Potongan “Ilegal” pada Tabungan BTN Junior

Sewaktu anak saya SD (tahun 2013), ada sales dari Bank BTN yang menyarankan untuk membuka tabungan BTN Junior. Bilangnya tidak ada potongan admin atau apapun, tapi masih dapat bunga. Ya meskipun bunganya tidak seberapa, tapi untuk media belajar anak agar mengenal dan senang menabung. Akhirnya saya izinkan anak saya membuka rekening di BTN Junior, dengan pemikiran tidak ada potongan dan anak bisa belajar menabung. Meskipun tidak bisa menabung tiap bulan tidak apa-apa, karena tidak ada biaya admin, jadi uang tidak berkurang.

Hari ini, 01 Desember 2021 saya datang ke BankBTN untuk menarik tabungan BTN Junior anak saya untuk keperluan sekolah. Karena anak saya sekarang sudah kelas 3 SMP, ada biaya untuk keperluan kelulusan dll. Dari tahun 2013 sampai 2021, terhitung sudah 8 tahun anak saya jadi nasabah tabungan BTN Junior.

Ternyata sekarang menabung di BTN Junior sudah tidak gratis lagi seperti dulu. Bahkan potongannya gila-gilaan Rp25.000 tiap bulan (dan tidak ada keterangannya/ilegal). Bahkan bunga yang didapatkan anak saya sejak 8 tahun menabung, sebulan hanya sekitar Rp955, tapi potongannya Rp25.000.

Kasihan sekali anak saya yang sudah menyisihkan uang jajannya sejak SD, tiba-tiba dipotong oleh pihak BTN Junior, yang menurut saya itu adalah pemotongan sepihak. Karena perjanjiannya dulu tanpa pemotongan apapun, tapi sekarang tiba-tiba terjadi pemotongan Rp25.000 2x, dan di buku tidak ditulis itu pemotongan apa. Jadi uang jajan anak saya sudah diambil secara paksa oleh BTN Junior.

Pemotongan Ilegal

Separah itukah kondisi BTN Junior ini sampai rekening anak kecil juga kena potongan? Mana semangatmu yang dulu sampai ke sekolah-sekolah untuk mengajari anak menabung? Atau memang sekarang waktunya “PANEN” dari sekian banyak anak SD yang terjerumus ikut menabung seperti anak saya waktu itu?

Daripada ribet, akhirnya saya tarik semua uang anak saya. Saya kecewa dengan kebijakan BTN Junior.
Harapan saya menulis di sini semoga yang anaknya ikut buka rekening BTN Junior segera periksa tabungannya, apakah ada potongan ilegal juga. Karena kalau dibiarkan, bisa habis tabungan anaknya.

Agung Catur Kristanto
Nganjuk, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tabungan BTN Junior:
[Total:132    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan Bank BTN atas Surat Bapak Agung Catur Kristanto

Sehubungan dengan Surat Pembaca berjudul “Potongan “Ilegal” pada Tabungan BTN Junior” yang dimuat di media online mediakonsumen.com tanggal 2 Desember...
Baca Selengkapnya

21 komentar untuk “Potongan “Ilegal” pada Tabungan BTN Junior

  • 2 Desember 2021 - (11:34 WIB)
    Permalink

    Beneran ini Bu? Anak saya juga punya BTN junior, karena sudah lama saya tidak menabung jadi tidak tahu ada pemotongan. Wah bisa habis dong yang ada kalau begini ceritanya.

    2
    2
    • 2 Desember 2021 - (14:58 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf …..sy jg punya tabungan junior 2 anak sy bukakan …..gak da kok potongan…bebas biaya administrasi… Kalo lebih jelas bs dtng ke BTN ditanyakan sedetail-detailnya ke CSnya…kalo bs cetak rekening koran tabungan sekalian biar jelas semua potongan” untuk apa…kalo emang bilang potongan admin bisa pean perdebatkan …Krn diawal emang gak da admin……

      • 2 Desember 2021 - (15:34 WIB)
        Permalink

        Iya besok saya mau ke BTN mau ngecek dan memastikan, soalnya 6 bulan terakhir saya tidak mengisi tabungan ank saya.
        Pak Ali, kapan terakhir nabung?

      • 2 Desember 2021 - (20:57 WIB)
        Permalink

        Penabung pasif dikenakan admin 25rb? Tabungan junior pula. Berat memang. Anak saya menabung di CIMB NIAGA, tidak ada potongan admin sedikitpun, pdhl jarang nabung. Bank pemerintah harusnya lebih baik dlm memberikan pelayanan dibanding bank swasta.

      • 4 Desember 2021 - (11:38 WIB)
        Permalink

        iya, sebelumnya saya juga tidak kena potongan.sudah 8 th jadinasabah BTN Junior. mungkin karena krisis covid BTN perlu dana jadi sampai tabungan anak-anak juga ikutan di potong. kalau diliat itu potongannya mulai bulan oktober dan november. sebelum uang anak saya di “curi” lagi ya terpaksa saya ambil semua saja. itu pun masih harus ninggal 20rb. BTN gak ngerti kalau anak sekolah juga PPKM gak masuk sekolah jadi ya gak dapat uang saku ya gak bisa nabung.

  • 2 Desember 2021 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Besok saya mau cek ah… Wah jika benar demikian, benar benar parah ini BTN.
    Ayu beri jawaban dan konfirmasi mu BTN

    2
    2
    • 2 Desember 2021 - (21:13 WIB)
      Permalink

      Pakek TabunganKu aj. Rata2 semua bank punya productny. FREE ADMIN. Biaya Pasifny klw ga nabung cuma Rp. 2.500 klw dibca.

  • 2 Desember 2021 - (13:09 WIB)
    Permalink

    Buka tabunganku aja. Semua bank ada kok produk itu. bebas admin bulanan, bunga 1% per tahun. Siapa aja bisa bikin, ga hanya anak2. Kalo ada bank yg menghalang2in pembuatan itu, segera laporkan ke OJK.

    1
    2
  • 2 Desember 2021 - (17:25 WIB)
    Permalink

    Keyaknya sih itu karna udah 6 bulan rekeningnya ga ada transaksi, jadi kena denda gitu…

  • 2 Desember 2021 - (17:33 WIB)
    Permalink

    kemungkinan itu adalah rekening dormant ( rek selama 6 bln tdk ada trnsaksi ataw mutasi, tarik atw byr atw nabung, smua bsnk sama, klu rek free admin akn tetapi smp 6 bln tdk ada inklusi uang kluar atw uang masuk mk akn muncul biaya rekening dormant, rek pasif

    utk menghindari nya jgn smp 6 bln hrs ada uang msuk atw k dr keluar wlw hnya 10.000 sj

    sy anak jg pnya 11 rek Junior jd tahu
    dan ada sebagian bank dormant 3 bln tp kbnykn rek dormant 6 bln

    smg kita lbih pahami klausula syarat dan ketentuan. spy tdk salah paham dan Gagal paham. tq

    15
  • 2 Desember 2021 - (18:16 WIB)
    Permalink

    Adik saya juga punya tabungan junior. Memang tidak ada biaya adminnya. Info update yg saya dapat saat print buku, Itu peraturan baru yg berlaku per bulan Oktober 2021, untuk rekening junior yg pasif dikenakan pinalti 25ribu diakhir bulan. Kalau kita lihat mutasi di foto, itu kedebet 25rb sejak akhir bulan Oktober, karna memang peraturan nya berlaku per bulan Oktober 2021. Baiknya kita lakukan transaksi tiap bulan, minimal setoran 20rb .

  • 2 Desember 2021 - (19:07 WIB)
    Permalink

    anak kecil jangan disuruh nabung duit, sudah kuno. Sekarang zamannya investasi, duitnya buat beli bibit pohon, tanam dan rawat, nanti buahnya bisa dijual buat beli tanaman lain

    4
    4
  • 2 Desember 2021 - (23:44 WIB)
    Permalink

    Banyak yang komentar rekening pasif atau dormant.

    JIKA rekening dormant, maka penulis gak bisa ambil uangnya. Uang bisa diambil kalau mengkatifkan kembali rekening tersebut di CS. Jika mengaktifkan rekening, maka penulis tahu kalau hal tersebut dormant.

    karena penulis tidak tahu biaya apa tsb, jadi rekening bukan dormant.

    yang komentar dormant itu bodo bodo orang nya. Udah bodo, sok pinter pula. Kasihan penulis dikasi info sesat

    1
    11
  • 3 Desember 2021 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Aku dulu jaman smp pernah pake btn junior, pernah sampai 2 tahunan lebih gaada aktifitas menabung maupun tarik tunai gaada potongan sama sekali, sekarang malah udah ganti pakai btn jawara soalnya usia sudah melewati untuk pakai yg junior. Alhamdulillah tetap aman” saja.

  • 10 Desember 2021 - (20:12 WIB)
    Permalink

    sudah terjawab itu biaya karena rekening dormant alias tidak ada transaksi sama sekali selama 6 bln. Mahal juga ya biaya dormant. Setahuku bank himbara lainnya ga semahal itu.

 Apa Komentar Anda mengenai Tabungan BTN Junior?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Potongan “Ilegal” pada Tabungan BTN Junior

oleh Agung dibaca dalam: 1 menit
21