J&T Keliru Menempelkan Label Pengiriman yang Mengakibatkan Paket Tertukar dan Tidak Jelas Keberadaannya

Kepada yang terhormat Ibu Elena, selaku public relations J&T Express. Saya selaku pengirim paket dari kota Makassar tujuan Banjarbaru Kalimantan Selatan. Pada hari Sabtu tanggal 23 April, saya mengirim paket melalui J&T Pongtiku dan diberi nomor resi JO0131098566.

Hari Senin saya tracking, ternyata paketnya tujuan ke Mamuju, akhirnya saya ke J&T untuk komplain. Pihak J&T bilang mereka salah memberikan nomor resi, pertanyaannya kenapa resinya bisa salah? Padahal jelas di bukti pengiriman resi itu atas nama saya.

Akhirnya diberi nomor resi yang benar yaitu JD0176262435. Saya tracking memang benar tujuan Banjarbaru. Saya pikir masalahnya sudah selesai sampai di situ. Ternyata lebih rumit, pada tanggal 28 April status tracking sudah delivered.

Saya hubungi kakak di Banjabaru selaku penerima paket, katanya belum diterima, nanti dia yang ambil paketnya ke J&T.

Tanggal 29 April kakak saya ke J&T Banjarbaru. Di sana dijelaskan kalau paketnya tertukar karena ada yang komplain juga di wilayah Bandung. Di paket tertulis atas nama kakak saya yang saya tulis tangan sendiri, cuma label pengiriman dari J&T itu untuk Bapak Supriatna di Bandung dengan nomor resi JD0176262440.

Berarti di sini kesalahan dari pihak J&T yang salah menempelkan label pengiriman. Hanya untuk 1 paket, sampai melakukan kesalahan 2 kali.

Sampai di situ saya masih memaklumi, karena mengirim barang H-10 lebaran yang pastinya pengiriman sedang over load dan J&T pasti juga kewalahan, sehingga kejadian tertukar seperti ini. Saya juga bukan orang baru menggunakan jasa J&T express, sudah berlangganan sejak 2015 dan bukan baru sekarang mengalami kejadian seperti ini.

Sudah dua kali paket saya pernah tertukar karna keliru menempelkan label pengiriman. Namun keduanya ditanggapi pihak J&T dengan baik dan bertanggungjawab mengirim paket yang tertukar, dan tidak butuh waktu lama hanya beberapa hari.

Namun yang kali ini sudah berlarut-larut, jadi saya rasa perlu menuliskan surat keluhan di Media Konsumen. Sudah hampir sebulan, kakak saya sudah menghubungi J&T Makassar, Banjarbaru, Bandung untuk minta kejelasan.

Saya juga sudah menghubung J&T Makassar melalui Instagram untuk meminta nomor resi supaya bisa di-tracking paketnya sudah sampai mana. Namun tidak jelas, pihak J&T ada yang merespons, ada juga yang mengabaikan. Hanya disuruh menunggu katanya sudah diproses.

Admin Instagram J&T Makassar malah mengatakan pihak J&T Bandung belum menanggapi. Jadi membuat kami bingung. Kakak saya bahkan pernah diinfokan “Akan diantar nanti siang”, tapi sudah berapa siang yang lewat, paketnya tidak kunjung datang.

Terakhir kakak saya di hubungi oleh security, entah security mana, paket katanya ditinggal begitu saja di posnya oleh kurir. Akhirnya kurir J&T datang mengambil dan barang disimpan digudang.

Kakak saya menghubungi orang gudang, tapi tidak ada respons. Gudangnya pun entah di Makassar, Bandung, atau Banjarbaru karna infonya sangat minim. Terkesan kurang bertanggungjawab dan menyepelekan pelanggan.

Saya harap dengan diterbitkannya surat ini, pihak J&T bisa segera menindaklanjuti masalah ini. Terima kasih.

Andi Daniati
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan J&T Express atas Surat Pembaca Ibu Andi Daniati

Sehubungan dengan surat pembaca Ibu Andi Daniati dengan judul “J&T Keliru Menempelkan Label Pengiriman yang Mengakibatkan Paket Tertukar dan Tidak...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Waduh ngeri juga ya, gara-gara human error di Makassar, masalahnya sampai lintas provinsi. Semoga masalahnya cepat selesai dan diberikan solusi terbaik.

    • Salah tempel resi/cross label emang ribet karena harus tunggu menunggu. nanti ketahuan nya biasanya di KANTOR CABANG tujuan biasanya kalo kurirnya engeh kalo di resi dan di label beda langsung dibuatkan invoice salah tempel/cross label jadi langsung diproses ke gudang return-- dan nunggu paket yg sebenarnya diproses juga.

      semoga secepatnya diterima paketnya yaaa

      • Nah itu dia masalahnya org JNT sudah tau kalo paket tertukar. Cuma kalo di hubungi kadang omongan yg satu dgn yg lain gak sesuai. Apa mungkin paket sy hilang ya. Kalo sampe hilang langsung sy blacklist nih pengiriman.

  • Menurut saya j&t bukan cuma main antar aja tp perhatikan barang yg tdk sesuai dan bayarnya di j&t masih ribet kalau ada komplain, alasanya kita cuma pkirim aja pak, tp uang diterima sama j&t, balikin aja sama pembeli kan beres harusnya bisa kan?

    • Bantu jawab kak ,sya jg mantan kurir jnt .klau cod selama di aplikasi belum tanda terima sah sah saja uang di balikin tpi klau sdh tamda terima mau tdk mau uang itu harus di setor ke admin.klau tdk kurir yg nombokin pak

    • Iya benar, jgn asal antar. Padahal jelas2 di paket itu alamatnya tertulis jelas, dan beda antara yg sy tulis dan yg di tempelin. Kadang kurir yg nganter itu baca dan tau ada kesalahan tapi tetep diantar. Soalnya sy pernah kayak gitu jg, pesan online tapi ketukar. Kurirnya cuma ngomong ini paketnya tertukar, kk hub kantor jnt aja ya biar bisa di proses. Kenapa gak kurirnya aja yg balikin sndiri. Heran.

  • Resi tertukar di J&T bukan hal baru. Saya pernah mengalami sendiri, dimana saya sebagai seller undangan, mengirimkan paket undangan untuk kedua kalinya ke seorang buyer karena ada kesalahan konten undangannya. Kebetulan lintas pulau, dari Jawa ke Sumatera.
    Buyer waktu itu menelepon saya tapi gak terangkat. Kemudian kirim chat dengan kata kata kasar, bahkan saya dianggap menipu. Dia bilang "A****, kalau gak niat ganti mending ngomong terus terang. Gak usah begini. Masa penggantinya telor asin. Mau nipu ya?". Lalu kirim foto telor asin yang sudah dibelah, pakai tangan kelihatannya mungkin saking emosinya.
    Selain kasus resi tertukar, kasus salah sotir juga kerap terjadi. Pihak J&T harus ada evaluasi dan perbaikan layanannya

    • Padahal bukan kesalahan seller tapi seller yg di maki2. Kalo salah sortir masih mending, palingan paketnya cuma healing keliling kota beberapa hari. Kalo salah nempelin resi, ribet. Kalo misalnya yang satu isi rengginang, yg satu isinya hp atau brg mahal. Mending kalo orgnya jujur. Kalo orgnya ngerasa itu rejeki dia ya palingan dia ga mau komplain klo brgnya tertukar.

  • JNE masih d hati ekspedisi amanah punya orang muslim, apalgi target bangung seribu mesjid, aammiinnn

    • Ini isis ngomong apaan seh..dikit 2 bawa agama..semua expedisi jg pst prnh melakukan kesalahan..jd jgn bw agama..tolol lu

    • Dulu pake JNE tapi sejak kantornya pindah dan lokasinya jauh sy jadi pake JNT. Sy milihnya yg deket2 aja bang dari rumah, ga liat dari agamanya. Kecuali pasangan nah baru tuh liat agamanya :D

    • Bisa jadi. Sekarang bnyak yg kayak gitu. Lagi kerja tapi main hp, bukannya fokus kerja.

      • Bukan kurir yg disalahkan, pihak j&t yg harus proses, tp apa bisa? Jelas uang yg nerima j&t mesti bisa balikin uang konsumen

        • Tapi klo untuk kasus sy kesalahannya kan dari karyawan jnt nya yg tertukar nempelin label alamat, faktornya kenapa kurang tau. Bisa jadi fokusnya ke yg lain atau mungkin momennya lagi puasa jd gak fokus. Yg bertanggungjawab memang pihak JNT nya harus proses brg sy sampai benar2 ke alamat tujuan. Dan untuk karyawan yg salah harusnya di beri teguran atau sanksi.

  • mohon maaf saya mantan admin tukang input juga pernah berbuat kesalahan menyebabkan resi tertukar, hal demikian dapat terjadi karena admin tukang input memprint lebih dari 1 paket sekali print, misal 5 paket berbeda di print dan ditempel sekaligus kak.

    • Mau di print langsung 10 resi atau 20 resi kan ada yg namanya di baca dgn teliti. Memang sih manusia pasti bisa buat salah tapi kalo tau salah harusnya tanggungjawab. Ini malah kayak ogah2an.

    • Oiya anda kan pernah kerja sbagai admin, sy mau tanya kalo kejadian yg pertama sy ceritakan diatas itu kok bisa kejadian begitu? Resi yg pertama di kasih ke sy itu salah, katanya itu resi org lain, tapi di pengirim dan penerima sudah benar atas nama sy.

      • Iya teledor sampe paket skarang ga tau gimana, udah sebulan lebih sejak dikirim. Pihak jnt sudah menanggapi surat yg sy kirim ini dan dijanjikan akan ditelpon dan ditindaklanjuti tapi udah 5 hari gak ada kabar apapun.

  • Kalo gw pernah mengalami barang di tracking cuma muter2 doang tapi ga nyampek2.
    Malamnya gw bela2in nyamperin barang tersebut sesuai tracking terakhir tapi katanya dah di angkut lagi ke gerai yg lain.
    Akhirnya paginya gw samperin ke cabang jnt sesuai tracking.
    Katanya barang masih di gudang dan gw disuruh kesana.
    Akhirnya gw emosi dan meminta barang tersebut harus ada sekarang juga.
    Karna barang tersebut akan gw kirim lagi ke keluarga gw dengan cara di titipkan orang lain.
    Akhirnya mereka baru mau bergerak deh ngambil tuh barang.
    Yg gw heran kenapa ga tlfn aja sih atau ngabarin kalo paket salah sasaran atau gimana gitu.
    Biar gw ambil sendiri aja di gerai .

    • Harus marah dulu ya baru mau gerak. Kalo kitanya sopan malah gak di ladenin 😅

  • Dulu jnt mayan, sekarang jnt bobrok. Sering kejadian kek gitu tu jnt. Ada yang berbulan" ngak selesai".

    • Parah bgt klo sampe berbulan2. Itu aja isi paketnya skarang gak tau udah remuk kali di oper2 mulu. Isi paketnya kue kering buat lebaran, lebarannya udah lewat 😅