Paket SiCepat Hilang Karena Kurir Salah Kasih Barang ke Orang Lain

Saya salah satu seller di Shopee yang sudah berjualan dari tahun 2018,dengan nama Toko Faza Celular yang menjual semua jenis gadget & aksesoris. Baru kali ini ada kejadian barang dikirim hilang karena kurir asal kasih barang.

  • Tanggal 20 November 2022, saya mendapatkan order senilai Rp2.499.000, nomor order: 221120JSJME08X
  • Tanggal 21 November 2022, order tersebut sudah saya drop ke gerai SiCepat.
  • Tanggal 25 November 2022 pembeli chat menanyakan status paket di mana, karena tidak bergerak.

Lalu pada tanggal 27 November 2022 paket dinyatakan hilang, terlihat di notifikasi Shopee. Saya konfirmasi kepada pembeli bahwa memang pembeli tidak menerima paketnya.

Saya meminta nomor telepon kurir & ternyata kurir memang salah kasih barang ke orang lain. Padahal sudah jelas paket harus diserahkan ke pembeli dengan foto karena sudah ditempelkan stiker SiCepat dengan tulisan harus difoto wajah atau KTP penerima asli.

Jelas di sini kurir yang melakukan kelalaian SOP pengiriman. Sangat tidak direkomendasi untuk menggunakan kurir SiCepat ini. Mungkin buat SiCepat uang sebesar Rp2.499.000 tidak berarti apa-apa, tapi buat saya itu buat menyambung hidup karena saya jualan hasil boleh meminjam uangnya.

Untuk semua data yang saya muat di sini bisa saya pertanggung jawabkan kebenarannya.

Terima kasih.

Ismail Marzuki
Kota Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Ismail Marzuki

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Ismail Marzuki dengan judul “Paket SiCepat Hilang Karena Kurir Salah Kasih Barang ke Orang...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Sistem Kurir skarang sdh tau isi paket mahal tp malah sering hilang,, beda sama dulu kurir tdk perlu tau isi paket jd terhindar dr kurir maling

    • Sdh tertera catatan wajib foto diri & ktp, klo g bisa kasih tunjuk berarti bukan salah orang tpi diembat..

      • Ya pasti sengaja diembat itu. Ekonomi sekarang lagi susah, makin banyak kurir nyambi maling.

        • Si Cepat wajib investigasi itu paket hilang dimana. Kalo ada bukti kuat keterlibatan kurir, pihak ekspedisi wajib kasih hukuman ke kurir. Kalo perlu laporan ke polisi karena sudah masuk pidana pencurian. Jangan dilindungi si kurir kalo sudah terbukti mencuri.

          • Jadi kurir itu kerjaan yg paling enak dan paling besar upahnya, 1 paket yg diantar itu bayarannya Rp1.500-Rp3.000 Jika sehari bisa antar minimal 1.000 paket, bayarannya bisa Rp1.500.000-Rp3.000.000
            Kalau kurirnya lincah, cepat & gesit sehari bisa antar paket ribuan 😂 katakanlah dari pagi sampe sore bisa kirim 5000 paket, upahnya bisa mencapai Rp7.500.000 sampe Rp.15.000.000 (bayangkan itu cuma dalam sehari) anda kalikan aja sebulan, upahnya bisa ratusan juta 😁

        • Mohon maaf sebelumnya, saya juga kurir di salah 1 lapak online.
          Kadang order food masuk kadang order paket instan yang masuk. Setiap mau kirim paket saya selalu infokan dulu ke customer, juga estimasi berapa menit ato berapa jam paket nyampe, supaya customer siap2 entah dia lagi tidak di tempat, jadi bisa dikasihkan ke orang yang customer percayai. Puji Tuhan, Alhamdulillah udah 2 tahun an jadi kurir gak ada kasus criminal dalam pengantaran paket.
          Mari para kurir apa saja, bekerjalah dengan profesional dan ikhlas melakukan pekerjaan, pasti enak nyaman dan hasil yang kita dapat lebih nikmat.
          Terima kasih, salam 🙏

      • Lion parcel paling bagus menurut sy. Setiap barang selesai disortir/akan dikirim ada pesan notifikasi whatsapp, kurir juga konfirmasi klu barang sdh akan diantar kerumah.

        • Jangan sembarang berbicara saya mewakili kurir disini khususnya kurir gojek sameday goparnert yg gak ada gaji sehari dapat 100 s/d 150rb belum di potong pengeluaran. menghidupi keluarga anak 3,walaupun berbeda perusahaan dgn saya setidaknya rulesnya hampir sama. jd kurir itu penuh rintangan paket hilang, terlambat, atau trouble kendaraan, terjadi kecelakaan semua kami yg menanggung di lapangan kalau terjadi apa2 segera saya laporkan ke pihak terkait, harus teliti dan Hati2 penuh tanggung jawab tanamkan selalu di hati, semua pekerjaan pasti ada resikonya.Kalau kurirnya gak bekerja sesuai sop itu wajib di cek kembali dan harus diberikan punismen orgnya bila terbukti bersalah,kalau saya selalu pastikan paket selalu sampai kepenerimanya/pihak keluarga bukti foto wajah,identitas yg nerima itu bahkan rumah penerimapun Wajib saya foto. saya selama 3tahun menggeluti dunia kurir gopartner alhamdulilah gak pernah kejadian sampai barang hilang.yg saya keluhkan aebenarnya kalau salah sistem/kustomer keliru alamat titk map berbeda jauh kilometernya itu menyebalkan sering menanggung sendiri.

      • Ini mah sudah biasa SiCepat kurirnya banyak yg nyolong barang. Mungkin tuntutan ekonomi dan gaji kurir si Cepat itu sangat tdk layak, bersih 110. 000/hari (Surabaya), tnp ada tambahan uang bensin, dan makan apalagi untuk perawatan motor, motor milik pribadi, kerja 10jam. 🤗 Disnaker kemana aja nih????

      • PT.silambat kurirnya sekarang banyak yg maling ..karena kurirnya freelance dengan bayaran murah..ada barang mahal pasti di ambil lah..mumpung ada kesempatan...

    • Baru aja bulan kemaren Tv gw ilang sampe seminggu, di usut2 ternyata dibawa pulang kurirnya waktu pickup dan gak di drop ke gerai sampai seminggu. Setelah gw komplain ke ekspedisi & tokonya akhirnya tv gw ketemu. untung aja TV nya gak kenapa-kenapa, masih segel. Yang jadi pertanyaan gw, kenapa TV segede 50° bisa sampai dibawa pulang kurirnya. Kalau barang kecil, ke slip wajar lah.

  • Ekspedisi sekarang tuh kalau barang sudah sampai kota tujuan kayaknya datanya dilihat kira2 paket yang barang mahal mana ya, gua embat ah

  • Real..ane punya tmn kerja di ekspedisi..kerjaan nya nilep paket mlu..kmren nawarin laptop,pas ane ke rumah nya,ane kaget,,banyak banget barang tilepan nya..dr aksesoris,pakaian,jam tangan mahal sampe elektronik...gilaaaaa...parah bener

  • Trauma dgn expedisi ini, beli 5 botol parfum tapi ngasih di rumah orang lain, karena saya orang baru pindahan jadi bingung di foto rumah siapa, butuh 3 hari baru ketemu rumah yg di tuju, kurirnya aneh malas nanya apakah sudah benar nama yg tertera di alamat

  • Siap siap aja tuh bakal cuma diganti 10x ongkir ..klo ongkir 20rb paling balik uang 200rb..so pasti rugi harga barang 2499rb cuma di ganti 200rb...karena alasan tidak pakai asuransi (pihak shopee Alibi) padahal kalo niat mereka dari dulu masang menu asuransi paket

  • Pernah 2x kejadian pakai kurir sicepat, paket dikasih ke orang lain, mending kalau tetangga rumah, ini 2x paket dikasih orang beda kelurahan jauh bener, heran. Sy cek ternyata kurir mereka itu freelance alias pekerja lepas, kalau outsourcing masih mending. Jadi wajar kalau kurirnya ada yg males2 dan ngawur krn gonta-ganti terus.

    • sama kayak pengalaman ku. beli tws di tokped seharga 600rb pake si cepat.hilang gaes... pengembalian dana nya pun butuh sebulan.. kapok pake si cepat..

  • wkwkwkwk mungkin mau ganti nama jadi simaling,paket gw isi cairan slalu hancur & dinyatakan rusak ama sibusuk ini,pdahal pake ekspedisi laen aman sentosa,entah disortirnya dilindes pake buldozer/dibanting dri lantai 100...ekspedisi 1 ini emg mulai busuuk..mau nyusul J*E dia...btw,ekspedisi ini & J*E uda sy hapus dri kamus ekspedisi sy.

  • Saya punya pengalaman buruk pake jasa sicepat paket boneka ukuran 2 meter aja bisa hilang . Customer service sicepat ga tau keberadaan paketnya ga bisa terkonfirmasi . Akhirnya ngajuin pengembalian dana di shopee karena masa garansi pengiriman sudah di perpanjang dan hari terakhir . Banyak kurir yg ga jujur . Harus lebih ketat lg dalam penerimaan drivernya

  • Taukah anda.... Klo jadi kurir itu selalu serba salah.....

    Pertama anda bilang klo kurir itu harus selalu memfoto wajah atau KTP penerima barang..... Itu teorinya... Dalam praktek nya penerima paket sering kali ga mau difoto... Jangankan KTP... MUKANYA aja klo difoto sering kali nolak....

    KEDUA... Anda bilang kurir harus memastikan bahwa penerima barang adalah pembelinya langsung. Nah anda tau ga klo penerima barang sering kali ga ada ditempat,... Klo ga ada ditempat, apakah hrs menunggu? Sedang waktu bagi kurir adalah uang Krn mereka banyak yg dibayar hanya per paket yg terantar... Klo harus nungguin 1 paket yg bermasalah... Rugi dong

    KETIGA... sering kali penerima paket asal menyebut nama.... Contoh paket buat si AMIR... Tp yg terima bukan Amir , tp penerima paket asal bilang klo dia adalah Amir saat ditanya oleh kurir

    Anda mau pake kurir apapun.. pasti masalahnya sama... Kenapa saya tau... Krn saya juga kurir... Saya tau di lapangannya....

    Klo emang ga percaya dengan kurir... Ya gampang aja.... Anda bisa langsung kirim paket anda secara langsung... Itu cara yg paling aman.....

    • Kalau kurir LEX ID (Lazada Express) gimana bang? Keknya di Media Konsumen jarang ada laporan kurir LEX ID bermasalah ya? kalau ada pun ya Lazada tanggung jawab sih... gak pake2 aturan 10x ongkos kirim, chaakss, enaknya kurir bawaan ya gini

      • Saya berlangganan lexid dan Ninja express dari tahun 2019.
        Alhamdulillah aman Lancar.
        Belum pernah ada kasus.

      • Lazada biasa ngirim paketny cod kalo salah alamat ya siapa juga mau nombok 2jt buat paket nyasar

        • Salah alamatnya gimana? Kalau aku biasa dihubungi lewat WA beberapa jam sebelum sampai rumah untuk yang COD, Kalau ada paket COD ke rumahmu tapi bukan kamu yang pesan bisa tolak langsung, buktikan akun dengan namamu tidak melakukan pemesanan
          Jika ada paket yang akhirnya tidak dapat diterima, kalau dari toko LazMall biasanya kurir akan bawa balik paketnya ke Lazada Warehouse (Gudang Lazada) atau dikembalikan ke penjual kalau dari toko biasa
          Saya termasuk yang sering pakai COD dan belum pernah bermasalah, bahkan pernah kurir Lazada akhirnya balik 2 kali dalam sehari karena kebetulan di rumah lagi kosong, biasanya dia akan coba 3 hari untuk paket COD, kalau gak ada penerima juga baru deh dikembalikan, kebetulan saya baru 1x terima paket nyasar(itupun memang namanya sudah lain bukan nama saya) dan belum pernah paket saya nyasar ke orang lain, karena apa? Kurir Lazada yang ke rumah saya dia2 mulu orangnya ada 2-3 orang yang kadang bergantian, jadi langganan, no WAnya mereka pun saya simpan, emang tugasnya di wilayah sini mereka

    • 1. Gak perlu foto penerima. Bisa aja foto tangan penerima yg pegang paket. Biasa kurir jnt juga begini sama saya. Baik motor atau yg naik mobil.
      2. Kalau memang gak ada orangnya (mungkin keluar pas kurir sampe ke rumah), ya jangan taruh paketnya sembarangan. Bawa balik ke kantor biar diambil sendiri sama pemilik. Apalagi harga paket jutaan dan isinya fragile. Kalau diambil org lain, kena hujan atau gimana emang si kurir mau ganti? Ayo..
      3. Nama beda dari penerima. Tanyakan resi dari marketplace tempat belanja si penerima. Bahkan hari ini kurir jnt minta saya tunjukin resi di halaman belanja shopee saya pas mau terima paket. Kalau ibu atau adek saya pesan di shopee tapi orangnya gak ada (kerja, belanja ke pasar, gereja, dll) dan saya aja yang ada di rumah kan bisa dititipkan dan ambil foto bukti penerimaan paket.
      Tanya hubungan penerima sama pemilik paket itu apa. Klarifikasi dulu jgn asal kasih. Apalagi tinggal di kos2an yg banyak juga pengunjung atau cuma numpang doang. Kurir asal ngasih gitu ya rugi. Harus pintar juga jadi kurir.

      Ya masih banyak kurir baik yang mengantar paket dengan sopan dan ramah. Tapi banyak yg asal lempar paket depan pagar, depan pintu rumah, dll. Ada juga yg asal taruh dengan dalih org gak ada. Memang penerima harus stand by nungguin paket juga ya. Apalagi org kerja cari makan dan tinggal sendiri. Kalau dihubungi gak dibalas bawa balik paketnya. Gampang kan.

      • kalo gga mau dituntut teliti sama tanggung jawab nya gga usah jadi kurir, jangan mentang mentang gga diliat konsumen, kerja nya jadi asal asalan... masih banyak kurir yang lebih tanggung jawab daripada ente, paham

    • Lah., itu udah sop lu bang...ya pasti lu di salahin klo lu salah kasih barang....
      Udah kerjaan lu kirim barang..kan kita mah gak maksa lu jadi kurir.. ..
      Aneh lu... Pembeli sama penjual mana tau resiko lu karna lu dengan sukarela kerja jadi kurir.. Udah banyak bang kejadian si cepat bermasalah..

      • Mang ada yg tujuan hidupnya jadi kurir? Jadi kurir itu bukannya cita-cita tapi tuntutan keadaan... Banyak kurir berusaha untuk menerapkan sop tp dilapangan itu sulit....

        Krn ga tau resiko kurir makanya sekarang gue kasih tau ... Mending klo barang nya mahal Lo kirim sendiri aja... Krn emang ga ada fasilitas lebih kecuali tulisan barhal tp bagi kurir nilainya sama cuma 1500 sampai 3000 rupiah Krn dibayarnya emang segitu .

        Kalo Lo bilang kurir disalahin atas barang hilang .. ya pasti... Dan bukan cm disalahin tp disuruh ganti 100 persen ... Ya meskipun pihak ekspedisi cm ganti 10 x ongkir.. tp kurir tetap wajib ganti paketnya 100 persen senilai harga barang kepada ekspedisi

          • SOP nya sama... Harus foto penerima barang baik itu penerima langsung ataupun orang lain asalkan di foto... Tp kadang-kadang yg harus difoto itu ga mau difoto... Jadi kadang foto nya cuma tangan atau barang nya ... Nah klo kejadiannya ilang gmn.... ? Bukti foto cuma tangan atau barang doang.... Klo gitu siapa yg disalahin? Pasti kurir ga melaksanakan SOP.. padahal buyer nya yg ga mau foto.

            Bener Lo bilang klo Semua kerjaan emang ada resikonya maka ini gue kasih tau resiko jadi kurir dan jgn cuma bisa nyalahin kurir aja klo kurir ga menyertakan foto muka penerima

            Btw kurir itu bukan merupakan cita cita ya.. tapi keadaan... Jadi ga ada cocok-cocokan

    • Taukah anda kalau jadi kurir itu serba salah?
      ( Semua pekerjaan ada resikonya, anda harus pikirkan itu sebelum terima kerjaan. Gak usah mengeluh,anda digaji dari tiap paket yang anda kirim,tanpa paket anda tidak dibayar. Paket paket itulah yang seharusnya anda jaga,ibarat menjaga piring nasi anda.)

      Kalau tidak mau difoto,minta tunjukan ID,atau apa saja yg membuktikan bahwa penerima adalah benar orang yang di tuju/kerabat. Saya rasa orang bisa mengerti,selama bisa anda jelaskan resiko pekerjaan anda jika sampai terjadi salah kirim. Belajarlah untuk berkomunikasi,semua hal yang bertujuan baik pasti akan diterima

      Jadi intinya bagaimana dedikasi anda terhadap pekerjaan ,terhadap tanggung jawab. Kecuali kalau anda cuma mau uber setoran ya mau gimana lagi.

    • Sori nih kang, w ngga ngerti SOP kurir sekarang
      Klo w dlu kurir dr th 2003 - 2013, masih jamannya TTD resi (terima barang) minimal klo orang rumah ngga ada (sesuai alamat) pasti w titip tetangga rumah (kiri - kanan atau depan rumahnya) paling apes titip RT dia (itupun konfirmasi dlu via SMS) dan dipastikan betul alamat sesuai dgn resi maklum jaman itu paling2 bagus hp ya BB, ya kali sekelas kurir bisa beli, bagus2 jga hp Nexian atau esia, jadi klo diminta pertanggung jawaban konsumen kita bisa jawab, cs pun bisa update status barang siapa yg bawa dan penerima siapa, jadi klo hilang bisa ketahuan, tiap pekerjaan ya ada enak dan nggaknya bos jadi nikmatin aja klo banyak ngeluh berarti ente ngga cocok disitu mending cari yg lain
      Beres kan

    • Klo kaga mau serba salah atau ikutin SOP. mendingan Lo dagang aja..kaga usah kerja jadi kurir.di komplain bukannya intropeksi..malah ngebela diri.., padahal Udeh jelas2 Lo salah.. kaga ikutin SOP.

      • Nah gue jg berharap.. untuk customer yg ga siap di foto mukanya ... Mending belanja online ditunda dulu sampai anda siap bersedia difoto.... Supaya kurir dapat menerapkan SOP dengan baik dan mencegah masalah di kemudian hari.....

  • selamat pagi semua.
    saya perjelas lagi di sini kurir tidak bisa menunjukan paket di berikan ke siapa ke rumah siapa,SOP sicepat untuk barang mahal dengan nominal jutaan harus foto walaupun di foto tanpa terlihat wajah minimal paket terlihat bahwa di terima oleh siapanya dan rumah siapa.
    sedangkan di sini kurir tidak bisa menunjukan sama sekali bukti tersebut.
    serta tidak ingat di berikan ke siapa walaupun ketika proses investigasi pembeli sudah minta agar kurir menunjukan siapa yg menerima paket.
    cepat boleh teliti harus.

    • bukan mau su'dzon tapi indikasi'y si kurir emang culas, itu paket udh d'tilep sma dia, krn klo pengiriman paket kaga mungkin bakal salah kasih sma org lain apalgi klo sesuai prosedur cocokin resi paket sma d'aplikasi, terus yg nerima barang juga pasti d'tanya nama'y siapa, dan d'foto juga, apalgi barang mahal.
      fix seh itu paket hilang bukan krn salah kasih org, tapi emang d'tilep sma kurir'y, apalgi dia kaga bisa kasih bukti, dan klo s'andai'y salah kasih org kan masih bisa d'ambil lgi paket'y k'tmpat org tsb.
      skrang hampir rata2 kasus paket barang mahal hilang krn si kurir, dan alesan hilang'y rata2 salah kasih k'org lain, menurut saya seh itu paket'y d'ambil sma kurir.