Waspada!! Penipuan via Instagram Berkedok Lelang/Auction

Halo,

Salam sehat untuk kita semua. Di sini saya ingin membagikan pengalaman mengikuti lelang melalui instagram (Auction) yang dimana si Owner lelang memposting barang jualannya. Nama akun instagramnya adalah Zeus Auction @zeusauction.id.

Saya kemudian tertarik dengan salah satu barangnya yaitu Iphone 13 Pro Max dengan start di harga 3.500.000 (saya rasa tidak masuk akal) tapi tetap saya bid di harga tersebut.

Singkat cerita saya dihubungi via DM bahwa saya memenangkan lelang (saya tertawa dalam hati dapat iphone 13 pro max harga 3,5jt). Kemudian dia meminta transfer sejumlah bid yaitu Rp3.500.000.

Kemudian saya menyanggupi membayar sejumlah uang tersebut tetapi dengan cara membayar via tokopedia. Admin kemudian bingung sampai-sampai saya ajari untuk kasih masuk barangnya ke tokopedia. Si admin dari situ mulai berbelit-belit bahwa mereka tidak bekerjasama dengan tokopedia lah, barangnya dari Singapura lah dsb.

Kemudian dia minta beralih percakapan via WA dan sayapun langsung membalas WA tsb. Si pelaku sampai mengirim foto KTP dan swafotonya untuk supaya saya percaya untuk transfer, dia memohon kerjasamanya untuk transfer biaya ongkir, administrasi, dan DP untuk bea cukai, katanya setelah barang diterima saya harus lunasi dan sayapun ladeni sampai jam 1 malam (emang lagi kurang kerjaan).

Mungkin dia capek dengan ketentuan yang saya berikan akhirnya si admin memblock IG, Wa dan chat-chat dihapus.

Untuk pemilik Akun @zeusauction.id yang pernah mengirim foto KTP dan swafoto anda, Selamat foto-foto tersebut dan bukti percakapan sementara diselidiki oleh Satgas Cybercrime Polres Tana Toraja. Dan nomor rekening yang Anda berikan sudah dilaporkan ke Kominfo untuk diblokir dan dibekukan.

Dan untuk pembaca mungkin ini hanya cerita yang membosankan, tetapi intinya saya hanya menceritakan pengalaman supaya para pembaca yang budiman tidak tertipu oleh hal-hal seperti ini.

Sekian dan terima kasih sudah membaca.

Didi Jati Permana
Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:7    Rata-Rata: 5/5]

11 komentar untuk “Waspada!! Penipuan via Instagram Berkedok Lelang/Auction

    • 17 Agustus 2022 - (18:57 WIB)
      Permalink

      @soni chan
      100% dijamin KTP nya dpt nyomot dr org lain.
      Mari kita rame2 kerjain tu sindikat 🤣

  • 17 Agustus 2022 - (22:56 WIB)
    Permalink

    Sebenernya semua penipu ada dan bertambah banyak karena banyaknya orang bodoh yg dia bisa tipu… Masa ga jalan nalarnya liat harga segitu, fotonya ga di cek di google reverse dulu.. no hp ga di cek di truecaller, waduuh kacau manusia jaman sekarang semakin bego. Pantes ya banyak yg tertipu wksk.. bravo penipu 👍

    2
    9
      • 18 Agustus 2022 - (09:45 WIB)
        Permalink

        Gw udah baca nilai un bahasa indo gw 8.7 bro.. intinya pasti lo yg kena tipu yak.. bilang nya ga kena takut malu di mk wkwk..

        1
        6
          • 20 Agustus 2022 - (03:14 WIB)
            Permalink

            Wahh anggota km50 212 kok bisa dimari nehh? ? Wkkw

    • 18 Agustus 2022 - (21:37 WIB)
      Permalink

      Perasaan gua ceritain pengalaman ngerjain penipu & nggk sampe tertipu juga..kok ngegas2 sih hadeehh

  • 18 Agustus 2022 - (22:54 WIB)
    Permalink

    Terima kasih sudah berbagi.
    Betul langsung kelihatan trik nipunya dengan tidak mau prosedur rekber (digiring ke Marketplace).
    Jadi kepada teman-teman yang sering tergoda membeli produk di sosmed apapun, giring ke Marketplace atau tanya namanya olshop Marketplace nya.
    Dengan demikian uang anda aman.

 Apa Komentar Anda?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Waspada!! Penipuan via Instagram Berkedok Lelang/Auction

oleh Didin dibaca dalam: 1 menit
11