Surat Pembaca

Sudah 4 Bulan Menunggu Pengembalian Dana atas Terjadinya Kesalahan Transfer Sesama Bank BRI

Salam hangat,

Mohon bantuannya dari pihak Bank BRI terkait masalah kesalahan transfer yang terjadi pada tanggal 08 Februari 2022. saya nasabah Bank BRI atas nama Novitasari dengan nomor rekening 0839-01-******-50-8.

Saya telah melaporkan masalah ini melalui call center Bank BRI di 14017 dan mengirimkan dokumen permohonan komplain saya melalui email di contactbri@bri.co.id dengan nomor tiket 38713444 akan tetapi jawaban dari pihak customer service Bank BRI hanya menginfokan bahwa dana salah transfer tersebut masuk di rekening nasabah BRI di Atambua atas nama Herlina.

Menurut Bank BRI sudah dikonfirmasi ke pihak penerima dan status saat ini masih menunggu itikad pengembalian dari sana. Kasus ini sudah lebih dari 4 bulan menunggu dan belum ada satupun pihak Bank BRI menindaklanjuti masalah saya ini.

Mohon perhatian dari pihak Bank BRI apakah dana saya yang “nyasar” ke pihak lain bisa kembali ke saya mengingat itu adalah hak saya sebagai nasabah dan saya juga meminta pertanggungjawaban Bank BRI atas kasus ini.

Adapun kronologis terjadinya kesalahan transfer ini terjadi saat saya mentransfer uang sejumlah sebesar Rp.1.000.000,- (satu juta rupiah) melalui aplikasi mobile banking BRIMO ke rekening sesama Bank BRI atas nama Herlina yang sebelumnya sudah ada di daftar transfer yang ada di dalam BRIMO dengan status berhasil.

Rekening yang benar

Ketika saya mengkonfirmasi ke pihak penerima ternyata nomor rekening yang tersebut dalam bukti transfer BRIMO salah meskipun nama pemilik rekening yang saya kirimkan sama dan sesuai yaitu Herlina.

Novitasari
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Ibu Novitasari

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Ibu Novitasari. Terkait dengan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Hai Sobat BRI, terima kasih atas informasi yang diberikan. Pengaduan tersebut segera kami tindak lanjuti. Tks~Tedi

  • Terimakasih atas perhatian nya semoga pihak Bank BRI bisa segera menyelesaikan masalah saya ini yang terkatung katung tanpa kejelasan ini selama 4 bulan. Saya tunggu kabar baiknya

    • Meminta "Pertanggung Jawaban" dari BRI dalam hal apa nih??.. soalnya kesalahan jelas dari anda seutuhnya,. Akan susah pihak bank untuk mengembalikan,.. karena pihak bank tidak memiliki "Kewajiban", untuk mengembalikan uang anda..

    • Mba bisa gx buat berita itu yg benar, kesalahan jelas di anda, pihak bank hanya menengahi aja, berita anda seolah olah bank yang salah. Jelas jelas anda yg telak salah

      • Assalamu'alaikum Kak Novitasari,
        Kak, perkenalkan nama saya Ayu. Pada tanggal 29 Juni 2022 saya juga mengalami salah transfer melalui mobile banking brimo sesama bri ke no rek 0267 01** **** 564 atas nama Herlina. Kronologi nya juga sama, no rek dengan atas nama Herlina tersebut sudah ada di daftar nama penerima.

  • Anda yg salah ini mah, bank manapun gak bisa berbuat apa2 kecuali ada itikad baik dari penerima untuk mengembalikan uangnya

  • Sebelom kirim transfer biasanya ada notifikasi utk cek ulang no rek penerima, benar apa ngga no rek tujuannya. itu jelas beda 6 digit depannya gitu kok, muahahaha

  • Yang salah dikau, BRI tidak mempunyai hak untuk mengembalikan, semua tergantung penerima dananya mau mengembalikan atau nggak

    masak bank disuruh tanggung jawab ...

    • Susah Mbak,
      Saya aja yang transaksi Qris Gagal tapi saldosaya terpotong sejak tgl 08 Juni kemarin gak dibalikin, sudah buat laporan malam itu juga, dapat nomor 40480622,setiap hari hanya php diproses dan di proses di urgentkan di prioritaskan, suruh tunggu mulai dari 20 hari 14 hari terakir 13 hari..ZONK ZONK ZONK... hanya php. Anehnya saya buat Laporan lagi baru 2 hari udah selesai prosesnya, tapi selesai doang, gak ada uang kembali..setelah saya konfirmasi kawabanya..maaf setelah kami cek ulang transaksi tersebut masih dalam proses...Hadeh..heran..ini Bank pemerintah sistemnya kalah sama bank2 lain.Pelayananya cara mengatasi masalahnya juga Sangat lamban.
      Yang sabar ya mbak..buat pengalaman aja dan Cukup Tau aja.

      • terimakasih atas komentarnya ya .. mungkin yang anda rasakan saat ni lelah menunggu kepastian uang anda bisa kembali karena uang anda hilang karena adanya error banking system (Qris) hal yang samapun terjadi di saya. dan menulis surat di media konsumen ini sebagai langkah saya agar keluhan saya di dengar setelah menunggu lama kepastian uang saya yang "nyasar" ke rekening lain. alhamdulilah pihak bank bri mau menanggapi dan menyelesaikan keluhan saya ini dengan segera memediasi ke penerima yg salah ini. semoga masalahmu cepet selesai ya dari pihak bank. good luck

    • Anda yang salah harusnya anda menghubungi pihak nomor penerima agar mengembalikan uang. Bukan minta pertanggungjawaban bank BRI. Itu adalah bagian dari kode etik bri. Yang tidak bisa sembarangan mengutak atik uang nasabah tanpa ijin pemilik rekening.

  • lucu jg mbaknya, yg salah transfer dia trs skr malah ngotot minta BRI buat balikin dana yg salah transfer tersebut

  • Semoga bisa jadi pelajaran... Bank BRI tak bisa seenaknya gitu saja mengembalikan uang/dana yg salah transfer, karena kesalahan murni dari si pengirim, tapi pihak BRI bisa membantu menghubungi sipenerima untuk mengembalikan dana yg salah transfer, dan semua tergantung dari sipenerima, apakah dia mau mengembalikan atau tidak, bahkan jika sipenerima dilaporkan ke polisi pun tak ada gunanya.

  • kesalahan pada diri anda dan BRI sudah membantu dengan mengkonfirmasi penerima untuk memgembalikan dana jadi jangan salahkan BRI , tergantung itikad baik penerima mau balikin atau tidak dalam hal ini BRI sudah menjalankan perintah sesuai SOP . dan kesalahan murni pada anda.

  • Anda lg melamun atau gmna ini? Jelas2 nmr tujuannya beda, tp malah diteruskan.
    Lbh teliti lg mba kalau mau transfer, cek kembali nmrnya apakah bnr atau tdk.