Surat Pembaca

Agen CS Smartfren Dendam Kepada Saya (Pelanggan) atau Agen CS-nya Tertidur?

Antara memang dendam sama saya atau cs-nya memang tertidur dalam WFH?

Awalnya memang mau beli paket khusus Netflix, di sana saya bingung disana tertera kata “booster”. Saya penasaran takut salah paket, lalu saya langsung menuju CS Live Chat Smartfren. Di sana saya bertemu CS Agen Raka.

 

 

Pukul 23:27 WITA, CS Raka tersebut mengatakan akan mengecek paketnya terlebih dahulu, Ok, “sambut saya.” 23:27 WITA.

Untungnya saya merekam kejadian tersebut, dan disana saya Ditinggal tidur sama Cs Raka selama setengah jam! Di ss atas sudah terlihat pukul 13.36 sekitar 9 menitan, dan sampai hampir 30 menitan!

Ini videony:  https://streamable.com/23rhug (video kadaluarsa sebulan, jadi saya simpan di wa jika diperlukan)

Cuma sampai 11 menitan, 13:38 WITA, dan tidak mungkin saya terus merekamnya sampai 30 menitan, yang ada berGgiga nanti videonya. Dan sampai-sampai saya lengah melewatkan survey Cs tersebut. Entah survey di mata Cs itu sepertinya berharga sekali, sampai-sampai saya ditelpon 4 kali untuk hanya menanyakan survei kenapa diberi bintang 1? Ya jelas bintang 1 urusan belum selesai sudah menanyakan survei.

Okelah ini  surveyi terlewat karena Cs tersebut langsung menutupnya dan saya lengah. Tak apa-apa yang penting bisa memviralkan di Media Konsumen, dan saya sangat berterima kasih kepada Media Konsumen, karena dengan begini para kualitas Cs Cs dimana pun itu agar ketahuan mana yang baik dan tidak sama sekali dan agar dapat mengevaluasi kualitas layanan mereka termasuk kualitas layanan mereka Smartfren ini Paling Buruk Sekali!

Cs dendam bisa jadi karena data-data pelanggan komplain sepertinya tercatat permanen saya tidak peduli itu, jika tidak itu, Cs ini tertidur! Coba bayangkan masalah ngecek paket itu paket Booster atau tidak sampai 30 menitan?? Maksudnya apa brother? Loe ngapain aja di rumah, kalau loe Cs Raka WFH sambil ya mungkin saja 30 menitan, apa Anda tidak tidur kemarin jadi Anda ketiduran saat WFH?

Ngecek paket setengah jam logikanya dimana pak bapak wkwkw sistemnya, primitifkah bapak Raka? 🙂 Dan masalah saya yang kemarin adalah deposit belum diterima dan harus viral dulu gak harus masuk tv sih, masuk berita begini saja sudah gimana gitu..Harus viral dulu baru dilakukan tugas nya, gak viral diem aja kayak gak ada beban seenak jidat santai tidur lagi.

Dan mohon maaf jika Cs. Deflin, Cs teman saya, bukan teman sih saya anggap dia teman di galeri sekota sebelum ada masalah deposit ya. karena saya juga kesal masa enak wkwk. Beliau berdalih bahwa dia Cs. Delfin yang ditugaskan untuk merefund daya saya kemarin, ada kesalahan di tiketnya bahwa, Cs. Delfin tersebut menaruh tiket nya di nomornya, bukan di new ticket trouble-nya.

Dan liat sendiri aja sodara, mas, tante dan hadirin sekalian. Saya tuh pelanggan setia Smartfren sebelum pandemi Cs nya bagus-bagus, dan lebih bagus dan responsif saat smartfren dengan MoJo nya: Smartfren Anti Lelet. Pas MoJo tersebut CS-CS-nya wuissshh cepat menangani permasalahaan apapun itu, sigap, cepat sesuai iklan MoJo-nya. Dan sekarang? Berbanding bukan 360 derajat lagi, tapi berbanding 9999999999999°. 🙂

(((Saya tahu ini pasti akan diedit oleh anda, dan saya berharap anda untuk mempublishkan aja agar mereka2 calon2 pelanggan akan pintar memilih operator apa yang di inginkan, saya tidak mau beribu bahkan jutaan orang yang kena beginian, cukup saya saja yang kena. )))

Saran saya kepada semua siapapun itu, masih banyak operator yang lain selain ini ya bahkan Cs2 mereka kecuali ini yang sangat bobrok. Mungkin saja anda menganggapnya ini hal yang tidak penting, ya betul karena anda belum merasakannya atau belum terkena/ belum menghadapi Cs Smartfren ini siapapun itu tidak akan bisa membantu anda kecuali anda akan mendengar ribuan kata “follow up”, kecuali diviralkan dulu baru mereka benar2 di follow up.

Jika saya menjadi Anda juga akan mengatakan ini cuma omong kosong. Dan lihat sendiri sudah, masalah sepele cek paket saja setengah jam tertidur masalah belum kelar bagaimana dengan masalah yang berat seperti deposit atau sinyal? Anda lapor sinyal beribu kali juga bodo amat tu Cs wkwk. I’m sorry to say, smartfren is totally scammer unless you’d make them viral.

Ingat penyesalan datang di akhir, di awal namanya pendaftaran.

Dari pelanggan setia “Smartfren Anti Lelet”. Sekarang really, so really good bye.

Iqbal Maulana
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Smartfren atas Surat Bapak Iqbal Maulana

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com Sehubungan dengan keluhan dari Bapak Iqbal Maulana di MediaKonsumen.com pada 2 Februari 2021 di kolom...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • iya sepertinya saya salah.
    saya menggunakan kata retur sedangkan diatas dituliskan Refund. kemudian terkait Paket saya juga tidak tahu karena diatas artikel tidak dijelaskan nama paket “Access Quota”. saya hanya berpegang kepada beberapa kata kunci yaitu Booster dan Netflix sehingga mendapatkan hasil pencarian tersebut pada google.

    semoga masalahnya segera selesai. tapi menurut saya nggak akan diselesaikan juga sama smartfren nya. sesuai namanya yah. Smartfren. Bukan DumbFren.

      • jaringan smartfren,,handphone smarrphone tapi yang make kagak smart..

        bro emang gak tau ya kalo di google play ada namanya aplikasi mysmartfren? ente tinggal download, nah nanti disitu ada penjelasan paket yang mau di aktifin,, lagian kurang kerjaan amat sih jem set 12 masih nanya cs,, emang besok pagi kagak bisa apa? terus kalo emang gak ditanggepin kenapa masih nunggu cs nya? kenapa gak cari tau sendiri? klo saya jadi situ ya mending saya tidur, drpd nunggu hal yang gak pasti,, ujung²nya pasti kesel sendiri

        • Konsumen berhak menilai kualitas layanan yang di berikan oleh produsen dalam hal apapun itu, period.

          • iya berhak kalo seandainya konsumen yanh dirugikan,, TAPI ENTE KAN KAGAK ADA RUGI SAMA SEKALI, CUMA GARA² CHAT GAK DIBALES SAMA CS,, SAYA RASA SITU PUNYA RASA YA SAMA CS RAKA?? sampe chat gak dibales ajah pake lapor ke media konsumen..?

          • Customer Service apaan itu membiarkan konsumen bertanya dalam hampir setengah jam entah apa yang di lakukan, cs mana coba kalau tidak... ?, tentu merugikan Waktu konsumen, menanyakan hal sepele saja tidak bisa di jawab bagaimana menyelesaikan problem yang rumit?. ? btw anda kali yang gay. ?

  • Ampun deh
    Jangan bolos kalo pelajaran bahasa indonesia.
    Biar membuat kalimat kalimatnya bisa diengerti

  • Nak Iqbal. Tolong, kalo mau dimanusiakan orang lain, berlakulah memanusiakan orang lain. 23.00 WITA itu 00.00 WIB. Daftar paket itu pagi. Jangan tengah malem. Betul, CS memang harus 24 jam. Tapi, untuk urusan misal Anda Kena Tipu Jutaan, Anda Dirampok Smartfren, Pulsa Anda Tiba2 Hilang Tanpa Pemakaian. Anda cuma tanya paket, tapi nyolot sampai rusak nama baik. Bukan nama baik perusahaan sih masalahnya, nama baik Anda.

  • Haduh apa sih bikin pengaduan gak jelas..lagian situ ke cs tengah malam.. pinter banget sih csnya ditinggal tidur. Untung masih manusia gak kayak mas ini tengah malam macam kelelawar aja..udah gitu ke media konsumen ngomel difrekuensi yg berbeda gak kayak manusia normal. Semua yang baca pengaduanmu gak ngerti kamu ngomel apaan..duh take down aja deh.malu2in..udah gitu ngeyel brasa bener. Sadis.narsis bngt.najis. baru kali ini saya sampe gemes ikutan komen.

    • Terima kasih untuk komen-nya i appreciate it, untuk take down nya silahkan lapor sendiri ke redaksinya?, kalau di take down gak rame dong mediakonsumen?? Dan kalau di take down pula kasian calon2 pelanggan providrr yang (awam) terhadap teknologi jika terkena problem seperti saya. ?

  • Ya bagus.. terus comment nak.. agar konsumen yang lain tau perilaku2 verbal abuse kalian. Bukan nya di kasi Solusi malah Self-defense + Verbal Abuse lagi. Wah.. keren ni smartpret. ?

  • Yg perlu ditake down tu kamu dari muka bumi! kasian orang2 baca malah jadi tersesat! Pinteran dikit kalo niat edukasi kamu gak ada pinter2nya dari sisi tata bahasa dan logikamu ruwet. Media konsumen juga orang model gini dimasukin platform.misi mau ngeblok selamanya

    • Saya bantu deh menyelesaikan-nya. ?
      Andaikan Cs Raka tidak diam atau apapun itu, tidak mungkin ada berita ini. Jika kejadian tersebut tidak ada lalu saya membuat-buat cerita omong kosong ini, maka anda berhak melakukan apapun itu, if it was real? Then who's to blame? Me or me?? And as you know, the fact can't be hidden forever.

    • Tapi tenang kan semua konsumen juga berhak menyatakan pendapat di mediakonsumen. Jika ada provider lain selain ini yang lebih dari salah, saya juga pasti posting ko.. sesuai fact aja, because i'd like to sharing the fact?. ?

      tapi sayang tidak ada?

      • @Iqbal

        Orang yang tidak sependapat dengan anda adalah generasi umum. Atau orang orang pada umumnya. Atau orang orang yang mewakili separuh dari penduduk bumi.
        __________________________

        Orang yang bisa sependapat dengan anda, hanyalah orang orang dari Generasi Netflix.

        Pola pikir orang umum dengan orang orang Generasi Netflix tidak akan pernah klop. Karena sesungguhnya Generasi Netflix tidak merasa hidup dibumi. Karena sudah terlalu lama melihat dan membayangkan kehidupan didunia Film menjadikan mereka terlalu santai jika diajak diskusi. Se-santai Film yang disukainya.

        Anda pasti belum merasa seperti itu. Tapi orang sekitar anda sudah menyadari perbedaan dalam diri anda sebagai Generasi Netflix.

        Tapi Generasi Netflix tidak berbahaya. Karena bisa membuat dunia tambah santai.

        Yang sangat berbahaya adalah Generasi Tiktok. Semoga anda jangan pula menjadi Generasi Tiktok.

        • Saya nggak terlalu mempermasalahkan gaya bahasa atau bertutur penulis. Kalau nggak bisa memahami keluhan orang lain, berarti nggak mainnya kurang jauh. Bisa lolos ke sini berarti admin MK sudah mengerti, jadi gaya bahasa apa yang komentator inginkan?
          Saya lebih melihat ke CS yang komplain soal penilaian Survey CS yang diberikan nilai 1, nelpon sampai 4x. Hahahaha, wajar nggak itu dibahas sampai telpon (terror) ke konsumen? Itu penilaian pribadi, itu hasil survei pribadi, kenapa CS harus tanyakan? Wajar nggak?
          CS XL provider aku beri nilai 0 dari 0-10. XL nggak nelpon saya. Itu memang nilai untuk CS itu.