Surat Pembaca

Salah Transfer VA Kredivo, Kapan Bisa Kembali?

Pada tanggal 06 Juli 2022, saya membayar tagihan Kredivo melalui ATM BRI ke virtual account BRI Kredivo, dengan nominal Rp896.010 Namun saat saya transfer ke virtual account saya (dengan nomor: 103908****797187), ternyata ada salah satu digit angka yang salah, menjadi nomor: 103908****787187.

Otomatis saya malah membayar tagihan akun orang lain. Sedangkan maksud saya adalah membayar akun Kredivo milik saya melalui ATM BRI. Karena terburu-buru, antrean banyak, saya cuma pencet tanpa memperhatikan nomor VA, saya cuma memperhatikan tujuan transfer.

Bukti transfer VA

Saya baru sadar setelah saya cek tagihan saya, ternya statusnya masih menunggu pembayaran. Saat itulah saya tahu kalau saya salah bayar, setelah uangnya sudah ditransfer. Saya sudah menghubungi CS Kredivo melalui aplikasi Kredivo, email dan telepon, dan mendapatkan jawaban sebagai berikut:

Pihak CS Kredivo tidak ada solusi yang menjanjikan uang tersebut kembali. Perusahaan sebesar Kredivo harusnya bisa membantu dengan pasti. Masa harus menunggu dari itikad baik dari akun penerima? Kalau misalnya akun penerima gak ada itikad baik, Kredivo lepas tangan dong?

Menurut informasi yang saya dapat dari pihak Kredivo. bahwa pihak Kredivo tidak dapat menarik dana yang telah terverifikasi dan yang dapat pihak Kredivo lakukan hanya menginformasikan kendala yang terjadi kepada pihak penerima dana. Namun tidak menjanjikan dananya pasti kembali, karena hal tersebut berdasarkan itikad baik penerima dana tersebut.

Menanggapi hal tersebut, menurut pribadi saya akun virtual dibuat oleh pihak Kredivo kepada si peminjam, jadi yang menerima pembayaran dana adalah pihak Kredivo. Seharusnya pihak Kredivo memiliki kewenangan penuh terhadap virtual akun tersebut dan berhak membatalkan pembayaran tagihan atas kesalahan yang sudah dilakukan, berdasarkan pengaduan yang sudah disampaikan dan dilengkapi dengan bukti bayar yang dapat disesuaikan dengan data akun saya di Kredivo.

Walaupun saya akui ini kelalaian saya atas salah akun dalam pembayaran, seharusnya bisa dicek dari mutasi rekening bank saya, dengan nominal Rp896.010 pada tanggal 06 Juli 2022 pukul 16:25:39 WIB. Bukti pembayaran saya lampirkan.

Mohon agar pihak Kredivo dapat membantu penyelesaian kesalahan pembayaran melalui virtual account Kredivo ini. Untuk saya itu uang yang sangat besar dan kan masuk ke akun Kredivo orang, masa pihak Kredivo tidak bisa membatalkan?

Lika Cahya Herliana
Wonogiri, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Lika Cahya Herliana

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo sampai saat ini. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Sepertinya tidak begitu prosedurnya.
    Mungkin bisa dibaca ulang pasal-pasal perjanjiannya

    • Harusnya sebelum enter mesti baca di monitor keluar keterangan nama penerima dan jumlah tagihan,itu sudah muncul tagihan jumlah beda, artinya TS kurang teliti dan terkesan terburu², sdh jelas tagihan yg muncul Rp 79.810,-. Harusnya lebih teliti..
      Mudah²an penerima dana berbaik hatinya mengembalikan dana yg salah transfer, atau harus pihak kredivo bisa memblokir dana yg nyasar krna msh sama² dlm rekening VA kredivo

    • Sudah tahun 2022, ATM lebih banyak untuk tarik tunai atau setor tunai. Buat pembayaran, pembelian, transfer, top up dompet digital, cek saldo sekarang bisa pakai mobile banking. BRI ada mengeluarkan aplikasi mobile banking yaitu BRI mobile. Lebih cepat dan praktis daripada ke ATM. Yg penting ada jaringan internet semuanya jadi mudah dan cepat.

    • Alhamdulillah, terima kasih kepada pihak Kredivo, hari tanggal Minggu 11 Juli 2022 uang saya yang salah nomor VA sudah dikembalikan. Sebagai pelajaran untuk saya agar lebih teliti lagi untuk melakukan transaksi. Respons Kredivo bagus sudah dikembalikan. Permasalahan di kedua belah pihak telah terselesaikan dengan baik.
      Sekali lagi terima kasih pihak Kredivo dan tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih untuk Media Konsumen yang telah menerbitkan artikel saya.
      Dan pembelajaran untuk saya juga kedepan agar lebih hati hati lagi.
      Terima kasih Kredivo dan terima kasih Media Konsumen, orang yang menerima uang saya yang punya itikad baik saya ucapkan terima kasih banyak.
      #kreditvo
      #Mediakonsumen

      • Bagaimana cara nya agar bisa ngehubung i va yang tempt kita salah trf kak mohon batuan nya 🙏🏻🙏🏻

  • Sy agak aneh dgn nominal tagihannya yg sama persis. Bknnya kalau nmr VA itu di buat khusus untuk yg bersangkutan dgn jumlah tagihan masing2?

    • tidak sama persis gan, beda nominal tagihannya 79.810
      tagihan sebenarnya di ketik lg tu 896.010 sebelum konfirmasi.
      murni kelalaian

      tp tetap saja, kredivo punya hak akan koreksi tersebut.
      di kejar terus saya ......

      semoga cepat terselesaikan

  • bukannya saya tdk berempati. Tp utk kasus salah transfer krn kelalaian pelaku,penyedia jasa tdk bs lsg otomatis memindahkan dana yg salah transfer tsb. sblm transfer nasabah sdh di ingatkan mengenai no rek tujuan,nama pemilik rekening. ketika menyelesaikan transaksi tsb maka nasabah sadar dgn transaksi yg dilakukan.
    yg bs dilakukan kredivo menurut saya hanya sebatas menghubungi nasabah yg menerima dana salah transfer tsb dan meminta ybs utk mengembalikannya kpd nasabah yg salah transfer

    • Alhamdulillah saya blm pernah mengalami salah transfer ke beda VA...secara ini kan VA loh...virtual account...

  • Dan terjadi lagi...kisah lama yang terulang kembali...salah transfer lagi...dengan gampangnya minta uang kembali...dan yang lebih parah lagi maksain pemikiran sendiri...uwouwo...!!
    Salah transfer dengan tertipu orang tuh beda beda tipis tapi solusinya sama yaitu menunggu itikad baik untuk uang bisa dikembalikan, gabisa maksa pihak bank seenaknya. Semoga uang anda cepat dikembalikan dan tidak ada yg salah transfer lagi apalagi bilang masa bank / aplikasi sebesar ini tidak bisa mengembalikan uang yang salah transfer.

  • Sekarang serba digital semua praktis,tp kita juga harus kritis.
    Jgn mudah terlalu percaya sama sosial media karena itu bagian dr sistem.dan sistem yg buat manusia.
    Saran saya ikhlaskan saja kawan anggap saja itu amal.
    Kurangi aja deh yg sering pake e money kayak gini.
    Karena kalau salah sedikit rumitnya bikin pusing.
    Memang bener kata orang tua.

    Ora ubet ora ngliwet.ini pedoman orang dulu.

    Kalau ada yg mudah,kenapa cari yg susah.ini orang sekarang.

    Minta nya serba praktis...
    Hehehe.
    Semangat kawan.
    Kurangi e money di hp ya

  • Alhamdulillah, terima kasih kepada pihak Kredivo, hari tanggal Minggu 11 Juli 2022 uang saya yang salah nomor VA sudah dikembalikan. Sebagai pelajaran untuk saya agar lebih teliti lagi untuk melakukan transaksi. Respons Kredivo bagus sudah dikembalikan. Permasalahan di kedua belah pihak telah terselesaikan dengan baik.
    Sekali lagi terima kasih pihak Kredivo dan tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih untuk Media Konsumen yang telah menerbitkan artikel saya.
    Dan pembelajaran untuk saya juga kedepan agar lebih hati hati lagi.
    Terima kasih Kredivo dan terima kasih Media Konsumen, orang yang menerima uang saya yang punya itikad baik saya ucapkan terima kasih banyak.
    #kreditvo
    Mediakonsumen

    • Jgn kondisi buru2 selalu dijadikan kambing hitam atas ketidak telitian kita. ATM walau rame yg antri, kayanya ga akan sampe maksa anda buru2, apalg cek nomor tujuan transfer ga sampe semenit, blm lg nominal tagihan yg anda salah transfer aja beda jauh, masa sih ga aware?

    • AMIN.....
      tu baru namanya CS berkualitas
      kualitas dan besarnya perusahaan sama.