Saya Merasa Dibodohi Financial Advisor dengan Dana “Tabungan Investasi“ AXA Mandiri selama 7 Tahun

Saya bernama Yovi Marice pemilik buku AXA Mandiri dengan No 513-931 **** sejak bulan Mei tahun 2013.

Tanggal 8 April 2020 saya ingin melakukan penutupan polis di usia 6 tahun 11 bulan usia keikutsertaan saya di Axa Mandiri (Mei 2020), dikarenakan saya dirumahkan oleh perusahaan karena terdampak Pandemic COVID-19.

Saat saya sampai ke Bank Mandiri yaitu Bank Mandiri Jodoh Jl Raya Ali Haji, Batam, saya minta dibantu print kan saldo yang ada di tabungan AXA saya dan betapa kaget dan sedihnya saya ketika FA Atas nama *UT* S*YAT* memberikan kertas print saldo saya hanya Rp. 12.993.000 dari total setor Rp38. 621.005 per April 2020.

Saat dulu saya datang ke Bank Mandiri th 2013 pada bulan Mei, bermaksud untuk buka tabungan jangka panjang yang ringan dan terjangkau kemudian diarahkan oleh teller ke meja lain yaitu Financial Advisor bernama  Y*ni Kh*i*an* *k*al dengan no hp: 082174017***. Singkat cerita, dari kertas yang dia tunjukkan ke saya dia memberikan informasi yang Bank Mandiri tawarkan adalah tabungan investasi yang diendapkan selama 10 tahun

Ada perhitungannya tahun ke berapa saya dapat menarik saldo untuk mendapatkan keuntungan atau pun saya balik modal sesuai jumlah uang yang saya setor. FA menjelaskan akan full dikembalikan 100% pada tahun ke 6 dan mulai mendapatkan keuntungan di tahun ke 7 dan seterusnya tanpa memberikan penjelasan kemungkinan kerugian. Hanya balik modal setor di tahun ke-6.

Dan jadi pertanyaan dan sedang saya selidiki, saya hanya merasa menandatangani 1 ilustrasi kertas saja di tanggal 16 Mei 2013 tapi di tanggal 17 Mei ada 1 bendel kertas-kertas lagi yang ada tanda tangan saya (1 bendel kertas-kertas itu ada pendebitan dan permintaan asuransi jiwa) dan hal itu ada di dalam polis yang saya terima 1 bulan kemudian. Dan tidak pernah saya baca kembali sejak saya terima buku tersebut secara detail karena saya SUDAH SANGAT PERCAYA KEPADA FA dan nama besar Bank Mandiri.

Tanggal 8 April 2020 saya buat surat keluhan, tanggal 9 April 2020 saya dihubungi via telepon oleh team AXA menyatakan bahwa klaim kami ditolak dengan pernyataan ” Nilai saldo saya sesuai ilustrasi” dan saya tidak pernah paham ilustrasi yang mana yang dia sebutkan. Ilustrasi yang saya terima hanya dari FA *un* Kh*iran*

Saya sudah sangat kecewa dengan Axa Mandiri yang sejak awal tidak pernah transparan menjelaskan ke nasabah, hanya keuntungan saja dijelaskan tanpa menjelaskan resiko, dan potongan potongan. Mana mungkin saya mau untuk menabung kalau di AXA apabila dijelaskan akan menerima kerugian dan saya tegaskan kembali tidak pernah tahu kalau saya dimasukkan ke asuransi jiwa karena di tanggal 16 saya hanya menandatangani 1 lembar kertas berisi ilustrasi keuntungan sesudah 0-10 tahun.

Saya nasabah ingin dana yang sudah diambil Axa Mandiri dikembalikan full 100% sesuai keterangan dan tulisan tangan FA Y*N* K*A*RAN* AK**L .karena berdasar dari pejelasan yang tidak transparan FA Axa Mandiri, juga menuntut pada Bank Mandiri agar ikut bertanggung jawab karena punya andil dalam menyesatkan nasabah.

Demikian kami sampaikan kronologisnya. Atas kejadian ini saya sagat kecewa dan merasa sangat dirugikan oleh pihak AXA Mandiri

Dengan ini saya mohon bantuan Bapak Presiden Joko Widodo, Otoritas Jasa Keuangan, Badan perlindungan Konsumen Nasional, untuk mengimplentasikan Undang Undang No. 40 Tahun 2014  tentang  Perasuransian sbb:

Pasal 75
Setiap Orang yang dengan sengaja tidak memberikan informasi atau memberikan informasi yang tidak benar, palsu, dan/atau menyesatkan kepada Pemegang Polis, Tertanggung, atau Peserta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 31 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).

Yovi Marice
Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai AXA Mandiri:
[Total:560    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan PT AXA Mandiri Financial Services (“AXA Mandiri”) atas Surat Ibu Yovi Marice

Dengan hormat, Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca yang disampaikan oleh Ibu Yovi Marice pada tanggal 11 April 2020, berjudul “Saya...
Baca Selengkapnya

64 komentar untuk “Saya Merasa Dibodohi Financial Advisor dengan Dana “Tabungan Investasi“ AXA Mandiri selama 7 Tahun

  • 12 Oktober 2020 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Slmt pagi,

    Saya kehilangan ATM mandiri, singkat cerita hendak melakukan pembuatan ATM baru di Mandiri..

    Setelah ATM jadi, saya ditawarkan program Investasi Proteksi yang 7 tahun maksimal bisa di claim 100% + bonus bunga fluktuaktif.

    Dengan potongan/bulan 300 auto debit.

    Dan saya setuju utk ikut bergabung, dgn iming-iming 7 tahun kedepan saya bisa claim sesuai debit 300 rbu per bulan

    Setelah membaca komentar dari bapak-ibu diatas ini.. Saya jadi merasa rugi utk melanjutkan program asuransi AXA ini..

    Barusan siang ini tgl 12 okt 2020 jam 11:00 sya dari bank Mandiri unit..

    Apakah bisa dibatalkan?? Atau saya tarik semua saldo di mandiri, terus sya pindahin ke bank lain??
    Dan apabila saya buka rekening baru otomatis terpotong ?? Mohon info & arahan yang baik dari bapak & ibu. Supaya saya tidak tertipu dgn hal ini

    Terima kasih
    Salam

    Fadel S

  • 18 November 2020 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Modus ya sama ya, saya jg berniat membuka tabungan berjangka. Tapi malah dialihkan ke FA axa mandiri. Nyesek kalo inget total saldo yg saya bayar kan hanya tinggal sedikit,mgkn 30-40% ya, dan salah satu alasannya ya nilai saham lg turun. Dan Itu 5 tahun lalu lhoooo.

 Apa Komentar Anda mengenai AXA Mandiri?

Ada 64 komentar sampai saat ini..

Saya Merasa Dibodohi Financial Advisor dengan Dana “Tabungan Investa…

oleh Yovi Marice dibaca dalam: 2 menit
64