Pinjol Uang Kaget Sebar Data Pribadi, Padahal Sudah Dilunasi

Dear Media Konsumen..

Pada tanggal 15 November 2022, ada pemberitahuan via WA dari pinjol Uang Kaget, bahwa hari itu jatuh tempo (tanpa notice 2 hari sebelumnya) pinjaman, dengan menggunakan kalimat yang tidak bagus. Langsung saya jawab, bahwa saya akan bayar lunas pukul 1 lewat dan rencana pembayaran via Alfamart.

Namun rupanya saya di kantor ada rapat mendadak yang penting dan tidak bisa saya hindari. Saya sudah sampaikan ke si penagih hal tersebut. Saya menjaga komunikasi tetap ada. Dampak dari kejadian itu si penagih langsung menyebarkan data pribadi saya ke kontak HP saya.

Pukul 18.00 saya melunasi tagihan, bukti transfer saya kirim via WA. Pukul 19.00 kawan saya masih ada yang ngasih kabar, bahwa dia menerima WA dari nomor tidak dikenal, yang isinya foto wajah dan KTP saya. Langsung saya hubungi nomor si penagih ini sampai batrenya nge-drop, tapi tidak dijawab. Akhirnya nomor si penagih tidak bisa dihubungi.

Dari kejadian di atas saya menyimpulkan bahwa: Pinjol Uang Kaget tidak terdaftar di OJK dan tidak profesional, terbukti dengan kalimat yang disampaikan oleh si penagih dan dengan sengaja membuat malu nasabah dengan menyebarkan data pribadi. Padahal saya bukan gagal bayar, artinya saya melunasi tagihan pada tanggal jatuh tempo.

Pihak penagih Uang Kaget telah melanggar UU ITE dan itu bisa dituntut. Pihak penagihan jelas tidak ada attitude. Saya tunggu niat baik dan penjelasan dari manajemen Uang Kaget. Terima kasih untuk Media Konsumen yang telah menayangkan surat keluhan saya.

Cheppy Mulya
Cilegon, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Uang Kaget:
[Total:399    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

53 komentar untuk “Pinjol Uang Kaget Sebar Data Pribadi, Padahal Sudah Dilunasi

  • 21 November 2022 - (11:36 WIB)
    Permalink

    Pinjol (apalagi ilegal) tidak punya toleransi. Itikad baik dan janji tidak berlaku disini. Saat jatuh tempo, tahunya mereka mengancam, mempermalukan, habis perkara. Ini bagian dari konsekuensi ngutang tanpa agunan atau jaminan.

    25
    3
    • 21 November 2022 - (16:43 WIB)
      Permalink

      Sebaiknya ini mjd pelajaran kita semua, untuk tidak berhutang kepada rentenir mereka adalah lintah darat,apalagi berhutang utk hal2 yg tdk perlu dan mendesak.

      23
      • 23 November 2022 - (20:21 WIB)
        Permalink

        Mari bersama2 bikin bangkrut pinjol macam gini. Pake logika aja ancaman2 blacklist di OJK.. klo toh iya dblacklist mungkin bank2 indonesia ga punya nasabah kali ya. Klo ada sebar data bilang aja ada maling data. DC pinjo ilegal itu maling…pengecut sok garang PP nyomot orang2 berotot.. nyatanya aku udh puluhan gagal bayar masih bida pinjam di bank..data ojk aman2 aja..kalo ada DC pinjol ilegal baca komen saya ini.. satu kata buat lu.. PENGECUT..KLO EMANG BERANI LO AKU AJAK KETEMU GA PERNAH MAU..

        43
        • 24 November 2022 - (07:15 WIB)
          Permalink

          Bener bgt bang. Banci emang mereka DC pinjol itu cuma berani d tlp ama wa doang. D ajak ketemu gak akan berani. Basmi smua pinjol dan DC na. Bakar. Sikat sampe tuntas. Tai mereka smua itu

          16
          1
          • 24 November 2022 - (07:39 WIB)
            Permalink

            Klo bs di buat keree aj,, biar mampus,,

            3
            1
          • 26 November 2022 - (08:45 WIB)
            Permalink

            Greget sama pinjol dan kollektor begini. Semoga pinjol ilegal dan kolektornya cepet musnah dr muka bumi ini.

        • 26 November 2022 - (17:35 WIB)
          Permalink

          GERAKAN MASYARAKAT INDONESIA SIAP HENTIKAN JONGOS – JONGOS RENTENIR ONLINE YANG MENGONGGONG DI WA YANG MENGINTIMIDASI SAUDARA2 KITA.

          HANCURKAN APLIKASI PINJOL BESERTA JONGOS – JONGOS NYA
          YANG HANYA BISA MAKAN JIKA ADA NASABAH YANG MEMBAYAR.

          YANG DI INTIMIDASI SAMA JONGOS – JONGOS RENTENIR ONLINE.

          MEREKA ITU SIAPA ???
          KITA TIDAK PUNYA UTANG PIUTANG SAMA MEREKA. KENAPA MEREKA MENGGONGONG KERAS SEKALI.

          LEGALITAS MEREKA SAJA KITA TIDAK TAU – TAPI MEREKA BICARA SE ENAKNYA MENGATAKAN DENGAN UCAPAN YANG TIDAK PANTAS KE SAUDARA SAUDARA KITA YANG DI INTIMIDASI.

          MEREKA TIDAK PUNYA KUASA AKAN BICARA SEPERTI ITU SE ENAKNYA SENDIRI TANPA OTAK. TUGAS MEREKA HANYA RIMENDER ( MENGINGATKAN ) BUKAN MENCACI KAKI ORANG SE ENAKNYA.

          SATU KAN TEKAD
          HANCURKAN RENTENIR ONLINE
          STOP PEMBAYARAN JIKA ANDA SDH DI PERMALUKAN.
          JANGAN PERNA TAKUT SAUDARAKU.

          MEREKA ( JONGOS – JONGOS RENTENIR ONLINE BISA MAKAN KALAU ADA NASABAH YANG MEMBAYAR TUNGGAKAN NYA )

          TIDAK ADA YANG MEMBAYAR MEREKA BAKAL MATI KELAPARAN.

          MERDEKA.
          #VIRALKAN

          11
    • 23 November 2022 - (04:07 WIB)
      Permalink

      Dari chat WA saya analisa, kayaknya ibu ini sengaja menghindari untuk bayar, dari kemarin jam 17 sore alasan lagi di jalan, kalau niat bayar kalau sudah tidak dijalan akan diusahakan bayar pada hari itu juga, tapi ternyata besoknya alasan lagi rapat, kalau anda bayar tepat waktu tidak mungkin petugas karyawan pinjol memperingatkan, lucu orang orang ini, berhutang malah sok berkuasa,kalau kalian menyebut itu pinjol ilegal kenapa kalian pinjam disitu,

      18
      104
      • 23 November 2022 - (10:39 WIB)
        Permalink

        Bacanya WA nya yg kanan dulu. Emang sampeyan klo lagi rapat/meeting bisa ijin keluar dulu buat bayar tempo pinjol ke atasan yg hadir d meeting.

        18
        1
      • 24 November 2022 - (00:52 WIB)
        Permalink

        Hahaha kalimatnya seperti kalimat tim penagih yang nagihnya pake bahasa seenak jidat dan sok jago.

        4
        1
      • 24 November 2022 - (07:18 WIB)
        Permalink

        Hahaha… seperti na keluar 1 ini DC. Cari kerja yg bener lah cuy. Rentenir kau bela. Parah kau.

      • 24 November 2022 - (10:53 WIB)
        Permalink

        Otaknya tolong dipake dulu sebelum komen. Pelajaran bahasa Indonesia ga lulus ya? Atau emang ga pernah lulus sekolah? Udah jelas disana kalimatnya gimana dan dibayar lunas hari itu juga. Malu2in lu punya nama aja.

        • 24 November 2022 - (17:42 WIB)
          Permalink

          Semua Pinjol..ttep sama..lucu nya tim Penagih itu..nagih ketika hari jatuh tempo, pdhl Peminjam dlm kontrak prjanjian bts maksimal byr ya hari jatuh tempo, bila telat..baru muncul yg nama nya Penagih/dc,kl msh dlm bts wktu blm telat disebut Reminder..,tpi lucu nya tim penagih ngga mau disebut Reminder, toh mskipun telat,kn dlm prjanjian ada denda prhari dgn bunga yg besar..PinJol yg ttep untung…

      • 24 November 2022 - (17:50 WIB)
        Permalink

        Yg nama nya byr tepat waktu,itu hari maksimal dmn hari jatuh tempo,sesuai prjanjian rata2 Pinjol..hari terakhir ya hari jatuh tempo,mskipun telat..kn ada denda harian dgn bunga yg besar,toh punjol ttep untung..,knp minjem…ya dibalik lgi donk..knp Pinjol meAcc/setujui..,ya krn menguntungkan..krn imbal bunga yg besar..iya kan…

      • 24 November 2022 - (19:32 WIB)
        Permalink

        Klo menurut analisa saya, anda hanya budak bodoh yg kerja di tempat penagihan Ilegal yang sok paling ngerti tentang penagihan, padahal ilmu anda cetek gk sampe mata kaki, sebaiknya anda analisa diri anda, keluarga anda, dan perusahaan anda lebih dahulu !!

      • 25 November 2022 - (06:43 WIB)
        Permalink

        Maaf ya Bu pak mungkin kamu blm pernah diposisi itu,saya pernah diposisi si bapak tadi atau ibu tadi ,dan saya tidak pernah telat bayar h-2 ,h-3 sudah say abayar tapi masih ditagih padahal saya tidak punya hutang disitu,dan mereka mengancam menyebarkan data saya,saya tegaskan lagi kalau blm pernah diposisi itu tolong jangan bilang aneh lah pura² menghindar jangan,posisi orang kerja kita tidak tahu,dan saya kalau tidak kepepet juga tidak akan ambil pinjaman dipinjol lintah darat kayak itu Bu ..pak…siapa yg mau gak ada Bu pak..mau hutang² ingat roda kehidupan berputar ya…salam damai

        6
        1
      • 26 November 2022 - (17:12 WIB)
        Permalink

        😊👍 JANGAN MAU DI TAKUT2 II ORANG2 BODOH SEPERTI ITU YANG MENGAKU ATAS NAMA DC 😂. DI BALIK WA PENGANCAMAN ITU, SEMUA ORANG2 YANG NGK PUNYA PEKERJA AN DI COMOT DI SURUH BROADCASE..

        SADAR SEMUA WOY MASYARAKAT INDONESIA – YANG NGAKU2 NYA DC YG SOK GAHAR DI WA – PUNYA TANDA SPPI TIDAK ?? ( SERTIFIKASI PROFESI PENAGIHAN PEMBIAYA AN ) RESMI OJK WAJIB.

        PINJAMAN ONLINE : PENDANA AN DAN PEMBAYARAN SEMUA MELALUI VIRTUAL AKUN TIDAK ADA PEMBAYARAN OFFLINE SESUAI DENGAN ATURAN ( POJK 10/05/2022 ) BAB KE 5 PASAL KE 36. NO 4.

        UNTUK SAUDARAKU SEMUA SELURUH INDONESIA JANGAN MAU DI TAKUT TAKUTI – JANGAN MAU DI BODOH2 II APALAGI DI INTIMIDASI.

        PINJAM ONLINE BAYARPUN ONLINE.

        JIKA ADA YANG MENGAKU DC DATANG KE RUMAH TANYAKAN KELENGKAPAN NYA.

        1. ID CARD
        2. SPPI
        3. KTP
        4. DOKUMEN WANPRESTASI ATAS NAMA NASABAH.

        NO 1 – 3 HARUS SAMA
        KARENA INI ATURAN WAJIB DARI OJK
        LEGALITAS YANG DI PERKENANKAN DALAM HAL RIMENDER ( MENGINGATKAN ) BUKAN MENAGIH.

        KARENA PINJAMAN ONLINE TIDAK ADA TAGIHAN ONLINE SESUAI POJK YANG SAYA SAMPAIKAN TADI DI ATAS.

        #VIRALKAN AGAR SEMUA SAUDARA2 KU YANG SAAT INI LAGI DI INTIMIDASI MENTAL NYA BISA UPGRADE LAGI.SEMANGAT LAGI BISA SENYUM LAGI CERIA LAGI

        TERIMA KASIH.

      • 26 November 2022 - (18:34 WIB)
        Permalink

        YANG NAMA NYA PINJOL.
        UTANG PIUTANG LEWAT APLIKASI ONLINE ATAU DUNIA DIGITAL.

        TANPA ADA NYA SURVEI.
        TANPA ADA NYA TLPN KE NOMER DARURAT. UNTUK MENKONFIRMASI KEBENARAN DATA SI PEMINJAM.

        INI DASAR DARI CARUT MARUTNYA . SAMPAI SINI PAHAM!!!

        AWAL MULA NYA KAN DARI DASAR TSB.
        PENGAJUAN LEWAT APLIKASI PINJOL.

        DATA INFORMASI PERIHAL PENDAPATAN DAN PENKERJA AN BISA DI ISI SESUKA HATI.

        NYATA NYA NGANGGUR – DI ISI PENGUSAHA PENGHASILAN 30 JT PER BULAN MAU APA ?
        ORANG TIDAK ADA SURVEI
        TIDAK ADA TLPN KE NOMER DARURAT UNTUK KLARIVIKASI KEBENERAN NYA.

        PIHAK PINJOL APPROVE…
        OTOMATIS NASABAH SENENG KAN CUMA MODAL IDENTITAS ASLI DAN FOAM PENGISIAN SEBAGAI FORMALITAS.
        ORANG NGANGGUR DI PINJAMIN DUWIT. RATUSAN – JUTA,AN – BAHKAN PULU,AN JUTA…

        WAKTU NASABAH GALBAY JONGOS_ JONGOS NYA MULAI MENGGONGONG,
        ANDA ITU SIAPA . HAK ANDA APA KUASA ANDA APA MENCACI MAKI ORANG MENGINTIMIDASI ORANG TANPA OTAK SE,ENAKNYA SENDIRI.

        NASABAH BUKAN BERHUTANG SAMA ANDA!!!!

        NASABAH TSB URASAN NYA SAMA PERUSAHA,AN, ANDA DI TUNJUK HANYA SEBAGAI REMINDER BUKAN MENCACI MAKI ORANG.MENGITIMIDASI ORANG. LEGALITAS ANDA MANA SPPI.

        INGAT!!!
        PINJAMAN ONLINE PEMBAYARAN PUN JUGA ONLINE : TIDAK ADA PEMBAYARAN MELALUI OFFLINE.
        SESUAI POJK 10/05/2022 BAB KE 5 PASAL 36 NO 4.

        JOL PINJOLL KALIAN BESERTA JONGOS JONGOS KALIAN ITU ANEH 😂

        ORANG ISI FOAM NGASAL DI PINJEMIN
        YA AMSYONG.. YA DI ANGGAP DANA GHOIB 😁

        #BASMI PINJOL BESERTA JONGOS2NYA

    • 23 November 2022 - (06:54 WIB)
      Permalink

      Ngapain dibayar ke pinjol ilegal, kan pemerintah sudah kasih info, makannya gan sebelum minjam, cek dulu terdaftar ke OJK apa belum

      10
      1
    • 24 November 2022 - (00:49 WIB)
      Permalink

      Gak usah takut dengan bentuk ancaman apapun. Ajak ketemu aja si penagihnya, sebelum diajak ketemu pancing biar mereka mengeluarkan kalimat-kalimat ancaman dll, setelah ada kalimat ancaman dll keluar dari si penagih barulah ajak ketemu, dan jangan sendirian nemuinnya, siapin massa untuk menggeruduk si penagih ke kantor polisi untuk langsung ditindak. Yg seperti itu harus dihilangkan karena negara seolah-olah tutup mata dengan melakukan pembiaran yg ilegal tapi bebas menjalankan usaha.

    • 24 November 2022 - (12:19 WIB)
      Permalink

      Saran saya jangan meminjam uang di pinjol. Saya paling anti pinjol, lebih baik utang ke bank saja.

    • 28 November 2022 - (00:07 WIB)
      Permalink

      Yaah salam.. Kalo saya jd korban pinjol itu sih sudah saya ga bayarkan aja. Ngapain cape2 ngeladenin penagih yg ga punya attitude begitu,saya dulu aja dimaki maki depkolektor dari aplikasi pinjol ilegal RUPIAH CEPAT (LOGO KUCING BIRU) Ga saya bayarkan sampe tahun ini dr 2 tahun yg lalu.

  • 21 November 2022 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Kalau pinjol ilegal ya gak usah dibayar. Lha pemerintah yang instruksi.
    Justru saya lagi hunting pinjol ilegal yg mana bbrp terakhir ini sempat tenggelam.

    17
    1
  • 21 November 2022 - (15:03 WIB)
    Permalink

    Klau aku ma tdk bayar masa bodoh dengan sebar data, paling saya bilang itu penipuan selesai, Di tunggu DC pinjol Binatang*** like nya

    18
    3
  • 21 November 2022 - (15:06 WIB)
    Permalink

    PINJOL ILEGAL KOK SAMPEAN SURUH MENANGGAPI KELUHAN SAMPEAN,MANA MNGKIN WONG MEREKA SEMUA ITU NDAK JELAS KOK…lagian ngapain sampean bayar ???sampean aja dah dibikin malu kok !!!

    23
  • 21 November 2022 - (15:25 WIB)
    Permalink

    Mrk para DC itu krn ngejar bonus n target.. makanya pada brutal… hrsnya ada upaya hukum buat tangkap itu para DC biar ada efek jera… minimal masuk kandang polisi dulu 2 – 3 bulan… biar pada kapok….

    15
    1
  • 21 November 2022 - (15:28 WIB)
    Permalink

    Udah disebar data mau maunya bayar bos, kalah 2x dong kita. Udah kalah dibunga, kalah dibikin malu

    Kalo saran saya
    Beli hp baru, beli kartu perdana baru
    Cari kontak fake,
    Pinjam deh sebanyak banyaknya di pinjol ilegal, dan tidak usah dikembalikan kenapa? Karena saya seperti itu.

    54
    6
    • 21 November 2022 - (21:06 WIB)
      Permalink

      Ayo kita rame2 tumbangkan pinjol ilegal dgn pinjam dan gk usah dibayar, pasti bubar jg mereka haha

      11
      1
    • 23 November 2022 - (04:06 WIB)
      Permalink

      Dari chat WA saya analisa, kayaknya ibu ini sengaja menghindari untuk bayar, dari kemarin jam 17 sore alasan lagi di jalan, kalau niat bayar kalau sudah tidak dijalan akan diusahakan bayar pada hari itu juga, tapi ternyata besoknya alasan lagi rapat, kalau anda bayar tepat waktu tidak mungkin petugas karyawan pinjol memperingatkan, lucu orang orang ini, berhutang malah sok berkuasa,kalau kalian menyebut itu pinjol ilegal kenapa kalian pinjam disitu,

      1
      27
  • 21 November 2022 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Lain kali apus dulu kontak di hape, lalu isi kontak dengan nomor2 debt collector biar mereka pada berantem di telpon

    16
    1
  • 21 November 2022 - (22:50 WIB)
    Permalink

    Diajarin temen. Pake aplikasi fake kontak..hp baru..pinjam sebanyak banyaknya..yang ilegal..trus g usah bayar dah…tau bener apa ga…bwlum nyoba..

    5
    2
    • 24 November 2022 - (11:00 WIB)
      Permalink

      memang ada kepikiran kesana jg, tp gw mikir resiko di kemudian hari aja sih. seumpama pinjol ilegal itu suatu hari menjadi legal, ya mati lah kita wkwkwk

  • 22 November 2022 - (19:56 WIB)
    Permalink

    Beli Hp baru, diisi dengan fake kontak terus melakukan PINJOL dan tidak usah dibayar. Tinggal tunggu di akhirat, kamu akan tetap ditagih. Hutang tetap harus dibayar, meskipun RIBA.
    Yang namanya Hutang tetap harus dibayar.

    5
    7
    • 24 November 2022 - (11:01 WIB)
      Permalink

      bunga nya disebut r1b4 ya, tp pokoknya juga ga dibayar, dosa nya lebih parah kan ya? wkwkwkwk

  • 25 November 2022 - (10:56 WIB)
    Permalink

    Kata banyak PINJOL ilegal yang di blokir OJK ,.nyata nya di googleplay masih banyak tidak di blokir,.ada main mungkin

    • 26 November 2022 - (08:02 WIB)
      Permalink

      Betul,pinjol dan apk bodong yg sudah banyak dilaporkan oleh korban, banyak yg sudah di blokir. +- 1sampai 2 apk/hari.
      Faktanya bikin apk tidak sulit, blokir lagi bikin lagi donk. Dan,ada juga beberapa yg diblokir web nya,simpel bikin web baru apk lama.
      Lagipula, legalisasi itu perijinan. Pelaksanaannya bisa saja sama saja,walaupun kemungkinannya lebih kecil.

  • 26 November 2022 - (07:40 WIB)
    Permalink

    Untuk data pribadi,saya kira memang sudah bocor ke orang”pinjol,asuransi,apk bodong dlsb yg berkepentingan. Jadi,ancaman seperti itu cuma gonggongan. Karena,tidak faedah juga buat penerima sebaran data pribadi kita. Ya,kecuali klo ada utang juga disana.hhe
    Untuk uu ite jangan terlalu berharap keadilan akan datang.

  • 26 November 2022 - (16:00 WIB)
    Permalink

    Mau ilegal atau pun legaL sama Aja.. saya awal nya bayar tak Pernah Telat malah 7 hari sebelum jatuh tempo saya bayar..awal LIMIT naik..eh ternyata setelah Pinjam Ke 3x nya malah turun dari awal lgi..aduh sagtu AKULAKU ..BIAR BACA TUH DC.AKULAKU..SAYANG YA NAMA BESAR PERUSAHAAN BGITU JADI JELEK..SEKARANG CUMA BERKEDOK ..DI TAGIH BODO AMAT LAH..SURUH SIAPA LIMIT MAKIN ANJLOK PADAHAL PEMBAYARAN SELALU SEBLUM JATUH TEMPO.. ILEGAL & LEGAL SAMA AJA LUUURRRRR BULLLSHIIITTTT

 Apa Komentar Anda mengenai Uang Kaget?

Ada 53 komentar sampai saat ini..

Pinjol Uang Kaget Sebar Data Pribadi, Padahal Sudah Dilunasi

oleh cheppy dibaca dalam: 1 menit
53