Pembelian Mazda CX5 Baru tetapi Ada Indikasi Kuat Sudah Pernah Dibongkar dan Banyak Masalah Lain

Setelah melalui proses pertimbangan yang panjang dalam pembelian mobil untuk keluarga, saya memutuskan untuk melakukan pembelian Mazda CX5 NIK 2019 pada pertengahan Februari 2020 di dealer Mazda Jakarta Timur-Jatinegara, dengan nomor invoice : 01.SI.2001.000032.

Saya sadar betul kalau pembelian unit ini bukan di harga/diskon terbaik yang Mazda berikan kepada saya secara historis, karena saya pernah berniat untuk melakukan pembelian pada bulan Desember 2019. Namun, saya tetap melakukan pembelian unit ini karena saya percaya pada kualitas Mazda yang berada di kelas premium.

Pada tanggal 27 Februari 2020, saya menerima unit ini, dan pada saat proses serah terima, saya sempat mendapati bahwa interior unit ini dalam keadaan kotor, dan terdapat banyak bekas noda pada bagian interior. Pada saat itu saya tidak ambil pusing karena saya juga akan membawa unit ini ke auto detailing untuk dibersihkan.

Dua hari kemudian, saya membawa unit ini ke auto detailing untuk membersihkan interior unit yang kotor. Namun, betapa terkejutnya saya pada saat inspeksi sesuai dengan standard operasional auto detail sebelum serah terima didapati bahwa:

  1. Warna sekrup pada bagian dalam kap mesin ada yang berbeda (indikasi sudah pernah dibongkar) karena seharusnya proses oksidasi pada bagian mesin menjalani waktu yang sama pada saat perakitan, sehingga normalnya warna sekrup harusnya sama.
  2. Panel pada gearbox baret panjang
  3. Panel jendela pengemudi sudah banyak terdapat goresan/baret
  4. Karet pada bagian dekat kap mesin menonjol/tidak masuk secara pas/tidak simetris dengan sisi lainnya.
  5. Karet pada bagian atas mobil di dekat sunroof terlipat/tidak dalam posisi seharusnya.
  6. Bagian besi pada bagasi mobil jamuran.
  7. Bagian interior sunroof yang kotor.
  8. Bonus: pemasangan kaca film yang tidak bagus (terdapat banyak gelembung)

Pada saat didapati keluhan tersebut, saya langsung mengontak personil penjualan saya dan menyampaikan keluhan tersebut. Personil sales, menyampaikan bahwa unit tersebut tidak pernah dibongkar atau dalam keadaan original. namun tentunya saya tidak percaya terhadap klaim sepihak dari Mazda karena bukti di dalam kap mesin mobil tidak menunjukkan hal serupa.

Karena saya sadar hal ini bersifat urgent dan tidak dapat ditunda, maka keesokan harinya pada hari Senin, tanggal 2 Maret 2020, saya menyampaikan keluhan ke Showroom Jatinegara. Pada saat di showroom, saya bertemu dengan kepala bengkel Mazda Jatinegara yang lagi lagi menyampaikan klaim sepihak bahwa unit tersebut belum pernah dibongkar, yang jelas saya tidak bisa terima karena tidak selaras dengan penemuan di dalam kap mesin.

Pada saat itu saya sampaikan bahwa saya menawarkan 3 alternatif penyelesaian masalah:

  1. Ganti unit dengan unit baru (solusi yang paling cepat)
  2. Memperbaiki segala kerusakan atau kejanggalan yang ada, dam memberikan extended warranty selama 2 tahun untuk menjamin bahwa saya terlindungi jika ada masalah pada indikasi pembongkaranan unit yang telah dilakukan pada kemudian hari.
  3. Melakukan pengembalian dana pada selisih diskon yang pernah ditawarkan ke saya.

Dan saya juga meminta untuk di pasang Android auto sebagai penawar kekecewaan saya terhadap kasus ini.

Pak Rahmat selaku kepala bengkel pun menyampaikan keluhan saya kepada kepala cabang dan Mazda Jatinegara bersedia untuk mengganti bagian bagian panel dan karet yang tidak seharusnya didapati di unit baru.

Permintaan Android auto untuk dipasang di unit pun dikabulkan, namun sayangnya bagian untuk pertanggungjawaban Mazda terhadap indikasi pembongkaran unit berupa extended warranty selama 2 tahun tidak diberikan. Menurut saya sangat disayangkan karena seharusnya jika Mazda begitu yakin unit ini tidak bermasalah, mereka seharusnya bersedia memberikan extended warranty. Justru dengan tidak memberikan unit ini extended warranty, saya semakin curiga dengan unit ini karena jika terdapat masalah di kemudian hari, maka kekhawatiran saya akan terbukti dan saya akan menjadi kapok untuk menjadi konsumen Mazda.

Saya pun sudah mencoba mengirim email ke Mazda pusat melalui customer.info@mazda.co.id, namun tanggapan yang saya dapat lagi lagi klaim sepihak dari Mazda bahwa unit ini tidak pernah dibongkar. Padahal bukti di dalam kap mesin tidak selaras dengan klaim sepihak Mazda. Saya pun sudah membalas tanggapan Mazda pusat, namun sudah 7 hari sejak tanggapan balasan saya, belum ada respon balik dari pihak yang bersangkutan.

Saya harap Mazda berani bertanggung jawab atas kasus yang saya alami, dan tidak ada hal serupa di kemudian hari pada pelanggan Mazda lainnya.

Harianto
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Mazda CX-5:
[Total:62    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan PT Eurokars Motor Indonesia – Mazda Indonesia atas Surat Bapak Harianto

Yth Konsumen Mazda Bpk Harianto, Sehubungan dengan keluhan yang disampaikan pada tanggal 19 Maret yang lalu dengan judul “Pembelian Mazda...
Baca Selengkapnya

Loading...

24 komentar untuk “Pembelian Mazda CX5 Baru tetapi Ada Indikasi Kuat Sudah Pernah Dibongkar dan Banyak Masalah Lain

    • 20 Maret 2020 - (08:56 WIB)
      Permalink

      Saya beli CX-5 dr Mazda Sunter tahun lalu. Jg sangat kecewa dengan service di terima dari Mazda. Saya gak bakal beli Mazda lg. Kualitas mobil mungkin lumain, tapi sayangnya di tangan distributor dan dealer yang gak peduli dengan customer setelah jualan.

      • 26 Maret 2020 - (15:22 WIB)
        Permalink

        Apakah waktu itu ada penyelesaian masalah bro? Mazda mati kutu ketika saya tanya bisa kasih garansi apa ngga ūü§¶

        • 28 Maret 2020 - (09:46 WIB)
          Permalink

          Nggk ada. Sampai saya sudah males contact lg sama sana… Aku pikir itu caranya dia orang selasaiin masalah sama customer.

        • 26 April 2020 - (00:00 WIB)
          Permalink

          waduh, jadi mikir ulang deh buat beli mazda lagi, baru aja pengen rayu bokap biar mau ngelepas crv turbonya untuk dituker sm AN mazda 3 hatchback. Mana saya tiap kali servis di Mazda Jatinegara pula, jadi ngeri nih kalo servis kesitu lg. Padahal pengalaman servis disitu dari 2013 – sekarang oke2 aja. Blm ada kasus2 macam ini

    • 26 Maret 2020 - (15:28 WIB)
      Permalink

      Sepertinya setelah saya merasakan aftersales yang kurang bagus brand image premium masih jauh dari mazda. Hard produk nya sih lumayan. Tapi soft product nya itu loh, masih di pertanyakan.

      • 21 Maret 2020 - (19:13 WIB)
        Permalink

        Kami sekeluarga sangat berterima kasih dengan berita ini, Ini informasi yang benar² sangat kami butuhkan, dulu pernah pake mazda-2 seken, gara² belum yakin dgn brand mazda, saat ini ada rejeki lebih, kami mau upgrade ambil CX-5 baru. Pas banget, beritanya soal CX-5, Akhirnya keraguan kami terjawab. Kembali ke pikiran awal, kami tidak akan pernah ambil mazda.

  • 20 Maret 2020 - (07:05 WIB)
    Permalink

    Ini tamparan bagi mazda… Orang banyak membaca ini bisa jadi mazda tidak akan berjaya di masa depan noted!!!!! Kedua pada saat serah terima harusnya jangan mau menerima mobil seperti ini. Dari awal jgn diterima dan minta unit lain. Saya sebagai customur akan mencatat ini buat pertimbangan membeli mazda. Dan jika pihak mazda tidakenyelesikan dengan baik saya akan rugi sendiri.

    • 26 Maret 2020 - (15:26 WIB)
      Permalink

      Sipp thanks bro masukannya. Padahal di negara asal nya beken yah. Disini sepertinya harus ada pembenahan.

    • 26 April 2020 - (00:03 WIB)
      Permalink

      makanya, sebagai konsumen juga harus kritis gan. saya sendiri pecinta mazda sejak 2013 karena inovasi dan fiturnya yg jauh diatas merek jepang sekelasnya, tapi kalau pelayanannya terus seperti ini. kemungkinan keluarga saya untuk menambah mazda lagi semakin kecil

  • 20 Maret 2020 - (08:22 WIB)
    Permalink

    Sy kira ini keluhan yg sama, ternyata beda lagi, mazda banyak yah keluhan kayak gini, sejak pernah baca keluhan yg persis sama di kaskus bbrpa thn lalu, dan muncul komen2 serupa, sy mendelete mazda sbgai list dlm pembelian mobil

    • 26 Maret 2020 - (15:30 WIB)
      Permalink

      Padahal hard product nya bagus bro. Tapi soft product nya itu loh. Harus ada pembenahan. Sampai sekarang saja saya masih bln dapet solusi.

  • 21 Maret 2020 - (19:16 WIB)
    Permalink

    Kami sekeluarga sangat berterima kasih dengan berita ini, Ini informasi yang benar² sangat kami butuhkan, dulu pernah pake mazda-2 seken, gara² belum yakin dgn brand mazda, saat ini ada rejeki lebih, kami mau upgrade ambil CX-5 baru. Pas banget, beritanya soal CX-5, Akhirnya keraguan kami terjawab. Kembali ke pikiran awal, kami tidak akan pernah ambil mazda.

    • 26 Maret 2020 - (15:24 WIB)
      Permalink

      Terima kasih kembali bro. Kita tunggu kelanjutan dari masalah ini. Apakah mazda berani tanggung jawab? Sampai detik ini belum ada pertanggung jawaban dr apm.

    • 26 April 2020 - (00:05 WIB)
      Permalink

      sama seperti bapak saya om. tadinya mau SPK mazda 2 skyactiv buat gantiin xpander saya, cuma karena sempit dan partnya itu mahalll , berhubung punya AN CX5 Elite 2018 juga. akhirnya memutuskan untuk beli hatchback merek sebelah yg logonya triple elips itu. eh , begitu lihat mazda 2 spek sekarang, saya agak bersyukur beli itu hatchback, karena walaupun fitur , handlingnya + qualitynya ga sebagus m2. tapi setidaknya unggul di fitur safetynya, dimana mazda 2 gt yg tadinya udh 6 airbag, eh malah didowngrade jadi 2 airbag doang. hiks

  • 28 Maret 2020 - (10:26 WIB)
    Permalink

    Saya sih kemarin sudah di kontak mazda cp nya alexander, tapi tidak ada penyelesaian & malah makin runyam masalahnya. Mereka juga sebenarnya takut di singgung di media konsumen ini. Katanya sih mau bales / memberikan komentar di topik ini. Tapi sampai sekarang belum ada penjelasan. Biarlah calon pembeli yang menilai dari cara mereka menyelesaikan masalah yang kita punya dengan mazda.

  • 25 April 2020 - (23:58 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin gan buat masalah CX5nya. Terimakasih om untuk informasinya. Saya sebagai sesama user CX5 dan tentunya konsumen EMI cuma bisa berharap semoga masalah agan bisa terselesaikan dengan baik dan menjadi masukkan bagi pihak mazda Indonesia agar bisa membenahi aftersalesnya agar dapat terus mendapat kepercayaan dari para konsumen dan loyalisnya

    Saya sendiri user mazda sudah cukup lama. Dan puas atas produk2nya. Gak pernah mengecewakan, dulu pernah pake CX5 2.0 Touring 2013 , sampe dijual tahun 2019 lalu di odo 150rb gak ada masalah aneh2. Cuma servis rutin dan ganti oli saja. Sekarang pakai CX5 Elite 2018, CBU malaysia, untungnya masih oke2 aja sampai sekarang. Cuma aki istopnya aja yg udh pernah sekali ganti. Sisanya no complain. Sangat disayangkan kalau produk yg berkualitas premium dari mazda namun pelayanannya buruk seperti ini.

    Apalagi ini terjadi di Mazda Jatinegara, Jakarta Timur, sangat disayangkan. Terakhir saya SPK Mazda CX5 Elite warna Machine Grey dari dealer ini , pelayanannya oke2 saja. Dan setiap kali servis disitu, saya selalu servis di Mazda Jatinegara sejak saya pakai Mazda CX5 1st gen 2013, sampe sekarang, di CX5 Elite 2018 , pelayanannya oke2 saja. Aftersalesnya buat saya cukup baik. Terakhir servis km 10rb disitu juga memuaskan pelayanannya. Kok sekarang jadi mengecewakan ya, semoga pihak Mazda, terutama pihak dealer Mazda Jatinegara dapat menyelesaikan permasalahan agan dengan baik. Jadi agak takut nih kalo mau servis disitu lagi lihat berita ini

    Kalo pelayanan mazda Indo gak berubah dan terus menerus dapet complain, kemungkinan besar CX5 Elite 2018 menjadi mazda terakhir di keluarga saya, dan memutuskan untuk tidak repeat order mazda lg baik yg sejenis maupun yg tidak sejenis, karena aftersalesnya mengecewakan, padahal saya masih punya impian untuk nambah mazda lagi di garasi saya, yaitu All New mazda 3 hatchback untuk menggantikan CRV Turbo Prestige saya yg mengecewakan, karena kualitas yg didapat tidak sesuai harganya. Selama ini, yg saya keluhkan dari mazda cuma partnya yg mahal dan indennya lama saja, tapi kalo terus menerus seperti ini, tidak mungkin mazda akan ditinggalkan oleh konsumennya, karena kualitas aftersalesnya yg kurang baik.

 Apa Komentar Anda mengenai Mazda CX-5?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Pembelian Mazda CX5 Baru tetapi Ada Indikasi Kuat Sudah Pernah Dibongk…

oleh Harianto dibaca dalam: 3 min
24