Surat Pembaca

Status Pembayaran BRI Ceria Dalam Proses, tapi Saldo Tidak Terpotong dan Tagihan Tidak Berubah

Kepada yang terhormat Bank Rakyat Indonesia dan OJK.

Melalui surat ini, saya ingin menyampaikan perihal pembayaran saya yang tidak ter-autodebit seperti bulan sebelumnya. Kejadian terjadi pada tanggal 24 November 2022, saya mencukupkan saldo di rekening sebesar Rp1.020.566, untuk tagihan BRI Ceria sebesar Rp969.639

Pada tanggal 25 November 2022, saya cek ternyata tagihan saya belum terpotong dan saldo tersebut masih ada di rekening saya. Lalu saya melakukan autodebit pembayaran melalui aplikasi, tapi tertera keterangan: Sedang dalam proses.

Saya tunggu sampai tanggal 26, ternyata saldo belum juga terpotong dan tagihan tidak berubah. Lalu saya coba lagi lakukan autodebit pembayaran, tapi hasilnya tetap sama.

Setelah itu saya mencoba lakukan pembayaran via BRIVA, tapi selalu gagal. Padahal saya sudah memasukkan nomor BRIVA dengan benar.

Sampai saat ini status pembayaran saya belum berubah, padahal sudah berulang kali lakukan autodebit pembayaran diaplikasi Ceria.

Mohon untuk pihak BRI Ceria segera ditindaklanjuti. Karena saya tidak ingin SLIK OJK saya buruk, sehingga ke depannya saya tidak akan bisa melakukan kredit di mana pun. Saya juga tidak ingin mendapatkan denda karena telat melakukan pembayaran.

Tolong dibantu, Saya hanya ingin membayar cicilan tagihan saya, agar tidak telat dan mendapatkan status kolektibilitas yang buruk dari OJK dan denda dari pihak Bank BRI.

Saya juga telah melaporkan hal tersebut ke CS BRI via Facebook. Lalu disuruh isi data dan sudah saya lengkapi. Namun malah diarahkan lagi untuk melengkapi dokumen yang dikirimkan ke email contactbri@bri.co.id. Keterangan yang tertera, laporan dapat ditindaklanjuti dalam waktu 20 hari kerja setelah dokumen diterima lengkap. Bukankah itu waktu yang cukup lama? Sementara denda saya terus berjalan, dan otomatis membuat SLIK OJK saya bermasalah.

Mohon laporan saya segera ditindaklanjuti, dengan nomor laporan:  TTB000043250970. Terima kasih.

Dhea Ratu Syafitri
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Ibu Dhea Ratu Syafitri

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • aku juga user ceria bang, setau aku 4 hari sblm tgl jatuh tempo akan didebet hingga 10 hari stlh jatuh tempo. Pendebetan berhasil kalau ada saldo di rekening + saldo minimal. Kalau sdh buat pengaduan di bank tunggu aja bang, bakal diselesaikan kok sama pihak bank.

  • coba cek lagi saldo lu biasa autodebet gak jalan karna saldo kurang. Coba lu cek lagi saldo lu skrg pakai brimo pasti gak cukup makannya ga di debet sama BRI

  • Saran gan coba isi ulang 10/20 ribu lagi gan. Takutnya itu 969 ribu belum termasuk biaya admin transaksi. Soalnya setelah aku cek saldo - transaksi agan pas dapet 50rb. Di bri kalo saldo sisa 50rb nggak bisa diterusin transaksinya gan (kecuali biaya bulanan kartu bri)

    • gan bisa jadi si penulis ngirim surat pembaca ke mk sebelum kendala "Status Pembayaran BRI Ceria Dalam Proses, tapi Saldo Tidak Terpotong dan Tagihan Tidak Berubah" selesai. surat pembaca di mk itu biasanya di terbitkan di hari yg berbeda dgn hari di kirim. orang ngirim surat pembaca ke mk hari ini, belum tentu di terbitkan hari ini.