Surat Pembaca

Top Up Mandiri e-Money di Shopee, Saldo Tidak Masuk Saat Di-Update

Saya melakukan top up e-Money Mandiri di Shopee senilai Rp500.000 pada tanggal 4 Agustus 2019. Saldo awal sebelum top up senilai Rp60.000. Saya melakukan top up melalui aplikasi Shopee saat kondisi sudah masuk jalan tol. Setelah saya bayar invoice dari Shopee, saya update saldo via aplikasi Tokopedia di smartphone NFC saya, namun muncul keterangan tidak ada saldo pending. Saya coba berulang kali, hasilnya sama saja.

Saya cek di Shopee, pesanan masih dalam status diproses, lalu saya coba klik terima pesanan. Cashback berupa koin Shopee pun masuk, tetapi ketika saya update saldo, masih tetap saja tidak ada saldo pending dari Shopee. Karena khawatir saldo kurang saat keluar tol, saat melihat Indomaret sebelum exit tol, saya minta untuk update saldo di kasir. Kasir cek tidak ada saldo pending sama sekali di kartu e-money saya. Terpaksa saya top up senilai Rp100.000 di Indomaret dan update saldo. Langsung saldo saya ter-update menjadi Rp160.000.

Pertanyaannya, lalu di mana saldo senilai Rp500.000 dari topup di Shopee? Saya pun segera melapor ke CS Shopee via chat di aplikasi. Namun responnya hanya berupa respon template harap menunggu 2×24 jam. Kartu e-money saya gunakan untuk tol PP 2x@65000, sisa saldo sekarang Rp 30000. Jadi per hari ini sudah hampir 3 minggu, saldo top up dari Shopee sebesar Rp500.000 masih belum masuk dan tidak ada kejelasan sama sekali.

Pihak Shopee tetap ngotot berkata kalau transaksi sukses, padahal itu terjadi karena saya yang klik terima pesanan. Kondisi di dalam tol, khawatir saldo kurang, saya klik terima dengan pemikiran siapa tahu setelah saya klik terima saldonya bisa masuk. Ternyata sampai hari ini saldo tidak jelas ada di mana.

Yang membuat saya sangat kecewa, saya sudah mem-push dan komplain terus menerus tapi CS Shopee seakan-akan sama sekali tidak peduli. Padahal saya sudah berkali-kali update saldo di ATM Bank Mandiri. Saya videokan tidak ada saldo pending, saya fotokan juga struk history transaksi (dimana terlihat jelas tidak ada saldo Rp500.000 dari Shopee tanggal 4 Agustus 2019).

Seharusnya pihak Shopee juga proaktif bertanya ke pihak Bank Mandiri perihal hal ini, karena kenyataannya di histori transaksi memang tidak ada saldo masuk dari Shopee. Mohon masalah ini segera diselesaikan secepatnya. Duit customer Rp500.000 digantung nggak jelas dimana. Bukti semua sudah diberi tapi tidak ada niat baik dari Shopee untuk investigasi/segera memberikan solusi.

Saya juga pernah gagal top up kartu e-money di Tokopedia, namun investigasi cepat dan mereka segera koordinasi dengan Bank Mandiri. Dalam 3 hari kerja, refund sudah diproses. Di Shopee, sampai 3 minggu digantung saja tanpa solusi padahal semua bukti sudah jelas-jelas menunjukkan tidak ada saldo masuk dari Shopee. Ini proses komplain terparah dan terlama saya selama ini di semua marketplace.

Mohon untuk shopee, segera investigasi, koordinasi dengan Bank Mandiri, proseskan update saldo e-money-nya atau refund ke Shopee Pay saya. Jangan ambil duit customer seenaknya saja.

Thanks.

Erwin
Sukoharjo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Aplikasi Shopee belum nyediain fitur update saldo via NFC yah? Mending pake toko sebelah dulu deh, kalo masih kek gitu. ?

    • saya sudah kasih semua data bahkan sampai berulang-ulang (nomor invoice, foto struk update saldo di indomaret, foto struk topup di indomaret, foto struk history transaksi dari atm mandiri, video update saldo dimana jelas-jelas terlihat tidak ada saldo pending sampai hari ini) di laporan #20804678 , dilanjutkan ke laporan #21679168. nomor invoice 2019080410123448520.

  • Kalau sepengetahuan saya sih memang CS nya sopi bisa dibilang CS dengan kinerja maupun problem solving terrendah dibanding yang lain. Kalau ada yang bilang bahwa toko ijo kurang bagus kinerja CS nya, kalau IMO CS si sopi jauh di bawahnya lagi.
    Jadi kesimpulan saya: good luck aja kalau sampai perlu berurusan dengan CS (baca: selama transaksi lancar & all is well ya silakan aja no problem transaksi di sopi, tapi begitu perlu berurusan dengan CS, ...)

    • Betul sekali gan, jawabannya seringkali hanya jawaban template. CS juga tidak proaktif sama sekali, tidak mau berpikir problem solving. Untuk produk digital, harus menunggu sampai 2x24 jam dulu sebelum mereka mau cek. Dan estimasi waktu pengecekannya terlalu lama bisa sampai 3-5 hari kerja. Itupun juga responnya seringkali tidak menyelesaikan masalah.

  • Terus gmn kelanjutannya gan?? Sy mengalami kasus yg sama, top up emoney di shopee tgl 31 agustus 2019 sampai sekarang saldo jg blm masuk

    • maaf gan, baru aja terselesaikan masalahnya di bulan september ini. memang agan harus ngepush terus gan setiap saat ke cs. saya juga sampai maki-maki baru benar-benar dicek sama cs nya. yang penting agan ada bukti lengkap, ketika shopee minta bukti, agan ada buktinya. emang mengesalkan sih. tapi setelah lebih dari 1 bulan akhirnya dana direfund juga ke rekening saya dan koin shopee (walau koin shopeenya ini juga masuknya telat, harus saya komplain ulang baru ditindak).

      • Bro Erwin sebelum dana direfund apakah sempat menghubungi CS Bank Mandiri nya? saya soalnya mengalami hal yang sama. Kapok beneran top up emoney di Shopee, sebelumnya pernah di Tokopedia lancar jaya.

  • Jangan TopUp lewat shopee banyak masalah. Banyak banget masalah kaya gini ya, saya juga ngalamin kasus yg sama, sdh hubungi cs shopee cuman bilang tunggu 1x24jam ya gitu seterusnya tunggu dan tunggu. Sangat kecewa dengan shopee, utk kedepannya jangan lakukan transaksi topup atau pembayaran lewat shopee. Shopee seperti maling

  • Sama persis ni gan. Saya uda lampirkan bukti segala macem tp ttp jawaban standar ngotot uda berhasil. Memang ga recommend top up di shopee. Mendingan di tokopedia aja atw bukalapak. Harus saya push terus ini sampe di balikin krn uda 1 minggu masi aja ngotot uda berhasil. Mandiri ga bisa cek krn top up ga melalui mandiri mbanking, tp shopeenya yg nyuruh ke mandiri. Beneran payah shopee buat top up.

  • Saya juga mengal as mi kasus serupa namun bedanya saya belum sampai klik terima pesanan. Saya isi e-money untuk e-toll per tanggal 18 november 2019 dan hingga saat ini tanggal 26 desember 2019 komplain saldo saya yang belum masuk belum tertangani oleh shopee. Ketika ditanya jawaban mereka hanya berulang " kami butuh 3 s. D 5 hari kerja, mohon menunggu sampai estimasi waktu kami" Hellooo bahkan ini sudah lebih dari 1 bulan

  • Saya beli saldo emoney mandiri via shopee. Setelah status pesanan telah dikirim, saldo di-update via aplikasi tokopedia. Kalo HP tdk memiliki NFC, sampai kapanpun tdk bisa update saldo. Kalian bisa ke ATM, BANK Mandiri, atau gerai (minimarket indomaret atau alfamart).

  • Hr ini saya top up emoney lewat sopi.. Yupz bisa ditebak hasilnya.. Saldo kaga masuk. 2019 juga pernah topup cuman ga langsung saya cek walhasil pas dipakai beberapa minggu kemudian saldo zonk (kelamaan antara isi ulang dan pemakaian jadi lupa).. Apes.. Ydh ga bakalan lagi".

    • Sama bro saya 3hr yg lalu topup blm masuk smpai skrg..trus saya ajuin pengembalian dana smpai skrg jg blm diproses2 juga..uda push CS berkali2 suruh nunggu email mulu..payah emang CS dlm nyelesaiin masalah..g bisa cepet