Penawaran Pembelian Mobil di Tunas Toyota Bintaro Tidak Sesuai Realisasi

Sekitar bulan Juni 2020 saya mendapatkan penawaran dari Sales (Inisial RH) Tunas Toyota Bintaro untuk pembelian secara kredit mobil Toyota Rush TRD Matic, dengan rincian DP Rp50.000.000, angsuran Rp5.000.000 selama 5 tahun, asuransi full all risk (perbaikan kerusakan dan kehilangan) selama 5 tahun dengan Asuransi Ramayana. Tanggal 3 Juni 2020 saya bertemu sales tersebut untuk pengajuan SPK dan sudah transfer booking sebesar Rp1.000.000 dengan deal penawaran sesuai tersebut dan akan mendapatkan bonus (Sarung Jok, Karpet Dasar, Vacuum Cleaner dan Body Cover).

Tanggal 10 Juni 2020 saya mendapatkan informasi bahwa aplikasi pengajuan saya disetujui dengan angsuran Rp5.193.000. Info dari sales akan direvisi PO-nya dengan angsuran sesuai deal di awal Rp5.000.000. Terkait hal ini, sales sama sekali tidak menginformasikan apakah ada perubahan jenis asuransinya. Dengan informasi angsuran Rp5.000.000 dan DP Rp50.000.000 tersebut, saya setuju.

Tanggal 24 Juni 2020 saya bertemu dengan sales untuk tanda tangan kontrak kreditnya. Saya baca semua secara detail, tidak ada keanehan dalam kontrak tersebut dan sesuai nilai DP dan angsurannya. Kemudian saya tanya kepada sales kenapa tidak ada informasi dalam kontrak terkait jenis asuransinya. Dia menjawab untuk polis asuransi nanti akan diberikan saat kontrak ditanda tangani semua oleh pihak terkait.

Besoknya saya konfirmasi lagi via chat apakah asuransinya full all risk 5 tahun dan sales meng-iyakan. Tanggal 26 Juni 2020 saya melunasi total DP-nya.

Tanggal 16 Juli 2020 mobil yang saya pesan dikirim dan saya terima, tetapi ternyata nama STNK-nya salah, yang seharusnya Beni menjadi Deni. STNK-nya direvisi dan baru selesai tanggal 28 Juli 2020.

Tanggal 29 Juli 2020 saya menerima kontrak perjanjian yang sudah full tanda tangan beserta lembar polis asuransinya. Saya kaget ketika membaca polisnya tertera 1 tahun all risk dan 4 tahun TLO (hanya kehilangan) menggunakan Asuransi Garda Oto, yang seharusnya full all risk 5 tahun dengan Asuransi Ramayana. Saya menginformasikan ke sales dan dia bilang bahwa secara sistem dia sudah benar memasukkan asuransinya full all risk 5 tahun. Sales mencoba menanyakan ke tim terkait kesalahan ada di mana.

Setiap hari saya tanyakan update-nya, baru dapat info dari sales pada tanggal 9 September 2020 bahwa info dari pihak leasing kenapa asuransinya jadi tidak full all risk 5 tahun, karena ada perubahan angsuran di PO tadi menjadi Rp5.000.000. Di sini saya merasa dibohongi, yang saya sesalkan kenapa tidak ada konfirmasi di awal? Jika asuransi tidak full all risk 5 tahun pasti saya tidak jadi melakukan pembelian mobil tersebut.

Sampai tulisan ini saya buat belum ada solusi yang pasti untuk permasalahan ini dan juga bonus yang dijanjikan, belum saya dapatkan sama sekali. Saya sangat dirugikan dan merasa ditipu untuk hal ini. Saya khawatir jika semakin lama permasalahan ini akan hilang begitu saja.

Saya tunggu konfirmasi dan solusi dari Tunas Toyota Bintaro dan Toyota Astra Financial (leasing) serta tindak lanjut supaya customer lain tidak ada yang mengalami hal yang sama dengan saya.

Nomor Kontrak Perjanjian: 2011827734
Nomor SPK : BT-20 0100297

Beni Eka Irawan
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tunas Toyota Bintaro:
[Total:6    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Tunas Toyota Bintaro?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Penawaran Pembelian Mobil di Tunas Toyota Bintaro Tidak Sesuai Realisa…

oleh beni dibaca dalam: 2 min
0