Surat Pembaca

Tidak Pernah Mengajukan Pinjaman, Tiba-tiba Ada Transfer Masuk dan Penagihan dari Pinjol AdaKami

Awal mulanya saya dihubungi melalui WA pada tanggal 3 November 2022 lalu, oleh orang yang mengaku  dari pinjol AdaKami. Lalu mereka meminta waktu untuk menghubungi saya, dan saya setujui untuk dihubungi. Dalam percakapan tersebut, mereka memberitahu kalau saya ada tagihan di pinjol AdaKami, sedangkan saya sendiri tidak pernah mencoba untuk mengajukan pinjaman.

Lalu, saya mencoba mengkonfirmasi dan menjelaskan kronologi melalui email, untuk menanyakan kejelasan tentang pinjaman tersebut. Dikarenakan saya tidak pernah mengajukan, tapi di aplikasi pinjol AdaKami tertera ada pinjaman atas nama saya.

Saya akui keteledoran saya, karena tidak mengecek adanya dana masuk, yang tidak saya ketahui dari mana asalnya. Terlampir bukti mutasi rekening terkait dana yang masuk ke rekening pada tanggal 2, 8, 16, dan 24 Oktober 2022. Lalu saya disuruh membayar dengan total lebih dari Rp7 juta.

Setelah mendapat konfirmasi dari pihak AdaKami melalui email, saya tetap disarankan untuk membayar tagihan, dengan rincian denda berserta bunga yang tidak wajar. Sedangkan saya tidak pernah menyetujui perjanjian pinjaman dengan pihak pinjol AdaKami.

Saya juga sudah menawarkan untuk mengembalikan dana yang masuk tersebut tanpa denda dan bunga, tapi tidak mendapat balasan. Setelah saya cek dari surat perjanjian yang pihak pinjol AdaKami berikan (dengan mengaku bahwa sayalah yang melakukan pinjaman), terdapat perbedaan tanda tangan milik saya dengan tanda tangan yang tertera di surat tersebut. Seharusnya kalau ada perbedaan data, pinjaman tidak dapat diproses.

Setiap saya menghubungi serta mengajukan laporan untuk bantuan terkait masalah ini melalui email ke pihak AdaKami, saya tidak mendapatkan jawaban dari pertanyaan saya tanyakan. Jawaban yang saya dapatkan hanya rincian pinjaman saja, yang mana rincian tersebut nominalnya sudah tidak masuk di akal.

Tidak hanya sampai di situ saja, saya juga mendapat ancaman yang mengatasnamakan AdaKami, itu sendiri sudah sangat mengganggu saya dalam kehidupan saya beberapa hari ini.

Gregorius Agung Wicaksono
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Setelah uang itu dipakai sisa 15.000. Saat pakai uang itu apa iya gk bisa baca mutasi? Nama pengirim uang sudah jelas, dan kalau memang tidak pinjam, kenapa gk telp langsung ke pinjolnya? Kenapa langsung dipakai? Saat memakai uang itu naluri bapak gimana? Merasa Tuhan yang kirim rezeki kah? Saya prihatin dengan yang bapak alami tapi saya jengkel juga dengan sikap bapak. Bisa bisanya uang sebanyak itu disisain 15.000 tanpa bertanya ini uang dari mana?

  • Menurut saya ada lagi keanehan lainnya, emang bank BNI saldonya bisa sampe sisa 16.000 ya, terus 2.000 dan paling akhir katanya 15.000
    Setau saya kalo bank lainnya minimal sisa saldo itu 50rb ke atas
    Dan untuk mbanking, untuk transaksi biasanya ada pemberitahuan masuk ke email
    Dan seperti pada chat awal, bagi yang belum pernah melakukan pinjaman, kata2 nya seharusnya tidak begitu

    Ini sih menurut saya ya….bener ga sih

    • Bisa pak. Bank BNI untuk nasabah taplus kalau gak salah, sampai 15ribu limit saldo di tabungan.
      Sayapun tiap tanggal tua pasti minta ditransfer kawan untuk nge-genapin saldo jadi 65ribu biar bisa diambil 50rb ?

  • Aneh kok dana pinjol bisa masuk ke rekening,kan ga tau no reknya??kayanya dulu pernah pinjam trs dah lama ga pinjam lagi...mungkin

  • Ini pengalaman saya sih.
    Saya pernah dpt transferan "nyasar" & tiap bulan nominal nya gk nentu ( selama 11 bulan )
    Paling besar 7 juta yg masuk ke rekening saya.
    Saya gk pernah pake 1 rupiah pun uang tersebut ( karena rekening saya yg dpt transfer nyasar itu hny rekening cadangan, bkn utama & pasti hny sisa 50 ribu disitu ) setelah saya cek ke bank ternyata "jreng jreng jreng" dr salah satu pinjol ( legal ) donk. & Aneh nya mereka sm sekali tidak menghubungi saya slm 11 bln itu, & ya saya biarkan hingga suatu saat ada email dr mereka yg meminta nomor handphone resmi saya. Slm hampir 2 bln saya diamkan & tdk saya tanggapi akhir nya mereka email saya lg memohon dgn sangat untuk mengembalikan uang yg sdh mereka transfer ke rekening saya & mereka menyatakan bahwa mereka salah memasukan nomor rekening. Tetapi saya tdk sebodoh itu, saya membalas email mereka klo saya ingin tau bagaimana mereka bs salah dlm melakukan transfer, bagaimana mereka bs tau email saya bahkan nama saya & saya meminta DC mereka untuk dtg ke rmh saya. Tp hingga saat ini, tdk ada jwbn / DC yg menemui saya.
    Alhasil duit Rp. 33.651.800 sampe skrng masih ada di rekening saya. Tanpa 1 rupiah pun saya ambil.

  • Tidak mungkin dengan hanya mengisi data di aplikasi trus tiba2 ada uang masuk tanpa sepengetahuan kita.klo memang ada transaksi persetujuan pinjaman tentu di email yg dicantumkan pada saat pendaftaran diaplikasi juga ada pemberitahuan.