Tidak Pernah Mengajukan Pinjaman, Tiba-tiba Ada Transfer Masuk dan Penagihan dari Pinjol AdaKami

Awal mulanya saya dihubungi melalui WA pada tanggal 3 November 2022 lalu, oleh orang yang mengaku  dari pinjol AdaKami. Lalu mereka meminta waktu untuk menghubungi saya, dan saya setujui untuk dihubungi. Dalam percakapan tersebut, mereka memberitahu kalau saya ada tagihan di pinjol AdaKami, sedangkan saya sendiri tidak pernah mencoba untuk mengajukan pinjaman.

Lalu, saya mencoba mengkonfirmasi dan menjelaskan kronologi melalui email, untuk menanyakan kejelasan tentang pinjaman tersebut. Dikarenakan saya tidak pernah mengajukan, tapi di aplikasi pinjol AdaKami tertera ada pinjaman atas nama saya.

Saya akui keteledoran saya, karena tidak mengecek adanya dana masuk, yang tidak saya ketahui dari mana asalnya. Terlampir bukti mutasi rekening terkait dana yang masuk ke rekening pada tanggal 2, 8, 16, dan 24 Oktober 2022. Lalu saya disuruh membayar dengan total lebih dari Rp7 juta.

Setelah mendapat konfirmasi dari pihak AdaKami melalui email, saya tetap disarankan untuk membayar tagihan, dengan rincian denda berserta bunga yang tidak wajar. Sedangkan saya tidak pernah menyetujui perjanjian pinjaman dengan pihak pinjol AdaKami.

Saya juga sudah menawarkan untuk mengembalikan dana yang masuk tersebut tanpa denda dan bunga, tapi tidak mendapat balasan. Setelah saya cek dari surat perjanjian yang pihak pinjol AdaKami berikan (dengan mengaku bahwa sayalah yang melakukan pinjaman), terdapat perbedaan tanda tangan milik saya dengan tanda tangan yang tertera di surat tersebut. Seharusnya kalau ada perbedaan data, pinjaman tidak dapat diproses.

Setiap saya menghubungi serta mengajukan laporan untuk bantuan terkait masalah ini melalui email ke pihak AdaKami, saya tidak mendapatkan jawaban dari pertanyaan saya tanyakan. Jawaban yang saya dapatkan hanya rincian pinjaman saja, yang mana rincian tersebut nominalnya sudah tidak masuk di akal.

Tidak hanya sampai di situ saja, saya juga mendapat ancaman yang mengatasnamakan AdaKami, itu sendiri sudah sangat mengganggu saya dalam kehidupan saya beberapa hari ini.

Gregorius Agung Wicaksono
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

58 komentar untuk “Tidak Pernah Mengajukan Pinjaman, Tiba-tiba Ada Transfer Masuk dan Penagihan dari Pinjol AdaKami

  • 23 November 2022 - (11:44 WIB)
    Permalink

    Kok bisa tahu nomer rekening anda?apakah anda pernah mengisi data di aplikasi adakami?

    17
    12
    • 23 November 2022 - (12:54 WIB)
      Permalink

      Begitu ada dana masuk, ga lama lsg ditarik. Bahkan sblm ada transferan pertama, duit di rekening hanya 6.000 perak. Sebelum nyusul transferan kedua, duit awal hanya 2.000. Dah miskin kantong miskin otak pula, ngga pinter ngedit ? dosa doank dibanyakin.

      18
      18
        • 23 November 2022 - (16:58 WIB)
          Permalink

          Gmn pula pake ralat pak. Ngelawak bpk ini. Saldo dr mutasi rek mana bs diralat. Edit nya kurang pro. Lagian gmn adakami bisa tau rek kalau bpk gk pernah isi data.

          2
          12
          • 23 November 2022 - (20:31 WIB)
            Permalink

            Saya meralat ketikan saya, dimana di awal sudah saya ‘breakdown’ saldo rekening si TS dari mutasi yg diperlihatkan. Bagi yg jeli dan terbiasa membaca mutasi pasti tau.
            Transferan pinjol ke-1 sebesar 590.000, menjadikan saldo total (tabel kanan) di rekening menjadi 606.000, di sini jelas sudah sebelum ada dana masuk, saldo tersisa hanya 16.000. Di awal saya ada salah ketik 6.000, terlanjur di post tidak bisa edit makanya saya reply lagi dan tulis talat. Sampe di sini paham?

            16
            3
    • 26 November 2022 - (15:26 WIB)
      Permalink

      gak usah heran jaman sekarang apa sih enggak jadi uang, dugaan saya kalau TS gak pernah daftar yang beginian pasti pihak pinjol dapat dari oknum yang biasa jual beli data nasabah.

      • 14 Agustus 2023 - (13:15 WIB)
        Permalink

        Hari ni saya juga baru mengalaminya saya tidak pernah merasa meminjam dana aplikasi #adakami tapi tiba2 dpt telp jatuh tempo peminjaman besok senilai 3 JT an saya coba cek d email tidak ada verifikasi email pada surat persetujuan yg di berikan ada kami. Dan d hp pun tidak terinstal aplikasi tersebut lalu saya coba serch di play store nya langsung d suruh buka d situ langsung ke tertera tagihan saya. Padahal seharusnya kalau saya pinjam aplikasi hrs terinstal d hp dan juga ada verifikasi masuk d email ini sama sekali tidak ada. Ini saya hrs bagaimana yah

  • 23 November 2022 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Saya sendiri krng paham kenapa bisa mengetahuinya, soalnya saya blm pernah mencoba untuk apk tersebut, bahkan saya juga tdk mengetahui caranya untuk pendaftaran.

    2
    17
    • 23 November 2022 - (16:38 WIB)
      Permalink

      Mungkin anda pernah berkomunikasi dengan joki pinjol? Hati hati sekarang banyak joki pinjol menawarkan solusi pelunasan pinjaman online biasa nya orang yang sudah pernah berkomunikasi dengan joki pinjol no hp nya akan di simpan sama si joki itu dan no itu akan di gunakan sama si joki itu untuk melakukan pinjaman online di aplikasi lain tanpa sepengatauan kita karena data data kita sudah tersimpan sama si joki itu.

      11
      1
    • 23 November 2022 - (17:21 WIB)
      Permalink

      Anda lucu pak, tidak merasa minjem tapi uang yg tiba2 muncul direkening lgsg anda gunakan tanpa rasa curiga drmna asalnya. Amazing. Setelah datang tagihannya baru lempar batu sembunyi tangan.
      Saran saya sih yaa lunasi aja tagihannya, toh anda sendiri jg kan yg menikmati uang itu bukan org lain.

      41
      7
      • 30 November 2022 - (17:50 WIB)
        Permalink

        Setahu saya juga tidak sembarang pinjol bisa transfer ke rekening orang,mereka tetap melalui proses.

  • 23 November 2022 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Ini sih kocak TSnye, gmn ceritanye dana bisa masuk kerekening die klo gak dia ngajuin??.. pasti ni TS nulis nomor rekening ke pinjol adakami,. dan paling konyol, gak tau itu duit siape yg masuk ke rekening, lah tapi di ambil duitnye ampe cuman sisa 15 rebu,.. ??

    14
    2
    • 23 November 2022 - (12:01 WIB)
      Permalink

      yup, ga jujur TS nya.
      gimana mungkin pinjol bisa langsung transfer dan hubungi kalau tidak pernah isi data diri.

      11
      2
    • 23 November 2022 - (17:16 WIB)
      Permalink

      Yang saya kurang pahami kok bisa AdaKami transfer beberapa kali? Bukannya kalo mau pinjam lagi harus dilunasi dulu ya? Kalo Shopee Pinjam sih masih bisa mengajukan lagi selama masih ada limitnya. Agak aneh memang karena tanggalnya juga gak jauh. Yang jadi pertanyaan masa iya TS gak sadar dikirimin uang. Saya aja kakak sering ngirim uang tanpa bilang2 selalu ngerasa aneh kalo dapet transferan.

      16
      • 25 November 2022 - (08:53 WIB)
        Permalink

        Mungkin di adakami jg ad limitnya khan. Dan yg ditransfer itu juga bukan yg nominal besar2, jadi mungkin aja bisa pinjam sampai 3x atau lebih asal blm lewat limit

  • 23 November 2022 - (12:28 WIB)
    Permalink

    coba buat TS nya, sejujur2nya dalam bercerita. ga mungkin orang tau nomor rekening kalo ga dikasitau. emangnya mereka cenayang? abrakadabra inilah nomor togel yg keluar, beserta nama banknya

    12
    4
  • 23 November 2022 - (13:20 WIB)
    Permalink

    Pak coba inget pernah isi data /cek limit g?no rek g sembarangan orang bs tau..anehny masa bs brp kali TF msk sih..

    • 23 November 2022 - (13:37 WIB)
      Permalink

      Agak aneh ini, ga mengajukan tapi data sama rekening benar atas nama pribadi. Dan uang masuk ga cuma sekali dgn total lumayan banyak. Pas ngajuin juga pasti kan ada foto selfie sambil megang KTP. Tapi bapaknya blg ga paham cara daftarnya.

      • 23 November 2022 - (13:53 WIB)
        Permalink

        Saya mukin bisa percaya dia gak daftar pinjol ini. Tapi kok saya gak percaya kalau dia bilang gatau ada uang masuk soalnya saldonya skrg tinggal 15ribu. Helloww 7juta itu banyak loh wkwkwk trus di wa juga keliatan dia iya2 aja suru bayar. Kalau memang gak merasa ngajuin pasti gamau suru bayar 😀

        13
    • 30 November 2022 - (17:35 WIB)
      Permalink

      Mana TSnya Ya? Kok Menghilang? Padahal Di Email Pasti Muncul Notifikasi Kalo MK Ada Balasan Pesan

    • 23 November 2022 - (14:47 WIB)
      Permalink

      Ga ngerti lg, gmn pihak ada kami bs tf duit klo si bapa ga isi aplikasi, trus pihak ada kami tau rek bp drmn, trus duit yg tiba² ada ditabungan masa ga curiga, apalagi kayanya si bapa suka banget ngosongin tabungan, yg smp hanya tersisa 15.000, klo tetiba ada duit byk masa sih ga curiga drmn ya kira², apa ngira ini ada rejeki nomplok jd pake ajalah lumayan, ato perkiraan sy apa mungkin bapa ini dikerjain tmn²nya wkt hpnya dipinjem tmn, semoga aja nga ya

      3
      1
  • 23 November 2022 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Agak aneh pas baca SC percakapan wa TS.
    Masa gak sadar ada dana masuk banyak. Terus di pakai gitu aja sampai sisa saldo 15rb? Hmmm

    • 23 November 2022 - (15:23 WIB)
      Permalink

      sepertinya TS mau lepas dari jeratan pinjol dgn beralibinya tulisan dia di MK. tp ya disini pembaca MK ga bodoh2 lah, semua memang pantas jd detektif, sampe saldo akhir rekening aja bisa tau. Ya namanya jg bangke, udah serapih mungkin ditutupin, pasti ketahuan juga baunya

  • 23 November 2022 - (15:58 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalami hal serupa .yaitu pernah mengisi data data di pinjol tp saya tidak melanjutkan ny tp sudah mengisi rek..dan saya tiba tiba ada dana dana yg masuk lewat rek…saya mengetahuinya setelah ada tagihan…tp saya akan mengembalikan sesuai uang ygasuk tp DC ini mengancam dan berkata kasar…

    8
    1
    • 23 November 2022 - (18:14 WIB)
      Permalink

      kalau masalah bisa tau norek dan lain nya itu mah gak susah, kenapa gak susah, karena data data anda sudah pada bocor, dari data KTP, data nasabah bank, data no HP, itu diperjual belikan di dark web dengan bitcoin , jadi jngn merasa bingung kalau ada orang tau no HP kamu dan sering spam judi atau spam lain nya

      12
      1
  • 23 November 2022 - (16:25 WIB)
    Permalink

    Ini pak Gregorius kemana kok nggak nongol lagi setelah kasih komentar pertama?

    Hmm, jadi uang sebanyak itu (nggak cuma 100/200 ribu) tinggal sisa 15 ribu dan tidak menyadari dihabiskan hanya karena tidak punya SMS banking?

    Oke katakanlah saya percaya anda tidak punya SMS banking dan anda tidak merasa berutang. Tapi sulit dipercaya anda tidak menyadari ada dana sebanyak itu di rekening anda dan dengan santainya anda kuras sampai tersisa hanya 15 ribu. Cara anda mengatur keuangan sungguh luar biasa.

    Mungkin anda orang jujur yang tidak punya niat itu pada awalnya. Tapi keserakahan bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, melainkan juga karena ada kesempatan. Waspadalah waspadalah!

    10
  • 23 November 2022 - (16:30 WIB)
    Permalink

    kalau gk sanggup balikin pokok+ denda ama bunga, balikin pokoknya saja. lain kali jangan pernah dekatin pinjol lagi.

    5
    2
  • 23 November 2022 - (17:13 WIB)
    Permalink

    Bisa aja ada kami itu kan pinjaman ilegal. Pake segala macam cara agar orang terjerat pinjol.

    1
    6
    • 23 November 2022 - (19:25 WIB)
      Permalink

      Ada kami legal ts nya aja yg mulai drama gak mungkin juga sekelas ada kami asal transfer uang.

      • 24 November 2022 - (06:55 WIB)
        Permalink

        harusnya lu seneng dapet rezeki nomploookkk, gas aplikasi lainnya. Ada kami mah ga ada DC lapangannya, gua aja aman2 aja 2 juta udah 4 tahun ahahahah. Kalo ga mau sini duitnya buat gua aja bangggggg

        3
        4
    • 24 November 2022 - (07:27 WIB)
      Permalink

      Adakami Legal pak. Sangat kecil kemungkinannya fintech legal melakukan kecurangan salah transfer seperti itu. Terkecuali pengalaman saya dengan fintech ilegal. Sekali pinjam di pinjamannow 1 juta. Dikirim 600rb, saya bayar sebelum jatuh tempo. Awal mula ditanyain mau minjem lagi atau tidak. Saya jawab tidak. Beberapa minggu kemudian, ada transfer sebesar 1.6jt. bertepatan dengan saya yg baru gajian. Saya ke Bank, dan ada bukti transfer dari perusahaan bank yg ada rekanan bisnis dengan tiktok. Karena pihak bank hanya memberikan informasi spt itu. Ya alhasil uang saya hold dulu. Ternyata 3 minggu kemudian baru dpt penagihan. Saya bilang akan bayar sesuai yg mereka kasih. Data saya sudah disebar duluan ke Facebook. alhasil lapor kepolisi, malah dibilang “udah gak usah dibayar. Ngapain kamu bayar lagi”
      Sekarang saya mah tenang aja, ganti nomor handphone biar gak diterror lagi. Saya gak pake facebook, nama wa saya pun juga beda dengan nama akun sosmed saya. Toh semua akun sosmed spt Instagram juga saya privasikan. Jadi untuk org org yg suka share data pinjol spt itu gak bisa share yg macem macem. Nge track saya pun juga cuma via get contact. Mau ancam share data saya ke grup WeChat boss saya di China; juga saya abaikan. Kalo udh terlanjur kejebak pinjol ilegal ya pilihan utamanya cuma satu, kuat malu. Kalo pinjol legal ya harus dibayar dong.

      • 25 November 2022 - (21:08 WIB)
        Permalink

        Eh hampir sama. Saya pagi byr tagihan mlm ada yg cairin pake akun saya. Skrg saya blokir internet banking saya. Jd saya pusing lgi ada tagihan 3,3juta.malah nambah 1juta perbulan dala m 2 bulan. Di ajukan keringan malah di tolak. Pdhl siapa yg minjem. Kita nga minta.

        • 27 November 2022 - (22:56 WIB)
          Permalink

          Kalo masih bisa dinegosiasikan bayar sesuai yg mereka kirim bisa langsung dibayarkan saja. Tapi kalau mereka tetap sebar data, gak perlu dibayar, yg penting anda kuat malu, dan jangan pernah berurusan dengan pinjol lagi.

    • 25 November 2022 - (04:09 WIB)
      Permalink

      Menurut saya ada lagi keanehan lainnya, emang bank BNI saldonya bisa sampe sisa 16.000 ya, terus 2.000 dan paling akhir katanya 15.000
      Setau saya kalo bank lainnya minimal sisa saldo itu 50rb ke atas
      Dan untuk mbanking, untuk transaksi biasanya ada pemberitahuan masuk ke email
      Dan seperti pada chat awal, bagi yang belum pernah melakukan pinjaman, kata2 nya seharusnya tidak begitu

      Ini sih menurut saya ya….

  • 23 November 2022 - (20:57 WIB)
    Permalink

    Hati hati pak,,kalau toh tidak bisa terbayar adakami masuk SLIK OJK dengan nama PT Pembiayaan digital Indonesia ..jadi awas Slik jadi jelek .saran saya coba tunggu tanggapan dari adakami setelah surat ini terbit dan nego tetap bauar sesuai yang mereka transfer setelah itu check SLIK di OJK untuk mengetahui apakah dianggap clear atau KOL 2

  • 23 November 2022 - (21:16 WIB)
    Permalink

    Keanehan 1..
    4x transfer penulis masa sih tidak sadar ??
    Apalagi yg ke 3 nominalnya besar..,
    Kalau 1x ada dana masuk aja biasanya sadar., tanya” teman & sekitar, siapa yg trf., lalu cek mutasi & hubungi pihak pinjol., mungkin memang pinjol yg asal trf..,

    Keanehan 2..
    Setahu saya pengajuan pinjol 1x deh., lunas baru bisa ajukan lagi., kalau prioritas bisa 2x ( syarat bayar dulu cicilan pertama di pengajuan yg pertama )
    Ini bisa 4x dalam sebulan.., apakah penulis pake jasa joki ??

    Itu saja sih., kena kalau memang tidak pernah pengajuan., tiba” rekening ada dana lebih., pasti bertanya” dpt trf darimana…

  • 24 November 2022 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Laporkan pihak berwenang aja kalo merasa gak melakukan pinjaman..kayak gini gampang ditracking

    Tapi jangan sampai bikin malu diri sendiri

  • 25 November 2022 - (08:27 WIB)
    Permalink

    Setelah uang itu dipakai sisa 15.000. Saat pakai uang itu apa iya gk bisa baca mutasi? Nama pengirim uang sudah jelas, dan kalau memang tidak pinjam, kenapa gk telp langsung ke pinjolnya? Kenapa langsung dipakai? Saat memakai uang itu naluri bapak gimana? Merasa Tuhan yang kirim rezeki kah? Saya prihatin dengan yang bapak alami tapi saya jengkel juga dengan sikap bapak. Bisa bisanya uang sebanyak itu disisain 15.000 tanpa bertanya ini uang dari mana?

  • 25 November 2022 - (08:29 WIB)
    Permalink

    Menurut saya ada lagi keanehan lainnya, emang bank BNI saldonya bisa sampe sisa 16.000 ya, terus 2.000 dan paling akhir katanya 15.000
    Setau saya kalo bank lainnya minimal sisa saldo itu 50rb ke atas
    Dan untuk mbanking, untuk transaksi biasanya ada pemberitahuan masuk ke email
    Dan seperti pada chat awal, bagi yang belum pernah melakukan pinjaman, kata2 nya seharusnya tidak begitu

    Ini sih menurut saya ya….bener ga sih

    • 25 November 2022 - (08:46 WIB)
      Permalink

      Bisa pak. Bank BNI untuk nasabah taplus kalau gak salah, sampai 15ribu limit saldo di tabungan.
      Sayapun tiap tanggal tua pasti minta ditransfer kawan untuk nge-genapin saldo jadi 65ribu biar bisa diambil 50rb ?

  • 25 November 2022 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Aneh kok dana pinjol bisa masuk ke rekening,kan ga tau no reknya??kayanya dulu pernah pinjam trs dah lama ga pinjam lagi…mungkin

 Apa Komentar Anda mengenai AdaKami?

Ada 58 komentar sampai saat ini..

Tidak Pernah Mengajukan Pinjaman, Tiba-tiba Ada Transfer Masuk dan Pen…

oleh Gregorius dibaca dalam: 1 menit
58