Masalah Standar Garansi dari Toyota Astra Motor

Perkenalkan, saya pengguna Toyota Innova Reborn 2022. Saat ini saya terkendala teknis garansi Toyota Astra Motor (TAM). Saya membeli mobil tersebut akhir Januari 2022 dan mobil datang 08 Februari 2022. Per tanggal 22 Mei 2022 head unit (HU) error dan tidak ada suara sama sekali.

Tanggal 23 Mei 2022 datang ke dealer tempat membeli mobil, yaitu Tunas Toyota Gatot Subroto Bandung dan diterima oleh Pak Asep dengan baik. Mobil saya langsung diperiksa, dan hasilnya dinyatakan HU error/rusak, lalu didokumentasikan untuk klaim garansi ke TAM.

Saya mengiyakan untuk menunggu hasil sampai 25 Mei 2022, yang mana dijanjikan untuk diganti atau diperbaiki. Menurut saya, mobil baru 3 bulan dan jarak tempuh baru 3.***KM, mestinya akan diganti HU tersebut, serta melihat pengalaman teman saya yang klaim kerusakan HU di dealer lain langsung diganti.

Per tanggal 25 Mei 2022 pagi, Pak Asep mengabarkan HU untuk dilepas dan diperbaiki ke vendor TAM yang akan memakan waktu 2-4 minggu pengerjaan, serta proses kirim-kirim.

Saya merasa sangat dirugikan dengan keputusan TAM tersebut. Apakah HU yang diperbaiki pasti akan berjalan sempurna kembali? Apakah ada jaminan ke depannya kendala tersebut tidak akan kembali muncul?

Terutama saya sangat dirugikan karena mesti bolak-balik dealer serta menunggu begitu lama untuk suatu hal yang merupakan kesalahan produksi. Alangkah bijaknya memikirkan konsumen, yang akan terganggu 2-4 minggu tanpa fitur audio yang mati dan gak enak dipandang mata, kala tiap hari saya sekeluarga menggunakan mobil tersebut untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Terima kasih Media Konsumen telah memuat pengalaman saya, serta menjadi himbauan TAM untuk tetap menjaga kepuasan konsumen setia Toyota.

Lie Kian Yung
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Toyota Astra Motor:
[Total:33    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Masalah Standar Garansi dari Toyota Astra Motor

  • 26 Mei 2022 - (13:11 WIB)
    Permalink

    Merknya ga tertera jelas gan, sebab di rebrandring sm merk TOYOTA.. HU bawaan pabrik standarnya..

    • 28 Mei 2022 - (07:22 WIB)
      Permalink

      Masalah yang sering muncul pada Reborn. Saya juga mengalaminya dulu dan langsunf diganti baru. Cuma ya sempat mobil tanpa HU selama 1 bulan lebih. Jadi terganggu saat mau parkir karena tidak ada kamera belakang.

      • 30 Mei 2022 - (10:38 WIB)
        Permalink

        Syukur per hari ini tgl 30 Mei 2022 case close pak…langsung diganti baru dan sudah di pasang kembali.

    • 26 Mei 2022 - (18:17 WIB)
      Permalink

      Saya minta seperti itu pak, karena per tanggal 25Mei 2022 malam ini HU benar-benar blank mati.. Binggung permintaan TAM untuk di repair bukan diganti baru, sudah saya email juga ke customer care TAM. Tapi tetap menyerahkan masalah ke dealer, tapi orang dealer menyatakan sesuai keputusan TAM untuk direpair. Toyota Astra Motor seperti gini kah kualitas produk yang dijual??

  • 27 Mei 2022 - (05:07 WIB)
    Permalink

    @Lie
    Saya kurang paham masalah garansi mobil, cuma saya membaca via astra toyota seperti ini syarat dan ketentuannya:
    https://www.toyota.astra.co.id/toyota-connect/news/syarat-dan-ketentuan-serta-cara-klaim-warranty-atau-garansi-mobil

    “Pada dasarnya, warranty atau garansi mobil, termasuk Toyota, adalah jaminan tertulis atas kualitas produk dan pernyataan tanggung jawab produsen untuk memperbaiki atau mengganti produk yang rusak secara cuma-cuma untuk setiap masalah desain atau produksi yang ditemukan pada kendaraan pelanggan.

    Berlakunya masa garansi atau warranty adalah sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam buku servis, atau permintaan dan pemberitahuan khusus produsen kendaraan”

    Kalau menurut saya ya, kalau Head Unit itu kan berhubungan electronic ya. Idealnya sih di replace, bukan di repair soalnya belum setahun.

    Atau jangan-jangan di astra toyota nya lagi ga ada stok sparepart mungkin, pak. Makanya mereka kekeuh ingin repair. Soalnya beberapa produsen otomotif rada gigit jari dari 2 bulan lalu akibat meroketnya pasien covid di china (lockdown) karena fabrikasi support sparepart ada disana.

    kalau sy di middle managementnya astra (support) nih solusinya begini, itu HU direpair untuk sementara sambil menunggu yang baru. Nanti kl HU nya sudah ada, di replace.
    Beres urusan. 😁

    • 27 Mei 2022 - (09:47 WIB)
      Permalink

      Benar kriteria mestinya di ganti pak,mungkin orang teknik di pusat lagi banyak kerjaan jadi ga fokus 😁✌
      Per hari ini tgl 27Mei2022 jam 08.00 saya sudah sampai di Tunas Toyota Gatot Subroto, menyerahkan headunit untuk di klaim.
      Sudah followup kembali ke bagian teknik pusat dan akan di tinjau kembali kebijakanya. Semoga benar di ganti unit baru untuk menghindari kejadian yang berulang, dikarenakan electrical akan susah awet kalau sudah di repair..

    • 27 Mei 2022 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Hahahaha…Saya pas dapat unit yg miss aja pak, semoga ada jalan keluar terbaik untuk kebaikan bersama dan menjaga nama baik Toyota di Indonesia ✌😁

    • 27 Mei 2022 - (15:32 WIB)
      Permalink

      Lah bang…audio kan salah satu fitur bawaan dari pabrikan, kalau cacat masa diem aja 😆😆
      Rugi dong karena salah satu fitur pendukung yang saya beli berkurang dan menganggu kenyamanan berkendara.
      Sama aja Abang beli hp tapi hp nya ga bisa internetan, apa gapapa didiemin nerima kondisi yang ga sesuai spek dibeli??

  • 27 Mei 2022 - (17:55 WIB)
    Permalink

    Tunas toyota gatsu,,kebetulan saya pernah ada pengalaman di tunas toyota bandung sktr 2017/2018 lupa saya,,blower ac mati setelah 3th..begitu di bawa kesana masih garansi dan ganti baru komponen yg rusaknya free, padahal saya ga pake all risk,,cuma TLO. Waktu itu yg handle chief engineringnya langsung.

    • 27 Mei 2022 - (18:45 WIB)
      Permalink

      Baik pembelian cash/credit meskipun ga pakai asuransi tambahan (allrisk) pun tetap tercover garansi pabrik pak.
      Tunas Toyota Gatsu sangat koperatif hanya Technical Support TAM pusat yang memutuskan kerusakan mesti di repair atau di ganti baru sparepartnya.
      Saat ini masih di tinjau ulang oleh Technical Support TAM, binggung juga HU uda blank mau di repair 😄✌
      Biar mereka periksa deh,semoga ga mengecewakan hasil akhirnya. Tetap yang rugi saya juga..

  • 30 Mei 2022 - (10:54 WIB)
    Permalink

    Per hari ini tanggal 30 Mei 2022 jam 08.15WIB TAM melalui Tunas Toyota Gatot Subroto Bandung telah mengganti Head Unit Innova saya dengan yang baru. Terima kasih atas respon dari TAM, semoga semakin maju dan berkembang.
    Terima Kasih juga kepada Pak Pieter SA ,Bu Siti CRC ,dan Pak Asep Tecnical Support atas bantuan menyelesaikan keluhan Saya.
    Dengan demikian keluhan Saya telah teratasi.
    Terimakasih Media Konsumen dan kawan-kawan semua.

 Apa Komentar Anda mengenai Toyota Astra Motor?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Masalah Standar Garansi dari Toyota Astra Motor

oleh Lie Kian Yung dibaca dalam: 1 menit
16