Surat Pembaca

Traveloka Memaksa Saya Membayar Barang yang Tidak Saya Terima

Sebelumnya, saya tidak memerlukan komentar atau tanggapan terkecuali langsung dari pihak TRAVELOKA atau JD.ID atau merchant Agung Mulia Abadi.

Pada hari Rabu, tanggal 13 April 2022 saya memesan logam mulia emas 3 gram dari merchant Agung Mulia Abadi di aplikasi JD.ID dengan nomor pesanan 1096121405. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan pay later visual card number dan berhasil. Nilai nominal pembelian adalah Rp 2.890.000,00 yang kemudian di-spill menjadi angsuran Rp 570.000,00 per bulan (pembulatan) atau total menjadi Rp 3.441.414,00.

Masalah muncul ketika ada pemberitahuan hari ini, tanggal 14 April 2022 bahwa terjadi refund meski saya tidak pernah merasa lakukan refund, berarti secara sepihak ada pembatalan tranksaksi. Bisa oleh pihak merchant atau pihak JD.ID, entahlah.

Aturan dari JD.ID, refund dilakukan paling lambat 14 hari kerja dan dikembalikan sesuai cara bayar, dalam hal ini saya dengan pay later visual number, kembalikan limit.

Saya sudah hubungi Cust. Service Traveloka dan diminta untuk menunggu serta tetap membayar cicilan tagihan.

Tentu saya sangat keberatan untuk membayar sesuatu yang tidak saya terima dan bila saya membayar berarti membayar sesuai harga kredit Rp 3.441.414,00 dan saya membayar untuk apa? Kalau alasannya akan dikembalikan ke limit atau proses apapun, tetap saja kembali pada pertanyaan “saya membayar untuk apa?”.

Jadi harap Traveloka tidak memaksa saya untuk membayar sesuatu yang tidak saya terima dengan alasan apapun dan dikaitkan dengan aturan yang jelas merugikan konsumen.

Demikian terima kasih telah di muat. Sekali lagi, saya tidak memerlukan tanggapan/komentar kecuali langsung dari pihak yang terlibat. (Traveloka, JD.ID, merchant Agung Mulia Abadi)

Hendro Wibowo
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat Tanggapan Traveloka untuk Hendro

Kepada Yth., Bapak/Ibu Hendro, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak Hendro tujukan kepada Traveloka...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • kemarin protes limit diturunin sama traveloka padahal di turunin traveloka sesuai s&k yg berlaku .sekarang niat gestun..kena batunya wkwkwkkwkw kaum nguntanger mmg kaum yg paling bener di muka bumi ini..wkwkwkwkwkwkkwkwwkkwkwkwwkwkkwk

  • Kalau mau pamer, pamerlah kekayaan atau harta, bukan pamer kegoblogan. Baca S&K beli emas kok pakai pay later ga mampu ya? Kalau ga mau dikomen orang, jangan dishare ke publik.