Surat Pembaca

Keluhan Penggunaan Aplikasi DANA

Awal mula saya menggunakan aplikasi DANA, karena saya pikir untuk mempermudah pembayaran saya. Akan tetapi ketika saya mentransfer uang ke salah satu bank dari aplikasi DANA saya sebesar Rp5.000.000, dari tanggal 14 September2021 pukul 16:42 sampai saat saya tulis ini, prosesnya masih menunggu. Padahal saat itu uang akan saya gunakan untuk pembayaran yang sangat mendesak.

Saya sudah mengirimkan email pada CS DANA, tapi jawabannya tidak memuaskan: “Terkait keluhan ibu tersebut kami tim akan menindaklanjuti keluhan tersebut”. Proses yang lama dan tidak update progress-nya.

Menurut saya DANA kurang melindungi konsumennya dan tidak tanggap terhadap keluhan konsumennya. Uang Rp5.000.000 sangat besar untuk saya. Tolong dengan sangat segera ditindaklanjuti.

Terima kasih.

Fitri Febriani
Kota Jambi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu Fitri Febriani

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen. Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Fitri Febriani di Media Konsumen, “Keluhan Penggunaan Aplikasi...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Dana memang lambat kalau kirim uang, difollow-up saja terus ke email dan media sosial dana agar dipercepat

  • Saya sering pakai dana, belum pernah macet transaksi transfer uang dari dana ke bank. Apa penulis sudah upgrade akun ke premium? Mungkin ada data profil yang belum lengkap atau verified yang membuat transaksi tertunda. CMIIW

  • dana itu sering error dan ngebug sistemnya, mending kalau kirim uang ke bank jangan pakai dana kak.

  • Selama ini saya tidak pernah ada masalah transfer uang ataupun topup melalui DANA dan saya pengguna rutin setiap bulan saya gunakan fitur transfer banknya.
    Perlu diingat sistem transfer itu bisa bermasalah dari mana saja,dari DANA sendiri, Bank Penerima atau Penyedia jasa switching/transfer antar bank bahkan BI.
    Tentu saja ketika Investigasi akan membutuhkan waktu, Sebaiknya diingatkan saja lebih sering agar difollow up lebih lanjut, misal setiap hari.
    Penggunaan sistem seperti apapun memiliki risiko demikian. Jadikan ini pengalaman dan jangan gunakan layanannya jika tidak mempercayai lagi.
    Semoga bisa segera mendapatkan kembali haknya.

  • Karena nominal sangat besar juga ya kahwatir fraud juga si DANA.
    Kalau jumlah besar disarankan menggunakan transfer antar bank langsung saja.

  • Persis sama kejadiannya sama saya, padahal saya untuk pembayaran maintenance yg mau jatuh tempo. Untungnya saya transaksi kurleb 5 hari sbelum jatuh tempo. Tapi transaksi menggantung terus. Di wa cs-nya antrian penuh katanya. Akhirnya stelah 7x saya email uangnya baru kembali.

  • Alhamdulillah uang nya sudah berhasil di kirim setelah menunggu 1 x 24 jam, saya wa cs nya beberapa kali antrian penuh, tapi akhirnya ada tanggapan, dan sekerang uang ny sudah terkirim

  • demi hemat fee antar bank sebesar 6,500 kah? saya juga dulu begitu, cuma bedanya saya nominal hanya sejuta. kembali hampir seminggu lebih. dari situ mending saya pake m banking

  • Hari ini saya kirim 10 jt ke panin, besoknya saya kirim 9 jt ke panin. Gak ada masalah tuh.
    Mungkin bank penerima lagi maintenis kali.