Tanggapan Bank BTN atas Surat Bapak Agung Catur Kristanto

Sehubungan dengan Surat Pembaca berjudul “Potongan “Ilegal” pada Tabungan BTN Junior” yang dimuat di media online mediakonsumen.com tanggal 2 Desember 2021, dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Terima kasih kepada Bapak Agung Catur Kristanto dan Bapak/Ibu yang sudah setia menjadi Nasabah Bank BTN. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak/Ibu alami atas pengenaan denda rekening pasif atau dormant (tidak ada transaksi berturut-turut dalam 6 (enam) bulan terakhir).
  2. Rencana pengenaan denda rekening pasif tersebut telah diumumkan melalui Kantor dan Outlet-outlet layanan Bank BTN diseluruh Indonesia sejak tanggal 15 September 2021 atau 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum berlakunya ketentuan tersebut di tanggal 31 Oktober 2021.
  3. Pengumuman dimaksud telah sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No 1 Tahun 2013 perihal Perlindungan konsumen Sektor Jasa Keuangan, pasal 12 ayat 1 dan 2. Dalam hal konsumen tidak menyetujui perubahan terhadap persyaratan produk dan atau layanan, maka konsumen berhak memutuskan produk dan atau layanan tanpa dikenakan ganti rugi apapun seperti yang tercantum dalam POJK No 1 Tahun pasal 12 ayat 3. Adapun, dalam hal konsumen sudah diberikan waktu untuk menyampaikan pendapatnya sebagaimana dimaksud pada poin 2 dan konsumen tidak memberikan pendapatnya maka Pelaku Usaha Jasa Keuangan menganggap Konsumen menyetujui perubahan tersebut seperti yang tercantum dalam POJK No 1 Tahun pasal 12 ayat 4.
  4. Bisa kami sampaikan, bahwa aturan denda terhadap rekening pasif tersebut juga lazim diterapkan oleh perbankan lain
  5. Untuk menghindari rekening berstatus pasif atau dormant maka Nasabah dapat melakukan transaksi sebelum 6 (enam) bulan dari tanggal terakhir bertransaksi.
  6. Bagi Nasabah yang rekeningnya berstatus pasif atau dormant maka harus melakukan aktivasi terlebih dahulu di loket Bank BTN sebelum melakukan transaksi kembali.
  7. Kami akan terus berupaya memberikan layanan yang lebih baik kepada Nasabah Bank BTN, terima kasih.
  8. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi contact center Bank BTN di nomor 1500286 atau email contact center btncontactcenter@btn.co.id. Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK.

Ari Kurniaman
Corporate Secretary


Catatan Redaksi: Tanggapan ini dikirimkan melalui email ke Redaksi Media Konsumen.

Berikan penilaian mengenai Tanggapan Bank BTN:
[Total:5    Rata-Rata: 3.4/5]
Potongan “Ilegal” pada Tabungan BTN Junior

Sewaktu anak saya SD (tahun 2013), ada sales dari Bank BTN yang menyarankan untuk membuka tabungan BTN Junior. Bilangnya tidak...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan Bank BTN?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Tanggapan Bank BTN atas Surat Bapak Agung Catur Kristanto

oleh Redaksi dibaca dalam: 1 menit
0