Surat Pembaca

Indodana Menambah 1 Bulan Tenor Saya

Kejadian ini bermula ketika saya bertransaksi di Tokopedia pada tanggal 28 Maret 2022. Saya membeli barang seharga Rp5.000.000. Metode pembayaran yang saya pilih Indodana, karena waktu itu sedang ada promo cicilan bunga 0% dan saya ambil tenor 3 bulan dengan angsuran Rp1.735.500/bulan.

Seiring berjalannya waktu, saya pun selalu tepat waktu membayar tagihannya, sehingga tidak terkena denda. Namun pada bulan angsuran kedua/Mei, Pembayaran saya sempat pending. Karena tanggal gajian jatuh setiap tanggal 28, dan ketentuannya jika tanggal 28 jatuh pada hari libur (Sabtu, Minggu) Maka gajian saya di-pending hingga hari kerjanya (Senin-Jumat).

Pada hari Senin, tanggal 30 Mei2022 saya berniat membayar angsuran kedua tersebut, dikarenakan sudah gajian dan saya sudah berjanji kepada debt collector akan bayar di hari tsb. Akan tetapi ketika melihat tagihan tersebut yang seharusnya 3x angsuran, bertambah 1x angsuran menjadi 4x angsuran dan membuat saya marah tidak ingin membayarnya.

Lalu dari pihak Indodana terus menagih dan lebih parahnya menghubungi keluarga yang membuat saya malu.

Akhirnya pada hari Kamis, tanggal 09 Juni 2022 setelah terjadi kesepakatan antara saya dengan DC. DC tersebut menjanjikan akan menghapus denda penambahan 1x angsuran tersebut. Lalu saya membayar tagihan bulan Mei dan beserta denda keterlambatan bulai Mei.

Namun pada saat mau bayar angsuran ke-3 (terakhir),  denda penambahan 1x angsuran masih ada dan belum terhapuskan tidak sesuai janji DC. Saya membayar lebih awal untuk angsuran ke-3/terakhir pada 22 Juni 2022, padahal jatuh tempo tanggal 28 Juni 2022, karena ditakutkan terulang lagi kejadian sebelumnya.

.

Setelah membayar angsuran ke-3, harusnya saya sudah lunas, akan tetapi sampai saat ini denda penambahan 1x angsuran saya masih ada dan belum hilang. Lalu saya menghubungi DC tersebut, tapi tidak ada tanggapan. Padahal dia yang berjanji akan menghapuskan denda 1x angsuran tersebut, tapi malah lari dari tanggung jawab. Setelah itu saya menghubungi call center Indodana, tapi tidak juga membantu perihal kendala masalah saya.

Jujur saja ini sangat berat bagi saya di masa setelah pandemi seperti ini, untuk membayar denda tersebut. Saya mohon pengertiannya untuk Indodana. Saya sudah beritikad baik ingin membayar, tapi kenapa seakan saya dijebak dan dibohongi seperti ini?

Semoga ada tindak lanjut dari pihak Indodana untuk kasus saya ini. Terima kasih.

Erlangga
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Indodana Atas Keluhan Bapak Erlangga

Menanggapi keluhan bapak Erlangga yang diterbitkan melalui surat pembaca Media Konsumen tanggal 21 Juli 2022 dengan judul “Indodana Menambah 1...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Lah siapa yang nyumpahin situ? Situ aja baru komen? Mabok yah? Di jaga mas ucapannya ingat mulutmu harimaumu? terima kasih sudah menghina semoga anda panjang umur & sehat selalu

  • Yang utama skrg
    Bayar denda 1x cicilan nya, anggap sebagai pembelajaran
    Usia masih muda, duit bisa dicari. Nama baik tidak bisa.
    Karena berhubungan dengan perbankan SLIK jadi taruhan nya.
    Ga lucu kedepan nya gegara 1x cicilan ga di bayar tidak bisa ajukan pembiayaan di bank lain ( KPR, kendaraan dll )
    Ente bisa menang argumentasi dengan DC, tapi akan kalah dengan data, bahwa ente masih nunggak. sesimple itu.

    • Lumayan juga bang bayar 1× cicilan tambahan 1,7jt belom lagi dia udwh bayar denda keterlambatan juga?

  • Oh indodana emang licik nih. DC nya trnyata sama aja semua. Saya baru ngalamin kmrn. Dijanjiin disc bunga, begitu saya bayar eh dia baru bilang kenapa ga ngabarin dulu biar dia ganti setting supaya disc. Pdhl uda jelas" saya nanya berulang & bilang mau bayar saat itu juga. Trus ngilang aja ga bales" saya uda komplen.
    Sampe saya harus email ke AFPI & Indodana, trus komen di komen di IG nya baru direspon. Itu pun ttp disc nya ga sesuai janji DC di awal. Trus komen saya di IG Indodana dihapus haha

  • Udah 2 hari belum ada tanggapan dari INDODANA yah? Kalo tidak ada tanggapan berarti memang sengaja di jebak bang sabarin aja semoga banyak rejeki?

  • Sudah 4 hari belum ada kejelasan dari INDODANA yah mas? Blacklist aja lah menjebak custumer ini, ga usah bayar mas percuman kalo cuman 1 pihak ada itikad baiknya?

    • Parah emang sii, udah lapor ojk d suruhnya selesaikan dgn pihak terkait, email indodana suruh datengin salles dn pihak merchant, udh d datengin ttep mereka mengelak sesuai S&K... Pdhal jelas" dlam kontrak hanya di tuliskan denda 10% dri harga cicilan perbulan, bner" telat 4hari trus kita suruh bayar 1blan lagi... 494.500 bagi kita mah gede ini !

  • Dari pidak Indodana sudah bertanggung jawab & menyelesaikan masalah saya?? Terima kasih atas pengertiannya

1 3 4 5