Sepeda yang Digembok, Hilang di Parkiran MRT Jakarta

Sepeda saya (merek United) yang digembok dan diparkir di parkiran MRT Cipete Raya (depan bandeng presto) hilang pada tanggal 4 Mei 2021 pukul 2 siang. Ada CCTV-nya dari Bandeng Presto dan Honda. Saya sudah mohon bantuan kepada pihak MRT untuk segera menemukan pelaku dan sepeda saya, karena terlihat di CCTV punya bandeng presto, pelaku besar tinggi dan sangat ahli mengambil sepeda. Namun pihak MRT hanya bilang keamanan sepeda sepenuhnya menjadi tanggung jawab penumpang.

Saya sudah lapor, tapi manajernya bilang “Ya nampaknya kalau kehilangan sepeda di perkiraan gitu gak bakal ketemu deh”. Pasrah dan tidak ada tanggung jawab, apalagi ganti rugi. Tahu gitu gak akan parkir sepeda di MRT Jakarta, gampang banget hilangnya.

MRT Jakarta bukan solusi kemacetan, balik lagi naik mobil deh, soalnya MRT Jakarta tidak mau tanggung jawab/ganti rugi. MRT Jakarta di website-nya ditulis “Increasing mobility improving life quality“, gitu ya? Tolong artikan itu maksudnya gimana? Kalau belum mampu menjaga, jangan kasih harapan ada parkiran, beda ya dengan negara tetangga.

Tolong hati-hati aja buat yang lain! Banyak maling di parkiran MRT situ, kata orang-orang di situ juga sudah sering kejadian. Di stasiun lain pun juga sudah sering kejadian.

Harmi
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai MRT Jakarta:
[Total:11    Rata-Rata: 1.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

16 komentar untuk “Sepeda yang Digembok, Hilang di Parkiran MRT Jakarta

  • 21 Juni 2021 - (14:09 WIB)
    Permalink

    kalo warga negara sebelah dia lapor nya ke polisi

    https://stomp.straitstimes.com/singapore-seen/police-looking-for-man-involved-in-midnight-bicycle-theft-at-tanjong-pagar-mrt

    dan pengalaman warga negara sana sendiri memang masih ada kecolongan, meskipun ada CCTV pun

    https://www.reddit.com/r/singapore/comments/9i8pyy/are_the_cctv_monitored_bike_parks_at_mrts_safe/

    bukan menyepelekan kasus anda, bukan merendahkan, bukan menggampangkan, ini memang masalah serius, tapi di sisi lain, namanya pencurian pasti terjadi, hanya saja anda yang apes menjadi korbannya kali ini, tingkat kan keamanan dengan baik, gembok tidak selalu solusi (lihat di youtube lock picking lawyer) gembok2 sepeda sangat rentan di pick..

    solusinya,
    1. terus kejar hak anda di pihak MRT, atau lapor polisi, tetap hal tersebut adalah pencurian, anda seharusnya melaporkan ke polisi, tidak hanya meminta pertanggungjawaban MRT(terutama anda sudah punya bukti CCTV)
    2. beli bike lock yang terpercaya, atau bawa rantai + gembok yang bagus(pick resistant)

    semoga cepat selesai masalah anda

    4
    2
  • 21 Juni 2021 - (15:06 WIB)
    Permalink

    Bukannya boleh bawa sepeda ya di MRT?
    Kenapa ga coba dibawa masuk aja?

    MRT mah paling nyuruh anda lapor polisi apalagi parkiran sepeda mah gratis mereka ga ada beban moral untuk mengganti sepeda anda
    Kecuali hilang di parkiran yg berbayar baru deh ada peluang buat diganti walau hanya 50% si

    2
    1
    • 21 Juni 2021 - (15:12 WIB)
      Permalink

      Kalo seandainya ada 100 sepeda yg hilang apa pihak MRT berkewajiban mengganti rugi? Hanya opini.

      Sepenuhnya keamanan kendaraan dari yg punya, bukan menyalahkan atau apa. Baiknya lapor polisi saja, saya pun jika petugas MRT akan memberi jawaban yg sama keamanan sepeda tanggung jawab pemilik.

      Semoga casenya cepet beres

  • 21 Juni 2021 - (16:00 WIB)
    Permalink

    Oooh, ada ya petugas khusus dari MRT untuk jagain SEPEDA?
    Mungkin jabatan nya KABAGTIPDA, Kepala Bagian Penitipan Sepeda.

    4
    1
  • 21 Juni 2021 - (16:17 WIB)
    Permalink

    Heran kenapa ada aduan receh begini. Udah dikasih parkir gratis aja harusnya bersyukur ini malah nuntut tanggung jawab kehilangan sepeda. Yang parkir bayar aja masih ada yang suka kehilangan kendaraan, dan yang pasti segala kerusakan dan kehilangan menjadi tanggung jawab pemilik kendaraan masing masing.

    5
    1
    • 22 Juni 2021 - (00:21 WIB)
      Permalink

      Kata kata anda sama seperti yang di Lontarkan Pihak MRT. Kalau memang seperti itu, bisa dipastikan makin banyak sepeda yang Kemalingan.

      Dari Kasus ini terkesan bahwa Pihak MRT bukan menyediakan tempat parkir tapi sama saja dengan memasang Jebakan Batman.

      Orang mengira Tempat Parkir Bagus seperti itu bakalan seperangkat dengan tingkat Pengawasannya. Dari Kasat Mata memang demikian. Ada CCTV segala. Sehingga Pemilik sepeda Pasrah menaruh sepedanya disitu.

      Namun ternyata eh ternyata hal yang nampak itu sama sekali tidak matching. Hanya sebuah keindahan yang sedap dipandang namun tak ada arti.

      Bayangkan jika ditempat anda banyak Maling, dan malingnya sudah terekam jelas oleh CCTV milik anda. Artinya anda tahu siapa malingnya. Karena merasa bukan barang milik anda yang sering hilang tapi punya orang lain. Anda tidak mau repot bantu mengurusi. Tapi lihatlah nanti, semua bakalan tahu bahwa tempat parkir yang anda sediakan tidak lebih dari sekedar Jebakan Batman.

      7
      1
      • 30 Juni 2021 - (23:38 WIB)
        Permalink

        Makanya sepeda pakein stnk! Parkir gratis aja banyak nuntut, udah mending dikasih fasilitas parkir gratis, sama dikasih jalan khusus. Bagusnya jalur sepeda dan parkir gratis ditiadakan karena ga berguna

  • 21 Juni 2021 - (16:34 WIB)
    Permalink

    Sepeda gak ada STNK dan Nomor kendaraan soalnya jadi gak tau yg bawa sepeda apakah yg punya atau tidak… Mungkin kalau beli sepeda harus memiliki BPKB juga kah yah?

  • 21 Juni 2021 - (21:10 WIB)
    Permalink

    Sejujurnya agak prihatin dengan mental dan pola pikir kebanyakan dari kita,
    Sudah menjadi tugas dan kewajiban petugas penyedia jasa layanan untuk memperhatikan semua tindakan pencurian dan kejahatan yang terjadi di lingkungan tersebut.
    Tindak kejahatan kan terjadi bukan karena niat tapi adanya kesempatan juga, kalau pencuri tau kurang pekanya pihak keamanan ya wajar aja sih kalau terjadi pencurian. Ini hal kecil yq mungkin buat sebagian orang, tapi kalau kasusnya orang yang ninggalin bom gimana, kan repot

    Secara pribadi pun ikut kecewa dengan tanggapan dari pihak MRT, seburuk itu mentalnya dalam mencegah dan menyelesaikan masalah?

    Ini cm opini dari sudut pandang tanpa melihat posisi dimana ts naruh sepeda ya, tapi kalau tempatnya benar-benar di bagian dari MRT kegnya nanti dulu deh kerja pake sepeda, mental kebanyakan orangnya cm mentingin perut masing-masing g perduli kalau itu merugikan orang lain dan g pernah punya hati dan fikiran untuk membantu orang lain, bahkan mereka yang di beri amanah dan memang di tugaskan untuk hal tersebut (menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jasa mereka)

    6
    3
    • 21 Juni 2021 - (22:07 WIB)
      Permalink

      Lah udah naek sepeda ngapain naek MRT 🤣🤣🤣
      Dan pihak MRT juga sudah menyediakan akses sepeda non lipat buat masuk gerbong MRT tinggal gowes aja ke stasiun stasiun yg punya akses situ toh jaraknya Deket

      Kalo mau sehat ya jalankan bike to work secara bener jangan bersepeda cuma buat foto foto dan instastori doang

      Jalur MRT itu masih terbilang pendek
      Masa kalah Ama mamang starling mereka aja rata rata ngegowes dari Kebayoran ke bunderan HI

      5
      1
  • 21 Juni 2021 - (23:10 WIB)
    Permalink

    sekelas perusahaan MRT tapi jawaban yang diberikan sangat tidak ada empatinya sama sekali. kalau memang pihak MRT tidak bertanggung jawab atas kehilangan sepeda, TULIS GEDE GEDE DIPARKIRAN SEPEDA : KEHILANGAN SEPEDA BUKAN TANGGUNG JAWAB KAMI. biar pesepeda berpikir ulang untuk parkir sepedanya disana.

  • 22 Juni 2021 - (13:59 WIB)
    Permalink

    seharusnya memang pihak MRT memberikan peringatan dan catatan (yang jelas) di tempat parkiran bahwa setiap yang diparkir tidak menjadi tanggungjawab mereka.

 Apa Komentar Anda mengenai MRT Jakarta?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Sepeda yang Digembok, Hilang di Parkiran MRT Jakarta

oleh insta dibaca dalam: 1 menit
16