Pembatalan oleh Pengguna, Lalamove Suspend Akun Driver

Pada tanggal 13 Agustus 2022, saya mitra Lalamove roda 2 mendapat mendapat order pengiriman paket. Di tengah perjalanan menuju tempat pick up, saya ditelpon oleh user yang menyampaikan permohoanan maaf dan saya tidak perlu melanjutkan pick up karena mereka sudah mengajukan pembatalan order melalui pihak ke 3 karena order ke Lalamove melalui pihak ketiga (dalam hal ini sesuai chat driver ke user menggunakan wehelpyou).

Saya setelah mendapat konfirmasi tsb tidak melanjutkan pick up dan menunggu beberapa saat agar proses cancel order dari user tsb diproses. Padahal jarak saya ke tempat pick up sesuai google maps tinggal 6-7 menit perjalanan karena hari itu Minggu sehingga traffic lancar. Setelah menunggu 5 menit, cancel belum juga diproses, sementara saya sebagai driver tidak bisa lanjut dan juga tidak bisa ambil order lagi karena yang berjalan masih belum di-cancel.

Setelah saya call ke user, mereka menyampaikan bahwa pihak ketiga sudah minta ke Lalamove untuk cancel order, tapi prosesnya lama dan user sampaikan bahwa wehelpyou slow response. Saya inisiatif chat ke Lalamove dengan harapan saya menyampaikan bahwa order tsb dibatalkan oleh user dan pihak Lalamove minta dokumen pendukung dikirimkan.

Saya coba buka link yang dikirimkan Lalamove untuk kirim screen shot/ss chat saya dengan user, namun hape saya kendala pada saat itu tidak bisa attach dokumen-dokumen yang diminta. Kemudian setelah saya hubungi kembali CS Lalamove menyampaikan bahwa saya tidak bisa kirim dokumen yang dimaksud. Saya menyampaikan bahwa yang minta cancel order ini adalah user.

Order akhirnya cancel tapi saya lihat di aplikasi statusnya driver cancel. Hari itu sampai sore saya masih bisa lanjut untuk ambil order dan menyelesaikan pengantaran.

Keesokan harinya tanggal 14 Agustus 22, aplikasi saya di-suspend. Dan setelah saya konfirmasi itu akibat cancel order pada tanggal 13 sebelumnya. Saya sampaikan kronologinya dan saya lampirkan dokumen-dokumen beberapa ss chat saya ke user. Setelah saran dari CS Lalamove agar membuka link dari browser lain, dan saya berhasil kirim.

Setelah beberapa kali menghubungi CS Lalamove saya terus dimnta mengirimkan dokumen-dokumen pendukung terkait cancel order tsb. Dan saya juga terus minta ke user agar mereka juga follow up ke pihak ketiga karena pengalaman saya jika yang report dari user akan lebih cepat diproses daripada dari user.

Janji-jani dari Lalamove akun saya akan dipulihkan, maksimal setelah jam 1 siang (tanggal 16 Agustus). Dan setelah time limit tsb masih juga belum aktif saya hubungi mereka sampaikan ditunggu 1×24 jam, namun sampai tanggal 17 Agustus setelah lebih dari waktu yang diberikan akun saya masih juga suspended.

Di sini saya sampaikan bahwa Lalamove bersikap semena-mena terhadap driver (dzolim) dan tidak ada pertimbangan sama sekali terhadap dokumen-dokumen yang sudah dikirimkan. Dan saya sampaikan jika yang saya terjadi adalah seperti kronologis di atas, cancel order tsb memang dari user dan bukan dari saya sebagai driver. Saya dirugikan karena saya tidak bisa narik beberapa hari karena suspend tsb. Dan saya disalahkan atas pembatalan tsb.

Kamafidiyat
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Coba pindah ke aplikasi lain aja daripada dizalimi sama lalamove. Terkadang pihak aplikasi berlaku semena-mena terhadap mitra padahal tanpa mitra mereka juga gak bisa makan.

    Agar bisa tetap dapat order, jangan cuma pakai satu aplikasi, sekurangnya dua aplikasi. Kalau satu aplikasi bermasalah, masih bisa jalan dengan aplikasi yang satunya.

      • Indriver dan maxim gampang kok yg daftar,, sehari jadi, dan kayaknya lebih ramai user nya

      • Idihh. Mau an gabung lalamove. Temen2 aja banyak yang gabung dah ga mau pake lagi aplikasinya terlalu murahhhhh banget ga sebanding sama hasilnya. Coba gabung di aplikasi gojek sama grab coba aja dulu donload aplikasinya ada keterangan jadi mitra . Siapa tahu rezekian.

        Temen2 main banyak aplikasi gojek .grab.shope .lalamove .indriver.
        Cuma lalamove dah ga mau mainin terlalu murah. Ga sesuai tekor dibensin.

        Iktiar tuh banyak aplikasi kok. Go send sam day lagi buka terus harga diatas lalamove. Banyak yang kosong . Ga usah ngarepin cuma 1 . Masih banyak diluaran. Temen2 aja dah pada kapok mainin aplikasi murah.

        Gue pemain gosend 5 x tarikan aja dah dapet kurang lebih 300.. Ga usah nyerah yang penting mau berusaha. Wkwkwkwkwk

  • Kayaknya dari pihak wehekpyou yg slow respond tuh.. Jadi salah laporan dikira driver yg cancel..

    • Menurut user nya begitu. Yg disayangkan knp tidak ada mekanisme banding terkait hal spt ini dan tanggapan cs lalamove "A" sll menyalahkan driver