Surat Pembaca

Top Up Mandiri e-Money di Shopee, Saldo Tidak Masuk Saat Di-Update

Saya melakukan top up e-Money Mandiri di Shopee senilai Rp500.000 pada tanggal 4 Agustus 2019. Saldo awal sebelum top up senilai Rp60.000. Saya melakukan top up melalui aplikasi Shopee saat kondisi sudah masuk jalan tol. Setelah saya bayar invoice dari Shopee, saya update saldo via aplikasi Tokopedia di smartphone NFC saya, namun muncul keterangan tidak ada saldo pending. Saya coba berulang kali, hasilnya sama saja.

Saya cek di Shopee, pesanan masih dalam status diproses, lalu saya coba klik terima pesanan. Cashback berupa koin Shopee pun masuk, tetapi ketika saya update saldo, masih tetap saja tidak ada saldo pending dari Shopee. Karena khawatir saldo kurang saat keluar tol, saat melihat Indomaret sebelum exit tol, saya minta untuk update saldo di kasir. Kasir cek tidak ada saldo pending sama sekali di kartu e-money saya. Terpaksa saya top up senilai Rp100.000 di Indomaret dan update saldo. Langsung saldo saya ter-update menjadi Rp160.000.

Pertanyaannya, lalu di mana saldo senilai Rp500.000 dari topup di Shopee? Saya pun segera melapor ke CS Shopee via chat di aplikasi. Namun responnya hanya berupa respon template harap menunggu 2×24 jam. Kartu e-money saya gunakan untuk tol PP 2x@65000, sisa saldo sekarang Rp 30000. Jadi per hari ini sudah hampir 3 minggu, saldo top up dari Shopee sebesar Rp500.000 masih belum masuk dan tidak ada kejelasan sama sekali.

Pihak Shopee tetap ngotot berkata kalau transaksi sukses, padahal itu terjadi karena saya yang klik terima pesanan. Kondisi di dalam tol, khawatir saldo kurang, saya klik terima dengan pemikiran siapa tahu setelah saya klik terima saldonya bisa masuk. Ternyata sampai hari ini saldo tidak jelas ada di mana.

Yang membuat saya sangat kecewa, saya sudah mem-push dan komplain terus menerus tapi CS Shopee seakan-akan sama sekali tidak peduli. Padahal saya sudah berkali-kali update saldo di ATM Bank Mandiri. Saya videokan tidak ada saldo pending, saya fotokan juga struk history transaksi (dimana terlihat jelas tidak ada saldo Rp500.000 dari Shopee tanggal 4 Agustus 2019).

Seharusnya pihak Shopee juga proaktif bertanya ke pihak Bank Mandiri perihal hal ini, karena kenyataannya di histori transaksi memang tidak ada saldo masuk dari Shopee. Mohon masalah ini segera diselesaikan secepatnya. Duit customer Rp500.000 digantung nggak jelas dimana. Bukti semua sudah diberi tapi tidak ada niat baik dari Shopee untuk investigasi/segera memberikan solusi.

Saya juga pernah gagal top up kartu e-money di Tokopedia, namun investigasi cepat dan mereka segera koordinasi dengan Bank Mandiri. Dalam 3 hari kerja, refund sudah diproses. Di Shopee, sampai 3 minggu digantung saja tanpa solusi padahal semua bukti sudah jelas-jelas menunjukkan tidak ada saldo masuk dari Shopee. Ini proses komplain terparah dan terlama saya selama ini di semua marketplace.

Mohon untuk shopee, segera investigasi, koordinasi dengan Bank Mandiri, proseskan update saldo e-money-nya atau refund ke Shopee Pay saya. Jangan ambil duit customer seenaknya saja.

Thanks.

Erwin
Sukoharjo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kasusnya sama, intinya sekarang jangan isi e-money pake shopee.. kapok dah.. saya malah ikhlaskan aja karena udah berbagai cara yang di minta tapi Gak ada hasil??‍♂️

  • Ya Allah sama aja Abang Kakak semuanya. Shiella masih beruntung baca komen² dibatas semuanyabmungkin nggak seberapanya 150 aja Shiella Top Up udah 5harian masih belum masuk katanyabl berhasil udah mengajukaj refund katanya udah berhasil jadi ditolak. Anehnya Shiella tahunya karena ke Indomaret mau belanja Bear Brand katany saldonya cuma 3500. Aneh banget kan?? Dosa apa ya... Sepertinya kesialan Shiella karena kurang beramal..

  • sminggu yg lalu sya top up etoll mandiri 20rb via shopee, pas di update gk bisa. tdi iseng update via bukalpak malah bisa..alhamdulillah,, smg mmbantu ??