Surat Pembaca

Kena Tipu Debt Collector Shopee PayLater

Selamat siang,

Saya punya tagihan di Shopee Paylater. Dan tanggal 18 Mei 2020 pihak lapangan dari Shopee PayLater menghubungi saya meminta tagihan saya secepatnya dibayarkan. Dan karena saya terdampak covid-19 saya meminta untuk bisa dicicil saja. Pihak collector mengiyakan dan saya sedikit curiga karena collector-nya minta transfer ke rekening dia.

Karena saya gak mau ambil resiko akhirnya saya minta foto KTP dia dan name tag dia. Akhirnya orangnya mengirim ke saya dan saya langsung mentransfer uang ke rekening collector tsb.

Singkat cerita saya ngecek terus ke Shopee tapi tagihan saya tidak berkurang. Saya langsung WA collector-nya tapi nomor saya diblokir. Saya coba WA pake WA saya yang lain dan WA saya masuk. Berarti dia sengaja untuk menipu saya.

Apakah begini cara Shopee PayLater mempekerjakan penipu seperti ini?

Suniaman Waruwu
User ID: 30456
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • terimakasih kepada pihak shoppe dan PT.Lentera Dana Nusantara yang telah menanggapi permasalahan ini dan hari ini tanggal 28 Mei 2020 masalahnya telah terselesaikan dengan baik, pihak shopee dan lentera dana sudah meminta maaf dan telah menindaklanjuti pihak kolektor tersebut dan saya sebagai pihak konsumen telah memaafkan colector tsb.
      terimakasih gbu

        • no rekening nya boleh tau kak.soal nya saya juga sama di kasi scrensoot rekening pt lentera

      • Mba saya jg ditagih oleh Lentera Dana Nusantara dan sudah trf, mmg keliatan ada pembayaran yg masuk tp total blom diupdate di aplikasi Shopee, gimana cara kontaknya mba dan kontak siapa dulu? Makasi sebelumnya.

        • Kebetulan saya pengguna shoppe pay later, Dan Baru 2 Hari yang lalu saya melakuakn transfer pembayaran shoppe paylater , kendala Nya saat saya ingin login Dan diwaktu yg bersamaan DC menelpon. Untuk segera melakukan pembayaran,Dan diarahkan secara manual. Beberapa Kali saya tidak precaya ,namun dc mengetahui data saya, menyebutkan data tersebut Dan benar adanya. Saat keesokan harinya Barulah saya bisa login dengan tagihan yg belum terbayar. Sedangkan bukti transferan sudah dikirim kenomer yg diberikan ke DC, untuk memberikan konfirmasi ,namun tdk ada respon. tidak Ada Rasa aman ,ketika data pengguna shoppe pay later diketahui oleh pihak yg tdk bertanggung jawab alias disalah gunakan sedemikan mungkin untuk mendapatkan keuntungan!!!!

    • Ampun deh, para pengguna paylater di dominasi anak belasan tahun.

      Finansial belum mandiri masih di sokong bapak ibunya.

      Generasi muda jaman now sudah punya gaya hidup berhutang. Ampun ampun.

    • Kak, saya juga kena tipu oleh DC dari SPinjam Shopee.
      Awalnya pihak DC bilang katanya seluruh tagihan SPinjam saya sudah tidak bisa dicicil lagi...melainkan harus dibayar sampai lunas.
      Saya diancam dengan data pribadi saya akan disebarluaskan dan dijelek²an serta HP saya pun sudah dicoba untuk diretas.
      Akhirnya saya terpaksa mencari pinjaman kepada teman dan saudara saya.
      Dan saya pun akhirnya membayarkan seluruh sisa hutang saya.
      Namun tidak ada konfirmasi selanjutnya dari pihak DC.

      Setelah pembayaran saya bayarkan lunas sesuai data dan arahan dari DC, saya malah mendapat email dari Lentera Dana Nusantara yang dimana saya diharuskan membayar cicilan saya.

      Mohon penjelasan serta pencerahannya, kak?‍♀️

      Bagaimana dengan seluruh tagihan SPinjam yang sudah saya bayar lunas sampai akhir???

  • Sudah mencurigai tp ttp dilakukan, tipe customer yang gampang ke tipu ini. Transfer dana ke rekening pribadi DC trus ngecek tagihan di Aplikasi ngak berubah wkwk. Yang punya akses pembayaran kan sampean mas mas, bisa²nya berharap tagihan berubah setelah trf ke rekening dc, kocak dah ini customer. Perusahaan dalam hal ini ngak salah, ini murni kelalaian pengguna. Semoga lebih bijak dengan pembayaran apapun :).

    • jika tidak bisa memberi solusi tidak usah berkomentar , saya tau anda pintar... namanya juga saya baru pertama pake shopee paylater... wajar klo saya tidak paham..

  • Permisi, saya cuma mau mengingatkan, sebelum menggunakan uang Shopee PayLater, syarat dan ketentuan Shopee PayLater nya tolong di baca dulu ya.

    Tagihan Shopee PayLater hanya akan muncul dan ditagihkan melalui akun Shopee Anda pada menu PayLater SETIAP TANGGAL 25. Jadi tidak ada tagihan yg harus Anda bayar pada tgl 18 karena tagihannya memang belum muncul. Juga tidak akan ada agen Shopee yg akan menelpon Anda, memaksa Anda untuk membayar tagihan PayLater Anda, karena tagihan yg ada hanya berupa laporan angka2 di akun Shopee anda. Keterlambatan pembayaran adalah resiko dan tanggung jawab peminjam dgn denda 5% setiap bulan, Anda nunggak ya silahkan bayar dendanya, gk bakal ada yg maksa2 Anda bayar. Paling kl melewati batas ya di urus ke pihak berwajib.

    Silahkan baca surat KONTRAK FASILITAS PEMINJAMAN disetiap transaksi yang Anda lakukan dgn metode pembayaran PayLater.
    Saya yakin byk pengguna yg jg tidak sadar, bahwa dengan menggunakan Shopee PayLater berarti namanya sudah tercantum di dalam surat kontrak dengan PT. Lentera Dana Nusantara (bukan PT. Shopee International Indonesia) yang berjumlah 36 halaman.
    Jika pembayaran Anda bermasalah ya PT. Lentera Dana Nusantara akan urus ke pihak berwajib, bukan di tagih oleh debt collector.
    Apalagi org yg ngaku2 debt collectornya Shopee ngasih nomor rekening pribadi.. ya itu sudah jelas

    • Sudah pasti blm yang nagih nya bner2 debt colect nya shopee? Jgn2 cuma ngaku2 aja tuh. Skrg bnyak bgt lhoo kasus penipuan ngaku2 dr shopee kita harus pandai memilah

      • Kalau saya di what dc nya lwt wa dan suruh bayar ke rek pt dana lentera nusantara , apa kah ini benar ya saya takut di tipu.
        Mungkin yg tau atau yg pernah mengalami bisa bantu coment

        • Gimana kak kelanjutanyya? Apakah kaka tf ke no rek tsb? Soalnya saya disuruh tf juga

          • Awal nya saya kira itu bukan no rek pt tersebut karna yg di berikan dc shopee nya berupa screen shot nomor rek , makanya saya takut untuk tf, tapi setelah saya tf ke rek pt dana lentera nusantara dan konfirmasi dengan cs shopee alhamdulillah itu bukan penipuan dan tagihan shopee pay later saya sudah berkurang dan saya dapat mencicil lwt rek tsb

          • permisi saya mau nanya. kmrn saya di chat dc shopee agar segera melunasi shopeepaylatter saya. akhirnya saya melakukan pembayaran shopeepaylatter tapi di rekening pt commerce finance itu benar tidsk ya? tapi saat saya cek rekeningnya di internet memang benar itu nomer rekening commerce finanance. hanya saja di apk shopee saya belum berubah tagihannya belum.berkurang

    • tq mba solusinya sangat berkenan dihati saya tidak spt yg lain menertawakan saya.. wajar sy tidak tau krn sy baru pertama berurusan sama paylater ini

      • @Suni Aja Iya mba sama2.
        Apapun aktifitas yg berkaitan dgn uang, pembayaran, identitas diri dan... internet pastinya.. mohon mba berhati2 ya.
        Jgn pernah melakukan transaksi apapun di luar platform Shopee, Bukalapak, Tokopedia atau e-commerce lainnya. Yg saya mksd dgn "di luar platform" misalnya.. mba di alihkan ke WA, atau website Shopee tiruan.
        Jgn mau di chat alihkan transaksi ke WA, dikirimkan link webiste, di suruh utk isi data di link website yg diberikan, krn ketika mba mengisi identitas (ID & password) di website itu, penipu akan menyalahgunakan ID & password mba utk keperluan mereka.

        Jika ada pihak yg meminta transaksi dialihkan keluar platform, itu sudah berindikasi penipuan, krn kl melalui platform asli, mereka tidak bisa menipu/membobol akun mba, krn sudah terproteksi oleh sistem keamanan dan pasti akan terlacak.

        Semoga kedepannya mba terhindar dari penipuan online.

    • kak berarti jika kita telat dan akun saya sudah tidak bisa log in karna pakai no hp dulu yg sudah hangus. ada yang wa ke teman saya nagih shope paylater bisa transfer ke pt lentera dana nusantara. itu memang dari shoppe ya, bukan penipuan kan

    • Mf bari bc.
      Kenapa y kok jd membengkak cicilannya,padahal tdk ada tambahan blanja,ada selisih pada bln berikutnya..hmm..mungkin tahu penyebabnya??

  • Ini kelalaian anda. Apalagi langsung gitu aja percaya ama yang ngaku2 collector dengan transaksi jalur pribadi di luar shopee.. Please deh.. Ini sebagai pelajaran dilarang keras melakukan transaksi di luar shopee.. Kan dah gitu aturannya..

    • Saya sudah daftar formulir untuk penangguhan cicilan shopeepay later karena kondisi saya belom bisa kerja sudah 2 bulan tapi sampai saat ini belom ada konfirmasi padahal saya sudah 3 kali chat ke agen shopee,bagaimana kalo sudah waktu jatuh tempo saya beom bisa bayar ? Mohon info nya katanya 3 harian sudah dapat info melalui wa tapi beom ada konfirmasi meskipun lewat 3 hari ?

  • Pa/Ibu sebaiknya anda jangan pakai yang online-online, jangan tersinggung ya, tapi tidak semua orang cocok untuk pegang duit.

    • Maaf pak, tapi saya tidak setuju.
      Sekarang jaman semua sudah online, terutama transaksi online. Pengguna harus bisa menyesuaikan diri dgn kondisi penggunaan transaksi online dimana2. Jika tidak, ya akan byk nanti org2 yg terkena penipuan.
      Org2 yg sudah mengerti dengan sistem transaksi online yg aman, maka akan terhindar dari penipu2 online.
      Saya bertransaksi dan menerima pembayaran international secara online dan syukurnya semua lancar.
      Yg penting mau mempelajari cara2 serta syarat & ketentuannya.

  • Maaf yah Ibu/Bapak... Kok malah saya yang MALU yah bacanya, sebegitu mudahnya anda terpedaya & Kebodohan anda sendiri kenapa dibuka di forum ini. Sungguh IRONIS, Punya Smartphone tapi kok gak SMART...!!!

    • Namanya curhat kita trima aja jgn nyalahin siapa tau beban pikiran dan hatinya jadi enteng setelah curhat

      Sekedar membantu aja

      • nah betul mas , malah org-org ini berlomba-lomba utk membully saya... spt hidup mereka sudah bener saja , wajar donk kemarin saya salah dan saya juga masih waspada kok , sebelum mentransfer saya sudah minta foto ktp dan name tag , jadi saya punya pegangan jika dia nipu saya. dan benar saja setelah upload ini saya langsung dihubungi oleh perusahaan terkait dan mereka telah meminta maaf...

        hanya saja org-org ini yang memang kasar dan hanya punya kemampuan utk membully saja padahal isi otak mereka juga nol

    • terimakasih karna anda malu membaca artikel saya tapi berkat artikel saya pihak shopee telah meminta maaf sama saya.. disini saya mengharapkan komentar yg membangun tapi kalian" malah membully saya.. benar-benar ,manusia yg tidak punya hati nurani.. belum tentu saya sebodoh yang anda pikirkan dan belum tentu anda sepintar yg anda pikirkan , bisa jadi otakmu yg bermasalah

    • Maaf mas, mas ini posisinya di mediakonsumen.com, website tempat curhatnya para konsumen..
      Bukan di MEDIABULLY.COM

  • terimakasih kepada Teman-teman yang sudah berkomentar dan memberikan saran
    masalah ini sudah terselesaikan, pihak shopee dan PT. LENTERA DANA NUSANTARA sudah menghubungi saya dan menyelesaikan secara baik-baik.
    terimakasih

  • @odilia mba saya mau tanya apakah kerjasama shoppe paylater ganti ? Bukankah awal nya PT Commerce Finance , lalu kenapa saat ini menjadi PT Lentera Dana Nusantara , lalu debitur yang bermasalah pembayaran di sistem OJK menunggak di PT Commerce Finance seperti apa , bagaimana debitur ingin membersihkan namanya yang tercatat di OJK PT Commerce Finance , namun saat ini yang bekerjasama PT Lentera Dana Nusantara , apa anda bisa menjelaskan , thanks ..

  • saya mau numpang tanya kalo saya tiba2 dapat Whatsapp dr collector shopee dan mengancam akan datang kerumah apa itu benar ya? setelah saya baca diatas kok sepertinya shopee tidak mendatangkan collector? mohon bantuaanya