Tidak Pernah Mengajukan Pinjaman, Tiba-tiba Ada Transfer Masuk dan Penagihan dari Pinjol AdaKami

Awal mulanya saya dihubungi melalui WA pada tanggal 3 November 2022 lalu, oleh orang yang mengaku  dari pinjol AdaKami. Lalu mereka meminta waktu untuk menghubungi saya, dan saya setujui untuk dihubungi. Dalam percakapan tersebut, mereka memberitahu kalau saya ada tagihan di pinjol AdaKami, sedangkan saya sendiri tidak pernah mencoba untuk mengajukan pinjaman.

Lalu, saya mencoba mengkonfirmasi dan menjelaskan kronologi melalui email, untuk menanyakan kejelasan tentang pinjaman tersebut. Dikarenakan saya tidak pernah mengajukan, tapi di aplikasi pinjol AdaKami tertera ada pinjaman atas nama saya.

Saya akui keteledoran saya, karena tidak mengecek adanya dana masuk, yang tidak saya ketahui dari mana asalnya. Terlampir bukti mutasi rekening terkait dana yang masuk ke rekening pada tanggal 2, 8, 16, dan 24 Oktober 2022. Lalu saya disuruh membayar dengan total lebih dari Rp7 juta.

Setelah mendapat konfirmasi dari pihak AdaKami melalui email, saya tetap disarankan untuk membayar tagihan, dengan rincian denda berserta bunga yang tidak wajar. Sedangkan saya tidak pernah menyetujui perjanjian pinjaman dengan pihak pinjol AdaKami.

Saya juga sudah menawarkan untuk mengembalikan dana yang masuk tersebut tanpa denda dan bunga, tapi tidak mendapat balasan. Setelah saya cek dari surat perjanjian yang pihak pinjol AdaKami berikan (dengan mengaku bahwa sayalah yang melakukan pinjaman), terdapat perbedaan tanda tangan milik saya dengan tanda tangan yang tertera di surat tersebut. Seharusnya kalau ada perbedaan data, pinjaman tidak dapat diproses.

Setiap saya menghubungi serta mengajukan laporan untuk bantuan terkait masalah ini melalui email ke pihak AdaKami, saya tidak mendapatkan jawaban dari pertanyaan saya tanyakan. Jawaban yang saya dapatkan hanya rincian pinjaman saja, yang mana rincian tersebut nominalnya sudah tidak masuk di akal.

Tidak hanya sampai di situ saja, saya juga mendapat ancaman yang mengatasnamakan AdaKami, itu sendiri sudah sangat mengganggu saya dalam kehidupan saya beberapa hari ini.

Gregorius Agung Wicaksono
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai AdaKami:
[Total:441    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

57 komentar untuk “Tidak Pernah Mengajukan Pinjaman, Tiba-tiba Ada Transfer Masuk dan Penagihan dari Pinjol AdaKami

  • 1 Desember 2022 - (00:09 WIB)
    Permalink

    Ini pengalaman saya sih.
    Saya pernah dpt transferan “nyasar” & tiap bulan nominal nya gk nentu ( selama 11 bulan )
    Paling besar 7 juta yg masuk ke rekening saya.
    Saya gk pernah pake 1 rupiah pun uang tersebut ( karena rekening saya yg dpt transfer nyasar itu hny rekening cadangan, bkn utama & pasti hny sisa 50 ribu disitu ) setelah saya cek ke bank ternyata “jreng jreng jreng” dr salah satu pinjol ( legal ) donk. & Aneh nya mereka sm sekali tidak menghubungi saya slm 11 bln itu, & ya saya biarkan hingga suatu saat ada email dr mereka yg meminta nomor handphone resmi saya. Slm hampir 2 bln saya diamkan & tdk saya tanggapi akhir nya mereka email saya lg memohon dgn sangat untuk mengembalikan uang yg sdh mereka transfer ke rekening saya & mereka menyatakan bahwa mereka salah memasukan nomor rekening. Tetapi saya tdk sebodoh itu, saya membalas email mereka klo saya ingin tau bagaimana mereka bs salah dlm melakukan transfer, bagaimana mereka bs tau email saya bahkan nama saya & saya meminta DC mereka untuk dtg ke rmh saya. Tp hingga saat ini, tdk ada jwbn / DC yg menemui saya.
    Alhasil duit Rp. 33.651.800 sampe skrng masih ada di rekening saya. Tanpa 1 rupiah pun saya ambil.

  • 9 Januari 2023 - (11:01 WIB)
    Permalink

    Tidak mungkin dengan hanya mengisi data di aplikasi trus tiba2 ada uang masuk tanpa sepengetahuan kita.klo memang ada transaksi persetujuan pinjaman tentu di email yg dicantumkan pada saat pendaftaran diaplikasi juga ada pemberitahuan.

 Apa Komentar Anda mengenai AdaKami?

Ada 57 komentar sampai saat ini..

Tidak Pernah Mengajukan Pinjaman, Tiba-tiba Ada Transfer Masuk dan Pen…

oleh Gregorius dibaca dalam: 1 menit
57