Top Up Mandiri e-Money di Shopee, Saldo Tidak Masuk Saat Di-Update

Saya melakukan top up e-Money Mandiri di Shopee senilai Rp500.000 pada tanggal 4 Agustus 2019. Saldo awal sebelum top up senilai Rp60.000. Saya melakukan top up melalui aplikasi Shopee saat kondisi sudah masuk jalan tol. Setelah saya bayar invoice dari Shopee, saya update saldo via aplikasi Tokopedia di smartphone NFC saya, namun muncul keterangan tidak ada saldo pending. Saya coba berulang kali, hasilnya sama saja.

Saya cek di Shopee, pesanan masih dalam status diproses, lalu saya coba klik terima pesanan. Cashback berupa koin Shopee pun masuk, tetapi ketika saya update saldo, masih tetap saja tidak ada saldo pending dari Shopee. Karena khawatir saldo kurang saat keluar tol, saat melihat Indomaret sebelum exit tol, saya minta untuk update saldo di kasir. Kasir cek tidak ada saldo pending sama sekali di kartu e-money saya. Terpaksa saya top up senilai Rp100.000 di Indomaret dan update saldo. Langsung saldo saya ter-update menjadi Rp160.000.

Pertanyaannya, lalu di mana saldo senilai Rp500.000 dari topup di Shopee? Saya pun segera melapor ke CS Shopee via chat di aplikasi. Namun responnya hanya berupa respon template harap menunggu 2×24 jam. Kartu e-money saya gunakan untuk tol PP 2x@65000, sisa saldo sekarang Rp 30000. Jadi per hari ini sudah hampir 3 minggu, saldo top up dari Shopee sebesar Rp500.000 masih belum masuk dan tidak ada kejelasan sama sekali.

Pihak Shopee tetap ngotot berkata kalau transaksi sukses, padahal itu terjadi karena saya yang klik terima pesanan. Kondisi di dalam tol, khawatir saldo kurang, saya klik terima dengan pemikiran siapa tahu setelah saya klik terima saldonya bisa masuk. Ternyata sampai hari ini saldo tidak jelas ada di mana.

Yang membuat saya sangat kecewa, saya sudah mem-push dan komplain terus menerus tapi CS Shopee seakan-akan sama sekali tidak peduli. Padahal saya sudah berkali-kali update saldo di ATM Bank Mandiri. Saya videokan tidak ada saldo pending, saya fotokan juga struk history transaksi (dimana terlihat jelas tidak ada saldo Rp500.000 dari Shopee tanggal 4 Agustus 2019).

Seharusnya pihak Shopee juga proaktif bertanya ke pihak Bank Mandiri perihal hal ini, karena kenyataannya di histori transaksi memang tidak ada saldo masuk dari Shopee. Mohon masalah ini segera diselesaikan secepatnya. Duit customer Rp500.000 digantung nggak jelas dimana. Bukti semua sudah diberi tapi tidak ada niat baik dari Shopee untuk investigasi/segera memberikan solusi.

Saya juga pernah gagal top up kartu e-money di Tokopedia, namun investigasi cepat dan mereka segera koordinasi dengan Bank Mandiri. Dalam 3 hari kerja, refund sudah diproses. Di Shopee, sampai 3 minggu digantung saja tanpa solusi padahal semua bukti sudah jelas-jelas menunjukkan tidak ada saldo masuk dari Shopee. Ini proses komplain terparah dan terlama saya selama ini di semua marketplace.

Mohon untuk shopee, segera investigasi, koordinasi dengan Bank Mandiri, proseskan update saldo e-money-nya atau refund ke Shopee Pay saya. Jangan ambil duit customer seenaknya saja.

Thanks.

Erwin
Sukoharjo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

33 komentar untuk “Top Up Mandiri e-Money di Shopee, Saldo Tidak Masuk Saat Di-Update

  • 23 Agustus 2019 - (09:08 WIB)
    Permalink

    Aplikasi Shopee belum nyediain fitur update saldo via NFC yah? Mending pake toko sebelah dulu deh, kalo masih kek gitu. ?

    • 23 Agustus 2019 - (17:55 WIB)
      Permalink

      Belum gan, ada keterangannya kok. Setelah top up, mohon update saldo melalui mesin ATM/gerai retail terdekat.

    • 23 Agustus 2019 - (17:51 WIB)
      Permalink

      saya sudah kasih semua data bahkan sampai berulang-ulang (nomor invoice, foto struk update saldo di indomaret, foto struk topup di indomaret, foto struk history transaksi dari atm mandiri, video update saldo dimana jelas-jelas terlihat tidak ada saldo pending sampai hari ini) di laporan #20804678 , dilanjutkan ke laporan #21679168. nomor invoice 2019080410123448520.

  • 23 Agustus 2019 - (16:38 WIB)
    Permalink

    Kalau sepengetahuan saya sih memang CS nya sopi bisa dibilang CS dengan kinerja maupun problem solving terrendah dibanding yang lain. Kalau ada yang bilang bahwa toko ijo kurang bagus kinerja CS nya, kalau IMO CS si sopi jauh di bawahnya lagi.
    Jadi kesimpulan saya: good luck aja kalau sampai perlu berurusan dengan CS (baca: selama transaksi lancar & all is well ya silakan aja no problem transaksi di sopi, tapi begitu perlu berurusan dengan CS, …)

    • 23 Agustus 2019 - (17:58 WIB)
      Permalink

      Betul sekali gan, jawabannya seringkali hanya jawaban template. CS juga tidak proaktif sama sekali, tidak mau berpikir problem solving. Untuk produk digital, harus menunggu sampai 2×24 jam dulu sebelum mereka mau cek. Dan estimasi waktu pengecekannya terlalu lama bisa sampai 3-5 hari kerja. Itupun juga responnya seringkali tidak menyelesaikan masalah.

  • 4 September 2019 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Terus gmn kelanjutannya gan?? Sy mengalami kasus yg sama, top up emoney di shopee tgl 31 agustus 2019 sampai sekarang saldo jg blm masuk

    • 17 September 2019 - (10:40 WIB)
      Permalink

      maaf gan, baru aja terselesaikan masalahnya di bulan september ini. memang agan harus ngepush terus gan setiap saat ke cs. saya juga sampai maki-maki baru benar-benar dicek sama cs nya. yang penting agan ada bukti lengkap, ketika shopee minta bukti, agan ada buktinya. emang mengesalkan sih. tapi setelah lebih dari 1 bulan akhirnya dana direfund juga ke rekening saya dan koin shopee (walau koin shopeenya ini juga masuknya telat, harus saya komplain ulang baru ditindak).

      • 15 November 2019 - (11:07 WIB)
        Permalink

        Bro Erwin sebelum dana direfund apakah sempat menghubungi CS Bank Mandiri nya? saya soalnya mengalami hal yang sama. Kapok beneran top up emoney di Shopee, sebelumnya pernah di Tokopedia lancar jaya.

  • 9 November 2019 - (21:52 WIB)
    Permalink

    Jangan TopUp lewat shopee banyak masalah. Banyak banget masalah kaya gini ya, saya juga ngalamin kasus yg sama, sdh hubungi cs shopee cuman bilang tunggu 1x24jam ya gitu seterusnya tunggu dan tunggu. Sangat kecewa dengan shopee, utk kedepannya jangan lakukan transaksi topup atau pembayaran lewat shopee. Shopee seperti maling

  • 16 November 2019 - (18:34 WIB)
    Permalink

    Sama persis ni gan. Saya uda lampirkan bukti segala macem tp ttp jawaban standar ngotot uda berhasil. Memang ga recommend top up di shopee. Mendingan di tokopedia aja atw bukalapak. Harus saya push terus ini sampe di balikin krn uda 1 minggu masi aja ngotot uda berhasil. Mandiri ga bisa cek krn top up ga melalui mandiri mbanking, tp shopeenya yg nyuruh ke mandiri. Beneran payah shopee buat top up.

  • 26 Desember 2019 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengal as mi kasus serupa namun bedanya saya belum sampai klik terima pesanan. Saya isi e-money untuk e-toll per tanggal 18 november 2019 dan hingga saat ini tanggal 26 desember 2019 komplain saldo saya yang belum masuk belum tertangani oleh shopee. Ketika ditanya jawaban mereka hanya berulang ” kami butuh 3 s. D 5 hari kerja, mohon menunggu sampai estimasi waktu kami” Hellooo bahkan ini sudah lebih dari 1 bulan

  • 6 Januari 2020 - (15:05 WIB)
    Permalink

    Saya beli saldo emoney mandiri via shopee. Setelah status pesanan telah dikirim, saldo di-update via aplikasi tokopedia. Kalo HP tdk memiliki NFC, sampai kapanpun tdk bisa update saldo. Kalian bisa ke ATM, BANK Mandiri, atau gerai (minimarket indomaret atau alfamart).

  • 20 Februari 2020 - (21:25 WIB)
    Permalink

    Hr ini saya top up emoney lewat sopi.. Yupz bisa ditebak hasilnya.. Saldo kaga masuk. 2019 juga pernah topup cuman ga langsung saya cek walhasil pas dipakai beberapa minggu kemudian saldo zonk (kelamaan antara isi ulang dan pemakaian jadi lupa).. Apes.. Ydh ga bakalan lagi”.

    • 10 April 2020 - (04:20 WIB)
      Permalink

      Sama bro saya 3hr yg lalu topup blm masuk smpai skrg..trus saya ajuin pengembalian dana smpai skrg jg blm diproses2 juga..uda push CS berkali2 suruh nunggu email mulu..payah emang CS dlm nyelesaiin masalah..g bisa cepet

  • 30 Mei 2020 - (22:02 WIB)
    Permalink

    Kejadian yg sama sy alami. Sopi udh bisa update kok pake nfc, stlh top up 200rb, diupdate saldo ga berubah. Lalu chat cs e malah saya diajari cara update di atm. Sy bilang, kamu ga nangkep apa pertanyaan sy! Lalu dia bilang tunggu 24 jam. Setelh bbrp kali chat, bolak balik atm mandiri, bbrp kali telepon cs, lalu disuruh nunggu di-email, barulah refund berhasil. Sebelumnya vs selalu bilang trx berhasil. Celakanya sy tergoda top up via sopi lagi, eh kejadian lg nih saldo ga masuk. Msh sy tunggu sih ampe 24 jam baru tar sy complain lg.

  • 16 Juni 2020 - (13:23 WIB)
    Permalink

    Saya juga dr tgl 31mei smpe skrng saldo ga masuk, malah disuruh kesana kemari
    Cek di atm lah, cek di indomart, sampe coba transaksi di tol
    Alhasil ZONK sial bgt
    nyesel gue top up emoney di shoppe
    cs nya juga berbelit belit malahan skrng disuruh bikin rekening koran hellow gua pembeli malah jd babu haduh apes bgt deh

  • 30 Juni 2020 - (14:55 WIB)
    Permalink

    Sama kak kasusnya seperti saya baru saja 5 hari lalu, tgl 22 juni 2020 saya topup kemudian tgl 25 juni 2020 saya update tapi tidak masuk saldonya alias tidak ada pending topup, di history pun tidak masuk sama sekali akhirnya saat hari itu juga saya langsung isi ulang lagi via gerai ind*m*r*t tetap juga saldo dari sh*p** tidak ada, saya urus sampai hari ini 30 juni 2020 juga masih belum ada kejelasan.
    Jadi takut kalau mau topup via aplikasi itu lagi..

  • 12 Agustus 2020 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Sama persis kasusnya kayak saya, ternyata baru baca2 gini yaaa parah top up nya sering gagal, saya pun mengalami tanggal 10 Agustus 2020 top up senilai 100 ribu sampai dengan tanggal 12 Agustus 2020 di cek berulang ulang masih zonk terusss huhu padahal sudah hubungi CS tp disuruh nunggu2 teruss

  • 19 November 2020 - (10:21 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalamin hal yang sama,saldo emoney mandiri tidak masuk, saya top up 500ribu pada tnggal 16 november 2020 sudah chat cs tetapi pembahasanya selalu muter2 yaitu saya disuruh untuk mengupdate saldo lagi dan lagi. sudah saya sertakan bukti2 dari atm bahkan dari hp saya yang memiliki fitur nfc tetapi pihak mandiri ngotot kalo transaksi tersebut pending top up dan sampai skrng belum ada penyelesaian tolong dibantu teman2 jika pernah mengalamin hal yang sama ?

  • 4 Desember 2020 - (08:55 WIB)
    Permalink

    korban juga… shopee payah , cs nya kayak robot.. ga ngerti komplainan orang.. cm pake template jd males mau ngmg panjang lebar..
    JANGAN LEWAT SHOPEE LAGI POKOKNYA KALAU TOP UP E MONEY !
    ga bertanggung jawab sama sistem error nya

  • 3 Februari 2021 - (07:46 WIB)
    Permalink

    Sama nih, saya baru ngalamin juga kemaren tgl 2 feb 21 isi e-money lewat shopee 200rb Krn lg butuh urgent saya gak top up lg 500rb namun sampai hari ini top upnya belum ada yang masuk. Hub cs diinfokan cek berkala dan distatus mrk sudah berhasil serta tidak ad masalah dengan istem mereka. Hadeh.. gimana nih shopee.??? Slow respon banget.

  • 22 Mei 2021 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Shopee sangat2 tidak profesional. Sy top up e toll 500rb dr td malam tgl 21 mei. Sampai pagi ini tgl.22 mei blm.masuk jg .pdhl notif dr e banking mandiri sdh terdebet. Semua bukti sdh dikirimkan. Tp setiap komplain ke cs shopee balasnya gitu2 aja. Suruh nunggu, suruh nge cek lagi. Dan dijanjikan 1-3 hr kerja. Smg gak omdo?‍♀️
    Kapok dan gak mau lagi top up via shopee…hati2 bs hilang uang kita

    • 24 Mei 2021 - (20:20 WIB)
      Permalink

      Sama seperti saya kak. Isi saldo emoney 200rb pake shopeepay tgl 22mei 2021 pukul 05.15 kebetulam pas jalan lewat tol. Pas mau bayar tol saldo kurang. Tk lihat di riwayat pesanan masih proses. Saya tunggu 1-2hari gak masuk juga, akhirnya ajukan pengembalian dana. Tp tidak juga kembali dana yg sudah masuk. Tanpa ada kejelasan. Chat ke shopee trus di bls lewat email katanya pengajuan ditolak krna transaksi berhasil. Sampe hari ini tgl 24 belum masuk juga.

      • 24 Mei 2021 - (20:23 WIB)
        Permalink

        Lalu bagaimana kelanjutannya kak? Saya juga mengalami hal yg sama. Tgl 22 mei kemaren topup e-money di shopee. Tp tdk masuk sampai hari ini. Komplain malah dibilang sdh berhasil. Pdhl sampe hari ini blm ada saldo masuk

  • 28 Juni 2021 - (00:29 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama, sebetulnya ini merupakan bukti kalau uang elektronik amat rentan sehingga ama berpotensi merugikan penggunanya. Amat tidak stabil. Masalahnya kalau uang itu ternyata menguap begitu saja atau tidak kembali ke shopee atau mungkin ke mandiri sendiri. Lalu memana uang tersebut? Tidak ada history penggunaanya tapi bisa hilang, masih mending kalau kembali ke shopee, atau bank mandirinya, artinya masih ada uang nya. Tetapi bisa berlanjut ke kasus korupsi karna mengambil hak orang diam2. Tapi kalau menguap begitu saja, bisa menghilangkan kepercayaan publik untik menggunakan uang2 elektronik tersebut

  • 21 Juli 2021 - (07:13 WIB)
    Permalink

    Kasusnya sama, intinya sekarang jangan isi e-money pake shopee.. kapok dah.. saya malah ikhlaskan aja karena udah berbagai cara yang di minta tapi Gak ada hasil??‍♂️

  • 13 Agustus 2021 - (20:29 WIB)
    Permalink

    Ya Allah sama aja Abang Kakak semuanya. Shiella masih beruntung baca komen² dibatas semuanyabmungkin nggak seberapanya 150 aja Shiella Top Up udah 5harian masih belum masuk katanyabl berhasil udah mengajukaj refund katanya udah berhasil jadi ditolak. Anehnya Shiella tahunya karena ke Indomaret mau belanja Bear Brand katany saldonya cuma 3500. Aneh banget kan?? Dosa apa ya… Sepertinya kesialan Shiella karena kurang beramal..

  • 13 Mei 2022 - (20:08 WIB)
    Permalink

    sminggu yg lalu sya top up etoll mandiri 20rb via shopee, pas di update gk bisa. tdi iseng update via bukalpak malah bisa..alhamdulillah,, smg mmbantu ??

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Top Up Mandiri e-Money di Shopee, Saldo Tidak Masuk Saat Di-Update

oleh Erwin S dibaca dalam: 2 menit
33