtual akun tidak terdaftar.

Saya tunggu hari berikutnya, hal yang saya dapati juga sama saja. Pada hari ke-3 saya mencoba untuk mengontak customer service yang tertera pada aplikasi tersebut, namun tidak ada jawaban.

Hingga tiba di hari kelima tidak ada respon sama sekali dari customer service dan nomor telepon juga tidak ada yang mengangkat dan saya masih tetap melakukan pembayaran namun tetap tidak bisa. Namun bunga terus berjalan. Sungguh ini sangat amat merugikan customer.

Saya mencoba mencari tahu tentang komentar yang ada mengenai 2 aplikasi ini, dan yang saya dapat informasinya kebanyakan sama dengan apa yang saya alami. Dan tentunya ada yang lebih parah lagi dari saya tentang apa yang saya alami. Ada yang tidak pernah mengajukan namun diminta untuk ditagih, kemudian ada yang mengajukan dan mereka sudah melakukan pembayaran dan bukti transfernya jelas ada namun di aplikasi tersebut jumlah tagihannya berbeda dengan apa yang diajukan.

Di lain sisi mengenai petugas yang menelpon menggunakan nada tinggi dan tidak mau menjelaskan, dan pada saat customer menjelaskan yang ada pada pihak customer service-nya malah marah-marah dan memaki kemudian menutup teleponnya.

Dan pada hari ke-6 jatuh tempo saya, dari pihak aplikasi DANAQ menelepon saya dan mengancam serta bernada tinggi untuk menagih tagihan saya.

Pada saat itu saya menjelaskan apa yang saya alami pada saat saya melakukan pembayaran serta pelunasan pada tagihan saya, namun pihak DANAQ tidak menanggapi apa yang saya jelaskan.

Dan pihak DANAQ meminta virtual account saya, kemudian saya bilang terhadap customer service-nya untuk bisa WA saya ataupun email, agar saya bisa memberikan virtual account yang terlampir pada akun saya. Namun hingga sore dan keesokan harinya tidak ada dari pihak DANAQ yang mengontak saya untuk mengkonfirmasi bahwa dia sudah menelpon saya dan meminta untuk segera dikirimkan virtual akun saya dan akan segera diganti yang baru.

Saya juga bilang pada saat itu, ketika saya belum bisa melakukan pembayaran dikarenakan virtual akun yang tercantum tidak bisa digunakan , namun bunga terus berjalan dan dispensasi pun tidak diberikan dari pihak aplikasi untuk customer-nya.

Jika memang pihak aplikasi masih bermasalah dengan sistem pembayaran arau sedang bermasalah dengan bagian OJK mohon untuk bisa konfirmasi terlebih dahulu terhadap customer, atau bisa mereset sistem aplikasinya, agar data yang tercantum serta bunga yang ada tidak terus meningkat dan tidak merugikan customer.

Dan saya masih ingat betul nama penelepon dari aplikasi DANAQ adalah Nita dengan no telepon +62811135054**. Dan di saat bunga semakin naik, baru ditagihkan kepada customer, sungguh sangat mengecewakan pelayanannya. Begitu buruk, dan menyiksa untuk customer .

Dan hal tersebut juga terjadi pada aplikasi Uang Dana yang kisahnya sama seperti aplikasi DANAQ. Begitu sangat disayangkan untuk sebuah aplikasi yang merugikan ini, serta pelayanan yang benar-benar sangat buruk .

Saya hanya ingin berpesan untuk semuanya, agar lebih waspada dan tidak terkena tipu oleh hal seperti ini. Karena ini sangat amat merugikan. Dan bunganya begitu besar untuk jatuh tempo hari yang sependek itu. Serta untuk sistem yang kurang sempurna .

Dan apabila untuk rekan yang mengalami kasus seperti saya, semoga pembelajaran ini bisa kita ambil hikmah yang baiknya. Dan apabila ada yang tahu untuk forum pengajuan masalah ini mohon untuk dibantu, terutama untuk pihak OJK mohon bisa disikapi untuk masalah hal ini.

Terima kasih.

Galuh
0822422268**
Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:31    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

22 komentar untuk “Aplikasi TangBull dan DanaQ Sistem Pembayarannya dan Virtual Akun Tidak Valid

  • 25 Desember 2018 - (21:22 WIB)
    Permalink

    malam,,saya juga ada pinjaman di DanaQ dan mau saya lunasi tetapi aplikasi danaq di hp saya tdk bisa dibuka dan ketika mau di download ulang tidak ada di playstore,,apakah mas bisa bantu infokan aplikaainya berubah jdi nama apa dan melakukan pembayaran kemana..mohon infonya..trims

    • 3 Januari 2019 - (09:56 WIB)
      Permalink

      maaf kak , saya tidak ada link untuk download applikasinya . dulu saya download dari playstore kemudian sudah saya hapus . makasih

    • 3 Januari 2019 - (13:23 WIB)
      Permalink

      Untuk pembayaran bisa minta nomor virtual account di no wa yg tertera di uploadan foto instagram @tangbull

  • 26 Desember 2018 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Sama persis dengan yang saya alami .. sampe orangtua dan mertua saya ditelpon dimaki maki suruh saya bayar lunas sedangkan kesalahan app nya sendiri .. pinjaman saya waktu itu hanya 1.2 jt tapi ketika ada yang nelpon menjadi 2,4 jt ..

    Sekarangpun saya mau bayar lunas tapi app danaq ga bisa saya buka ..
    bener bener sangat merugikan

    • 31 Desember 2018 - (17:56 WIB)
      Permalink

      Lihat di instagram @tangbull namanya upload yg paling atas ada no wa nya yg 1 bisa di hubungi . Segera minta no virtual account kita untuk melakukan pembayaran . Biar bunga ga semakin membengkak . Entah yah mnrut saya mreka memang sengaja . Pas say udh melakukan pembayaran saya konfirmasi aja ga di balas .. tapi untungnya DC yg kirim tagihan ke saya slalu respon ke saya jd terbantu banget dan syukurnya menagih nya juga ga kasar . Saya minta untuk nego dia ajukan yah walau pun cuma dpet potongan 200rb stidaknya gpp lah

    • 3 Januari 2019 - (09:58 WIB)
      Permalink

      iya kak, sangat merugikan sekalu .
      dan saya bener bener menyesal pernah gunain apk ini .
      dari pihak danaq nya saja tidak ada tanggung jawabnya sama sekali atas hal ini, boro2 ucapan maaf yang ada makian .
      dan ketika bunga sudah banyak baru meminta , menelpon dan marah marah .
      malah sempet ngancem juga

    • 3 Januari 2019 - (09:58 WIB)
      Permalink

      iya kak, sangat merugikan sekalu .
      dan saya bener bener menyesal pernah gunain apk ini .
      dari pihak danaq nya saja tidak ada tanggung jawabnya sama sekali atas hal ini, boro2 ucapan maaf yang ada makian .
      dan ketika bunga sudah banyak baru meminta , menelpon dan marah marah .
      malah sempet ngancem juga

      • 3 Januari 2019 - (13:26 WIB)
        Permalink

        Memang mereka ga ada tanggung jawab atas hilasnya aplikasi . Org yg mau bayar jadi bingung .. giliran dendanya ttp di tanggung konsumen.. biar pada gendut perut mereka makan uang riba

        • 3 Januari 2019 - (15:24 WIB)
          Permalink

          iya kak, bener banget gak ada tanggung jawabnya sama sekali untuk applikasi tsb, yang ada malah merugikan konsumen secara banyak .
          semoga Allah yg membalas semua yang memakan uang riba yang begitu banyak pada pegawai di applikasi tsb .

    • 3 Januari 2019 - (11:38 WIB)
      Permalink

      ya begitulah kak .
      nanti klw bunganya udah banyak tuh baru dari pihak tangbull nlp sambil marah2 , lalu ketika kita minta VA atau seenggaknya link dari applikasi tersebut by wa tidak akan langsung direspon oleh pihak penelpon & pihak applikasinya , dengan jawaban dari customer service yg nelpon “Saya tidak tahu untuk hal ini, semua sudah diinformasikan melalui applikasi & tugas saya hanya menagihkan tagihan yang harus dibayarkan” jawaban patennya seperti itu , kemudian jika kita menjelaskan serta meminta dispensasi untuk hal tsb yang ada pihak tsb malah marah2 dan mengancam apabila kita tidak melunasi saat itu juga .

      Jika memang applikasi tsb sedang bermasalah dengan OJK atau memang OJK ingin menutup applikasi tsb , setidaknya semua customer bisa di informasikan , minimal dengan chat di WA kan jg jaman udh canggih & saya rasa customer juga akan merasa nyaman dengan hal tersebut .
      Customer juga merasa tidak dirugikan sangat besar .

    • 3 Januari 2019 - (22:35 WIB)
      Permalink

      Yg pengalaman pijol sama tangbull coba bagi cerita .. krna saya baru saja slesai masalahnya dengan pijol ke mereka

    • 1 Februari 2019 - (13:22 WIB)
      Permalink

      no CS yang tertera di applikasi tidak bisa dihubungi semua, saya pernag mengalami itu kak & denda terus berjalan setiap harinya.
      dan tidak ada pemberitahuan sama sekali apabila applikasi sedang dalam proses perbaikan atau hal lainnya.
      ketika denda sudah bertumpuk banyak, maka yang ada nanti pihak penagih menelpon dengan nada kasar & terus memaksa serta mngertak nasabah.
      dan ketika nasabah menjelaskan penjelasan akan dipotong & tidak diterima .
      lalu, nasabah tetap diminta bayar full semua tanpa adanya dispensasi, padahal jelas2 itu itu bukan salah nasabahnya melainkan kesalahan dari pihak applikasi.

      jika memang pihak Danaq / Tangbull mengalami masalah dengan OJK sebaiknya juga bisa memberikan info.
      ini adalah applikasi yg benar2 merugikan nasabah

      • 4 Oktober 2019 - (10:56 WIB)
        Permalink

        Mohon dibantu jika ada yang punya nomor cs Dana-Q karna saya sudah 2x ke dialfamart yang berbeda lokasi karna ingin membayar tagihan. Mereka tidak punya data dengan nama itu sedangkan saya masih menyimpan sms dari dana Q Fintek asia. Saya cari pada aplikasipun sudah tidak ada lagi.
        Saya browsing hanya ada web namun tidak ada nomor telpnya dan tertera emailnya saja wenlin871@gmail.com
        Belum ada balasan.
        Mohon dibantu jika salah seorang di sini punya kontak mereka.
        Trima kasih.
        Salam Kenal.

  • 30 Januari 2019 - (14:16 WIB)
    Permalink

    sdah pindh apk tangbull ganti nma modalnasional,tpi tdak ada dplaystore gmna saya mau byar,denda brtmbh trus,semua va valid

    • 1 Februari 2019 - (13:24 WIB)
      Permalink

      pengennya gitu kak , karena kan emang bener bener bukan kesalahan kita.
      tp pemaksaan dari pihak tangbull/danaq nya yang bikin risih beserta ancaman yang diberikan pihak penagihnya

      • 7 Februari 2019 - (16:03 WIB)
        Permalink

        saya juga kena di tangbul baru saja mengancam mau datengn dc ke kantor saya pinjen 1-5 sekarang sudah hampi 3 juta solusinya gmana ya

        • 8 Februari 2019 - (10:40 WIB)
          Permalink

          klw menurut saya d laporin saja kak , lampirin aja bukti2 yang emang bener2 bikin ga bisa buat melakukan transaksi pembayaran dikarenakan virtual accountnya .
          karena emang kan karena kesalahan pihak tangbull nya .
          entah DC nya akan datang langsung atau tidak saya kurang paham .
          krna klw dr phone ataupun via chat whatsapp , sllu kasar & mengancam saat penagihan serta penjelasan yang nasabah lakukan hanya d anggap sebuah alssan oleh mereka .
          serius deh kak , ini applikasi bikin rugi & sengsara customernya

 Apa Komentar Anda?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Aplikasi TangBull dan DanaQ Sistem Pembayarannya dan Virtual Akun Tida…

oleh Galuh WNS dibaca dalam: 3 min
22