Jumlah Tagihan Pinjol Danamas di Email Berbeda dengan di Aplikasi

Halo Media Konsumen, sebelumnya terima kasih sudah berkenan untuk memuat surat pembaca. Saya Aditya, mengakui jika ada keterlambatan pembayaran aplikasi DanaTunai Danamas, dengan nominal pinjaman Rp1.000.000. Karena suatu hal, sehingga saya belum bisa membayar tagihan.

Beberapa hari lalu saya dapat email dengan domain gmail.com mengatasnamakan Danamas DanaTunai memberitahu bahwa saya ada tagihan Rp2.344.444 dan meminta untuk pembayaran ditransfer ke rekening Bank Sinarmas a.n. PT Pasar Dana Pinjaman. Namun saya menyanggupi untuk pembayaran secara cicilan dan dengan virtual account pada tanggal 2 Januari 2023, karena gajian di tanggal tersebut.

Namun alangkah kagetnya saya, ketika telepon ke kantor pusat Danamas, bahwa tagihan di aplikasi Rp1.358.880, berbeda jauh dengan tagihan dari email yang mengatasnamakan Danamas. Kemudian saya meminta penjelasan mengapa selisih beda jauh jumlah tagihan. Pihak Danamas beralasan bahwa Danamas memiliki perhitungan denda tersendiri dan jumlah tagihan bergantung dengan pihak ketiga penagihan. Sementara aturan dari OJK menyebutkan bahwa denda maksimal 50% dari pinjaman dan OJK menyarankan untuk membuat aduan ke AFPI.

regulasi aturan denda OJk
regulasi aturan denda OJk

Di sini saya menyanggupi untuk pembayaran secara cicilan sesuai dengan junlah tagihan di aplikasi tapi dari pihak Danamas mengoper sana sini.

Terima kasih ?.

Aditya Krisma
Sleman, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Jumlah Tagihan Pinjol Danamas di Email Berbeda dengan di Aplikasi

  • 10 Januari 2023 - (14:54 WIB)
    Permalink

    kalo boleh tau gmn kelanjutan nya bro? masalah ane sama tagihan asli sama dari danamas masa naik 100% gw diemin aja dulu

  • 8 Februari 2023 - (09:20 WIB)
    Permalink

    halo kak. apa masih telat bayar di danamas atau sudah lunas? kebetulan saya jg ada tagihan disana 1jt, tau-tau jadi 2x lipat. aneh banget cara hitungnya.

  • 8 Februari 2023 - (19:12 WIB)
    Permalink

    Selanjutnya gmn mas ?? Udh jadi dibayar trs udb dpt surat bukti lunasnya belum ?? Saya juga ngalamin ini dan sampai skrg udh jalan 2minggu belum terima updatenya alesannya ada aja masih menunggu antrian dll. Saya udh info utk naikin ke media konsumen perihal ini.

    • 9 Februari 2023 - (09:46 WIB)
      Permalink

      kak maaf tanya, mba pernah telat bayar kah? apakah ada dc datang ke rumah/tmpat kerja? dan apakah taguhan dari pihak ke-3 dan aplikasi danamas punya kakak juga berbeda?

  • 19 Februari 2023 - (21:44 WIB)
    Permalink

    Kelanjutannya gimana kak? Sy juga dapet email dan WA dari danamas traveloka. Padahal transaksi sy dari tahun 2018 dgn traveloka paylater dan itu sy cancel malah tetap dikenakan tagihan. Udah coba hubungi pihak traveloka, tp ga pernah ada solusi malah tetap suruh bayar.

  • 17 Maret 2023 - (12:51 WIB)
    Permalink

    ini yg sedang saya alami kak. awal nya saya pinjam di danamas 1.000.000. karna suatu hal juga, jadi saya terlambat membayar nya. pada bulan desember, saya di chat oleh CS danamas katanya saya tertunggak dan harus menbayar sebesar 1.140.000. saya menyanggupi dengan menyicil 2 kali. setelah itu sudah lunas. pas bulan februari kemarin, tiba2 saya ditagih dengan nominal Rp 2.000.111 dari bulan november. saya kaget dong. saya kirim bukti transferan danamas semuanya saya kirim buktinya. mereka ngotot bilang katanya aku belum ada pelunasan dong. saya marah2 saya maki2, tapi yasudah akhirnya saya bayar tapi saya cicil. dan alhamdulillah lunas. tapi saya curiga, saya belum dikirimkan bukti lunas katanya bukti lunas dikirimkan max 17 hari sampe sekarang aja belum dikirim. dan saya kaget setengah mati, barusan saya ditagih kembali katanya saya ada tunggakan bulan maret. GILAAAAA. su.pah disitu saya marahh marahh, langsung saya chat ke CS danamas katanya saya sudah tidak ada tagihan lagi di danamas. wah kalo kayak gitu jatuh nya penipuan itu sudah. email nya masih ada belum saya hapus. sekarang lagi chat dengan orang yg mengatasnamkan danamas

    • 24 Juli 2023 - (15:44 WIB)
      Permalink

      Padahal danamas ini backupnya Bank Sinarmas, tapi sistemnya amburadul. Saya aja ada tagihan traveloka, masa yang ditagih malah 2 kali lipat lebih dari nominal di paylater travelokanya. Dikasih keringanan juga lebih besar, akhirnya ya saya diemin aja.

  • 17 Oktober 2023 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami masalah dengan Danamas, walopun sebelumnya saya ga minjam disitu tapi mereka menagih mengatas namakan perusahaan lain. Tetapi ketika mau dibayar yg jawab lempar kesana kemari via wa dan akhirnya saya bingung karena terlalu sering di oper dan berubah terus angka tagihannya. Diminta denda pun berkali lipat, serasa diperas aja sih. Menggantung tagihannya mau dibayar sangat sulit.

 Apa Komentar Anda mengenai Danamas?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Jumlah Tagihan Pinjol Danamas di Email Berbeda dengan di Aplikasi

oleh adit dibaca dalam: 1 menit
8