Tagihan “Siluman” IndiHome

Selamat sore saudaraku pengguna IndiHome se-Nusantara. .

Saya seorang pelanggan IndiHome sejak tahun 2016. Pada awalnya saya mendaftar menjadi pelanggan IndiHome karena memang sudah menjadi kebutuhan pekerjaan dan akses informasi yang lebih mudah yang bisa kita nikmati di rumah tanpa harus keluar rumah.

Setelah kurang lebih 2 tahun saya menggunakan IndiHome saya sudah mulai merasakan hal aneh dengan tagihan saya setiap bulannya. Ada beberapa tagihan yang sebenarnya saya tidak pernah berlangganan sebelumnya seperti rincian yang ada di struktur tagihan pembayaran. Karena saya menggunakan UseeTV pada tahun keduanya saya selalu mendapatkan telepon dari pihak Telkom untuk menawarkan berbagai produk yang terintegrasi dengan IndiHome rumah saya.

Seingat saya, saya menggunakan layanan atau konten yang ditawarkan itu pada saat piala dunia. Itu hanya berlaku selama piala dunia. Yang membuat saya heran saya tidak pernah berlangganan konten internet lainya tapi tiba-tiba di struktur tagihan saya setiap bulannya ada tagihan konten internet Rp60.000, biaya add on Rp15. 000 dan biaya lainya seperti pesawat telepon, yang notabenenya gak terpasang di rumah saya.

Nah hal seperti inilah yang membuat saya dirugikan, dan saya tersadar itu pada bulan November 2019 lalu. Dan saya pun melakukan pengaduan di Plasa Telkom di daerah saya dan sekalian saya memutus atau berhenti berlangganan UseeTV. Saya pun mengembalikan STB modem UseeTV ke pihak Telkom. Jadi artinya saya hanya menggunakan wifi untuk internet aja tanpa yang lain. Menurut penjelasan customer service di Plasa Telkomnya tagihan bulan Desember 2019 masih belum normal, saya tidak permasalahkan itu, karena kata CS-nya tagihan saya normal nanti pada Januari 2020.

Namun ternyata setelah pagi hari ini saya membayar tagihan lagi untuk bulan Januari 2020 ternyata tagihan saya masih ada konten internet sebesar Rp68.000, STB modem Rp20.000, biaya IndiHome-nya Rp252,000, biaya pajak dan materai yang totalnya Rp37. 000 dan biaya admin Rp2.500, sehingga total tagihannya Rp379. 500. Melihat ini saya benar-benar geram dalam hati dan sangat kecewa karena saya merasa sangat dirugikan.

Saya benar-benar kecewa. Padahal seharusnya tagihan yang harus dan wajib saya bayar sesuai paket yang saya gunakan sekitar Rp. 311. 000,- ini malahan hampir empat ratusan ribu. Ini sudah tidak benar adanya. Saya menulis artikel ini hanya ingin menyampaikan kekecewaan saya sebagai pelanggan IndiHome.

Saya tidak punya maksud lain hanya ingin mewakili suara pengguna yang lain yang mungkin mengalami hal seperti saya. Sebagai orang awam saya tidak banyak mengetahui hal-hal seperti ini. Jika sekiranya ada saudaraku di luar sana mengalami hal ini semoga suara saya pada sore hari ini dapat mewakili keluhan-keluhan saudaraku yang lain yang bernasib sama.

Sekian dari saya. Terima kasih. Tuhan memberkati menjaga dan melindungi kita semua. Amin.

Asna Tulusi
Bulungan, Kalimantan Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT. Telkom atas Surat Ibu Asna Tulusi

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Asna Tulusi di mediakonsumen.com pada tanggal 10 Januari 2020 berjudul “Tagihan “Siluman” Indihome“, dengan...
Baca Selengkapnya

77 komentar untuk “Tagihan “Siluman” IndiHome

  • 10 Januari 2020 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Ternyata banyak juga keluhan serupa dengan saya. Setelah kurang lebih beberapa bulan saya menggunakan IndiHome ternyata banyak permasalahan setiap bulannya. Di mulai dari minipack(paket chanel tambahan) yang muncul tanpa konfirmasi Kemudian minipack yang tiba tiba hilang dan anehnya dalam satu minipack ada juga chanel yang hilang dan tidak sesuai dengan minipack yang tertera di Indihome. Permasalahan ini mengakibatkan beberapa tagihan menjadi besar. Saya sudah menyampaikan keluhan melalui 147, twitter indihome dan juga Plasa telkom tetapi tidak ada solusinya sampai saat ini. Saya membayar kewajiban setiap bulan tetapi tidak mendapatkan hak saya sebagai pelanggan. Saya juga sangat kecewa sekali dengan pelayanan dan sistem Indihome yang kurang memuaskan.

    • 10 Januari 2020 - (13:24 WIB)
      Permalink

      Betul sekali…kita membayar untuk tagihan konten yg tidak kita gunakan…benar2 merugikan konsumen…sudah melakukan pengaduan tapi setiap melakukan pembayaran masih juga mendapatkan struktur tagihan yg gak masuk akal.

      • 19 Februari 2020 - (21:58 WIB)
        Permalink

        Saya juga mau tanya saya berlaganan wifi tanpa menggunakan saluran tv hanya wifi saja , per tanggl 21 januari kemarin wifi terputus karena tidak saya bayar lagi dan tidak saya laporkan jg utk pemberhentian tpi semenjak per tanggl 21 januari wifi sdh tdk bs di gunakan lagi dan telpon pun terputus .. anehny wkt di cek tagihan sampai 700rban padahl belum genap satu bulan dan wifi jg td bs di pakai lagi bahkan telpon rumah saja tdk pernah di pake ,, saya geram sekali kenapa bisa begitu

      • 20 Februari 2020 - (15:52 WIB)
        Permalink

        Sama nih bulan Desember2019 masih aman Normal bayar tagihan kisaran 300ribuan.. tp pas mau bayar di bulan januari 2020.. kok jd 1 juta lebih.. walah.. coba cari info ke marketing yg dulu nawarin, jawabnya: *”cabut & ganti yg lain aja.. ini juga yg Complain, ada 30 orang yg dulu pasang melalui saya kata si Marketing”* .. wadohh.. tp tumben nya wifi memang di matiin .. tp siaran Channel TV ON sampe sekarang
        Beda dgn thn lalu, klo wifi tgl 1 malam OFF.. dan Channel TV OFF tanggalb3 Malam… Baiknya gimana, ini kok perais gayanya kek jaman Speedy.. tau dah ga di pake .. tetep nagih

      • 21 Februari 2020 - (11:34 WIB)
        Permalink

        Saya pengguna indihom 10 mbps bulan pertama ke 2 masi 10 mbps masuk bln ke 3 langsung beruba jdi 20 mbps tanpa pemberi tahuan,otomatis biayanya langsung naik tpi sya masi bayar untuk bulan ke 4 sya tdk mau bayar spai sat ini

    • 11 Januari 2020 - (06:31 WIB)
      Permalink

      Kalau saya berbeda lagi mas, tiba tiba ada pemberitahuan speed internetnya di upgrade.. Padahal saya tidak ada mengajukan upgrade.. Dan biaya tambahan dari biasanya 100rb.. Wah wah.. Saya geram dengan upgrade ini…
      Indiehome sbagai BUMN indonesia kok begini ya..!!????

  • 10 Januari 2020 - (14:38 WIB)
    Permalink

    Emang bgtu saya bulanan 360 + ppn 10% harus ny ga nyampe 410 ini dpt tagihan bulan ini ampir 500. Tepat ny 478K

    Per mainan ini sumpah saya kecewa sekali sama pihak telekom

    • 10 Januari 2020 - (16:12 WIB)
      Permalink

      Pelanggan di permainkan. Harus di audit manajemennya. Sayang sekali perusahaan sebesar Telkom sistem dan pelayanannya tidak memuaskan.

    • 10 Januari 2020 - (16:34 WIB)
      Permalink

      Sama persis kejadian yg dialami saudara saya, pertama hanya berlangganan indiehome dg paket 10mbps tp setelah pemakaian 3 bln tiba2 waktu pembayaran pd bln ke tiga pembayarannya udh tarif paket 20mbps, tanpa ada komunikasi apa2 dg operator paket udh di upgrade oleh pihak indiehome, dg kejadian ini saudara saya komplain ke kantor telkom dan sampe skrg ga da kabar. Padahal indiehome adh nb. BUMN, moga2 ja kejadian2 ini tdk bersaudara dg Perusahaan siBurung besi terbang (Gxrxdx)

  • 10 Januari 2020 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Bapak tdk sendiri, banyak temen2 yang mengalami termasuk saya. Saya dulu daftar Indihome triple play pas promo dgn tarif seingat saya 320+10% flat berlaku selamanya. Dengan begitu harusnya bayar hanya <360rb/bln kan? Tp faktanya tiap bulan selau berubah-angkanya sampai angka 300-400rb-an. Dan ajaibnya tiab bulan ada aja subscribe add-on sendiri, padahal daftar aja ga pernah, dan sdh sering saya unsubscribe. Semoga kedepan ada perbaikan lah ?

    • 10 Januari 2020 - (16:19 WIB)
      Permalink

      Kalau memang tiap bulan ter-subscribe add on sendiri tanpa konfirmasi itu namanya seperti permainan atau jebakan ke pelanggan. Kalau sistemnya tidak bermasalah pasti tidak ada keluhan. Fitur subscribe atau unsuscribe saja tidak dapat digunakan. Buat apa dibuat fitur di STBnya kalau memang tidak bisa. Kalau memang banyak pelanggan mengalaminya berarti sampai sekarang tidak ada perubahan dari Indihome.

      • 10 Januari 2020 - (17:34 WIB)
        Permalink

        Benar sekali..itu jebakan atau sama dengan penipuan terhadap pelanggan ..sangat luar biasa

    • 10 Januari 2020 - (21:26 WIB)
      Permalink

      Waahhhh persis seperti yang saya alami di sidoarjo awal pas daftar memang tagihan 360rb sesuai dengan harga yg dipromosikan diawal..tp setelah beberapa bulan lha kok tagihan angkanya naik terus hampir setiap bulan diangka 390an prnah sampe 400….akhirnya saya gak bayar tagihan memang saya gtukan dan diputus setelah 3bln ywdah saya biarin karena kita sebagai konsumer sdh merasa dicurangi dengan angka2 gak jelas di tagihan…..

      • 11 Januari 2020 - (13:26 WIB)
        Permalink

        ini juga yg sy alami, pertama kali sy lanjutin speedy temen yg pindah sy sudah ikuti alurnya mesti regis dll hingga sy komplen adanya biaya regis yg ditagihkan 30rb setiap bulan, sy putus langganan.
        lalu sudah 1th lebih sy menggunakan indihome tapi biaya nya banyak yg tidak masuk akal, adanya penambahan 10rb dg alasan peningkatan layanan dan jaringan agar lebih bagus, tapi nyatanya berkali kali masalah internetnya. telp ke cs nya lama sekali datangnya. alhasil ada 5hari tdk menggunanakan wifi & tv kabel tapi bayar langgananya full. yg terkahir ada tambahan 10rb tiap bulan dg alasan penambahan Fox hanya untuk 1bulan tapi sudah 3bulan ini muncul di tagihan sy konfirmasi ke cs nya alasannya lagi2 untuk peningkatan layanan bukan untuk penambahan Fox nya. sy sampai kesel sy marah-marah di inbox twitter dan fb nya. jika ada yg buat petisi ayo saya ikut, telkom ini kan sudah tbk, kok kesannya gimana gt. sy sarankan untuk screen shot percakapan by ig, twitter atau fb & rekam telp ke cs nya untuk bukti suatu saat.

        • 11 Januari 2020 - (18:17 WIB)
          Permalink

          Itulah saya sampai mengirim surat ini supaya bisa berbagi dengan pelanggan yang lain yang mungkin bernasib sama dengan saya…ayo mari kita share dan tweet ini semua tanggapan dan keluhan kita yg ada daini supaya ada jalan keluarnya sebelum semua pelanggan pemula mengalami hal yang sama dengan kita.

        • 13 Januari 2020 - (08:20 WIB)
          Permalink

          Dugaan saya benar, saya tidak sendirian. Kejadian pengaktifan Add-On tanpa konfirmasi saya alami 2 kali, periode pertama sekitar maret s.d april 2019 sedangkan periode kedua oktober s.d desember 2019. Dan yang menjengkelkan penambahan biaya add-on tidak langsung melonjak. Berawal dari +/- 30rb.an pada bulan pertama, diteruskan +/- 50rb.an pd bulan berikutnya dan bertambah lagi mjd +/- 60rb.an pd bulan ketiga (sy baru tersadar ada kenaikan tagihan pd saat ini) … dan seandainya saya tidak menyadari bahwa ada kenaikan tagihan, bs jadi bulan2 berikutnya akan bertambah. Sungguh kejadian ini dijaman dahulu mirip sekali dengan cara TUYUL “mencuri” uang kita, tapi saya berdoa dan sama sekali tidak menuduh bahwa “GIMMIC ADD-ON” adalah sebagai “TUYUL MILENIAL” milik operator indihome yang sengaja di”pelihara” untuk menumpuk pundi2 kekayaan (baca=keuntungan perusahaan) agar neraca keuangannya senantiasa terlihat “SEHAT”. Dan saya juga berdoa dan berharap semoga kekayaan dari hasil kerja “TUYUL MILENIAL” tersebut (kalo memang benar ada), jangan sampai digunakan untuk membayar upah pekerja2nya (bisa dibayangkan berapa ribu karyawan + istri dan anak2nya yang diberi makan dari uang haram, dan bisa dibayangkan juga seberapa besar pengaruhnya bagi kehidupan bermasyarakat jika otak2 yang energinya berasal dari hal yg diharamkan tsb).
          #edisi.jengkel.kebangetan

  • 10 Januari 2020 - (17:32 WIB)
    Permalink

    Benar-benar merugikan konsumen yah…setiap bulan tahihanya selalu berubah2 pdahal kita tidak pernah menggunakan paket2 yg ditawarkan itu apalagi sudah memutus berlangganan Usee tv tapi masih mendapat tagihan stb dan konten2 internet yg hanya bisa kita Regis melalui stb UseeTV..

    • 10 Januari 2020 - (21:22 WIB)
      Permalink

      Saya pernah menggunakan fitur register atau subscribe dari stb untuk menambah layanan minipack. Akan ada kode otp yang dikirimkan ke nomor hp pelanggan yang sudah terdaftar. Setelah itu kita masukkan kode otpnya dan layanan minipack yang kita mau muncul. Lain hari saya lakukan cara untuk layanan minipack tersebut tetapi selalu error. Bahkan unsuscribe pun tidak bisa. Sistem IH luar biasa.

      • 11 Januari 2020 - (07:21 WIB)
        Permalink

        Kok sama ya…saya juga gtu saya berlangganan telkom internet dari tahun 2008…baru kali ini saya di kecewakan…dulu berlangganan gak pakek usee tv…cuman internet only…malah sekarang di kasih usee tv dan pembayaran membengkak…terus lg tlp rumah di jadikan satu ama modem internet…padahal beda nomer…jdnya tlp rumah gak bisa interlokal…cuman bisa telpon lokal aja…laporan ke CS gak ada tanggapan sampai sekarang..telkom sekarang ama yg dulu udah beda…tidak mementingkan pelanggan

  • 10 Januari 2020 - (17:44 WIB)
    Permalink

    Saya dulu waktu masih tinggal dengan orang tua (zaman masih Speedy) sempat memperhatikan, bahwa setiap bulan tagihan telepon rumah + internet perinciannya sangat membingungkan: ada diskon, ada restitusi dll yang jumlahnya selalu berubah-ubah, entah muncul dari mana & bagaimana perhitungannya.
    Oleh orang tua saya yah pokoknya dibayar saja totalnya berapa.

    Sekarang saya sudah mandiri & langganan internet dari toko sebelah sejak 2015, tagihan perbulan SELALU TETAP sampai dengan titik-koma-nya, baik perincian maupun jumlahnya. Tidak pernah ada add-on yang tiba-tiba aktif sendiri.
    SANGAT MINIM gangguan (nyaris tidak pernah). Sekalinya ada gangguan, biasanya saya gak perlu bingung, karena otomatis sudah ada e-mail pemberitahuan & estimasi waktu penyelesaiannya. & biasanya selesai dengan cepat, jauh sebelum tenggat waktunya.
    Kalau perlu kontak, tinggal kontak via sosmed & selalu dapat respon dengan cepat.
    TIDAK PERNAH PERLU DATANG KE KANTOR cuma demi menyelesaikan masalah apa pun.
    Harga berani diadu dengan penawaran dari IH.

    Saya bukan sales, sekedar berbagi info saja bahwa di luar IH masih ada pilihan lain yang pasti tidak lebih jelek kualitas maupun CS-nya.

    • 10 Januari 2020 - (17:52 WIB)
      Permalink

      Saya sudah melakukan pengaduan lagi hari ini..lalu saya dhubungi oleh operator pusat ktanya dsuruh lagi k plaza pdahal SDH ke plazanya tdi pagi…saya sudah sampaikan kalau bulan berikutnya masih ada tagihan..maka selesailah dan saya tdak akan menggunakan Indihome alias berhenti berlangganan.

    • 10 Januari 2020 - (21:28 WIB)
      Permalink

      Kalau untuk kompetitor pasti ada dan tidak kalah dengan IH. Tetapi masalahnya banyak juga layanan kompetitor yang belum terjangkau ke daerah calon pelanggan. Yang ada hanya IH (apakah ini monopoli, saya sendiri tidak tahu) Mau tidak mau calon pelanggan terpaksa pasang IH untuk kebutuhan mereka.

  • 10 Januari 2020 - (18:13 WIB)
    Permalink

    Saya juga sempat gtu bahkan saya tidak menggunakan use tv tapi di tagihan ada pembayran use tv… Dan pembayaran saat itu naik .. langsung saja saya datengin kantor telkom kasih bukti pembayaran dan rincian.. dan setelah di jelaskan baru ada potongan pembayaran.. dan itu pun ribet banget.. kasian bagi orang awam di maling terus ama pihak telkom…

    • 10 Januari 2020 - (18:31 WIB)
      Permalink

      Smoga pihak terkait segera menindaklanjuti keluhan2 kita dan akan memperbaiki sistemnya kedepanya supaya tdak akan ada lagi kerugian2 konsumen.

      • 10 Januari 2020 - (18:56 WIB)
        Permalink

        Salah satu BUMN yang harus di SiDak
        Saya berlangganan Indihome sdh hmpir 6 thn, walaupun gonta ganti nama pelanggan krna masalah yg sama, tagihan naik gk masuk akal lalu saya berhenti berlangganan sepihak, karena kebutuhan saya kembali berlangganan dengan atas nama berbeda
        Layanan internet di Indonesia sudah mulai ke arah monopoli, kita sebagai konsumen yang paling dirugikan

        • 10 Januari 2020 - (19:55 WIB)
          Permalink

          Benar sekali , hal ini tidak bisa dibiarkan agar tidak merugikan kita

    • 10 Januari 2020 - (21:31 WIB)
      Permalink

      Kasihan ya untuk orang yang tidak mengerti. Untuk yang mengerti pasti kesal lalu komplain.

      • 10 Januari 2020 - (21:34 WIB)
        Permalink

        Benar sekali..bagaimana bisa yah kita tidak menggunakan layanan abcd lalu kita bayar tiap bulanya..

        • 10 Januari 2020 - (21:55 WIB)
          Permalink

          Untuk jangkauan daerah, IH layak diacungi jempol. Untuk kecepatan internetnya yang saya rasakan cukup kencang dan stabil. Saya juga pernah berlangganan zaman speedy sebelum IH. Semoga pelayanan dan sistemnya dapat diperbaiki kedepannya karena saya lelah dan kecewa pelayanan IH saat ini.

  • 10 Januari 2020 - (18:41 WIB)
    Permalink

    Kejadian saya semalam tepat nya tanggal 9 Januari 2020,ketika saya masih di sklh saya mendapat kabar dari orang tua saya bahwa koneksi internet nya diputus padahal belum jatuh tempo 20,kalau pun di putus itu dimulai tanggal 20 Januari keatas,saya sudah komplain ke kantor nya tapi pertanyaan mereka berputar putar dan tadi siang juga sekitar jam 13:00 WIB pergi ke kantor buat komplain tentang masalah koneksi internet sampai skrng belum dapat jawaban dan penyelesaian

  • 10 Januari 2020 - (21:29 WIB)
    Permalink

    Terlalu banyaknya keluhan pelanggan tentang IH semestinya dari IH memperbaiki layanannya kepada konsumen/pelanggannya. Masalah ini yg harus di laporkan kepada menteri BUMN.

  • 10 Januari 2020 - (21:39 WIB)
    Permalink

    Tagihan katanya akan dikirimkan tiap bulan ke email pelanggan. Saya terima tagihan diemail hanya sekali. Selebihnya selalu cek di akun myindihome. Setelah saya baca, memang benar jatuh tempo tanggal 20, bila pembayaran telat akan didenda. Lalu saya berpikir apakah pantas melakukan pembayaran bila komplain saya masih belum solved. Kalau sudah solved, okelah kita bayar. Pelanggan bayarkan sesuai paket. Pelanggan puas Anda senang.

      • 13 Januari 2020 - (12:58 WIB)
        Permalink

        Setuju BINGIIITSSS …. sy jg sdh mencoba kirim keluhan via email ke @trlkomcare cc bdn perlindungan konsumen nas cc LOS DI Yogyakarta … semoga ada tanggapan

        • 13 Januari 2020 - (19:35 WIB)
          Permalink

          Terima kasih sudah mau mengusahakan semoga semua konsumen tdak lagi mengalami masalah.

  • 10 Januari 2020 - (23:18 WIB)
    Permalink

    Ternyata saya g sendiri, sudah berlangganan dari tahun 2014, dgn biaya paketan ditambah ppn hanya 300rb, makin lama makin naik. Dulu katanya paket 3p g bisa diubah, eh, sekarang ternyata bisa jd 2p, tp waktu bayar tagihan, bedanya cuma 4 ribu ??
    Dan sepertinya bukan saya saja yg g tau, kalau di tagihan tiap bulan itu ada biaya sewa modem dan stb sebesar 80rb. Ini sudah saya konfrmasi ulang via indira aplikasi telkom, kalau harga paket yg terpampang di brosur/iklan/promo yg sekarang itu, namanya abodemen, belum termasuk biaya sewa modem dan stb, plus ppn.

    • 28 April 2021 - (16:08 WIB)
      Permalink

      Kalo saya dapet surat tagihan padahal tiap bulan bayar dan bulan ini saya ganti modem krna mw ganti paketan jd sya buln ini g bayar ke idpel lama sya tp ke idpel baru,anehny disurat tagihan qo malah dua bulan yg blm dibayarkan kan ngeselin entah g distop dlu sm teknisi atau gmn sih

  • 11 Januari 2020 - (07:17 WIB)
    Permalink

    Sama yg terjadi dengan saya…dulu dengan aplikasi saya bisa memantau adanya konten2 siluman itu sebelum membayar…tapi sekarang di aplikasi Indihome, nampaknya pemberitahuan konten itu dihilangkan sebelum membayar, dan baru muncul setelah dibayar…padahal yg namanya rincian invoice sebetulnya harus ada sebelum pembayaran!

    • 11 Januari 2020 - (08:42 WIB)
      Permalink

      Itu dia masalahnya…kita taunya pada saat membayar…dan kalau kita mau deactivasi untuk segala konten itu pun gak bisa karna menunya dhilangkan…benar2 kita tersandra dengan hal dan tagihan Siluman itu

    • 11 Januari 2020 - (18:34 WIB)
      Permalink

      Sebelumnya ada menu untuk deactivasi…skrg dhilangkan gak bisa kita berhenti atau menghapus tanpa melalui Plasa kata mereka…tapi setelah kita ke plazanya tapi di setiap bulan struk tagihanya masih ada tagihan2 yg gak jelas itu

  • 11 Januari 2020 - (13:35 WIB)
    Permalink

    Setelah 1 tahun lebih Saya baru kemarin berhenti berlangganan, soalnya saya merasa aneh dengan tagihan yg tidak wajar. Bln desember sblm tgl 20 ada tlp dari pihak indihome untuk segera mmbayar tagihan bulan desember, tapi suami saya berencana berhenti langganan dan sdh di sampaikan pada saat penagihan. Lalu tgl 21 desember Indihome Terisolir dan awal januari ada tlp lagi utk melunasi, oke tadinya suami saya mau melunasinya. tapi begitu lihat tagihannya totalnya hampir 1,2jt. Gila kaget banget ko bisa sampai segitu ??? Padahal pemakaian gak seberapa, bln januari aja gak pakai sma sekali karna sebelumnya tgl 21 sdh terisolir tapi ko bisa tagihan lebih besar dari bln2 sebelumnya

    • 11 Januari 2020 - (18:20 WIB)
      Permalink

      Ini sudah keterlaluan yah …bisanya tagihan sampe sbesar itu..benar ini sudah sangat merugikan pelanggan

  • 11 Januari 2020 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Saya juga merasa demikian, saya berlangganan triple-play (internet,useetv+telfon) dengan total + PPn = Rp. 386.000, tapi saat membayar selalu menjadi Rp. 400.000 lebih, ada lebih sekitar 15.000 sampai 25.000.

    Jika 100 orang saja maka sudah bisa untung 2.500.000, bayangkan jika ada 1000 pelanggan dalam satu kota bisa sampai 25jt/bulan

    Didalam rincian pembayaran pun ada poin-poin yang tidak saya ketahui maksudnya.

    • 11 Januari 2020 - (19:46 WIB)
      Permalink

      Itulah yang harus kita suarakan dsini demi melindungi dan mencegah konsumen yang lain di luar sana yang mungkin sampai saat ini belum menyadari kalau ternyata mereka juga mengalami hal seperti kita..beberapa menit yang lalu saya dhubungi pihak terkait untuk mengkonfirmasi..saya bilang kalau sampai ini tidak segera ditindaklanjuti maka akan ada ribuan bahkan jutaan suara pelanggan yg lain yg akan muncul dipermukaan tentang kekecewaan terhadap tagihan2 siluman di struk tagihan IH.

      • 11 Januari 2020 - (21:47 WIB)
        Permalink

        Saya akan mencoba mengirim Surat Pembaca/Terbuka ke media Pikiran-Rakyat (karena saya domisili Jabar), agar masalah ini lebih didengar pihak telkom.

        Mari lindungi hak konsumsi dari keputusan sepihak institusi telkom.

        • 11 Januari 2020 - (21:51 WIB)
          Permalink

          Terima kasih Pak untuk rasa yang sama sebagai konsumen…agar hal yg kita alami tidak terus berulang kepada yg lain apalagi yg mungkin terbilang baru mengginakan layanan dimaksud.

  • 11 Januari 2020 - (20:32 WIB)
    Permalink

    Banyak kasus seperti ini, sepertinya memang Telkom IH ini perlu disidak langsung oleh menteri BUMN. Banyak hal-hal yang mencurigakan.

    • 11 Januari 2020 - (20:35 WIB)
      Permalink

      Sangat banyak d luar sana yg mungkin belum bisa atau belum sempat menyuarakan keluhanya.

      • 11 Januari 2020 - (21:42 WIB)
        Permalink

        Sama, saya baru tau setelah bbrp tahun berlangganan, saya mengecek kecepatan internet dan tanya ayah saya biaya perbulannya dan ternyata biayanya hampir 400rb tapi kecepatannya sangat lambat, jadi saya contact pihak indihome dari twitter dan tanya paket internet yang kami pakai, ternyata ada useetv dan kita sama sekali tidak pernah pakai useetv karena indihome tidak pernah menawarkan/bertanya kepada kita untuk memasang useetv.

  • 11 Januari 2020 - (23:07 WIB)
    Permalink

    Kok sama ya, tiba2 tagihan untuk sewa modem sebelumya 20rb, tiba2 jadi 40rb dan tanpa ada pemberitahuan

      • 12 Januari 2020 - (11:26 WIB)
        Permalink

        kalau untuk berhenti berlangganan dipersulit laporkan saja ke media. Gimana pelanggan tidak berhenti berlangganan wong sistem dan pelayanannya amburadul. Permasalahan saya saja sampai sekarang belum selesai padahal dari bulan kemarin ke plasa telkom malah yang ada sekarang tambah permasalahan lagi di awal bulan. Kacau kan. 147, twitter, dan medsos sepertinya hanya tempat menampung keluhan (junk) atau mungkin informasi yang diberikan kepada mereka oleh pusat terbatas jadi mereka kalau ditanya kayak robot!. Kesimpulan saya sebagai pengguna iindihome beberapa bulan dengan 2 STB;
        1. Rincian tagihan tidak jelas dan berubah ubah
        2. Paket seharusnya sinkron untuk kedua STB sesuai keterangan dari CS tetapi yang saya alami setiap bulan paket tidak sinkron, ada minipack yang hilang di stb pertama tetapi distb kedua tidak hilang begitupun sebaliknya (merugikan pelanggan karena tidak bisa menikmati tayangan). 3. Salah satu minipack yang saya ambil, channelnya ada yang hilang tidak sesuai dengan keterangan di minipack 4. Add on minipack lain tiba tiba muncul tanpa konfirmasi ke pelanggan yang mengakibatkan tagihan naik. Yang saya tahu untuk melakukan penambahan add on minipack dengan melakukan subscribe dari stb lalu masukkan kode otp yang dikirimkan ke nomor hp pelanggan yang terdaftar
        ke stb screen kemudian paket akan muncul. Untuk unsuscribe juga melalui stb. FITUR SUBSCRIBE DAN UNSUSCRIBE SEKARANG SELALU ERROR jadi pelanggan harus menghubungi 147 untuk melakukan subscribe atau unsuscribe( sistem kacau). Untuk tagihan yang naik sudah saya komplain dan sudah selesai dalam waktu 2 minggu sebelum jatuh tempo.

        Itulah permasalahan saya selama memakai IH. Saat ini saya juga menunggu solusi dari IH. Kalau memang belum selesai terpaksa saya berhenti. Lebih baik menggunakan kompetitor karena memakai IH menyita waktu (berkeluh kesah ke 147) dan pikiran (investigasi masalah) serta kantong (menghamburkan uang ke layanan yang tidak sesuai). Yang mau berhenti saya sarankan gunakan provider khusus untuk tv kabel dan internet saja tanpa telepon. Yang masih bertahan karena tidak ada provider lain, komplainlah untuk perubahan . Eh apa iya?

  • 12 Januari 2020 - (10:27 WIB)
    Permalink

    Beberapa waktu lalu infonya memang sistemnya sedang migrasi pak jadi billing mungkin terkena dampak dan itu kita bisa claim kok sayapun demikian. Masalah add on kasusnya sama pak sayapun demikian cek di app myindihome terdaftar add on tambahan “indibasket” padahal saya tidak pernah req add on tersebut. Kasus seperti ini jelas ada oknum untuk memenuhi target, bonus dsb. Teringat kasus nenek pencurian sandal jepit yg dihukum penjara. Untuk masalah ini bagaimana? Konsumennya jutaan orang data fraud seperti ini berapa banyak? BUMN, oknum pada untung konsumen yang dirugikan!

  • 12 Januari 2020 - (11:04 WIB)
    Permalink

    Kalau segala biaya itu ditagihkan spengetahuan pelanggan mungkin gak masalah yah…tapi ini kita ditagihkan konten internet dan biaya add on serta stb yg notabenenya kita tidak pakai dan tagihanya sampe sratusan lbih hampir 200rtusn ribu lebih…siapapun pasti kberatan..msalah migrasi itu biayanya 10rbuan tapi yg lainya itu tagihan yg saya istilahkan tagihan “siluman”. Ini tidak boleh dibiarkan…harus disuarakan.

    • 12 Januari 2020 - (14:09 WIB)
      Permalink

      Mari dilaporkan aja kalau ada hal2 yg merugikan kita sebagai konsumen

  • 13 Januari 2020 - (01:01 WIB)
    Permalink

    Sama kya saya kasusnya, malah saya lebih parah, waktu pertama pasang tgihan 500 itu udh sma useetv. tpi tiap bulan mkin naik dan alhasil kmren bln desember jdi 900, gila hampir sejuta!. dan saya samperin ke plasa nya katanya itu dari tv makanya tagihan gede. dan saya minta copot useetv dan cs bilang tagihan bkal balik jd 400 nnti bln februari. semoga aja bener nnti

    • 14 Januari 2020 - (16:28 WIB)
      Permalink

      Saya pengguna IH baru beberapa bulan. Saya memasang IH untuk menonton UseeTV. Saya ambil paket IH value dengan 2 STB. Beberapa minggu setelah aktif, saya ingin menambah add on minipack. Kemudian saya gunakan fitur subscribe melalui STB dan saat itu juga langsung aktif. Untuk pengguna fiturnya sangat praktis sekali dan tidak ribet. Setelah beberapa hari menyaksikan tayangan minipack, saya ingin mengganti salah satu addon minipack dengan minipack lain lalu saya gunakan fitur unsubscribe dari STB dan langsung nonaktif. Saya gunakan fitur subscribe kembali untuk menambah addon minipack tetapi selalu gagal. Saya hubungi 147 untuk complain dan mereka juga telah konfirmasi untuk penambahan addon minipack yang saya mau tetapi tayangan belum aktif juga. Saya coba kembali melalui fitur subscribe selalu gagal. Selanjutnya saya tidak pernah menggunakan fitur tersebut karena selalu error. Tiba tiba pada pertengahan bulan November terdapat addon minipack yang aktif sendiri. Saya cek bukan addon minipack yang saya mau atau subscribe dan ini sudah aktif dari awal bulan November. Tidak ada konfirmasi perihal penambahan kedua addon minipack ini. Saya cek juga STB kedua tidak sinkron paketnya dengan STB pertama. Saya cek juga salah satu minipack juga ada yang tidak sesuai channelnya. Berulang kali saya menghubungi 147 dan twitter IH akhirnya ada yang menghubungi dari bagian pengaktifan channel. Katanya itu terjadi karena sistemnya sedang migrasi, sudah dipandu tetap belum bisa dan saya disuruh menunggu update. Setelah beberapa hari menunggu, saya komplain kembali dengan menghubungi 147 dan twitter karena ini akan berdampak pada tagihan berikutnya. Teknisi datang beberapa hari kemudian untuk melakukan pengecekan. Akhirnya kedua STB kembali sinkron dan dua addon minipack yang tidak saya mau sudah dinonaktifkan. Teknisi juga menghubungi ke bagian pengaktifan channel yang berarti ini sama saja seperti pelanggan menghubungi 147 untuk pengaktifan. Setelah saya cek kembali ternyata salah satu minipack yang belum sesuai isi channelnya belum di perbaiki. Saya disuruh ke plasa Telkom sekaligus klaim tagihan. Betul juga dugaan saya setelah saya cek tagihan pada awal bulan desember naik karena ada dua addon minipack yang aktif sendiri di bulan November. Saya kembali lagi komplain ke 147 dan twitter IH. Singkat kata tagihan sudah diperbaiki dua hari sebelum jatuh tempo (setelah berulang kali complain di 147 dan twitter dengan mimik wajah marah dan suara menakutkan). Saya ke plasa Telkom untuk menjelaskan permasalahan sekaligus melakukan pembayaran. Ternyata customer service plasa Telkom sepertinya kurang mengerti padahal saya sudah menjelaskan permasalahannya. Saat itu saya komplain hanya satu masalah karena permasalahan yang lain sudah beres. Dan CS plasa Telkom belum bisa memberikan solusinya tapi akan di kordinasikan ke pihak yang terkait. Oke lah yang penting saya sudah ke plasa Telkom menjelaskan permasalahannya. Kemudian saya melakukan pembayaran di loket plasa eh malah dikenakan biaya admin 2.500. Kirain bayar langsung di loket plasa tidak ada biaya admin seperti pembayaran melalui indomaret, alfamaret, dll. Saya tunggu sampai akhir bulan Desember masih belum di perbaiki. Kemudian timbul masalah baru, tanggal 8 Januari 2020 saya cek kedua STB tidak sinkron paketnya. STB pertama ada dua addon minipack yang hilang. Di STB kedua tidak hilang tetapi dengan permasalahan minipack yang isi channelnya tidak sesuai. Kemudian saya lagi lagi komplain ke 147 dan twitter (dengan mimik wajah marah dan suara menakutkan). Penjelasan 147 dan twitter berbeda, CS twitter yang bernama YOYA mengatakan bahwa dua addon minipack sudah tidak aktif, yang saya bingung dari sisi saya tidak pernah sekalipun menonaktifkan kedua minipack tersebut. Saya kan daftar minipack yang normal bukan prepaid kalau minipack yang prepaid memang pasti akan otomatis nonaktif sendiri sesuai pemakaian tetapi harganya lebih mahal. Sedangkan CS 147 bilang di system masih ada dan akan dibantu ke pihak yang terkait. Kemarin saya menghubungi kembali dan saya langsung bicara dengan team leadernya yang bernama pak Alan, dia bilang akan mengghubungi saya tetapi saya tunggu tidak pernah dihubungi. Saya telepon kembali dan bicara dengan team leader yang lain bernama pak Yudi. Saya tanya kemana Pak Alan, ternyata sudah off duty. Akhirnya saya dipandu dengan pak Yudi. Dengan sabar pak Yudi memandu saya dan katanya berkordinasi langsung dengan pihak Indihome TV. Akhirnya kedua minipack yang hilang sudah aktif kembali dan salah satu minipack sudah sesuai channelnya di STB pertama. Sedangkan di STB kedua masih belum sinkron dengan STB pertama karena masih ada salah satu minipack yang tidak sesuai channelnya. Saya ucapkan terimakasih atas bantuan Pak yudi yang dengan sabar memandu saya. Saya tanyakan kenapa masalah itu terjadi, katanya karena sedang ada migrasi yang berakibat data data pelanggan tidak sinkron. Saya tanyakan kembali apakah hal ini akan terjadi kembali, katanya dari sisi Indihome tidak menjamin apabila sedang migrasi. Migrasi sistem dilakukan setahun atau dua tahun sekali. Saya akan dihubungi kembali untuk permasalahan di STB kedua. Jadi saat ini permasalahan saya belum selesai karena masih ada salah satu minipack yang channelnya tidak sesuai kemudian perihal untuk kompensasi tagihan yang tidak sesuai dengan yang pelanggan saksikan. Itulah permasalahan yang saya alami selama menggunakan IH beberapa bulan dan saya masih menunggu tindaklanjut IH untuk kedua permasalahan tersebut. Untuk penggunaan internet tidak ada masalah karena sudah sesuai dengan paket yang saya ambil dan kecepatan masih stabil. Apabila ada pelanggan lain yang mengalami silakan share untuk kebaikan bersama.

      • 15 Januari 2020 - (03:56 WIB)
        Permalink

        Tinggal menunggu tagihan berikutnya aja apakah penrnyataan mereka itu benar. Soalnya saya ini SDH sejak November 2919 sudah berhenti menggunakan Indihome UseeTV tapi tagihan konten2 Useetv itu masih ditagihkan dibulan Desember 19 dan Januari 2020 sudah dikomplain di Plasa jawaban mereka kesalahan sistem..hadeh kesalahan sistem bagaimana..wong saya SDH mengembalikan minipacknya k plasanya,seharusnya begitu sy berhenti dan mngembalikan minipacknya kan langsung dihentikan aja semua konten itu kan selesai,tapi ini tidak malahan tagihanya tambah naik dengan konten internetnya yg berubah2 tiap bulanya

  • 13 Januari 2020 - (04:58 WIB)
    Permalink

    Jangan dipercaya begitu aja plasanya,sebelum membayar dicek dulu struknya kalau masih aja ada taghny UseeTV langsung aja komplain

  • 18 Februari 2020 - (12:00 WIB)
    Permalink

    Saya sudah 3tahun lebih langganan indihome, baru sadar ternyata biaya sewa modem/STB artinya biaya sewa modem indihome dan biaya STB untuk TV. Dari dulu sampai sekarang 18 januari 2020 masih ditagih biaya STB. ini namanya Korup, apakah ada kompensasi pengembalian dari pembayaran STB yang selama ini saya bayar?

  • 18 Februari 2020 - (12:09 WIB)
    Permalink

    Setelah saya berlangganan indihome 1 tahun lebih. Dan saya ingin berhenti berlangganan, coustomer telkom mengatakan saya harus bayar untuk 2 bulan ke depan. Nah yg bikin bingung posisi wifi dirmh nyala, kenapa mau berhenti aja harus bayar sampe 2 bulan ke depan.

  • 13 Maret 2020 - (16:08 WIB)
    Permalink

    Parah banget indihome , sudah berlanggan sejak thn 2018 paket internet + telp tanpa tv . tp baru thn 2020 ini dalam 3 bulan tagihan bisa berubah2 terus ,dan anehnya sy tdk pernah merubah layanan tp tagihan melonjak dan layanan berubah . sudah datang ke plasa telkom cileungsi untuk komplen , Sudah buat surat perubahanan layanan dgn ttd materai tapi tetap saja tagihan berikutnya berubah2 , ketika kita minta rincian dari tagihan tersebut dan petugas seperti kebingungan dan mencari2 alasan . Dan ketika akan bayar muncul rincian yg membuat kita konsumen bingung ada biaya pemakaian telp lokal ( Yg mana nomer tsb selama bertahun2 kita pakai hnya untuk wifi ) + biaya konten internet ? Yg tidak pernah ada sebelumnya ..Tagihan yg biasa dikirim via email tdk ada lagi , datang tagihan melalui sms beda jumlahnya dengan yg harus di bayar melalui mbanking . Hmmm ada apakah gerangan dengan indihome . Jadi tanda tanya besarrrr ?????

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 77 komentar sampai saat ini..

Tagihan “Siluman” IndiHome

oleh Asna Tulusi dibaca dalam: 2 menit
77