Surat Pembaca

Transfer BI Fast dari BTN Mobile Banking ke BCA Gagal, tapi Saldo Berkurang

Perkenalkan nama saya Choirurrizal. Terima kasih kepada Media Konsumen, yang sudah mengizinkan saya untuk menyampaikan keluhan saya ini.

Pada hari Jumat 25 November 2022 pukul 16:10, saya melakukan transaksi transfer antar rekening bank lain dari Bank BTN ke BCA, melalui layanan BI-FAST. Transaksi transfer sebesar Rp11.300.000, dari rekening 003910150003**59 Bank BTN saya pribadi, ke rekening 245057**16 Bank BCA rekening saya pribadi juga.

Transaksi yang saya lakukan, guna memudahkan saya untuk tarik tunai di ATM BCA, dan meminimalisir biaya admin. Karena di daerah saya tidak ada ATM BTN dan letak kantor cabang yang jauh, tidak memungkinkan saya untuk ke sana.

Saat proses transaksi, status di mobile banking BTN tersebut menyatakan “Transaksi tidak dapat diproses, silakan coba kembali”.


Perasaan gelisah pun muncul, dan benar saja transaksi tidak dapat diproses, tetapi saldo saya berkurang. Yang saldo awalnya Rp19 juta 200 ribu sekian, sekarang tinggal Rp7 juta 900 ribu sekian.


Berikut ini adalah mutasi hari ini BCA Mobile yang tidak bertambah/tidak ada transfer masuk.

Di aplikasi BTN Mobile pun tidak ada fitur mutasi rekening, guna pengecekan apakah ini kesalahan saya atau ada masalah yang lainnya. Saya sering menggunakan layanan transfer ini, tapi berhasil dan masuk. Namun untuk kali ini nominalnya mungkin agak sedikit besar dari sebelumnya. Padahal saya lihat di website BTN, nominal transaksi transfer ke rekening Bbank lain bisa sampai Rp50 juta, bahkan sampai Rp100 juta.

Dengan nominal yang saya transfer, seharusnya bisa. Hanya saja saat proses transaksi menyatakan seperti itu. Untuk Bank BTN mohon untuk proses dan meneruskan keluhan saya. Saya juga sudah mengadu di layanan costumer care 1500286 dengan nomor aduan: 220508381. Mohon dibantu lebih lanjut, karena dana itu sedang saya butuhkan.

Mungkin sekian dari saya, mohon maaf jika isi dari keluhan ini tidak mudah dipahami. Kurang lebihnya mohon maaf, saya ucapkan terima kasih.

Choirurrizal
Kab. Serang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • sama mas, saya mengalami di tanggal 25 november 2022 saya transfer dari bank BTN tujuan ke BRI memakai ATM BRI , dua" nya rekening saya pribadi tf sebesar 4,8 jt udah lapor ke call center katanya maks 20 hari kerja dan lapor ke kantor cabang terdekat hal serupa juga 20 hari kerja maks, haduhh semoga BTN bisa mengembalikan uang saya dengan cepat mohon bantuan nya

    • up aja ke surat pembaca di mk. ngomong2 si dimas kemana, yah? dia gak nongol lg di mk, gw masih kesal sama dia, gak tahu apa2 nyalahin gw.

    • Iya mas, semoga ada tanggapan dari pihak bank BTN, terkait keluhan gagal transfer ini.

      • Alhmdllah, Hari ini 28 November 2022 sudah ada transfer masuk sesuai nominal yang dikeluhkan, terima kasih bank BTN atas koreksinya mengenai keluhan saya. Dengan ini keluhan yang saya alami sudah diselesaikan. Semoga bank BTN dapat meningkatkan efektifitasnya lagi dan dikemudian hari tidak ada masalah yang serupa.
        Terima kasih

        • Caranya gimna ya kak soalnya saya barusan kayak gini juga TF 500ribu tapi gagal terus ngurang juga saldo rek saya

  • saya juga mengalami hal yang sama
    dan emang sudah balik danananya sehari setelahnya..

    tapi ada yang aneh, dana di balikin tapi saldo rekeening saya ke debet 2 kali.senilai masing-masing seribu rupiah.
    Aneh, sistemnya yg error "gagal transfer", tapi biaya penanganan di bebankan ke nasabah.
    Ini perampokan dana nasabah oleh pihak bank btn.

    • caranya gimana saya sudah melakukan pengaduan ke call centernya via telepon , tapi disuruh menunggu maks 20 hari kerja.
      bapak proses nya gimana sehingga prosesnya cepat, mohon jawabannya karna saya sangat butuh uang itu secepatnya.

  • dear shela puspita:
    selain pengaduan lewat telp...kita adukan lewat email dan datang ke customer service bank BTN. dengan memberikan nomor pengaduan

  • Saya kejadian ini dah berulang kali sih wkwk, gak tau yah bank BTN sering upgrade sistem mereka atau nggak.. Karena kejadiannya berulang kalo saya.. Bolak balik harus ke bank BTN buat solve masalah ini, kan capek yah.. Alhasil berniat pindah rekening gak pake BTN lagi wkwkw..