Penagihan oleh DC Kredivo yang Mengganggu

Dear Tim Kredivo.

Lagi-lagi saya menulis surat yang kesekian kali, tetapi satu pun tidak ada tindak lanjut dari Kredivo. Sudah banyak nasabah yang mengeluh tentang Kredivo, terutama saya, yang seperti aplikasi ilegal. Katanya sudah terdaftar OJK dan selalu ada iklan di jalan-jalan tentang Kredivo, tetapi tidak sesuai dengan prosedur atau SOP penagihan OJK.

Kredivo bisa mengambil data-data di hp, nge-chat bukan nomer penggunanya, telepon ke nomor-nomor yang ada di kontak hp. Ternyata benar-benar seperti ilegal, seharusnya jangan tertulis terdaftar di OJK kalau penagihannya sangat mengecewakan. Untuk nasabah Kredivo, siapakah yang mengalami seperti saya?

Waktu ditelepon oleh Kredivo, katanya saya akan ditelepon oleh pihak penagihan Kredivo untuk dijelaskan prosedur penagihan mereka seperti apa, tetapi tidak ada satu pun telepon dari pihak penagihan. Pihak penagihan teleponnya hanya di saat telat bayar, mengancam, marah-marah, SMS ke semua nomor yang ada di kontak, mendatangkan pihak DC.

Katanya mau diperbaiki cara penagihannya, tetapi tidak sama sekali ada perbaikan. Saya sangat kecewa menyesal sudah menggunakan aplikasi Kredivo ini. Saya akui memang saya telat bayar, tetapi saya mohon pengertian karena sedang mengalami kesusahan uang. Semoga surat saya ini dibaca oleh Kredivo dan benar-benar ditindaklanjuti.

Terima kasih.

Atikah Ulfah
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:28    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Atikah Ulfah

Pertama-tama kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh Ibu Atikah Ulfah pada...
Baca Selengkapnya

Loading...

17 komentar untuk “Penagihan oleh DC Kredivo yang Mengganggu

  • 26 Juli 2020 - (19:08 WIB)
    Permalink

    Menurut saya, perbedaan pinjaman online yang legal dan ilegal cuma 2 saja yaitu :

    1. Jumlah pencairan dana/ uang yang anda terima.
    2. Denda Keterlambatan pelunasan.

    Jika Legal (di awasi OJK).
    Anda pinjam 1,3 juta, maka akan cair ke rekening anda 1,2 juta. Bunga keterlambatan pembayaran masih masuk akaL.

    Jika iLegal,
    Anda pinjam 1,3 juta, namun yang di cairkan ke rekening anda hanya 900 ribu, bahkan ada yang cuma 790 ribu. Keterlambatan pembayaran pun dengan denda bunga ratusan persen.

    Dan perlu ibu atikah ketahui, selain daripada itu, aturan main dari semua pinjaman online adalah sama.

    Dengan mendaftar ke aplikasi pinjol, artinya anda sudah menjaminkan/ menjual data pribadi anda kepada aplikasi tersebut.

    Anda harus legowo menerima ketidaknyaman yang terjadi pada data anda itu.

    Ketidaknyaman itu memang tujuan utama mereka agar ibu segera menyelesaikan kewajiban.

    Keadaan yang semakin tidak nyaman normalnya akan memaksa seseorang menyelesaikan kewajiban melunasi hutangnya.

    Satu satunya jalan keluar atas permasalahan ibu adalah secepatnya melunasi hutang sehingga terlepas dari ketidaknyaman itu.

    Dan ambil hikmahnya.

    • 27 Juli 2020 - (09:59 WIB)
      Permalink

      memangnya kredivo gak seperti itu? anda pinjam 5 juta, yang anda dapat gak 5 juta krn dipotong kredivo, blm bunga lumayan tinggi, dan bunga keterlambatan juga tinggi, sudah dikenakan bunga, baru juga telat beberapa hari sudah ditagih terus2an, padahal baru telat beberapa hari dan kita sudah kena denda. setelah itu anda ditagih 2 bulan langsung. gak mau peduli kondisi anda gimana, walau punya niat utk membayar dgn dicicil tdk sebesar nominal bulanan, gak peduli, anda akan diteror, kontak anda akan ditelpon, ditanya2. bagi yang sudah terjebak, saya sarankan usahakan semaksimal aja, usahakan lunasi secepatnya, lalu tutup, walau bagaimana perlunya, jangan gunakan lagi kredivo, krn kita bisa lihat bagaimana prosedur dan apa yang kredivo lakukan kepada anda, gak peduli walau anda pengguna lama yang udh ngasih mereka bunga gede dr sebelum2nya

      • 27 Juli 2020 - (10:23 WIB)
        Permalink

        Makanya dibaca perjanjian kreditnya sebelum ditanda tangani.denda akan diberlakukan kalau nasabah terlambat membayar.walaupun telat 1 haripun.ini saya menjelaskan agar kita sebagai nasabah harus teliti membaca perjanjian.kalau kurang jelas ditanyakan pada kredivo.semua bank akan menagih dengan cara yg kasar kalau kita telat bayar.saya juga alami.tapi itu resiko

  • 26 Juli 2020 - (22:40 WIB)
    Permalink

    Kalo telat ya di bayar dong mba, wajar kali kalo ada penagihan..logikanya kan emang begitu….piye toh

    • 11 Agustus 2020 - (10:40 WIB)
      Permalink

      Ga gitu juga kali, mungkin mba nya bukan ga mau bayar tapi lagi susah uang. Yang nagih juga kebanyakan ga tau diri nagih nya pake ngancem2 kek idup nya ga punya utang juga

  • 26 Juli 2020 - (23:26 WIB)
    Permalink

    Bayar saja utangmu selesai urusan.
    Berani memakai uang perusahaan,harus berani untuk melunaskan.
    Jangan cuman makai bisa.
    Anda telah tanda tangan kontak sesuai dengan tenor yg telah anda setujui anda harus angsur.

    Bila anda macet dan sampai ke DPD 90 +1 anda telah melanggar kontrak yg anda tangani.

    Tapi maaf anda punya utang kok di gembor gemborkan.
    Malu dikit napa sih!

    • 11 Agustus 2020 - (10:41 WIB)
      Permalink

      Kek nya bapa nya dc ngomong nya begini bisa dimaklum nyari kerja sampe segitu nya ngehina orang

  • 27 Juli 2020 - (12:16 WIB)
    Permalink

    “nagih ada aturannya, legal sama illegal itu beda, hutang yah harus dibayar, penagihannya jelas udah ngelanggar aturan OJK ini pointanya, kalo jadi DC minimal tau aturan jangan keliatan banget gk sekolah, namanya lagi covid semua orang juga susah, ini kredivo harus diambil legalitasnya sebagai aplikasi yg legal, kalo legal rasa illegal mending dari awal bilang aja illegal, jadi gk usah sok bilang aturan OJK di media, saran saya laporin OJK aja, kalo perlu minta bantuan LBH, intinya jangan mau diam aja ngadepin kredivo yang katanya legal tapi nagihnya gk ada aturan, aplikasi ini udh ngelanggar juga penyalahgunaan data, kalo udah sampai kaya gtu hutang lunas, perkarain intinya jangan mau ditindas”

  • 28 Juli 2020 - (06:37 WIB)
    Permalink

    Udah ngutang buat aturan sendiri lagi. Gatau malu kali masalah hutang di publish.
    Hidup ga usah kebanyakan gaya kali

    • 29 Juli 2020 - (02:22 WIB)
      Permalink

      “lah normatif, semua DC kredivo kalo nagih kaya mau berak, kredivo ngasih denda 1 hari keterlambatan saya udh kena 150.000, hutang harus dibayar, tapi nagihnya coba pake etika sedikit, minimal liatin sedikit kalo yang kerja di kredivo itu manusia, percuma diajak ngomong juga, customer punya hak buat dikasih waktu karena udah dikasih denda selangit, gak ada ngaruhnya PSBB banyak yang di rumahkan, buat kredivo yang penting untung banyak customer mau ancur pun gk masalah, jadi 10000000 kali mikir kalo mau pake kredivo”

  • 28 Juli 2020 - (14:38 WIB)
    Permalink

    Hi Ibu Atikah Ulfah,

    Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Kamu alami. Kami telah menghubungi Anda namun belum dapat terhubung, demi memudahkan pengecekan lebih lanjut, mohon bantuanya untuk informasikan nomer ponsel yang dapat dihubungi melalui email di support@kredivo.com dengan subjek “Konfirmasi Media Konsumen” agar kami dapat menjelaskan terkait kendala yang Ibu Atikah Ulfah alami ya.

    Salam hangat 🙂
    Hanna

    • 26 Agustus 2020 - (15:45 WIB)
      Permalink

      Kasus ini sama dengan hal yang sedang saya alami sekarang. Saya sudah menggunakan Kredivo sejak 2017 dan tidak pernah menunggak sama sekali. Hanya saja sayangnya sebagai salah satu yang terkena dampak Covid, ekonomi saya sedikit terganggu.. intinya saya telat membayar, bahkan saya minta keringanan jika bisa dibantu untuk pengajuan penangguhan seperti pada Bank tapi katanya tidak bisa.

      Awalnya telfon penagihan masih saya respon dengan baik, tetapi karena ucapan DC officer (cewe cewe) itu tidak sopan dan hanya membuat kepala ini mau pecah mendengarnya, sehingga saya selalu ignore setiap telfon yang masuk.

      Tapi kemudian saya sadar, Kredivo ini ada yang aneh. Mereka bisa akses data telfon saya sehingga mereka menghubungi teman2 saya yang bahkan tidak pernah saya daftarkan sbg contact keluarga/teman pada mereka. Selain itu, komunikasi lewat WA suka ngancam2, lalu ketika saya ajak kerumah mereka selalu nolak, tapi mereka datang ke kantor saya.

      Terimakasih untuk pengalaman yang tidak mengenakkan ini. Insyallah tunggakan saya ini akan segera saya lunasi dan TIDAK AKAN PERNAH LAGI menyentuh atau berhubungan dengan pinjol2 spt ini. Alhamdulilah sy sudah dapat pelajaran berharga. Dan akan saya sarankan untuk tidak menggunakan kredivo atau sejenisnya. Lebih baik ke Bank saja.

      Toh bisa menjadi balasan setimpal, jika pengguna kredivo berkurang, lalu pelan2 akan hilang dari perederan. Karena APK spt ini bener2 lintah darat.

  • 21 Agustus 2020 - (16:09 WIB)
    Permalink

    Untuk biar lebih tenang saya sarankan coba cari yg ngerti tentang hutang mba . Salah satu nya SECRET FINANCIAL dan SOLUSI HUTANG di youtube . Mereka banyak biacara ttg aspek hutang dan jalan keluarnya. Semoga mba lebih tenang menghadapi masalah yg ada.

  • 4 September 2020 - (14:29 WIB)
    Permalink

    bisa kena UU ITE tuh yg nelpon pada bukan orang yang bersangkutan tanpa seijin sipemilik nomor, apalagi dia bawa2 nama instansinya

  • 8 November 2020 - (20:40 WIB)
    Permalink

    Hari gini masih ajah mau pake KREDIVO.
    Klo saya udah lama saya Uninstall semua apk Fintech dlu di hp ada 3 aplikasi Kredivo shopee sama akulaku cuma lama2 kita kayak di buat sapi perah sama jadi ketagihan ngutang.
    Saya selama ini gak ada masalah di pembayaran cuma udah males pake aplikasi LINTAH DARAT berwajah fintech
    Bunganya SELANGIT mending klo masih mau ngutang saya saranin jangan ke fintech.
    Giliran telatnya kita kayak gak punya harga diri ditagihnya

  • 8 November 2020 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Semua bersumber dr tunggakan hutang, telat byr sodara dan teman2 akn jd korban dc, dc mmg bgt krjanya .. jauhi pinjol hidup tanpa riba itu indah ..

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Penagihan oleh DC Kredivo yang Mengganggu

oleh Atikah dibaca dalam: 1 min
17