Surat Pembaca

Penagihan Shopee Paylater kepada Orang Tua Saya

Saya mempunyai tagihan di Shopee Paylater sebesar Rp629.000,- jatuh tempo tanggal 11 Februari 2021 dan sampai dengan tanggal 16 Februari 2021 baru saya bayarkan. Yang saya sesalkan, pada tanggal 15 Februari 2021, kolektor Shopee PayLater mencari saya untuk melakukan penagihan, tapi teleponnya ke nomor orang tua saya dan orang tua saya ditanya kapan saya akan melakukan pembayaran Shopee Paylater tersebut.

Saya jadi bingung, kenapa yang ditelepon orang tua saya bukannya saya selaku peminjam? Kemudian masih di hari yang sama, saya coba live chat dengan agen yang ada di aplikasi Shopee. Saya menanyakan kenapa kolektor menagih pembayaran ke orang tua saya.

Mereka menjelaskan kalau ada tagihan terlambat, maka kolektor akan menagih ke kontak darurat atau kontak-kontak yang ada di HP, karena infonya dari awal saya sudah memberikan persetujuan untuk mengakses kontak. Sebagai catatan, untuk kontak darurat saya tidak pernah cantumkan nomor telepon orang tua saya.

Esok harinya tanggal 16 Februari 2021, saya sengaja tidak bayarkan dulu, maksudnya karena saya menunggu ditelepon oleh penagihan Shopee PayLater. Saya hanya mau tanya kenapa telepon pada tanggal 15 Februari 2021 tidak ke saya melainkan ke ortu saya? Saya tunggu sampai sore belum ada yang telepon, malahan ternyata banyak telepon (lebih dari 5x) dari kolektor Shopee PayLater yang kembali telepon ke ortu saya untuk menanyakan pembayaran.

Yang pinjam ke Shopee PayLater itu saya, kenapa jadi orang tua saya yang dicari-cari dan ditanyakan pembayarannya?! Saya sangat berharap ada tindak lanjut atas kejadian ini, karena ini benar-benar merugikan saya.

Terima kasih.

Lia Herlina
No Terdaftar: 085714434***
Jakarta Selatan


Update (22 Februari 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi kepada Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • pada prinsipnya sih, kalau berhutang hukumnya WAJIB membayar, cara mereka menagih dengan menghubungi Kontak Darurat dari buku kontak di Hp sudah tertulis di "Persetujuan & Persyaratan" sebagai Nasabah PayLater
    mereka menghubungi kontak terdekat dengan kita agar dapat mengingatkan soal Hutang yang belum dibayar, bukan bermaksud menyebarkan info kalau kita sedang berhutang

  • Wkwkwkwk yg komen jahat2 ya dc nya shopee ya ?
    Emg bener kok menagih ke orang lain itu melanggar hukum ada loh peraturan nya .. Searching aja
    Gk ada yg blg si debitur gak salah karna telat bayar, cm nama nya orang blm bs bayar ya itu tdk membenarkan shopee menagih ke orang lain.

    Btw saya komen karna sy pernah lupa telat bayar shopee pinjam 1 hari, gak ada tlp ke saya, wa jg gak ada, email jg gk ada, tb2 di tlp random ke kontak saya.
    Kan kayak gk punya otak ??
    Yg di tagih tuh debitur nya, kenapa orang lain ?

  • Masalah ngutang itu ga pa2 mnurut aq..kita ngutang karna kita mau cpat punya barang itu tp uang blum ckup untuk beli cash..mnurutq ga msalah asal konsekwen dan ngutang nominal nya di sesuaikan kira2 sanggup ga kita byar