Surat Pembaca

Tagihan “Siluman” IndiHome

Selamat sore saudaraku pengguna IndiHome se-Nusantara. .

Saya seorang pelanggan IndiHome sejak tahun 2016. Pada awalnya saya mendaftar menjadi pelanggan IndiHome karena memang sudah menjadi kebutuhan pekerjaan dan akses informasi yang lebih mudah yang bisa kita nikmati di rumah tanpa harus keluar rumah.

Setelah kurang lebih 2 tahun saya menggunakan IndiHome saya sudah mulai merasakan hal aneh dengan tagihan saya setiap bulannya. Ada beberapa tagihan yang sebenarnya saya tidak pernah berlangganan sebelumnya seperti rincian yang ada di struktur tagihan pembayaran. Karena saya menggunakan UseeTV pada tahun keduanya saya selalu mendapatkan telepon dari pihak Telkom untuk menawarkan berbagai produk yang terintegrasi dengan IndiHome rumah saya.

Seingat saya, saya menggunakan layanan atau konten yang ditawarkan itu pada saat piala dunia. Itu hanya berlaku selama piala dunia. Yang membuat saya heran saya tidak pernah berlangganan konten internet lainya tapi tiba-tiba di struktur tagihan saya setiap bulannya ada tagihan konten internet Rp60.000, biaya add on Rp15. 000 dan biaya lainya seperti pesawat telepon, yang notabenenya gak terpasang di rumah saya.

Nah hal seperti inilah yang membuat saya dirugikan, dan saya tersadar itu pada bulan November 2019 lalu. Dan saya pun melakukan pengaduan di Plasa Telkom di daerah saya dan sekalian saya memutus atau berhenti berlangganan UseeTV. Saya pun mengembalikan STB modem UseeTV ke pihak Telkom. Jadi artinya saya hanya menggunakan wifi untuk internet aja tanpa yang lain. Menurut penjelasan customer service di Plasa Telkomnya tagihan bulan Desember 2019 masih belum normal, saya tidak permasalahkan itu, karena kata CS-nya tagihan saya normal nanti pada Januari 2020.

Namun ternyata setelah pagi hari ini saya membayar tagihan lagi untuk bulan Januari 2020 ternyata tagihan saya masih ada konten internet sebesar Rp68.000, STB modem Rp20.000, biaya IndiHome-nya Rp252,000, biaya pajak dan materai yang totalnya Rp37. 000 dan biaya admin Rp2.500, sehingga total tagihannya Rp379. 500. Melihat ini saya benar-benar geram dalam hati dan sangat kecewa karena saya merasa sangat dirugikan.

Saya benar-benar kecewa. Padahal seharusnya tagihan yang harus dan wajib saya bayar sesuai paket yang saya gunakan sekitar Rp. 311. 000,- ini malahan hampir empat ratusan ribu. Ini sudah tidak benar adanya. Saya menulis artikel ini hanya ingin menyampaikan kekecewaan saya sebagai pelanggan IndiHome.

Saya tidak punya maksud lain hanya ingin mewakili suara pengguna yang lain yang mungkin mengalami hal seperti saya. Sebagai orang awam saya tidak banyak mengetahui hal-hal seperti ini. Jika sekiranya ada saudaraku di luar sana mengalami hal ini semoga suara saya pada sore hari ini dapat mewakili keluhan-keluhan saudaraku yang lain yang bernasib sama.

Sekian dari saya. Terima kasih. Tuhan memberkati menjaga dan melindungi kita semua. Amin.

Asna Tulusi
Bulungan, Kalimantan Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT. Telkom atas Surat Ibu Asna Tulusi

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Asna Tulusi di mediakonsumen.com pada tanggal 10 Januari 2020 berjudul “Tagihan “Siluman” Indihome“, dengan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ternyata saya g sendiri, sudah berlangganan dari tahun 2014, dgn biaya paketan ditambah ppn hanya 300rb, makin lama makin naik. Dulu katanya paket 3p g bisa diubah, eh, sekarang ternyata bisa jd 2p, tp waktu bayar tagihan, bedanya cuma 4 ribu ??
    Dan sepertinya bukan saya saja yg g tau, kalau di tagihan tiap bulan itu ada biaya sewa modem dan stb sebesar 80rb. Ini sudah saya konfrmasi ulang via indira aplikasi telkom, kalau harga paket yg terpampang di brosur/iklan/promo yg sekarang itu, namanya abodemen, belum termasuk biaya sewa modem dan stb, plus ppn.

    • Kalo saya dapet surat tagihan padahal tiap bulan bayar dan bulan ini saya ganti modem krna mw ganti paketan jd sya buln ini g bayar ke idpel lama sya tp ke idpel baru,anehny disurat tagihan qo malah dua bulan yg blm dibayarkan kan ngeselin entah g distop dlu sm teknisi atau gmn sih

  • Sama yg terjadi dengan saya...dulu dengan aplikasi saya bisa memantau adanya konten2 siluman itu sebelum membayar...tapi sekarang di aplikasi Indihome, nampaknya pemberitahuan konten itu dihilangkan sebelum membayar, dan baru muncul setelah dibayar...padahal yg namanya rincian invoice sebetulnya harus ada sebelum pembayaran!

    • Itu dia masalahnya...kita taunya pada saat membayar...dan kalau kita mau deactivasi untuk segala konten itu pun gak bisa karna menunya dhilangkan...benar2 kita tersandra dengan hal dan tagihan Siluman itu

    • Sebelumnya ada menu untuk deactivasi...skrg dhilangkan gak bisa kita berhenti atau menghapus tanpa melalui Plasa kata mereka...tapi setelah kita ke plazanya tapi di setiap bulan struk tagihanya masih ada tagihan2 yg gak jelas itu

  • Setelah 1 tahun lebih Saya baru kemarin berhenti berlangganan, soalnya saya merasa aneh dengan tagihan yg tidak wajar. Bln desember sblm tgl 20 ada tlp dari pihak indihome untuk segera mmbayar tagihan bulan desember, tapi suami saya berencana berhenti langganan dan sdh di sampaikan pada saat penagihan. Lalu tgl 21 desember Indihome Terisolir dan awal januari ada tlp lagi utk melunasi, oke tadinya suami saya mau melunasinya. tapi begitu lihat tagihannya totalnya hampir 1,2jt. Gila kaget banget ko bisa sampai segitu ??? Padahal pemakaian gak seberapa, bln januari aja gak pakai sma sekali karna sebelumnya tgl 21 sdh terisolir tapi ko bisa tagihan lebih besar dari bln2 sebelumnya

    • Ini sudah keterlaluan yah ...bisanya tagihan sampe sbesar itu..benar ini sudah sangat merugikan pelanggan

  • Saya juga merasa demikian, saya berlangganan triple-play (internet,useetv+telfon) dengan total + PPn = Rp. 386.000, tapi saat membayar selalu menjadi Rp. 400.000 lebih, ada lebih sekitar 15.000 sampai 25.000.

    Jika 100 orang saja maka sudah bisa untung 2.500.000, bayangkan jika ada 1000 pelanggan dalam satu kota bisa sampai 25jt/bulan

    Didalam rincian pembayaran pun ada poin-poin yang tidak saya ketahui maksudnya.

    • Itulah yang harus kita suarakan dsini demi melindungi dan mencegah konsumen yang lain di luar sana yang mungkin sampai saat ini belum menyadari kalau ternyata mereka juga mengalami hal seperti kita..beberapa menit yang lalu saya dhubungi pihak terkait untuk mengkonfirmasi..saya bilang kalau sampai ini tidak segera ditindaklanjuti maka akan ada ribuan bahkan jutaan suara pelanggan yg lain yg akan muncul dipermukaan tentang kekecewaan terhadap tagihan2 siluman di struk tagihan IH.

      • Saya akan mencoba mengirim Surat Pembaca/Terbuka ke media Pikiran-Rakyat (karena saya domisili Jabar), agar masalah ini lebih didengar pihak telkom.

        Mari lindungi hak konsumsi dari keputusan sepihak institusi telkom.

        • Terima kasih Pak untuk rasa yang sama sebagai konsumen...agar hal yg kita alami tidak terus berulang kepada yg lain apalagi yg mungkin terbilang baru mengginakan layanan dimaksud.

  • Banyak kasus seperti ini, sepertinya memang Telkom IH ini perlu disidak langsung oleh menteri BUMN. Banyak hal-hal yang mencurigakan.

    • Sangat banyak d luar sana yg mungkin belum bisa atau belum sempat menyuarakan keluhanya.

      • Sama, saya baru tau setelah bbrp tahun berlangganan, saya mengecek kecepatan internet dan tanya ayah saya biaya perbulannya dan ternyata biayanya hampir 400rb tapi kecepatannya sangat lambat, jadi saya contact pihak indihome dari twitter dan tanya paket internet yang kami pakai, ternyata ada useetv dan kita sama sekali tidak pernah pakai useetv karena indihome tidak pernah menawarkan/bertanya kepada kita untuk memasang useetv.

  • Kok sama ya, tiba2 tagihan untuk sewa modem sebelumya 20rb, tiba2 jadi 40rb dan tanpa ada pemberitahuan

      • kalau untuk berhenti berlangganan dipersulit laporkan saja ke media. Gimana pelanggan tidak berhenti berlangganan wong sistem dan pelayanannya amburadul. Permasalahan saya saja sampai sekarang belum selesai padahal dari bulan kemarin ke plasa telkom malah yang ada sekarang tambah permasalahan lagi di awal bulan. Kacau kan. 147, twitter, dan medsos sepertinya hanya tempat menampung keluhan (junk) atau mungkin informasi yang diberikan kepada mereka oleh pusat terbatas jadi mereka kalau ditanya kayak robot!. Kesimpulan saya sebagai pengguna iindihome beberapa bulan dengan 2 STB;
        1. Rincian tagihan tidak jelas dan berubah ubah
        2. Paket seharusnya sinkron untuk kedua STB sesuai keterangan dari CS tetapi yang saya alami setiap bulan paket tidak sinkron, ada minipack yang hilang di stb pertama tetapi distb kedua tidak hilang begitupun sebaliknya (merugikan pelanggan karena tidak bisa menikmati tayangan). 3. Salah satu minipack yang saya ambil, channelnya ada yang hilang tidak sesuai dengan keterangan di minipack 4. Add on minipack lain tiba tiba muncul tanpa konfirmasi ke pelanggan yang mengakibatkan tagihan naik. Yang saya tahu untuk melakukan penambahan add on minipack dengan melakukan subscribe dari stb lalu masukkan kode otp yang dikirimkan ke nomor hp pelanggan yang terdaftar
        ke stb screen kemudian paket akan muncul. Untuk unsuscribe juga melalui stb. FITUR SUBSCRIBE DAN UNSUSCRIBE SEKARANG SELALU ERROR jadi pelanggan harus menghubungi 147 untuk melakukan subscribe atau unsuscribe( sistem kacau). Untuk tagihan yang naik sudah saya komplain dan sudah selesai dalam waktu 2 minggu sebelum jatuh tempo.

        Itulah permasalahan saya selama memakai IH. Saat ini saya juga menunggu solusi dari IH. Kalau memang belum selesai terpaksa saya berhenti. Lebih baik menggunakan kompetitor karena memakai IH menyita waktu (berkeluh kesah ke 147) dan pikiran (investigasi masalah) serta kantong (menghamburkan uang ke layanan yang tidak sesuai). Yang mau berhenti saya sarankan gunakan provider khusus untuk tv kabel dan internet saja tanpa telepon. Yang masih bertahan karena tidak ada provider lain, komplainlah untuk perubahan . Eh apa iya?

  • Beberapa waktu lalu infonya memang sistemnya sedang migrasi pak jadi billing mungkin terkena dampak dan itu kita bisa claim kok sayapun demikian. Masalah add on kasusnya sama pak sayapun demikian cek di app myindihome terdaftar add on tambahan "indibasket" padahal saya tidak pernah req add on tersebut. Kasus seperti ini jelas ada oknum untuk memenuhi target, bonus dsb. Teringat kasus nenek pencurian sandal jepit yg dihukum penjara. Untuk masalah ini bagaimana? Konsumennya jutaan orang data fraud seperti ini berapa banyak? BUMN, oknum pada untung konsumen yang dirugikan!

  • Kalau segala biaya itu ditagihkan spengetahuan pelanggan mungkin gak masalah yah...tapi ini kita ditagihkan konten internet dan biaya add on serta stb yg notabenenya kita tidak pakai dan tagihanya sampe sratusan lbih hampir 200rtusn ribu lebih...siapapun pasti kberatan..msalah migrasi itu biayanya 10rbuan tapi yg lainya itu tagihan yg saya istilahkan tagihan "siluman". Ini tidak boleh dibiarkan...harus disuarakan.

  • Sama kya saya kasusnya, malah saya lebih parah, waktu pertama pasang tgihan 500 itu udh sma useetv. tpi tiap bulan mkin naik dan alhasil kmren bln desember jdi 900, gila hampir sejuta!. dan saya samperin ke plasa nya katanya itu dari tv makanya tagihan gede. dan saya minta copot useetv dan cs bilang tagihan bkal balik jd 400 nnti bln februari. semoga aja bener nnti

    • Saya pengguna IH baru beberapa bulan. Saya memasang IH untuk menonton UseeTV. Saya ambil paket IH value dengan 2 STB. Beberapa minggu setelah aktif, saya ingin menambah add on minipack. Kemudian saya gunakan fitur subscribe melalui STB dan saat itu juga langsung aktif. Untuk pengguna fiturnya sangat praktis sekali dan tidak ribet. Setelah beberapa hari menyaksikan tayangan minipack, saya ingin mengganti salah satu addon minipack dengan minipack lain lalu saya gunakan fitur unsubscribe dari STB dan langsung nonaktif. Saya gunakan fitur subscribe kembali untuk menambah addon minipack tetapi selalu gagal. Saya hubungi 147 untuk complain dan mereka juga telah konfirmasi untuk penambahan addon minipack yang saya mau tetapi tayangan belum aktif juga. Saya coba kembali melalui fitur subscribe selalu gagal. Selanjutnya saya tidak pernah menggunakan fitur tersebut karena selalu error. Tiba tiba pada pertengahan bulan November terdapat addon minipack yang aktif sendiri. Saya cek bukan addon minipack yang saya mau atau subscribe dan ini sudah aktif dari awal bulan November. Tidak ada konfirmasi perihal penambahan kedua addon minipack ini. Saya cek juga STB kedua tidak sinkron paketnya dengan STB pertama. Saya cek juga salah satu minipack juga ada yang tidak sesuai channelnya. Berulang kali saya menghubungi 147 dan twitter IH akhirnya ada yang menghubungi dari bagian pengaktifan channel. Katanya itu terjadi karena sistemnya sedang migrasi, sudah dipandu tetap belum bisa dan saya disuruh menunggu update. Setelah beberapa hari menunggu, saya komplain kembali dengan menghubungi 147 dan twitter karena ini akan berdampak pada tagihan berikutnya. Teknisi datang beberapa hari kemudian untuk melakukan pengecekan. Akhirnya kedua STB kembali sinkron dan dua addon minipack yang tidak saya mau sudah dinonaktifkan. Teknisi juga menghubungi ke bagian pengaktifan channel yang berarti ini sama saja seperti pelanggan menghubungi 147 untuk pengaktifan. Setelah saya cek kembali ternyata salah satu minipack yang belum sesuai isi channelnya belum di perbaiki. Saya disuruh ke plasa Telkom sekaligus klaim tagihan. Betul juga dugaan saya setelah saya cek tagihan pada awal bulan desember naik karena ada dua addon minipack yang aktif sendiri di bulan November. Saya kembali lagi komplain ke 147 dan twitter IH. Singkat kata tagihan sudah diperbaiki dua hari sebelum jatuh tempo (setelah berulang kali complain di 147 dan twitter dengan mimik wajah marah dan suara menakutkan). Saya ke plasa Telkom untuk menjelaskan permasalahan sekaligus melakukan pembayaran. Ternyata customer service plasa Telkom sepertinya kurang mengerti padahal saya sudah menjelaskan permasalahannya. Saat itu saya komplain hanya satu masalah karena permasalahan yang lain sudah beres. Dan CS plasa Telkom belum bisa memberikan solusinya tapi akan di kordinasikan ke pihak yang terkait. Oke lah yang penting saya sudah ke plasa Telkom menjelaskan permasalahannya. Kemudian saya melakukan pembayaran di loket plasa eh malah dikenakan biaya admin 2.500. Kirain bayar langsung di loket plasa tidak ada biaya admin seperti pembayaran melalui indomaret, alfamaret, dll. Saya tunggu sampai akhir bulan Desember masih belum di perbaiki. Kemudian timbul masalah baru, tanggal 8 Januari 2020 saya cek kedua STB tidak sinkron paketnya. STB pertama ada dua addon minipack yang hilang. Di STB kedua tidak hilang tetapi dengan permasalahan minipack yang isi channelnya tidak sesuai. Kemudian saya lagi lagi komplain ke 147 dan twitter (dengan mimik wajah marah dan suara menakutkan). Penjelasan 147 dan twitter berbeda, CS twitter yang bernama YOYA mengatakan bahwa dua addon minipack sudah tidak aktif, yang saya bingung dari sisi saya tidak pernah sekalipun menonaktifkan kedua minipack tersebut. Saya kan daftar minipack yang normal bukan prepaid kalau minipack yang prepaid memang pasti akan otomatis nonaktif sendiri sesuai pemakaian tetapi harganya lebih mahal. Sedangkan CS 147 bilang di system masih ada dan akan dibantu ke pihak yang terkait. Kemarin saya menghubungi kembali dan saya langsung bicara dengan team leadernya yang bernama pak Alan, dia bilang akan mengghubungi saya tetapi saya tunggu tidak pernah dihubungi. Saya telepon kembali dan bicara dengan team leader yang lain bernama pak Yudi. Saya tanya kemana Pak Alan, ternyata sudah off duty. Akhirnya saya dipandu dengan pak Yudi. Dengan sabar pak Yudi memandu saya dan katanya berkordinasi langsung dengan pihak Indihome TV. Akhirnya kedua minipack yang hilang sudah aktif kembali dan salah satu minipack sudah sesuai channelnya di STB pertama. Sedangkan di STB kedua masih belum sinkron dengan STB pertama karena masih ada salah satu minipack yang tidak sesuai channelnya. Saya ucapkan terimakasih atas bantuan Pak yudi yang dengan sabar memandu saya. Saya tanyakan kenapa masalah itu terjadi, katanya karena sedang ada migrasi yang berakibat data data pelanggan tidak sinkron. Saya tanyakan kembali apakah hal ini akan terjadi kembali, katanya dari sisi Indihome tidak menjamin apabila sedang migrasi. Migrasi sistem dilakukan setahun atau dua tahun sekali. Saya akan dihubungi kembali untuk permasalahan di STB kedua. Jadi saat ini permasalahan saya belum selesai karena masih ada salah satu minipack yang channelnya tidak sesuai kemudian perihal untuk kompensasi tagihan yang tidak sesuai dengan yang pelanggan saksikan. Itulah permasalahan yang saya alami selama menggunakan IH beberapa bulan dan saya masih menunggu tindaklanjut IH untuk kedua permasalahan tersebut. Untuk penggunaan internet tidak ada masalah karena sudah sesuai dengan paket yang saya ambil dan kecepatan masih stabil. Apabila ada pelanggan lain yang mengalami silakan share untuk kebaikan bersama.

      • Tinggal menunggu tagihan berikutnya aja apakah penrnyataan mereka itu benar. Soalnya saya ini SDH sejak November 2919 sudah berhenti menggunakan Indihome UseeTV tapi tagihan konten2 Useetv itu masih ditagihkan dibulan Desember 19 dan Januari 2020 sudah dikomplain di Plasa jawaban mereka kesalahan sistem..hadeh kesalahan sistem bagaimana..wong saya SDH mengembalikan minipacknya k plasanya,seharusnya begitu sy berhenti dan mngembalikan minipacknya kan langsung dihentikan aja semua konten itu kan selesai,tapi ini tidak malahan tagihanya tambah naik dengan konten internetnya yg berubah2 tiap bulanya