Buruknya Layanan Situs e-materai

Hari ini tepatnya sejak pukul 2 siang tadi saya ingin daftar dan membeli e-materai melalui website di https://e-meterai.co.id/. Kemudian saya isilah sesuai dengan form yang ada dari mulai no KTP, NPWP alamat No. HP, email dsb.

Hingga saya submit pendaftaran itu email verifikasi tidak kunjung dikirim. Hingga beberapa kali mungkin ada lebih dari 10x percobaan namun tetap tidak mendapatkan link verifikasi melalui email.

Karena lama mendapatkan email verifikasi akhirnya saya tinggalkan sampai dengan pukul 19.00 malam ini dan akhirnya berhasil. Tapi kendala tidak sampai di sini saja, pada saat akan membeli lebih dari 20x percobaan namun tetap gagal mendapatkan apa yang ingin dibeli.

Pertanyaan atau mungkin keluhan saya adalah:

  1. Tidak bisakah kalian membuat website yang benar-benar user friendly dan tidak membuat emosi calon pelanggan (pembeli)?
  2. Apabila tidak bisa memenuhi kebutuhan pelanggan pliss deh jangan buka layanan apalagi di SSCN BKN wajib memakai e-materai. Sudah saja kembalikan saja ke metode materai fisik yang sangat mudah didapatkan.

Terima kasih.

Aris Sunanto
Indragiri Hilir, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

44 komentar untuk “Buruknya Layanan Situs e-materai

  • 6 November 2022 - (17:58 WIB)
    Permalink

    Ya website bumn mah emang gitu kayak karyawan ada jam istirahat, jam kantor, jam pulang dan hari libur weekend gitu wkwkwkwk

    • 6 November 2022 - (19:10 WIB)
      Permalink

      Ngga heran, di beberapa daerah malah tiap ganti bupati, semua aplikasi/website pengurusan kependudukan, ijin usaha, dll. ganti semua. Dan cuma awal2 saja cepat proses, nanti sudah jalan beberapa bulan mulai lemot lagi. Gitu terus berulang-ulang.

      • 25 September 2023 - (16:10 WIB)
        Permalink

        Kenapa sistem e-meterai masih jelek, kami harus berulang ulang melakukan pembayaran pembelian e-meterai sampai 7 kali, 1 kali bisa digunakan dan dokumennya bisa diunggah, 1 kali bisa digunakan tapi dokumennya tidak bisa diunggah, 5 kali pembelian tidak digunakan tapi dilaporkan saldo e-meterai kosong, sedangkan saldo top up kami berkurang karena sudah dibayarkan e-meterai
        Yeni-Sambas Kalbar

    • 6 November 2022 - (18:17 WIB)
      Permalink

      kalau nanti meningkatkan anggaran untuk meningkatkan sistem, malah di bully netizen. emang serba salah sih, mau di jelaskan untuk meningkatkan sistem jg tetap aja akan di bully netizen. serba salah tahu jadi pemerintah itu, pemerintah udah benarpun di salahkan, apalagi pemerintah salah.

      4
      8
    • 18 November 2022 - (20:42 WIB)
      Permalink

      SAMPAHHH PEMERINTAH NILEP UANG RAKYAT KECIL.. SAYA BELI E MATERAI 3 status terbayar.. dan materainya zonkk gak ada.. ditambah sekarang logot sendiri terus … Tolol pemerintah ****

    • 25 September 2023 - (16:19 WIB)
      Permalink

      Tolong ya Peruri, kami lagi unggah surat lamaran sscasn BKN, sudah berhasil e-meterai tidak bisa diunggah, dari siang tadi sampai sekarang, operatornya harus stannby

  • 7 November 2022 - (08:58 WIB)
    Permalink

    Beda kualitas layanan pemerintah dengan layanan swasta, layanan pemerintah itu seperti gak punya target, pengalaman saya saat pengurusan pendaftaran sertifikat tanah baru sampai 3 tahun di tahan kepala BPN dari Maret selesai terbit Oktober.

    • 5 Juni 2023 - (11:22 WIB)
      Permalink

      ya itu bukannya sama aja pake sistemnya e met punya pemerintah, kan mereka cuma jadi distributor aja

  • 8 November 2022 - (22:32 WIB)
    Permalink

    SSCN E-MATERAI, semuanya sama saja..Error abadi. Setiap tahun sama saja, mengesalkan. Daftar akun e-materai 3 hari baru jadi. Konfirmasi 2 hari, Login error.., OTP hilang di hutan belantara. Pembelian gagal truss…tidak ada yang berjalan dng baik. Saat semuanya normal, pendaftaran P3K sdh ditutup. Klo tidak siap mending kembali ke jaman batu. Mau sok serba digital tetapi menyusahkan pengguna.

  • 9 November 2022 - (02:02 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yg sama, email verifikasi tidak pernah masuk, saya coba menghubungi cs via wa tidak dibalas, dari pagi sudah coba daftar/login hasilnya tetap tidak bisa

  • 10 November 2022 - (10:35 WIB)
    Permalink

    Jadi inget waktu mencairkan saldo BPJS ketenagakerjaan mau daftar antrian online saja gagal truss menerus

  • 12 November 2022 - (13:16 WIB)
    Permalink

    Kejadian yg sekarang saya alami, kuota e materai saya hilang, dokumen yg saya bubuhi e materai tidak bisa di unduh…sial dobel namanya ni T.T

  • 15 November 2022 - (13:12 WIB)
    Permalink

    Sudah beli dan sdh bayar lewat ATM ada bukti bayar .. tpi status gagal dan kuota tetap 0. Ampppuunn mau dpt uang ko gitu amant

  • 15 November 2022 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Materai sudah dibayar waktu mau dibubuhi ke file tidak bisa, keterangan (kuota habis/terpakai). Sudah hubungi cs perkara gagal, namun respon cs bahwa server atau status sedang berjalan. Sudah dicoba perangkat lain, browser lain, jaringan lain, bahkan meminta orang di beda pulau sekali untuk statusnya, ternyata memang bermasalah. Jelas ini pembohongan dan bukti pegawai malas bekerja. Waspada kepada konsumen/calon konsumen yang menggunakan situs e-materai ini, uang anda akan terbuang sia-sia.

    • 18 November 2022 - (22:38 WIB)
      Permalink

      Klo bs tolong jaringan internetnya diperbaiki, ini istri sy yg lg pemberkasan P3K sdh 3 hari tdk bs terproses krn jaringan e-materai bermasalah. Padahal tgl 22 November 2022 terakhir pemberkasan P3K, materai sudah dibeli 4 kali. Tolong jgn halangi orang dalam mencari rejeki.

  • 15 November 2022 - (18:03 WIB)
    Permalink

    ada indikasi pencarian keuntungan dengan membuat gagal pembubuhan dan kuota berkurang, di komplain ke CS baik, ga ada respon, walau jumlahnya kecil tapi kalo banyak, bisa dibayangkan kalo seandainya beribu2 atau berjuta yang daftar CPNS atau PPPK dengan harga ematerai, sepertinya harus segera dilaporkan atau dibuatkan petisi biar segera intropeksi

    • 17 November 2022 - (23:26 WIB)
      Permalink

      Itu cuma sekali ini sy udah 5x 2 berhasil satu mau sy revisi,msh bth materai udah bayar msh belum masuk kuota nya,mending kalo udah masuk lancar,kendala sama bubuhnya lah,uploadnya dll ..malah kawan isteri sy 8x …padahal yg diambil cuman 2 saja…gilaa dikali berapa banyak yg gagal beli/bubuh materai . ..puluhan M mgkn atau ratusan M pemasukannya…

  • 18 November 2022 - (15:44 WIB)
    Permalink

    Padahal sudah terdaftar, ingin melakukan login keterangannya email belum verifikasi. tapi ketika melakukan verifikasi. nunggu email masuk lama banget sudah 3 jam nunggu gak kluar2. terus coba login lagi malah keterangannya berbeda *login gagal cek kembali koneksi anda*. Kok aneh banget ini aplikasi/website. Apakah sampai sekarang masih error juga?

  • 18 November 2022 - (23:19 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya kalau emang masih belum bisa beroperasi maksimal jangan di publikasikan dulu, kalau kondisi saat ini bagaimana coba, para kontestan pppk nakes yang di wajibkan pakek e-meterai di dokumennya yang penyerahannya kasih jatuh tempo sampai tgl 21 november.

  • 19 November 2022 - (02:51 WIB)
    Permalink

    Entah ini emg sengaja atau emg murni error.
    Jd istri saya ingin daftar PPPK.
    Akun sdh jd
    Nah, musibah dtg pas e-meterai ini nih.

    1. Pembubuhan e-meterai ke dokumen dlm waktu hampir 2 hari di loading stuck di sekitar 70% & akhir nya gagal.
    2. Istri saya membeli sbnyk 5 meterai, tp di riwayat, ada tambahan tagihan 6 meterai yg istri saya tidak membeli nya.
    3. Koneksi sering gagal padahal WiFi normal.
    4. Saat saya cek status server Peruri ini aktif / online, akan tetapi pd saat saya & istri menemui pihak Pos Indonesia di kantor, pegawai Pos Indonesia mengatakan apabila website Peruri sedang di non-aktifkan di karenakan ada masalah pd server.

    Note :
    Istri saya mengalami kejadian ini dr tgl 14 November 2022 & hingga saat ini, masih gagal.

  • 27 Desember 2022 - (09:00 WIB)
    Permalink

    Mw ngeluh tp gimana ya..
    Mw diwajar, tp gak wajar.. situs layanan kelolaan bumn/pemerintah tp kelas nya kaya buatan anak magang..

  • 5 Juni 2023 - (11:26 WIB)
    Permalink

    gw sering banget ngadapin eror di situs e met pemerintah itu, udah beberapa kali bubuhin meterai, eh dokumennya ngilang ga tau kemana gabisa di unduh, kuota e met nya berkurang pula. naik darah anjir ngadepin sistemnya dia……mbok yo kalau servernya masih jelek upgrade lah ke yang lebih bagus, sewa programer yang pro untuk benerin webnya atau gimana lah kan duitnya banyak mbok @PERURI

  • 31 Juli 2023 - (10:20 WIB)
    Permalink

    Ternyata banyak juga korban e-materai ini, niatnya pingin cepat dan praktis malah bikin uang terbuang percuma.
    beli 10 kuota, udah terbayar tapi kuota 0, selama nunggu 2 jam di komplain akhirnya muncul kuota 1, 9 lagi menghilang,, setelah di komplain lagi besoknya baru masuk sisanya.
    saya pikir masalah selesai sampai disini, ternyata sistem error pembubuhan e-materai gagal, di komplain disuruh coba berkala sampai 2×24 jam.. emang dikira kita pengangguran hanya ngurusin materai aja?? tau gini mendingan pakai materai fisik aja.
    Server bapuk, CS juga nggak ada solusi sama sekali, ujung2nya cuma nyalahin jaringan internet.

  • 27 September 2023 - (09:23 WIB)
    Permalink

    udah tau materai elektronik, masa harga 10rb kita beli dengan harga 10.574, masih aja ngambil untung, itu kn bukan materai fisik yang perlu di cetak menggunakan bahan2 kertas dll, yang kalo sy beli di kantor pos materai fisik masih sm dengan nominal materai 10rb di beli 10rb juga, kecuali beli di fotocopy atau alafamart di lebihin. proyek yang tadi nya mau mempermudah malah mempersulit rakyat, emng semboyan pemerintah dari dulu belum berubah, kalo bisa di persulit kenapa harus di permudah, kalo bisa bayar kenapa harus gratis…hahahahha

  • 28 September 2023 - (05:03 WIB)
    Permalink

    2 Solusi Jitu untuk pemerintah :
    Pertama : Buat 1 basis server Indonesia dan atau per-daerah tergantung mana yang lebih baik dengan kekuatan minimal mampu menghandel 100.000.000 pengguna aktif realtime. (Di 1 basis Server inilah seluruh Data dan Sistem Layanan online di jalankan)
    Kedua : Rekrut pengelola yang benar-benar Expert di bidangnya, bukan hasil nepotisme.

    Kelebihan : Konsentrasi seluruh data dan layanan hanya di 1 Basis Server yang ditangani dan dikelola oleh para ahli. Biaya yang jauh-jauh-jauh lebih hemat (Minim korupsi). Pengawasan sangat mudah dan mampu membatasi gerak koruptor.

    • 29 September 2023 - (00:55 WIB)
      Permalink

      ngak bakalan bisa,, ada kepentingan masing2 dan ini sudah berakar sejak dari dulu . bukannya masalah anak IT tidak bisa ngerjain bnyak yang pintar bisa ngerjain ini tetapi emang udah niat kumpulin 10 rb x1000 orang ..wkwkk

 Apa Komentar Anda?

Ada 44 komentar sampai saat ini..

Buruknya Layanan Situs e-materai

oleh ARIS dibaca dalam: 1 menit
44