Surat Pembaca

Kecewa dengan Proses Refund Agoda

Pada tanggal 20 Juni 2022, lalu saya booking hotel di Agoda. Namun sistem membatalkan pesanan tersebut dan akan melakukan refund uang sejumlah Rp160.921. Agoda memberi 2 opsi, yaitu refund berupa AgodaCash atau transfer bank. Saya pilih metode transfer bank.

Tak lama kemudian mereka meminta sejumlah informasi seperti data diri dan negara dari bank, serta mata uang yang digunakan. Saya kemudian isi data tersebut dan telah mengirimkannya ke Agoda.

Pada hari yang sama, Agoda akan melakukan refund uang saya dan diminta mengisi beberapa informasi untuk mempercepat proses refund seperti pada email berikut:

Selang beberapa hari, Agoda melalui Hyperwallet (rekanan Agoda) mengonfirmasi untuk mulai melakukan refund. Saya selesaikan step tersebut dan diminta menunggu 1-3 hari kerja.

Kemudian datanglah email baru dari Agoda untuk melakukan klaim refund saya. Singkatnya saya telah selesaikan proses ini dan mengisi data-data pribadi (mohon maaf tidak menyertakan tangkapan layar karena berisi data pribadi).

Proses klaim pun berjalan lancar dan saya diminta menunggu beberapa hari lagi.

Namun setelah beberapa hari, email yang Saya dapatkan berupa notifikasi refund yang gagal dilakukan. Saya coba dan masih tetap gagal.

Saya sudah coba hubungi Customer Chat Agoda, tapi. Mereka bersikeras refund sudah berhasil. Karena berdasarkan sistem, refund memang telah berhasil, tapi notifikasi gagal refund juga beberapa kali saya terima.

Saya sangat menyayangkan proses refund yang sangat rumit dan sulit dilakukan ini.

Anton Toni Agung
Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Halo ijin bertanya, saya juga mengalami hal serupa. Kebingungan dalam mengajukan proses refund. Saya cancel booking saya di Agoda dan saya mengajukan claim . Tp saya salah memasukkan no rekening. Apakah ada yang memiliki pengalaman serupa?
    Jika salah masukin no rekening, apakah ada kemungkinan untuk mendapatkan refund saya kembali? Karena saya mencoba email ke agoda namun tdk berbalas.. terima kasih

    • Halo kak, izin bertanya. saya juga sedang refund Agoda, lalu dapat email untuk mengisi data Nama depan dan belakang dan mata uang yg digunakan, setelah itu tidak mengisi data pribadi seperti nomor rekening. tetapi ketika cek aplikasi , refund saya sedang diproses dan dana akan dikirimkan melalui rekening dalam 30 hari. Tetapi saya belum isi rekening apapun, untuk hal ini apakah memang seperti ini prosesnya? atau saya hanya tunggu email selanjutnya? terima kasih

      • Tunggu aja email lanjutan, biasanya nanti ada email lagi. Soalnya belum diminta no rekening. Kecuali kalau pake kartu kredit pasti cepet refund nya soalnya agoda mengenali pemilik kartu kredit yang digunakan untuk memesan

  • Cara agar nama sesuai di rekening bagamana ya kak? Nama saya Andika Restu Pranata kalo ditulis di nama depan Andika Restu dan nama belakang Pratana nama belakang tidak muncul diakun Agoda sedangkan kalo nama belakang tidak diisi tidak bisa di simpan. Mohon solusinya kak??

    • semua nama tulis di nama belakang aja kak, sesuai dengan panduan refund dri Agoda. untuk minta panduan refund, email aja ke CS agoda biar lebih jelas alurnya.

  • Ka kalau untuk nama itu misalkan ada nama Sdri nya itu disimpan dimana ? Disatukan di nama belakang semua ? Soalnya saya jg baru petma kali mengalami hal serupa

  • wah ternyata banyak yg kecewa jg dengan proses refund Agoda. yang mau sya tanyakan, apakah ada solusinya jika nama pemesan (akun Agoda) dan Rekening berbeda? karena akun agodaku ku terhubung dengan email, semntara nama akun emailku bukan nama lengkap. Mohon solusinya rekan-rekan
    terima kasih

    • Yang penting kesamaan nama pemesan dan nama pemilik rekening aja. Soalnya kalau beda agak susah

  • Saya kira saya hanya satu satunyna orang yang tidak menerima refund dari agoda. ternyata banyak teman teman yang lain yang tidak menerima juga, jujur saya kecewa sih kecewa banget malah walapun dengan nominal 361k tapi buat saya jadi males mau pake agoda lagi. mereka bilang sudah refund tapi saya cek mutasi tidak ada uang masuk sama sekali.

    • Baru aja saya alami

      Tgl 6 Des pesan hotel lewat agoda & lgsg bayar via transfer bank mandiri. Besoknya (tgl 7 Des) saya melakukan pembatalan & dihari yg sama dpt email dr agoda disuruh nunggu 1-2 hari. Tgl 8 Des dpt email dr hyperwallet & diminta isi data² berkaitan ttg pengembalian dana. Alhamdulillah hari ini dana refundnya udh masuk ke rekening saya ?

      • Kak izin bertanya.
        Saat ini saya sedang mengajukkan refund agoda lalu dapat email untuk mengisi data Nama depan dan belakang dan mata uang yg digunakan, setelah itu tidak mengisi data pribadi seperti nomor rekening. tetapi ketika cek aplikasi , refund saya sedang diproses dan dana akan dikirimkan melalui rekening dalam 30 hari. Tetapi saya belum isi rekening apapun, untuk hal ini apakah memang seperti ini prosesnya? atau saya hanya tunggu email selanjutnya?

        • mba, ini sama dengan yg baru saya alami. setelah itu ada kelanjutannya gak di refund atau gak nya?

        • Aku sedang mengalami ini kak, apakah kembali kak uang kakak?dan berapa lama pengembaliannya?

  • Sama dgn yg saya alami 3 hari yg lalu..pembatalan terjadi krn kesalahan sistem di agoda, bukan saya yg mengajukan pembatalan..tp transferan uang tetap diterima sistem..proses refund berbelit2 & butuh waktu lama..cek di aplikasi progress refund "AGODA HAS FINISHED PROCESSING YOUR REFUND", tapi faktanya DANA BELUM MASUK KE REKENING SAYA..perusahaan global tp sistemnya kacau..

  • Booking saya dicancel karena sytem error dan saya segera melakukan refund. Refund pertama via mobile gagal, saya cek di track refund nama tidak sesuai dengan nama rekening. Akhirnya saya ulang via web, ada petunjuk untuk menulis nama rekening di kolom last name, saya isi kolom last name sesuai nama rekening dan selang sehari refund berhasil.

  • permisi, saya mau nanya, kalau mau mengirim isi form berupa nama pemilik rekening itu ke email agoda yg mana yaa? soalnya yg email dari agoda customer service itu gabisa di reply?? mohon bantuannyaa??