KTA PermataBank Tidak Transparan

Nama saya Budi Putra Adinata dengan nomor rekening pada Bank Permata: 0098-95**-**88. Pada tanggal 28 Juni 2022, saya mencoba mengajukan KTA sebesar 52 juta rupiah kepada Bank Permata via aplikasi PermataMobileX.

Karena tujuan saya hanya mengecek suku bunganya saja, tanpa bermaksud menyelesaikan aplikasi dimaksud, saya tidak memberikan persyaratan yang diminta berupa foto NPWP. Namun setelah saya perhatikan setelah pencairan dana, ternyata sifatnya hanya optional, yang mana pada syarat dan ketentuan menyebutkan cukup dengan e-KTP dan NPWP (jika pengajuan di atas Rp50 juta).

Karena tanpa disadari bahwa saya telah menyelesaikan aplikasi dimaksud, pada tanggal 30 Juni 2022 saya menerima SMS pencairan dana sebesar 52 juta rupiah dari Bank Permata, tanpa adanya konfirmasi via telepon ataupun media lainnya.

Lalu saya cek mutasi tabungan dan setelah itu saya crosscheck via telepon ke PermataTel 1500111, yang mana terdapat beberapa hal yang tidak transparan, yaitu:

  1. Biaya suku bunga yang dikenakan, pada ilustrasi tercantum 0,88%, dengan nilai cicilan tiap bulan Rp1.902.045, tapi yang terjadi yang dibebankan ke saya 1,69%, dengan nilai cicilan tiap bulan Rp2.323.245, terdapat selisih Rp421.200 x 36 bulan = Rp15.136.200.
  2. Biaya provisi 2 juta rupiah.
  3. Biaya materai 10 ribu rupiah.

 

Lalu saya mengajukan pengembalian dana, dengan alasan yang sudah diurai di atas. Yang mana dijawab oleh rekan PermataTel, bahwa bisa mengembalikan dana dimaksud dengan penalti 7% dari nilai pencairan Rp52 juta, yaitu Rp3.640.000 (dianggap pelunasan dipercepat).

Saya menolak biaya penalti tersebut, dengan alasan ini bukan pelunasan dipercepat, tapi ada proses yang tidak lazim (tidak ada konfirmasi terkait perbedaan bunga pada ilustrasi) dan biaya yang tidak transparan (provisi dll). Jadi saya menolak atas pencairan dana dan ingin mengembalikan dana dimaksud dengan Nomor Laporan: 1DTACR.

Update per tanggal 6 Juli 2022 saat surat ini dibuat, laporan saya dengan No 1DTACR ditolak, pihak bank tetap membebankan 7% kalau dana ingin dikembalikan

Halo PermataBank, jangan ambil kesempatan memanfaatkan celah mengambil keuntungan sepihak, melalui media ini juga saya membuat pernyataan:

  1. Saya menolak proses pencairan dana KTA ke rekening saya sebesar 52 juta rupiah, berikut pemotongan provisi Rp2 juta dan biaya materai Rp10.000 (net saya terima Rp49.990.000).
  2. Saya menolak membayarkan bunga cicilan atas KTA dan penalti sebesar 7%.
  3. Silakan kalian tarik kembali dana yang sudah dikirimkan ke rekening saya.

Saya tunggu tanggapannya melalui Media Konsumen ini.

Terima kasih untuk Media Konsumen.

Budi Putra Adinata
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai KTA PermataBank:
[Total:49    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan PermataBank atas Surat Bapak Budi Putra Adinata

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Bapak Budi Putra Adinata, berjudul “KTA PermataBank Tidak Transparan” melalui Surat Pembaca Redaksi...
Baca Selengkapnya

25 komentar untuk “KTA PermataBank Tidak Transparan

  • 9 Juli 2022 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Tgl 8juli saya mendapatkan sms bahwa pihak bank mencoba menghubungi saya namun tersambung ke layanan suara (hp tidak aktif atau tidak terangkat), saat kalian menawarkan asuransi ini itu kalian bisa menelpon terus menerus walaupun itu sangat mengganggu, tapi setelah ada masalah, tidak ada telpon yang masuk tapi kalian bilang sudah telpon tapi ???

    Pengajuan saya ke 2 no laporan 1DV2YC tetap ditolak, saya ajukan banding kembali untuk yang ke 3, dengan no laporan 1DXCBF

    Saya cek di media konsumen ini banyak sekali yang bermasalah dengan KTA pada bank permata ini

    12
    3
    • 10 Juli 2022 - (22:20 WIB)
      Permalink

      Walah bacanya kurang teliti dan iseng2 doank lg. Dibawahnya tertulis suku bunga hanya simulasi. Bagaimana nih sampeyan?

      • 11 Juli 2022 - (09:21 WIB)
        Permalink

        Kalau hanya simulasi sudah seharusnya dong pihak bank mengkonfirmasi bunga aslinya. Sy salah, pihak bank juga harus mengakui kesalahannya

      • 11 Juli 2022 - (12:26 WIB)
        Permalink

        Tapi itu gede banget bunganya, gilah kah. Bisa²nya begitu yah, untung gapunya bank ini 😌. Semoga masalahnya cepat selesai

  • 9 Juli 2022 - (19:33 WIB)
    Permalink

    Biasanya bank menggunakan bunga ilustrasi,nah bunga sesungguhnya baru keluar setelah cair,kalau kembalikan dana maka dianggap pelunasan dipercepat dan kena pinalty,sebaiknya tidak coba coba kalau tidak berminat.penulis tetap pada posisi kalah.

    • 9 Juli 2022 - (21:55 WIB)
      Permalink

      Pak dadang makasih pendapatnya, tuntutan sy ke mrk sangat jelas, mrk tarik dana tanpa penalti apapun. Sy akuin keteledoran tanpa sadar mengklik proses peminjaman sampai selesai. Mrk jg hrs mengakui proses mrk yg tidak transparan, semoga ada jalan keluar terbaik

      4
      2
    • 10 Juli 2022 - (20:36 WIB)
      Permalink

      Kurangi berhutang ya kawan,,masak tidak risih kalau ditelpon sana sini,,hidup yg paling tenang itu tidak punya hutang.jangankan uang,,janji saja itu termasuk hutang.
      Saya juga punya hutang.
      Tp alhamdulilah saya kurangi hutang dengan corporation,karena kalau ingkar sedikit malunya kemana kemana…orang yg tidak tahu jadi tahu.
      Lebih baik hutang ke kerabat atau saudara yg bisa menjaga kepercayaan.pasti ada kok…
      Semangat ya kawan.semoga lekas selesai.

      1
      4
  • 9 Juli 2022 - (20:52 WIB)
    Permalink

    Dilema juga. Mau di pakai tpi belum jg butuh sekali terus jd beban tiap bulan bayar cicilan Mau dikembalikan beban pinaltry. Ditabung aja atau diinvestasikan buat beli saham.

  • 9 Juli 2022 - (20:58 WIB)
    Permalink

    masalah pelik ini.
    beli bitcoin atau bnb aja om. tunggu 2 tahun lagi saat market bull run.

  • 9 Juli 2022 - (21:51 WIB)
    Permalink

    Gimana sih,minjam kok coba coba sampai selesai persyaratan pengajuan nya, udah di transfer merasa di zholimi,emang gak bisa nelpon ke pihak bank dulu sejelas-jelasnya? Aneh banget Anda,

    5
    1
    • 9 Juli 2022 - (22:04 WIB)
      Permalink

      Baca yg jelas kronologisnya, sy tidak mencantumkan NPWP tapi nyatanya itu hanya persyaratan optional

      1
      3
  • 9 Juli 2022 - (22:49 WIB)
    Permalink

    Harusnya ini kalau diatas 10jt musti ada komfirmasi bail melalui email maupun telepon.
    Saya dulu iseng aplikasi KTA BCA mau minjem 15jt aja ada konfirmasi terlebih dahulu via telepon. Untungnya gak jadi setelah denger bunganya sangar.

    Kok Permata bablas langsung transfer? Padahal duit gede itu diatas 50jeti.

  • 9 Juli 2022 - (22:58 WIB)
    Permalink

    Bener bgt, atas keluhan diatas karena kejadian juga menimpa saya ,cicilan tidak sesuai di ilustrasi pada aplikasi pas di konfirmasi juga gak di jelasin bunganya berapa, dan tidak angin/hujan main transfer aj, tanpa ada notifikasi SMS/email pas di cek bunganya membengkak, mohon kepada permata agar trasparan dan dijelaskan sebelum pinjaman di kreditkan ke nasabah

  • 10 Juli 2022 - (00:44 WIB)
    Permalink

    Enak sekali ya skrg, pinjam di bank dgn nominal sampai puluhan jt cm lewat aplikasi dari bank tsbt. Tdk ada jaminan lagi. Ckckckck

  • 10 Juli 2022 - (02:03 WIB)
    Permalink

    TS ini sebelumnya nasabah Permata, jadi datanya udah lengkap di bank Permata. Jadi gampang cair dan acc. Saya dulu sebelum pandemi juga pernah apply disitu, karena bukan nasabah ya ada yang datang kerumah minta dokumen² dan tanda tangan. Tapi untuk pinjaman kedua langsung apply sehari acc. Dan untuk bunga memang tergantung analis ya, dilihat ada pinjaman / CC lain di bank lain atau ga dll. Saya dulu bebas provisi dan bunga 0.98% , pinjaman kedua turun jadi 0.88%
    Biasanya kalau sudah tampil disini bisa kok dibalikin tanpa biaya tambahan. Semoga saja ya

    • 10 Juli 2022 - (02:06 WIB)
      Permalink

      Catatan juga, selama saya apply cuma VC sekali waktu verifikasi data karena saya bukan nasabah Permata. Pinjaman kedua tidak ada telpon dan verifikasi lagi, langsung cair juga sehari. Nilai kurang lebih sama dengan diatas.

  • 10 Juli 2022 - (11:48 WIB)
    Permalink

    Wahhh… Senasib dgn saya 😁😁tp bkn di permata …cmn ngecek2 doang brp sih bunganya klw nyicil… Ehh ga taunya lsg approved… Untungnya cmn 152 rb an tp 3 thn an😱mw dibalikin gede di pinalti… Yaud diterusin… Alhamdulillah sdh mw lunas… Cmn jadi kapok kepo2 in bunga pinjaman 😆😆

  • 11 Juli 2022 - (17:40 WIB)
    Permalink

    Terima kasih kepada bank permata yang telah merespon masalah saya dengan sangat baik..

    Terima kasih juga kepada media konsumen yang sudah menjembatani permasalahan ini..

    CASE CLOSED..

 Apa Komentar Anda mengenai KTA PermataBank?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

KTA PermataBank Tidak Transparan

oleh budi adinata dibaca dalam: 1 menit
25