Biaya Pembatalan Kredit dari Home Credit Indonesia

7 hari lalu, tepatnya tanggal 1 September 2021, pihak HCI menghubungi saya melalui telepon untuk menawarkan bantuan pembiayaan modal usaha. Karena sambil bekerja, saya tidak mendengar dengan jelas tenur cicilan yang ditawarkan. Pinjaman sebesar Rp. 31.200.000,- dengan cicilan sebesar Rp. 1.518.500.Yang saya dengan tenurnya adalah 28 bulan. Sehingga saya menyetujuinya.

Detail pembiayaan

Pada saat kontrak dikirimkan, ternyata tenur pembiayaan adalah 48 bulan. Di mana jika dikalikan, pada akhirnya saya harus membayar sebesar Rp. 72.888.000 total. Tentu ini sudah memberatkan. Karena itu saya membatalkan perjanjian tersebut dan mengacu pada pasal 8.2 pada perjanjian pembiayaan terlampir, saya bisa melakukan pembatalan dalam kurun waktu 15 hari setelah kontrak diterbitkan.

Pasal 8.2 dalam Perjanjian Pembiayaan

Setelah saya mengirimkan email, berikut tanggapan PT Home Credit Indonesia. Walaupun pengajuan pembiayaan saya dibatalkan, saya tetap harus membayar biaya administrasi sebesar Rp. 1.560.000,-.

Di mana letak keadilan bagi saya? Saya sangat merasa dirugikan. Dan pada perjanjian pembiayaan juga hanya disebutkan pengembalian sesuai jumlah pembiayaan. Di mana jumlah pembiayaan yang saya terima hanya Rp. 29.640.000,-

Respon HCI terhadap keluhan saya

Mohon dibantu. Saya akan mengembalikan jumlah dana yang dikirimkan kepada saya sebesar Rp. 29. 640.000 tersebut. Namun daya menolak membayarkan biaya administrasi sejumlah Rp. 1.560.000 karena saya bahkan tidak jadi meminjam uang dari PT HCI.

Lain halnya kalau saya jadi melakukan peminjaman tersebut. Sudah seharusnya biaya administrasi dipotong dari jumlah pinjaman saya. Namun logikanya, jika peminjaman saja tidak jadi, saya dikenakan biaya administrasi untuk apa?????

Tolong dibantu agar tidak banyak orang kecil yang terjebak oleh PT Home Credit Indonesia.

Terima kasih.

Yori Wakanno
Jakarta Timur, DKI Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:44    Rata-Rata: 3.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Biaya Pembatalan Kredit dari Home Credit Indonesia

  • 9 September 2022 - (21:50 WIB)
    Permalink

    Home kredit itu raja setannya kredit nya Indonesia
    Jangn sekali kali berhubungan
    Membahayakan

    20
    1
    • 10 September 2022 - (13:28 WIB)
      Permalink

      Saya bukan nasabah HCI tapi setiap saat ditelp DC yang menagih hutang teman saya yang sudah bertahun-tahun tidak bertemu dan entah dimana berada, setiap saya jelaskan besoknya ditagih lagi orang lain lagi.

    • 11 September 2022 - (05:03 WIB)
      Permalink

      Setuju banget wkwk ***** nya kredit di Indonesia.. Lebih sadis dari pinjol..

      Ak tahun kemarin pernah terjebak, tapi nominal 6jt..

  • 10 September 2022 - (10:03 WIB)
    Permalink

    HCI??? Emg bgitu cara main nya, hati2 jgn pernah tergoda kl ga mau susah sendiri. Dan salesnya pd ga py malu sdh d email keberatan msh teror lwt HP/WA utk nawarin pinjaman.

  • 10 September 2022 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Seperti petir disiang bolong , mendengar cerita anda yang sudah saya hadapi 3-4 tahun lalu, sejak saat itu sampai 7 keturunan saya bertekad tidak akan mau berhubungan dengan kredit.atas dasar tersebut sebaiknya anda juga mengikuti apa yg sudah saya lakukan.tks

  • 10 September 2022 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Astagfirullah, dapat pinjaman 29 jtan trus suruh balikin nya 72 jtan. Gila bener bunga nya

    5
    1
  • 10 September 2022 - (14:11 WIB)
    Permalink

    Terima kasih untuk respon nya teman2. Tolong bantu sebarkan ke semua keluarga dan teman serta kenalan anda melalui semua media sosial kalian ya. Agar semakin banyak orang yg tau dan tidak terjebak seperti saya. Saya sudah memasukan pengaduan melalui website OJK juga. Saya akan mengadukan ke YLKI. Dan mengirimkan aduan melalui email ke OJK.

  • 10 September 2022 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Selama 48 bulan atau 4 tahun, nasabah HCI akan jadi sapi perah dan memeras keringat untuk memberikan keuntungan / laba bagi HCI. Bagi nasabah yang sudah terlanjur ambil pinjaman HCI, baik barang maupun uang adalah aset produktif bagi HCI, sumber pendapatan utama HCI. Dari nasabah, HCI dapat untung besar, bisa bayar investornya dan bisa bayar deviden bagi pemegang saham HCI.

    Sedangkan bagi nasabah HCI, harus kencangkan ikat pinggang, harus tunda untuk belanja kebutuhan supaya biasa bayar HCI setiap bulan, sampai 48 bulan lamanya. Parahnya lagi, jika sampai tertunggak maka dendanya sangat mencekik, dan hampir tidak ada jalan keluar dari lingkaran setan HCI.

    Bersyukurlah bagi penulis tidak tergiur menggunakan uang HCI dan memutuskan untuk membatalkan pinjaman. Jika tidak, Anda akan terlilit hutang pinjol HCI dan jadi sapi perah HCI, setidaknya selama 48 bulan. Jikapun Anda melunasi lebih cepat, tidak mengurangi jumlah pengembalian utang dengan tenor 48 bulan, malah bisa lebih besar karena denda dan penalti. Masih ada yang mau pinjam uang sama pinjol HCI?

  • 11 September 2022 - (05:00 WIB)
    Permalink

    Penasaran dengan owner/ investor HCI. Pengen lihat wajah2 rakus yg tega mencekik orang2 yg memang sudah megap2 butuh duit.

  • 11 September 2022 - (05:40 WIB)
    Permalink

    Hci ya gitu bunganya gede, Walau kurang jelas saat di telfon, saran sih budayakan baca lebih teliti lagi sebelum ttd kontrak, jangan langsung ttd aja, soalnya klo belum ttd kontrak bisa batal kok tu kontrak nantinya

  • 11 September 2022 - (08:18 WIB)
    Permalink

    Katakan putus talak sejuta sama hci 🙃 OJK mlempem puolll udah tau gitu OJK diem aja halu OJK kemana aja loe🤔

 Apa Komentar Anda?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Biaya Pembatalan Kredit dari Home Credit Indonesia

oleh Yori dibaca dalam: 1 menit
13