Masalah Air Bersih di Cluster Mediterania RT 43 Perumahan Balikpapan Regency

Kepada Yth. PT. Wahana Griya Utama, selaku pengelola WTP Perum Balikpapan Regency dan Pihak PDAM Kota Balikpapan. Perkenalkan, nama saya Aan Anugrah, sebagai warga Cluster Mediterania RT 43 Perumahan Balikpapan Regency Balikpapan – Kalimantan Timur, ingin menyampaikan keluhan permasalahan mengenai masalah supply air bersih di Cluster Mediterania dengan kronologi sebagai berikut:

  • Cluster Mediterania di Perumahan Balikpapan Regency Merupakan cluster yang juga sudah cukup lama berdiri, yaitu sejak tahun 2006.
  • Masalah supply air yang kurang baik dan buruk ke warga dimulai sejak Waterpark di Balikpapan Regency ditutup, dikarenakan pandemi sehingga sejak awal tahun 2021. Krisis masalah air mulai terjadi di cluster perumahan kami dan tidak kunjung selesai/membaik juga sampai hari ini.
  • Tiap hari air bermasalah tidak mengalir, kalau mengalir pun tidak jelas berapa lama dan jam berapa air tersebut menyala serta tidak ada pemberitahuan dari pihak pengelola, yaitu PT. Wahana Griya Utama. Sehingga warga tidak sempat menampung air dan menderita karenanya dan permasalahan supply air yang buruk ini sudah berlangsung lama, lebih dari 1 tahun.
  • Kualitas air juga buruk/keruh, sehingga warga mesti membeli tambahan filter air agar airnya layak dikonsumsi.
  • Tekanan airnya juga sangat kecil/minim jika airnya menyala, sehingga air tidak mencapai ke semua rumah warga.
  • Warga sudah memenuhi kewajibannya dengan rutin melakukan pembayaran air dan biaya pemeliharaannya tetapi pihak pengelola tidak melaksanakan kewajibannya dengan baik dan terkesan menggampangkan masalah ini.
  • Kami selaku warga Cluster Mediterania sudah berkali-kali bertemu dengan pihak pengelola/developer tetapi sampai sekarang masalah supply air ini tidak kunjung selesai dan membaik, hanya janji-janji saja tanpa ada hasil yang riil.

Mohon kiranya pihak Media konsumen bisa membantu menjembatani dan pihak PDAM Kota Balikpapan juga bisa membantu Proses Sambungan Pipa PDAM ke cluster kami, yaitu Cluster Mediterania RT 43 Balikpapan Regency. Dikarenakan masalah supply air ini sudah cukup lama lebih (dari 1 tahun) dan tidak kunjung selesai juga. Serta hanya di cluster kami saja yang airnya sering mati sedangkan untuk cluster lain di Balikpapan Regency tidak begitu dan tetap menyala.

Pertemuan warga dengan pihak developer Balikpapan Regency bulan April 2021
Pertemuan warga dengan pihak developer Balikpapan Regency bulan April 2021

Kami sebagai Warga Cluster Mediterania RT 43 berharap agar masalah krisis air di cluster kami ini bisa cepat selesai dan terima kasih atas bantuan dan kerja samanya.

Salam hangat,

Aan Anugrah
Warga Cluster Mediterania RT 43 Perumahan Balikpapan Regency
Balikpapan, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Perumahan Balikpapan Regency:
[Total:22    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Masalah Air Bersih di Cluster Mediterania RT 43 Perumahan Balikpapan Regency

  • 14 Oktober 2022 - (10:54 WIB)
    Permalink

    Betul sekali permasalahan air di perumahan Balikpapan Regency ini sudah keterlaluan. Padahal air ini krusial sekali untuk operasional sehari-hari dan saya sebagai IRT yang sangat menderita. Bayangkan saja, saking kecilnya air, cuci gelas beberapa biji saja hampir 30 menit. Belum lg untuk cuci baju dll. Saya lihat sudah beberapa kali juga ada demonstrasi dari warga karena kualitas dan kuantitas air yg buruk. Harap developer punya hati, kewajiban kami selalu kami bayar tepat waktu, tp MANA KEWAJIBAN ANDA?

    • 15 Oktober 2022 - (08:37 WIB)
      Permalink

      @media,setuju bu kami juga bayar tagihan air & biaya pemeliharaan dengan rutin tetapi pihak pengelola terkesan tidak peduli, menggampangkan serta terkesan hanya mencari keuntungan semata

  • 14 Oktober 2022 - (14:55 WIB)
    Permalink

    Masalah air sampai berlarut-larut, padahal air sudah jadi kebutuhan pokok sehari-hari…
    Sekarang malah buka cluster baru D’Camelia, apa bakal susah air juga???

    • 15 Oktober 2022 - (08:35 WIB)
      Permalink

      @Astama kalau pihak pengelola hanya terus membangun cluster2 baru dan hanya mementingkan keuntungan semata serta tidak segera membenahi proses pengadaan air bersihnya, maka saya yakin pasti masalah krisis air bersih di perumahan Balikpapan Regency ini akan semakin parah.. Sebelumnya ibu2 cluster castarica juga sempat demo tetapi sekarang airnya untuk cluster castarica sudah menyala

  • 14 Oktober 2022 - (23:08 WIB)
    Permalink

    @Aan
    Pak, kalau opsi bor sumur sendiri apakah diizinkan oleh developer?
    Setau saya daerah Balikpapan air tanahnya kurang baik. Rata-rata TDSnya diatas 300ppm.

    Air sangat krusial dalam kehidupan sehari-hari dan kalau 3 bulan macet itu sudah keterlaluan. Satu minggu saja sudah teriak. 😅

    Kalau pihak Developer & PDAM setempat tidak bisa melayani pasokan air, apakah sudah pernah ada ide obrolan dengan semua warga RT43 bangun sumur bor submersible & tower tandon mandiri dengan biaya patungan?

    • 15 Oktober 2022 - (08:29 WIB)
      Permalink

      @Dhan, terima kasih atas masukannya, akan kami pertimbangkan juga jika memungkinkan. Sebenarnya yg paling mengesalkan kami warga Cluster Mediterania adalah dimana air tersebut hanya mati setiap hari di Cluster kami sedangkan untuk cluster cluster yg lain di perumahan yg sama (Balikpapan Regency) tetap menyala dan tidak mati

      • 15 Oktober 2022 - (22:56 WIB)
        Permalink

        @Aan
        Semoga cepat selesai pak urusan airnya.
        Oh ya pak, itu saya lihat di foto ada bak penampungan air. Kapasitasnya berapa pak? Kalau mencapai 4-6 M3 untuk sementara beli air tangki. di MT Haryono itu milik PDAM jual air tangki, biasanya lebih murah dibanding yang jual perorangan/swasta.
        Setau saya kalau yang suplai air tangki ini kapasitas tangki nya ada dua, yaitu 4 & 6 M3 (kubik)

        • 15 Oktober 2022 - (23:07 WIB)
          Permalink

          @dhan terima kasih atas doanya pak 🙏iya semoga bisa cepat selesai masalah krisis air ini karena sudah terlalu lama dan menguras pikiran maupun keuangan dikarenakan selain warga musti membayar rutin tagihan air dan pemeliharaan warga juga musti membeli air juga Jika kehabisan air.

          Adapun untuk bak penampungan air yg difoto itu saya kurang tahu kapasitas pastinya berapa krn bak penampungan itu milik salah 1 warga dan bukan punya saya, kalau saya hanya pakai tandon 1200L yg biasa.

          Selama ini memang warga kalau kehabisan air membeli air tangki dari pihak developer maupun pihak lain yg berjualan air.

  • 16 Oktober 2022 - (12:56 WIB)
    Permalink

    Di regency ini airnya, WTP buatan developer atau PDAM pak ? Setau saya WTP. Ada tmen jg dsana, katanya krna WTP tidak ada penambahan, bukan air PDAM

    • 16 Oktober 2022 - (13:01 WIB)
      Permalink

      Oh ya..ada pdam sebagian ya pak yg cluster lama. Denger2 sih, ga ngalir krna daerahnya terlalu tinggi, susah ngalir. Sama kyk rmh uwa saya daerah karangrejo dkt panti asuhan aisyah. Jarang nyala air krna tinggi bgt jalannya. Hampir tiap wkt, beli air tangki pdam. 10rban klo ga salah. Cm antri pengantaran bs bbrapa hari. Jdi pesannya hrs bbrapa hr sblmnya

      • 16 Oktober 2022 - (13:08 WIB)
        Permalink

        @Fickie iya betul pak, untuk sebagian cluster dan daerah ruko di depan sudah ada yg pakai PDAM juga pak, makanya kami juga berharap pihak PDAM dapat membantu proses pemasangan PDAM juga di Cluster Mediterania ini, dikarenakan janji2 dari pihak developer tentang masalah air ini tidak kunjung selesai juga dan sudah terlalu lama serta berlarut-larut 🙏

        • 16 Oktober 2022 - (13:13 WIB)
          Permalink

          Sama aja di komplek rumah kami pak. Developer janji mau bikin wtp baru, kenyataannya janji2 saja, ga pnah terealisasi. Warga sampai kesal.
          Malah Fasilitas umum yg shrsnya utk penghijauan komplek sesuai perda, malah dijual lagi ke org lain.. haha..kacau pak. Sampe RT kami, mau bawa ini ke mslah hukum.

          • 16 Oktober 2022 - (13:16 WIB)
            Permalink

            @Fickie ini di balikpapan juga tah pak? Di komplek perumahan apa ini kalau boleh tahu?

    • 16 Oktober 2022 - (13:05 WIB)
      Permalink

      @Fickie airnya yg di Cluster Mediterania perumahan Balikpapan Regency ini adalah air olahan dari WTP Developer yg dikelola oleh PT. Wahana Griya Utama sebagai pengelola water treatment plant (WTP) di balikpapan regency

 Apa Komentar Anda mengenai Perumahan Balikpapan Regency?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Masalah Air Bersih di Cluster Mediterania RT 43 Perumahan Balikpapan R…

oleh Aan Anugrah dibaca dalam: 2 menit
14