Paket Hilang Saat Pengiriman Lewat Pos Indonesia

Pada tanggal 14 Oktober 2019, Saya membeli barang dari Aliexpress yang merupakan spare part komputer seharga $50.75 dengan menggunakan kurir EMS-Pos Indonesia. Isi Kiriman : PCI-E WIFI, No. Tracking : RP759308572CN. Pada awalnya pengiriman berjalan lancar, tracking tidak macet dan terus bergerak dari satu poin ke poin berikutnya.

Pada tanggal 23 Oktober, barang sudah sampai di Indonesia dan diterima oleh pihak Pos Indonesia, lalu 24 Oktober, barang diberangkatkan dari Jakarta ke Surabaya (Kota Destinasi). Namun hingga artikel ini ditulis (19 Desember 2019), tracking berhenti disana yang berarti kurang lebih 2 bulan tanpa ada pergerakan. (Tidak ada masalah custom/bea cukai sama sekali)

Saya sudah mencoba berkali kali untuk menghubungi pihak Pos Indonesia baik kantor cabang Jakarta maupun Surabaya dan jawaban mereka selalu sama bahwa paket sedang tahap investigasi. Lewat email customer service pun juga mendapat respon yang sama dan dari sini saya yakin bahwa barang saya telah dihilangkan. Bahkan pernah CS mereka menyarankan untuk open dispute di Aliexpress (Padahal kesalahan ada di Pos Indonesia bukan seller) dan saya lakukan juga tapi dari pihak Aliexpress ditolak karena barang sudah sampai di negara tujuan.

Mohon tanggapan dari pihak PT Pos Indonesia apakah ada itikad baik untuk menyelesaikan masalah ini ?

Willy Aristo Gunardi
Surabaya 60112

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai PT Pos Indonesia:
[Total:97    Rata-Rata: 2.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Paket Hilang Saat Pengiriman Lewat Pos Indonesia

    • 24 Desember 2019 - (19:32 WIB)
      Permalink

      Perlindungan Konsumen masih lemah dalam prakteknya, bagaimana menindaklanjuti saat mengalami kerugian. Perlindungan bantuan hukum bagaimana, siapa, dr mana yg akan membantu prosesnya.

  • 24 Desember 2019 - (19:57 WIB)
    Permalink

    Hilangnya di sini, lah kok malah disuruh konfirmasi ke negara asal.
    Kan sudah jelas masalahnya ketika depart dari Jakarta.
    Memang benar, susah jadi konsumen di negara ini. Bahkan perusahaan negara pun problem-solving nya mempersulit konsumen.

  • 24 Desember 2019 - (21:10 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami masalah dg PT POS Indonesia. Berbeda dg masnya masalah pd barang hilang, yg saya alami uang hilang ntah kemana. Perusahaan yg beridiri sangat lama dan besar tetapi problem solving nya cukup buruk. Pihak mereka kesannya angkat tangan dan menyepelekan masalah kecil “saya juga bingung, mbaknya kemana saja kok lama uangnya ga diambil, knp ga kesini, saya cs baru, ini banyak kemungkinan bisa jadi pelanggan mbaknya tidak bayar, bla bla bla” begitulah mereka melindungi diri dari masalah.
    Saya penjual online shop, dlm metode pengiriman sy percayakan pd COD Pos dimana mereka memakai sistem aplikasi M-Pospay. 2 kali melakukan traksaksi cod mpospay, satu berhasil uang masuk dan masuk pd aplikasi tsb, dan satu lagi gagal, uang tidak masuk dan tdk jelas kemana uang tsb. CS mnyarankan untuk bertanya lebih lanjut kpd kurir. Awal mula cs cukup membantu meski pada akhirnya tidak ada penyelesaian. Berminggu minggu sy tunggu kabar dri POs tapi sama sekali tidak ada. Saya juga mohon kerjasamanya kpd kurir juga sama sekali tdk ada respon. Dan kesan mereka menyalahkan pelanggan, padahal jelas disini problemnya dimana, pada aplikasi dan kurir. Cukup rumit untuk menjelaskan secara detail. Tapi intinya yg sayangkan perusahaan sebesar itu tidak bisa menangani hal kecil. Saya tidak melihat dan tidak mempermasalahkan uang yg hilang, tapi disini yg saya sayangkan adalah solusi yg sama sekali tidak didapatkan. Saya rasa aduan konsumen seperti ini sangat perlu diperhatikan oleh perusahaan besar seperti PT POS Indonesia agar lebih baik lagi. Terutama dlm pengembangan aplikasi dan problem solving nya. Semoga masnya mendapat respon baik dari PT POS Indonesia dan barangnya sampai dg baik di tangan mas willy

    • 25 Desember 2019 - (09:20 WIB)
      Permalink

      Sebaiknya menggunakan jasa pengiriman swasta yg udh jelas punya reputasi baik….sedangkan pt pos sudah memasuki masa senjakala krn kurang siap menghadapi era kompetisi yg bgtu ketat ini

  • 25 Desember 2019 - (17:17 WIB)
    Permalink

    Masalahnya sama, barang ems saya dg no LP143588666SG sudah tiba di mpc jakarta tgl 9 Agustus 2019 dan sampai sekarang desember 2019, paket tersebut gak ada kabarnya. Sdh hubungi pos lewat telepon,email, tweeter dan jawaban dr csnya gak ada yg bener lg di investigasi dan ada yg bilang lg on the way ke tujuan.gak tau mana yg bener.

  • 27 Desember 2019 - (06:21 WIB)
    Permalink

    Untuk mbak intan coba saja datang ke kantor pos terdekat atau kantor pos tanyakan transaksi dana mbak nya,kalau saya liat kantor pos untuk cabang bisnis aplikasi nya sekarang sudah yg terbaru mbak di playstore yaitu GIRO POS MOBILE

  • 27 Desember 2019 - (06:28 WIB)
    Permalink

    Untuk mas Nobita coba saja datang ke kantor pos pusat yg lokasi nya di Jakarta pusat tanyakan resi kiriman LP143588666SG nya

  • 27 Desember 2019 - (06:29 WIB)
    Permalink

    Begitu juga untuk mas Willy coba saja datang ke kantor pos pusat Surabaya dan tanyakan resi kiriman register mas nya mungkin sudah tiba di kantor pos pusat Surabaya nya ?

  • 30 Agustus 2020 - (20:42 WIB)
    Permalink

    Barang kiriman saya jg gak jelas dimana keberadaan nya skrg.. di cek melalui tracking internasional brg dg barcode CH100396023US tsb sdh di bandara Soekarno Hatta sejak 26 Juni 2020 tp sampai skrg gak ada update… sdh berusaha menghubungi pihak bea cukai dan pos indonesia tp jwban nya sama ktnya brg blm masuk Indonesia… sedangkan pihak pos pengirim bilang brg sudah di Indonesia seharusnya sdh sampai di tangan penerima…

    • 30 September 2020 - (20:55 WIB)
      Permalink

      Halo bu Ika, daya mau tanya akhirnya bagaimana dengan paket ibu, karena sekarang saya mengalami hal yang sama. Apa pakrtnya udah sampai?

  • 26 Maret 2021 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Pak pos kusus surabaya …kenapa paket saya bisa hilang yang tujan merauke saya tunggu selama 4 bulan mulai dari 1 desember 2020 samapi hari ini 26 maret 2021 dengan nomor barkod 18142825310 mohon tangapanya #possurabaya
    #posindonesia

  • 7 September 2021 - (21:41 WIB)
    Permalink

    Saya juga ngalami barang saya dr tgl 4 Agustus 2021 sampai hari ini tgl 7 September 2021 barang saya blm sampai tujuan dan gak tau barang saya ada dimana..saya sdh ke agen pengirim cek..suruh lagi ke pusat..blm juga di kasih tau keberadaan barang nya.

 Apa Komentar Anda mengenai PT Pos Indonesia?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Paket Hilang Saat Pengiriman Lewat Pos Indonesia

oleh Willy Aristo dibaca dalam: 1 menit
14