Surat Pembaca

Respons Ulasan Pembeli Dianggap Kurang Pantas, Berpengaruh ke Image Toko

Saya ingin melaporkan sebagai penjual, yang merasa semakin ke sini Shopee makin seperti marketplace abal-abal. Nomor pesanan: 22082646X3YFVG, pembeli dan penjual tidak ada masalah. Bagaimana tidak? Saya hanya merespons penilaian produk di kolom penilaian produk sebuah boneka yang bawahnya ada karet, yang bisa dilihat dari screenshot yang saya sertakan (pembeli dan link toko saya di Shopee saya sensor, karena tujuannya bukan untuk promosi toko di Shopee).

Namun selang 3 jam ada notifikasi bahwa respons saya dianggap kata-kata yang kurang sopan ?. Saya yakin ini bukan dari sistem, tapi dari laporan orang iseng yang langsung dieksekusi admin tanpa membaca. Kira-kira admin Shopee ini gimana ya?

Coba para pembaca simak deh ?. Hasilnya respons saya disembunyikan gitu. Yang melihat pasti berpikiran negatif dong, kenapa disembunyikan? Pakai alasan kata-kata gak pantas pula.

Saya sudah lapor ke Shopee cuma untuk urusin gini aja lamanya bukan main. Belum ada tindak lanjut (tinggal ditampilkan saja lamanya bukan main). Layanan Cs Shopee itu tidak berguna. Harus selalu lewat Media Konsumen. Ck..ck..ck parah. Apalagi untuk layanan yang lebih serius??

Efeknya jika ada calon pembeli yang lihat, kesannya saya tidak ramah karena ada sensor ****** kata-kata yang tidak pantas. ? Tolong rekrut staf tuh yang berbobot dikit Shopee. Jangan kelakuan anak SMP kalian rekrut.

Handy Suryadjaja Husin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Lha terus kl shopee abal2 anda masih jualan disana? Ya anda jadi penjual abal2 dong :D :D :D

    Coba pikir, sehari ada ribuan/ratusan ribu ulasan dan tanggapan. Pastinya sistem yg bekerja mensortirnya, misal dgn keyword. Kl ada keyword yg muncul akan di moderasi, ya kali aja adminnya lelah klik blokir semua. Seperti disini misal ada komen dgn kata kurang pantas, pasti di moderasi dulu, kl benar2 kurang pantas ya sensor. Dan saya sering lihat banyak ulasan dan tanggapan yg disensor, untung tidak nulis disini semua, :D

      • Sepertinya anda yg salah paham. Karena sistem Shopee lah yg mendeteksi kata tidak pantas, seperti tanggapan berupa link akan otomatis tersensor. Jadi yg menyensor bukan kru Shopee yg anda bilang seperti anak SMP, tapi sistem. Sistem kan kerjanya buta, asal sensor aja. Jangan memberi tanggapan berupa link, cukup ucapan trimakasih, sudah cukup

    • Komplin penulis ke shopee wajar kok... gak lebay...Menurut saya kelakuan shopee ke toko memang std nya gak jelas.... Wajar dianggap pelayanannya abal-abal, karena shopee marketplace besar, Harusnya punya std yg excellent... shopee baca dulu, baru buat tindakan

  • mungkin dalam komentar ga boleh ada link kali. atau ada penamaan rival misal Tokopedia, bukalapak, bisa juga info nomer hp. semua itu diharamkan shopee

    • Link toko Shopee itu sendiri. Saya paham itu. Dan itu boleh. Udah dibuka lagi kok ma Shopee. Karena saya, benar.

  • Orange mmg gitu sok arogan, sy jg pernah riview pake emot ketawa di akhir riview, di sembunyikan alesan tdk pantas, lama2 si orange ngelunjak, keseringan belanja pake voucher di tuduh penyalahgunaan voucher, sdh di pinta foto kk, ktp, ttp di anggap salah, najong...orange padalah saya dan keluarga g pernah neko2 klo riview

  • Maklumin aja, di negara ini banyak pemalas, lebih banyak yg percaya pada tuduhan dan malas check recheck.

  • Percuma jelasin masalah sistem auto detect sama orang yang gaptek, buang buang energi saja malah lebih pintar anak SMP daripada anda. Zaman sudah berubah bro ,hp pun sudah jd smartphone jgn norak sistem semacam gini ga tau,

    • Haha jgn sok pintar anda. Auto detect itu ketika kita post lgs kedetect. Ini setelah berjam jam itu arti nya berdasarkan reportan orang jan ada tombol report pada kanan komentar review. Gaptek loe cong

  • Itu yg sensor adalah sistem AI komputer shopee. Terdapat bbrp kata yang berpotensi _nakal_, maka kena jaring. Jika kita lapor, maka kru shopee (manusia) akan melihat apakah ada kesalahan sistem. Jelas sistem di dunia belum ada yg sempurna. Tetap perlu ada campurtangan manusia. Seharusnya lapor shopee dulu. Jika shopee bersikeras ada pelanggaran, barulah ditulis ke media konsumen.

  • Kalo Pembeli yang Reviews Negatif ke penjual dan Penjual Komplain rata2 Ngak di tanggapin apalagi hanya Star Seller / Star Seller Plus beda jika Memang Sudah Mall / Shopee Supermarket.

    Saya juga Sampai direviews oleh pembeli dengan Mengupload Gambar yg kurang pantas Admin shopee Hanya Menjawab harus ada Izin dari Pembeli untuk Hapus.

    Logikanya Pembeli Kan Memang Sengaja Menjatuhkan Rating Toko dan Provokasi serta Upload Gambar Kurang pantas mengapa harus Izin ke Pembeli.

      • Jejak Digital Kan ada Ini saya ada komplain keShopee. Kalo Saya ngak Di Gubris Sama Shopee Mau Saya Angkat Ke Mediakonsumen Karena Sudah jelas yg Salah Pembeli / Konsumen.