Surat Pembaca

Gagal Top Up DANA, Uang Ditahan Tanpa Kejelasan Batas Waktu

Saya melakukan top up saldo DANA sebesar Rp4.866.000,- melalui virtual account BCA Mobile pada tanggal 21 November 2020 pukul 23:55 WIB. Namun nominal uang saya di DANA tidak langsung bertambah.

Kemudian saya tunggu hingga paginya, saldo DANA masih belum bertambah. Pada tanggal 22 November 2020 pukul 09:24 WIB akhirnya saya putuskan untuk menghubungi customer care DANA (“CS DANA”) melalui WhatsApp di nomor +62 819 1550 0445.

Pada saat melakukan laporan petugas CS DANA meminta bukti transaksi top up dan bukti mutasi rekening. Kedua bukti tersebut saya berikan melalui chat WhatsApp.

Akhirnya petugas CS DANA meminta saya untuk menunggu 3×24 jam untuk resolusi dengan nomor tiket aduan: #860813.

Pada tanggal 25 November 2020 uang saya belum juga dikembalikan. Saya sudah cek saldo DANA tidak bertambah dan rekening BCA tidak ada transfer balik dari DANA. Akhirnya saya mendapat e-mail dari DANA (help@dana.id) dan dengan seenaknya pihak DANA meminta saya harus menunggu lagi 7 hari kerja agar uang saya dikembalikan. Padahal sebelumnya disampaikan 3×24 jam.

Pihak DANA beralasan top up bulanan saya melebihi batas yang ditentukan. Namun hal ini seharusnya mendapat tolakan dari awal jika memang sudah mencapai limit. Kenyataannya proses top up berhasil dilakukan. Uang saya terdebet dari rekening BCA dan berhasil ditransfer ke DANA, walaupun sempat tidak diakui masuk ke dalam sistem DANA.

Hingga aduan ini dibuat uang saya belum dikembalikan juga, baik transfer balik ke rekening BCA saya ataupun bertambahnya saldo DANA saya. Saya merasa dipermainkan karena waktu tunggu yang tidak jelas.

Keberatan saya adalah:

  1. Tidak ada tolakan dari DANA ketika saldo top up saya melebihi limit bulanan.
  2. Waktu tunggu berubah dari 3×24 jam menjadi 7 hari kerja.

Saya menuntut DANA untuk mengembalikan apa yang telah menjadi hak saya.

Bagus Cayo Mastriza
Kota Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BCA atas Surat Bapak Bagus Cayo Mastriza

Menanggapi keluhan Bapak Bagus Cayo Mastriza melalui Surat Pembaca di kompas.com tanggal 30 November 2020 dengan judul “Gagal Top Up...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya juga memiliki keluhan Yang sama untuk dana pada tanggal (12/06 00-56-37) saya melakukan top up dana dari mbanking bca sebesar 600.000 Dan status transfer berhasil Dan saldo bca sudah berkurang tetapi saldo tidak masuk ke dana saya saya sudah melakukan konfirmasi ke pihak dana via WhatsApp tetapi selalu ada balasan dari pihak dana [Hi Teman DANA, mohon maaf saat ini layanan sedang dalam pemeliharaan sistem, silakan hubungi 1500445] saya sangat kecewa dengan aplikasi dana